Internasional

Mahkamah Agung Amerika Serikat Resmi Membatalkan Aturan Legalkan Aborsi

Sunday, 26 Juni 2022 | View : 36

WASHINGTON D.C.-SBN.

Mahkamah Agung Amerika Serikat (AS) mengambil langkah untuk membatalkan keputusan tahun 1973 Roe v Wade yang mengakui hak konstitusional seorang wanita untuk aborsi dan melegalkannya secara nasional. Keputusan itu memberikan kemenangan penting kepada Partai Republik dan konservatif agama yang ingin membatasi atau melarang aborsi.

Dilansir Reuters, Jumat (24/6/2022), Mahkamah, dalam keputusan 6-3 yang didukung oleh mayoritas konservatifnya, menegakkan undang-undang Mississippi yang didukung Partai Republik yang melarang aborsi setelah 15 minggu. Pemungutan suara adalah 5-4 untuk membatalkan Roe.

Ketua Hakim John Glover Roberts Jr. menulis secara terpisah yang mengatakan dia akan menegakkan hukum Mississippi tetapi tidak mengambil langkah tambahan untuk menghapus preseden sama sekali.

Hakim berpendapat keputusan Roe v Wade yang mengizinkan aborsi yang dilakukan sebelum janin dapat hidup di luar rahim antara 24 dan 28 minggu kehamilan salah diputuskan karena Konstitusi AS tidak menyebutkan secara spesifik hak aborsi.

Versi rancangan putusan yang ditulis oleh Hakim konservatif Samuel Alito yang mengindikasikan pengadilan kemungkinan akan membatalkan Roe bocor pada Mei lalu dan memicu badai politik. Putusan hari Jumat yang ditulis oleh Alito sebagian besar sesuai drafnya yang bocor.

"Konstitusi tidak menyebutkan aborsi, dan tidak ada hak seperti itu yang secara implisit dilindungi oleh ketentuan konstitusional apa pun," tulis Alito dalam putusannya.

Roe v Wade mengakui bahwa hak atas privasi pribadi di bawah Konstitusi AS melindungi kemampuan seorang wanita untuk mengakhiri kehamilannya. Mahkamah Agung dalam keputusan tahun 1992 yang disebut Planned Parenthood of Southeastern Pennsylvania v Casey menegaskan kembali hak aborsi dan melarang undang-undang yang memaksakan 'beban yang tidak semestinya' pada akses aborsi.

"Roe sangat salah sejak awal. Alasannya sangat lemah, dan keputusan itu memiliki konsekuensi yang merusak. Dan jauh dari membawa penyelesaian nasional masalah aborsi, Roe dan Casey telah mengobarkan perdebatan dan memperdalam perpecahan," tambah Alito.

Menggulingkan Roe v Wade telah lama menjadi tujuan konservatif Kristen dan banyak pejabat Partai Republik.

Dengan menghapus aborsi sebagai hak konstitusional, keputusan tersebut mengembalikan kemampuan negara untuk mengesahkan undang-undang yang melarangnya. Dua puluh enam negara bagian sekarang dianggap pasti atau kemungkinan besar akan melarang aborsi.
Mississippi termasuk di antara 13 negara bagian yang sudah memiliki apa yang disebut undang-undang pemicu yang dirancang untuk melarang aborsi jika Roe v Wade akan dibatalkan.

Tiga hakim pengadilan liberal Stephen Gerald Breyer, Sonia Maria Sotomayor, dan Elena Kagan mengeluarkan perbedaan pendapat yang ditulis bersama.

"Apa pun ruang lingkup undang-undang yang akan datang, satu hasil dari keputusan hari ini pasti: pembatasan hak-hak perempuan, dan status mereka sebagai warga negara yang bebas dan setara," tulis mereka.

Sebagai hasil dari putusan hari Jumat, "sejak saat pembuahan, seorang wanita tidak memiliki hak untuk dibicarakan. Sebuah negara dapat memaksanya untuk membawa kehamilan hingga cukup bulan, bahkan dengan biaya pribadi dan keluarga yang paling berat," tambah hakim liberal.

