Nasional

Ketua MPR RI Dukung Kerjasama Perkuat Industri Pertahanan

Thursday, 28 Juli 2022 | View : 27

JAKARTA-SBN.

Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) sekaligus Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Pertahanan dan Keamanan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Indonesia H. Bambang Soesatyo, S.E., M.B.A. yang akrab dipanggil Bamsoet mendukung upaya LIG Nex1 sebagai salah satu industri pertahanan Korea untuk meningkatkan kerjasama dengan berbagai pihak di Indonesia guna memperkuat kemajuan industri pertahanan Asia. Sehingga berbagai negara di kawasan Asia tak perlu terlalu bergantung kepada industri pertahanan dari kawasan lainnya.

Mengingat LIG Next1 telah membangun kerjasama dengan berbagai pihak di Indonesia. Antara lain kerjasama dengan Polri sejak tahun 2006 untuk memperkuat sistem komunikasi Bhabinkamtibmas melalui penyediaan radio PRC-999KE. Serta kerjasama dengan TNI AU sejak tahun 2014 untuk memperkuat Chiron (Short Range Missile).

"Industri pertahanan Indonesia saat ini terus menggeliat, baik dari sisi pelaku usaha swasta maupun dari sisi pemerintah. Terlebih dengan telah diresmikannya Defend ID sebagai holding BUMN Industri Pertahanan. Indonesia dan Korea bisa menjadi mitra strategis yang kuat dalam memajukan kawasan Asia sebagai pusat industri pertahanan dunia," ujar Bamsoet usai menerima jajaran LIG Nex1 Asia and Oceania Office, di Jakarta, Senin (25/7/2022).

Jajaran LIG Nex1 Asia and Oceania Office yang hadir antara lain, Chairman Koo Bonsang, Director Han Gilsu, General Manager Lee Osung, Senior Manager Hong Jungki, serta LIG Nex1 Marketing Manager Windya.

Ketua DPR RI ke-20 dan mantan Ketua Komisi III DPR RI bidang Hukum, HAM, dan Keamanan ini menjelaskan, proyeksi pasar industri pertahanan kawasan Asia sangat besar. Untuk kawasan Asia Tenggara saja, diproyeksikan bisa mencapai USD 35 miliar. Sementara untuk kawasan Asia Pasifik, diperkirakan mencapai USD 533 miliar atau lebih dari Rp 6 ribu triliun. Potensi tersebut tidak boleh hanya dinikmati oleh pelaku industri pertahanan dari luar Asia. Melainkan harus turut dinikmati oleh industri pertahanan Asia sendiri.

"Indonesia dan Korea telah sukses membangun kerjasama dalam memproduksi pesawat tempur generasi 4,5 KF-21 Boramae. Proyek yang dibangun sejak 6,5 tahun lalu ini telah sukses melaksanakan uji coba terbang pertamanya beberapa hari lalu di Bandar Udara Sacheon, Korea. Keberhasilan tersebut menjadi penanda bahwa antara Indonesia dengan Korea telah memiliki visi dan misi yang sama dalam hal memperkuat industri pertahanan nasionalnya masing-masing," jelas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila (PP) dan Wakil Ketua Umum Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI-Polri (FKPPI) ini menerangkan, berbagai produk kedirgantaraan yang dikembangkan LIG Nex1 antara lain sistem elektronik presisi canggih, termasuk rudal, sistem senjata bawah air, radar, peperangan elektronik, avionik, sistem komunikasi taktis, sistem kendali tembakan, sistem tempur angkatan laut, dan elektro-optik. LIG Nex1 juga menjadi salah satu pemasok utama sistem senjata untuk Angkatan Bersenjata Republik Korea, serta pengekspor sistem senjata internasional.

"Selain membangun kerjasama memproduksi berbagai kebutuhan militer dan kedirgantaraan, Indonesia dan Korea melalui LIG Nex1 juga bisa membangun kerjasama alih transfer teknologi. Sehingga industri pertahanan Korea dan Indonesia bisa saling menguatkan satu sama lain," pungkas Bamsoet. (bam)

See Also

Hari Bhayangkara Ke-76, Ketua MPR RI Apresiasi Polri Dorong Percepatan Pemulihan Ekonomi
Gibran Sowan Ke Megawati Dan Prabowo
Ketua MPR RI Tegaskan Pancasila Menjadi Orientasi Visi Dan Misi Bangsa Indonesia
Ketua MPR RI Tegaskan Butuh Kerja Kolektif Seluruh Elemen Bangsa Dalam Membumikan Nilai Pancasila
Ketua MPR RI Dorong STIN Lahirkan Prajurit Perang Pikiran Berkelas Dunia
Ketua MPR RI Apresiasi Peresmian Smart Campus Dan Medical Intelligence Wangsa Avatar
Pemerintah Siapkan Kebijakan Antisipasi Lonjakan Harga Pangan
Ketua MPR RI Apresiasi Kiprah 70 Tahun Fadel Muhammad
Ketua MPR RI Apresiasi ESQ Leadership Center Bentuk Karakter Sumber Daya Manusia Indonesia
Ketua MPR RI Apresiasi 76 Tahun Pengabdian BIN Jaga Kedaulatan Bangsa
Melihat Kehangatan Presiden Joko Widodo Bersama Cucunya Naik Mobil Golf
Secercah Asa Di Ujung Ramadan
Warga Yogyakarta Terharu Bertemu Presiden Joko Widodo Dan Dapat THR
Tiba Di Yogyakarta, Presiden Joko Widodo Bagikan Sembako Untuk Masyarakat
Ketua MPR RI Meresmikan Monumen Empat Pilar MPR RI Di Bali
Satu Arah Dan Ganjil Genap Di Jalan Tol Akan Mulai Diterapkan 28 April 2022
Ketua MPR RI Dorong Kerjasama Pengusaha Bantu Tingkatkan Keamanan Dan Pertahanan Siber Nasional
Ketua MPR RI Dorong Hadirnya Undang-Undang Keamanan Dan Ketahanan Siber
Perwira Brimob Gugur Ketika Mengamankan Demo Di Kendari
Ketua DPR RI Meminta Pemerintah Lindungi Nelayan Kecil Dari Kapal-Kapal Besar
Presiden Joko Widodo Meresmikan Penataan Kawasan Kota Kupang
Presiden Joko Widodo Tiba Di Bali Dalam Rangka Kunker Akan Buka Sidang Ke-144 IPU
Ketua MPR RI Tegaskan Pembangunan Ibu Kota Negara Nusantara Harus Berlanjut Siapapun Presidennya
Ketua MPR RI Ajak Seluruh Elemen Bangsa Dukung Pembangunan IKN Nusantara
Ketua MPR RI Dorong Prajurit TNI Raih Prestasi Di Kejuaraan Menembak Internasional
jQuery Slider
Arsip :2022202120202019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 10.284.433 Since: 05.03.13 | 0.174 sec