Keluarga

Wakil Ketua Umum Partai Golkar Kenang Fahmi Idris Sebagai Sosok Inspiratif

Sunday, 22 Mei 2022 | View : 924

JAKARTA-SBN.

Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golongan Karya (Golkar) H. Bambang Soesatyo, S.E., M.B.A. yang akrab dipanggil Bamsoet turut berduka cita atas wafatnya tokoh senior bangsa sekaligus tokoh senior Partai Golongan Karya (Golkar), Prof. Dr. H. Fahmi Idris bin Idris Marah Bagindo, S.E., M.H., yang wafat pada Minggu (22/5/2022), sekitar pukul 10.00 WIB di Rumah Sakit (RS) Medistra, Jl. Gatot Subroto Kav. No.59, Kelurahan Kuningan Timur, Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan.

Dirinya mengenang almarhum Prof. Dr. H. Fahmi Idris bin Idris Marah Bagindo, S.E., M.H.,  yang pernah menjabat Ketua Fraksi Partai Golongan Karya (Golkar) di MPR RI ini sebagai sosok yang menginspirasi, baik sebagai pengusaha, politisi, pejabat pemerintahan, hingga sebagai akademisi.

"Jauh sebelum terkenal sebagai politisi, Fahmi Idris terlebih dahulu terjun menjadi pengusaha sejak tahun 1967. Bersama rekan-rekannya dari aktivis Eksponen 66, beliau mendirikan PT Kwarta Daya Pratama pada tahun 1969. Di periode tahun 1979, almarhum turut melahirkan dan menjadi Direktur Utama Kongsi Delapan (Kodel Group), sebuah perusahaan konglomerasi yang ia dirikan bersama beberapa tokoh seperti Aburizal Bakrie, Soegeng Sarjadi, Abdul Latief dan Pontjo Sutowo. Keberadaan Kodel Group yang mengelola usaha agrobisnis, perdagangan, perbankan, perminyakan, hingga hotel, sangat membantu membuka banyak lapangan pekerjaan bagi masyarakat, termasuk menguatkan perekonomian nasional," ujar Bamsoet saat memberikan sambutan pelepasan jenazah Almarhum Prof. Dr. H. Fahmi Idris bin Idris Marah Bagindo, S.E., M.H., ke pemakaman mewakili keluarga sekaligus pimpinan Institusi MPR/DPR/DPD RI, tempat dimana almarhum pernah mengabdikan diri sebagai politisi sebelum menjadi Menteri di rumah duka di Kawasan Mampang Prapatan, Jl. Mampang Prapatan IV Nomor 20, Kecamatan Mampang Prapatan,  Jakarta Selatan, Minggu (22/5/2022).

Ketua DPR RI ke-20 dan mantan Ketua Komisi III DPR RI bidang Hukum, HAM, dan Keamanan ini menjelaskan, kepiawaian Prof. Dr. H. Fahmi Idris bin Idris Marah Bagindo, S.E., M.H. dalam berbisnis tidak lepas dari kepiawaiannya membangun jaringan sejak mahasiswa. Tercatat almarhum pernah aktif sebagai pimpinan Himpunan Mahasiswa Islam, Ketua Senat Fakultas Ekonomi UI (1965-1966), dan Ketua Laskar Ampera Arief Rachman Hakim (1966-1968). Tidak heran jika Prof. Dr. H. Fahmi Idris bin Idris Marah Bagindo, S.E., M.H. juga pernah dipercaya menjadi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Gotong Royong (DPR-GR) dari kalangan mahasiswa (1966-1968).

"Pada 3 Maret 1986, di hadapan Ketua Umum Golkar Sudharmono, Fahmi Idris bersama sejumlah eksponen 66 menyatakan dirinya secara resmi masuk Golkar. Karena kepiawaiannya di dunia ketenagakerjaan, perindustrian, dan perekonomian, tidak heran pada saat reformasi 1998 bergulir, Fahmi Idris dipercaya oleh Presiden BJ Habibie sebagai Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (21 Mei 1998-20 Oktober 1999). Kemudian dalam pemerintahan Presiden SBY, Fahmi Idris juga kembali dipercaya menjadi Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (20 Oktober 2004-5 Desember 2005), serta Menteri Perindustrian (5 Desember 2005-20 Oktober 2009),” paparnya.