Kerumunan aktivis anti-aborsi, yang telah berkumpul di luar gedung pengadilan selama berhari-hari, bersorak ketika berita tentang keputusan itu menyebar.

"Saya sangat gembira," kata Emma Craig dari Pro Life San Francisco.

"Aborsi adalah tragedi terbesar dari generasi kita dan dalam 50 tahun kita akan melihat kembali 50 tahun kita berada di bawah Roe v Wade dengan rasa malu," sambungnya.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Demokrat Nancy Patricia D'Alesandro Pelosi mengecam keputusan itu dengan mengatakan 'Mahkamah Agung yang dikendalikan oleh Partai Republik' telah mencapai 'tujuan gelap dan ekstrem partai itu untuk merampas hak perempuan untuk membuat keputusan kesehatan reproduksi mereka sendiri'.

Hakim Brett Michael Kavanaugh, dalam pendapatnya, menolak gagasan yang diadvokasi oleh sejumlah pendukung anti-aborsi, bahwa langkah selanjutnya adalah pengadilan menyatakan Konstitusi melarang aborsi secara nasional.

"Konstitusi tidak melarang aborsi atau melegalkan aborsi," tulisnya.

Brett Michael Kavanaugh juga mengatakan keputusan tersebut tidak mengizinkan negara bagian melarang penduduk bepergian ke negara bagian lain untuk melakukan aborsi atau secara surut menghukum orang karena aborsi sebelumnya - tindakan yang dilindungi oleh hak konstitusional lainnya. (rtr)

See Also

Partai Buruh Ungguli Partai Liberal Di Pemilu Australia
Penembakan Di Gereja Los Angeles
Geger Penembakan Tragis Di Buffalo
Komitmen Amerika Serikat Meningkatkan Peluang Beasiswa Bagi Warga ASEAN
Polisi Buffalo Ungkap Motif Kekerasan Penembakan
Motif Di Balik Penembakan Di Buffalo New York
Penembakan Di Buffalo New York Tewaskan 10 Korban
Penembakan Di Supermarket New York
KTT Khusus ASEAN-AS Sepakat Tingkatkan Kerja Sama Pemulihan Virus Corona
Presiden Amerika Serikat Umumkan Era Baru Hubungan Amerika Serikat-ASEAN
Presiden Joko Widodo Sebut Penguatan Kemitraan ASEAN-AS Untuk Antisipasi Pandemi Di Masa Depan
Presiden Joko Widodo Dorong Kemitraan ASEAN-AS Dalam Penanganan Perubahan Iklim
Presiden Joko Widodo Menyerukan Hentikan Perang Sekarang Juga
Presiden Joko Widodo Akan Hadiri KTT Khusus ASEAN-AS Hingga Bertemu Wapres AS
Presiden Joko Widodo Hadiri Jamuan Santap Malam Presiden Amerika Serikat
Presiden Joko Widodo Akan Hadiri Pertemuan Dengan Kongres AS Hingga Presiden AS
Presiden Joko Widodo Dan Ibu Iriana Tiba Di Washington DC
Karine Jean-Pierre Resmi Jadi Sekretaris Pers Gedung Putih
Jumlah Kasus Harian Virus Corona Di Korea Selatan Tercatat Di Kisaran 20.000 Kasus
Putaran Kedua Pemilihan Presiden Di Timor Leste
Kasus Virus Corona Di Korea Selatan Turun Ke Level Terendah
764.900 Dosis Vaksin Moderna Ditarik Dari Eropa
Kasus Virus Corona Muncul Di Kediaman Presiden Taiwan
Jumlah Kasus Harian Virus Corona Di Korea Selatan Tercatat 265.995 Kasus
Saat Ibu Iriana Ajak Istri PM PNG Keliling Kebun Raya Bogor
jQuery Slider
Arsip :2022202120202019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 10.284.736 Since: 05.03.13 | 0.1697 sec