Agama & Masyarakat

Hadiri Halal Bihalal MUI, Ketua MPR RI Tegaskan Kemajemukan Tidak Boleh Menjadi Penyebab Perpecahan

Tuesday, 17 Mei 2022 | View : 96

JAKARTA-SBN.

Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) H. Bambang Soesatyo, S.E., M.B.A. yang akrab dipanggil Bamsoet yang juga Wakil Ketua Umum Partai Golongan Karya (Golkar) sepakat dengan Wakil Presiden RI Prof. DR. (H.C.) K. H. Ma'ruf Amin yang menekankan bahwa kemajemukan yang ada dalam diri bangsa, termasuk perbedaan agama, tidak boleh dijadikan sebagai bahan provokasi dan perpecahan. Khususnya bagi kalangan umat islam, jangan sampai karena perbedaan pandangan politik justru menjadikan terpecah belah. Mengingat umat islam Indonesia memiliki potensi sosial dan ekonomi besar yang menjadi penopang kedaulatan Indonesia.

Besarnya kekuatan ekonomi umat islam Indonesia bisa dilihat dari laporan State of the Global Islamic Economy 2020/2021 yang melaporkan potensi ekonomi syariah Indonesia mencapai Rp 2.937 triliun. Tidak lepas dari jumlah pemeluk Islam yang mencapai 87,2 persen dari populasi penduduk Indonesia. Terlebih Indonesia juga telah naik ke peringkat 4 dari peringkat 5 dunia untuk pengembangan keuangan syariah setelah Malaysia, Saudi Arabia dan Uni Emirat Arab. Sementara aset keuangan syariah di Indonesia menempati peringkat 7 dunia dengan total aset mencapai US$ 99 miliar.

"Sementara untuk kekuatan sosial umat Islam Indonesia telah diakui Majelis Hukama Al-Muslimin (MHM) yang beranggotakan sejumlah ulama, pakar, dan tokoh muslim dunia, diketuai Prof. Dr. Syekh Ahmed Al-Tayeb yang saat ini menjabat sebagai Imam Akbar Al-Azhar. Dalam kunjungan ke Indonesia bertemu Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin pada akhir tahun 2021 lalu, Majelis Hukama Al-Muslimin (MHM) mengakui bahwa mereka datang ke Indonesia bukan untuk mengajari umat islam Indonesia. Melainkan untuk belajar tentang islam moderat yang dipeluk umat islam Indonesia. Majelis Hukama Al-Muslimin juga menyampaikan kekagumannya atas keberhasilan Indonesia dalam merawat harmoni dan toleransi," ujar Bamsoet usai menghadiri Halal Bihalal Majelis Ulama Indonesia (MUI), Bank Muamalat, dan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) bersama Wakil Presiden RI Prof. DR. (H.C.) K. H. Ma'ruf Amin, di Jakarta, Selasa (17/5/2022).

Turut hadir antara lain Wakil Ketua MPR RI Dr. Ahmad Basarah, S.H., M.H., Pimpinan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) A. Iskandar Zulkarnain, S.E., M.M., Direktur Utama PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk. Achmad Kusna Permana, dan Wakil Ketua Umum MUI Drs. H. Basri Bermanda, M.B.A.

Hadir secara virtual antara lain Ketua DPD RI Ir. H. La Nyalla Mahmud Mattalitti, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, S.E., M.Sc., Ph.D., Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, dan Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Mahendra Siregar, S.E., M.Ec.

Ketua DPR RI ke-20 dan mantan Ketua Komisi III DPR RI bidang Hukum, HAM, dan Keamanan ini menambahkan, besarnya kekuatan ekonomi umat Islam Indonesia juga terlihat dari perputaran uang di daerah pada saat mudik lebaran tahun 2022 yang diperkirakan mencapai Rp 258 triliun. Ditunjang realisasi penarikan uang tunai pada periode Ramadan dan Lebaran mencapai lebih dari Rp 180 triliun. Otoritas Jasa Keuangan juga mencatat total aset keuangan syariah tumbuh 17,32 persen year on year dengan nilai mencapai Rp 1.901,1 triliun per September 2021.

