Nasional

Ketua MPR RI Apresiasi Kiprah 70 Tahun Fadel Muhammad

Saturday, 21 Mei 2022 | View : 55

JAKARTA-SBN.

Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golongan Karya (Golkar) H. Bambang Soesatyo, S.E., M.B.A. yang akrab dipanggil Bamsoet menilai kehadiran buku 'Building a Legacy' yang menceritakan kisah hidup Prof. Dr. Ir. H. Fadel Muhammad Al-Haddar yang lebih dikenal dengan nama Fadel Muhammad, bisa menjadi inspirasi bagi berbagai kalangan. Khususnya, generasi muda bangsa yang sedang belajar memaknai kehidupan. Buku ini menegaskan kebenaran adagium universal, bahwa kesuksesan tidak datang dengan tiba-tiba. Kesuksesan harus diraih dengan usaha, kerja keras, dan perjuangan.

"Pak Fadel merupakan sosok yang komplit, baik sebagai politisi, pejabat pemerintahan, pengusaha, maupun akademisi. Perjalanan kehidupannya banyak menghadirkan kisah berkesan dan sangat menginspirasi. Saat masih berkarir sebagai wartawan, media massa harian Prioritas tempat saya bekerja dibredel. Saya lantas berinisiatif mendirikan majalah Info Bisnis. Di zaman itu mendirikan media massa sangat sulit, karena salah satu syaratnya harus memiliki deposito Rp 1 miliar. Berkat hubungan baik dengan para pengusaha yang pernah menjadi narasumber, salah satunya Pak Fadel, kesulitan tersebut bisa diatasi. Sehingga berbagai capaian yang saya raih pada saat ini, tidak lepas dari campur tangan Pak Fadel," ujar Bamsoet usai menghadiri syukuran HUT ke-70 Fadel Muhammad sekaligus peluncuran buku 'Building a Legacy', di Jakarta, Jumat malam (20/5/2022).

Acara yang digelar atas inisiatif istri, anak dan menantu itu selain dihadiri oleh para pimpinan MPR RI seperti Dr. Ahmad Basarah, S.H., M.H. (Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan/PDIP), Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia sejak 3 Oktober 2019 untuk periode 2019-2024 Dr. Lestari Moerdijat, S.S., M.M. yang akrab dipanggil Mbak Rerie (Partai Nasional Demokrat/NasDem), Dr. H. Jazilul Fawaid, S.Q., MA. (Partai Kebangkitan Bangsa/PKB), Prof. Dr. H. Syariefuddin Hasan, MM., MBA. yang lebih dikenal dengan nama Syarief Hasan (Partai Demokrat), Dr. H. Muhammad Hidayat Nur Wahid, M.A. (Partai Keadilan Sejahtera/PKS) juga dihadiri mantan Ketua DPD RI Marsekal Madya TNI (Purn.) Prof. Dr. Ir. H. Ginandjar Kartasasmita, M.Eng., serta para tokoh lainnya.

Ketua DPR RI ke-20 dan mantan Ketua Komisi III DPR RI bidang Hukum, HAM, dan Keamanan ini menjelaskan, sebagai politisi, puncak pengabdian Prof. Dr. Ir. H. Fadel Muhammad Al-Haddar yang lebih dikenal dengan nama Fadel Muhammad bermuara pada jabatan Wakil Ketua Umum Partai Golongan Karya (Golkar). Sikap politiknya tegas. Dalam menyikapi dinamika politik, Fadel selalu berpikiran terbuka, bersikap kolaboratif, berpandangan visioner, dan selalu mengedepankan semangat musyawarah untuk mufakat. Di sisi lain, ia bisa bersikap determinan dan gigih, ketika memperjuangkan nilai-nilai yang diyakini kebenarannya.

"Dalam bidang pemerintahan, Pak Fadel sukses memimpin Gorontalo selama dua periode berturut-turut (12 September 2001-21 Oktober 2009). Bahkan pada periode keduanya, ia berhasil meraih 81 persen suara masyarakat Gorontalo, sebagai wujud pengakuan atas keberhasilannya membangun Provinsi Gorontalo, sekaligus pembuktian bahwa beliau sangat dekat dan dicintai oleh masyarakat Gorontalo. Tidak heran jika beliau juga dipercaya oleh Presiden SBY untuk menjabat sebagai Menteri Kelautan Dan Perikanan (22 Oktober 2009-19 Oktober 2001) dan berhasil menaikan taraf hidup petani garam dan nelayan, serta memperbaiki laporan keuangan kementerian dari disclaimer menjadi wajar tanpa pengecualian," jelas Bamsoet.

Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Pertahanan dan Keamanan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Indonesia serta Wakil Ketua Umum Organisasi kemasyarakatan Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia (SOKSI) ini menerangkan, sebagai pengusaha, kegigihan semangat juang dan jiwa kewirausahaan yang pantang menyerah, telah mengantarkan sosok Prof. Dr. Ir. H. Fadel Muhammad Al-Haddar yang lebih dikenal dengan nama Fadel Muhammad pada berbagai kesuksesan. Kepribadian yang bersahaja dan mudah bergaul, serta kemampuan membangun networking menjadi faktor fundamental dalam keberhasilan membangun dan mengembangkan bisnis.

"Sebagai akademisi, jejak prestasi akademis yang diraih pada berbagai jenjang pendidikan, adalah gambaran pribadi yang selalu 'haus' akan pengetahuan, meskipun di saat bersamaan Pak Fadel juga disibukkan dengan urusan bisnis dan politik. Pengukuhan sebagai Guru Besar, dan penganugerahan gelar Profesor pada bidang Kewirausahaan Sektor Publik, pada Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya, adalah pengakuan akademis atas komitmen Pak Fadel, untuk tidak pernah berhenti belajar, dan mengamalkan ilmu untuk pengabdian," pungkas Bamsoet. 

See Also

Hari Bhayangkara Ke-76, Ketua MPR RI Apresiasi Polri Dorong Percepatan Pemulihan Ekonomi
Gibran Sowan Ke Megawati Dan Prabowo
Ketua MPR RI Tegaskan Pancasila Menjadi Orientasi Visi Dan Misi Bangsa Indonesia
Ketua MPR RI Tegaskan Butuh Kerja Kolektif Seluruh Elemen Bangsa Dalam Membumikan Nilai Pancasila
Ketua MPR RI Dorong STIN Lahirkan Prajurit Perang Pikiran Berkelas Dunia
Ketua MPR RI Apresiasi Peresmian Smart Campus Dan Medical Intelligence Wangsa Avatar
Pemerintah Siapkan Kebijakan Antisipasi Lonjakan Harga Pangan
Ketua MPR RI Apresiasi ESQ Leadership Center Bentuk Karakter Sumber Daya Manusia Indonesia
Ketua MPR RI Apresiasi 76 Tahun Pengabdian BIN Jaga Kedaulatan Bangsa
Melihat Kehangatan Presiden Joko Widodo Bersama Cucunya Naik Mobil Golf
Secercah Asa Di Ujung Ramadan
Warga Yogyakarta Terharu Bertemu Presiden Joko Widodo Dan Dapat THR
Tiba Di Yogyakarta, Presiden Joko Widodo Bagikan Sembako Untuk Masyarakat
Ketua MPR RI Meresmikan Monumen Empat Pilar MPR RI Di Bali
Satu Arah Dan Ganjil Genap Di Jalan Tol Akan Mulai Diterapkan 28 April 2022
Ketua MPR RI Dorong Kerjasama Pengusaha Bantu Tingkatkan Keamanan Dan Pertahanan Siber Nasional
Ketua MPR RI Dorong Hadirnya Undang-Undang Keamanan Dan Ketahanan Siber
Perwira Brimob Gugur Ketika Mengamankan Demo Di Kendari
Ketua DPR RI Meminta Pemerintah Lindungi Nelayan Kecil Dari Kapal-Kapal Besar
Presiden Joko Widodo Meresmikan Penataan Kawasan Kota Kupang
Presiden Joko Widodo Tiba Di Bali Dalam Rangka Kunker Akan Buka Sidang Ke-144 IPU
Ketua MPR RI Tegaskan Pembangunan Ibu Kota Negara Nusantara Harus Berlanjut Siapapun Presidennya
Ketua MPR RI Ajak Seluruh Elemen Bangsa Dukung Pembangunan IKN Nusantara
Ketua MPR RI Dorong Prajurit TNI Raih Prestasi Di Kejuaraan Menembak Internasional
Ketua MPR RI Berharap Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia Segera Terwujud
jQuery Slider
Arsip :2022202120202019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 10.284.383 Since: 05.03.13 | 0.1787 sec