Wakil Ketua Umum Organisasi kemasyarakatan Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia (SOKSI) dan Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Pertahanan, dan Keamanan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Indonesia ini menerangkan, sosok Prof. Dr. H. Fahmi Idris bin Idris Marah Bagindo, S.E., M.H. juga dikenal sangat 'haus' ilmu pengetahuan. Pada 9 April 2022 lalu, Fahmi Idris dikukuhkan sebagai Profesor dalam rapat senat terbuka civitas akademika Universitas Negeri Padang (UNP), setelah sebelumnya menyampaikan orasi Ilmiahnya berjudul 'Penguatan Humanistic Management Model Dalam Organisasi Bisnis', dengan Sub Tema 'Meraih Kesuksesan Dengan Memanusiakan Manusia'.

"Walaupun sosok Fahmi Idris tidak lagi bersama kita, namun jejak pengabdian, pengetahuan, kerja keras dan semangatnya tetap akan hidup menemani kita semua. Sosok Fahmi Idris telah menjadi kebanggaan, bukan hanya bagi keluarganya pribadi maupun keluarga besar Partai Golkar, melainkan juga menjadi kebanggaan bagi bangsa Indonesia. Almarhum telah mengajarkan dan menunjukan kepada kita, bahwa kesuksesan tidak bisa diraih secara instan. Butuh konsistensi dan kerja keras. Lebih penting lagi, dalam meraih kesuksesannya tidak bisa dilakukan seorang diri melainkan butuh kerjasama dengan berbagai pihak. Selamat jalan Bang Fahmi. Semangat perjuangan dan keteladanmu tetap membara di dada kami," pungkas Bamsoet. 

See Also

Jenazah Putra Sulung Gubernur Jawa Barat Tiba Di Tanah Air
Ketua MPR RI Ajak Selami Kedamaian Melalui Seni Dan Budaya
Presiden Joko Widodo Sebut Buya Syafii Maarif Seorang Guru Bangsa
Ketua MPR RI Hadiri Pernikahan Ketua MK RI Dengan Adik Presiden Joko Widodo
Fahmi Idris Meninggal Dunia
BTS Borong 3 Piala Billboard Music Awards 2022
Presiden RI Dan Ketua MPR RI Jadi Saksi Pernikahan Putri Hary Tanoesoedibyo
Ketua MPR RI Dorong Komika Sampaikan Pesan Kebangsaan Melalui Stand Up Comedy
Bamsoet Resmikan Soft Opening Lounge In The Sky Indonesia, Tempat Baru Hangout Yang Menantang
Buka Lomba Free Fly Piala Ketua MPR RI, Bamsoet Ingatkan Pentingnya Melindungi Satwa Langka
Piala Juara Free Fly Piala Ketua MPR RI Sama Dengan Piala MotoGP Mandalika Dari Tuksedo Studio Bali
How To Draw Realistic Mouths
Bos Samator Group Arief Harsono Meninggal Dunia
Hari Bidan Nasional, Puan Maharani Sebut Bidan Ujung Tombak Kesehatan Ibu Dan Bayi
Ketua Presidium IPW Neta S. Pane Wafat
Pemerintah China Mengumumkan Kebijakan 3 Anak
Tokoh Konghucu Bingky Irawan Tutup Usia
Lapan Sebut Gerhana Bulan Total Terjadi Bertepatan Hari Raya Waisak
CEO Radio Suara Surabaya, Errol Jonathans Wafat
Wimar Witoelar Wafat Di Rumah Sakit Pondok Indah
Pemakaman Anton Medan Di Masjid Tan Kok Liong
Anton Medan Wafat
UMK Buka Prodi Teknik Industri
Penularan HIV/AIDS Melalui Hubungan Seksual Di Iran Meroket
Tekan Angka Kematian Bayi Akibat Hipotermia, Mahasiswa UMK Rancang Pup Baby
jQuery Slider
Arsip :20222021202020182016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 10.284.568 Since: 05.03.13 | 0.1698 sec