"Pada sektor keuangan non perbankan, pemerintah juga telah memberikan solusi perubahan iklim melalui pengembangan proyek hijau berbasis syariah yang disebut Green Sukuk. Keberadaannya menjadi salah satu sumber pembiayaan pembangunan yang ramah lingkungan. Penerbitan Green Sukuk bahkan berhasil meraih penghargaan dunia dalam Climate Bonds Awards 2021," jelas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila (PP) dan Wakil Ketua Umum Forum Komunikasi Putra Putri TNI Polri dan Putra Putri Purnawirawan TNI (FKPPI) serta Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Pertahanan dan Keamanan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Indonesia ini menerangkan, menurut Global Islamic Fintech Report 2021, Indonesia berada dalam posisi kelima market size transaksi fintech syariah setelah Arab Saudi, Iran, Persatuan Emirat Arab, dan Malaysia. Dengan nilai transaksi yang dicatatkan Indonesia mencapai 2,9 miliar dollar AS pada 2020. Besarnya kekuatan ekonomi umat islam tersebut juga harus bisa dimanfaatkan oleh Bank Muamalat sebagai bank syariah pertama yang ada di Indonesia.

Saat ini pemegang saham mayoritas Bank Muamalat adalah BPKH sebesar 82,7 persen. BPKH resmi menjadi PSP Bank Muamalat setelah menerima hibah saham dari Islamic Development Bank (IsDB) dan SEDCO Group pada 15 dan 16 November 2021. Selain BPKH, saham Bank Muamalat juga dipegang oleh IsDB sebesar 2 persen dan pemegang saham lainnya dengan porsi sebesar 15,3 persen.

"Dengan manajemen yang handal, publik menunggu kiprah Bank Muamalat agar bisa memberikan kontribusi nyata bagi dalam peningkatan ekonomi syariah di Indonesia. Khususnya dalam mendukung program Wakil Presiden KH Maruf Amin dalam pemberdayaan masyarakat desa melalui program Desa Wisata Agro (DEWA), Desa Wisata Industri (DEWI), dan Desa Digital (DEDI)," pungkas Bamsoet.

See Also

Musyawarah Wilayah XIII PP DKI Jakarta, Ketua MPR RI Ajak Seluruh Anak Bangsa Jaga Ikatan Kebangsaan
Bamsoet Ingatkan Ancaman Penyebaran Terorisme, Radikalisme, Ekstrimisme, Dan Intoleransi Via Medsos
Ketua MPR RI Tegaskan PPHN Diperlukan Sebagai Arah Pencapaian Tujuan Negara
Ketua MPR RI Ajak Bupati Gunung Kidul Lestarikan Seni Dan Budaya Bangsa
Ketua MPR RI Tegaskan FKPPI Siap Bantu TNI Jaga Kedaulatan Bangsa
Ketua MPR RI Tegaskan SOKSI Konsisten Bantu Pemerintah Pulihkan Perekonomian Nasional
Bamsoet Apresiasi Pemberian Gelar Profesor Kehormatan Seoul Institute Of The Arts Kepada Megawati
Pemerintah Perlu Memfasilitasi LAM Rumpun Ilmu Agama Kristen
Menteri Agama Perlu Mendorong Berdirinya LAM Rumpun Ilmu Agama Kristen
Presiden Joko Widodo Dan Ibu Iriana Silaturahmi Ke Keraton Yogyakarta
Ketua MPR RI Dorong Peningkatan Hubungan KNPI Dan Mejelis Belia Malaysia (MBM)
Bamsoet Dukung Perayaan Nasional Dharma Santi Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1944
FKPPI Harus Menjadi Rumah Bersama Keluarga Besar Putra-Putri Dan Putra-Putri Purnawirawan TNI Polri
Presiden Joko Widodo Mengucapkan Selamat Atas Pengukuhan KGPAA Mangkunagoro X
Bamsoet Ajak Pemuda Pancasila Terus Jaga Ideologi Pancasila
Bamsoet Resmikan Graha Pemuda Pancasila Provinsi Jambi
Konsolidasi Dengan FKPPI Jawa Timur, Ketua MPR RI Tegaskan Kewajiban Bela Negara
Bamsoet Sambangi MPW Pemuda Pancasila Jawa Barat, Dukung Pelaksanaan Apel Siaga Kesetiaan Pancasila
Rapat Pimpinan TNI-Polri, Bamsoet Apresiasi Keterlibatan TNI-Polri Tanggulangi Pandemi Virus Corona
Bamsoet Ajak Kader Pemuda Pancasila Jaga Ideologi Pancasila Dan Kedaulatan Bangsa
Bamsoet Sebut Pemuda Pancasila Ormas Pertama Bangun Kantor Pusat Organisasi Di Kawasan IKN Kaltim
Konsolidasi Dengan Anak Kolong FKPPI Bali, Bamsoet Ingatkan Pentingnya Semangat Bela Negara
Bamsoet Tegaskan Pemuda Pancasila Menjadi Garda Penjaga Nilai-Nilai Pancasila
Bamsoet: Rajut Semangat Persaudaraan Dalam Kebersamaan Antar Pemeluk Agama
Bamsoet: MPR RI Teken MOU Pemasyarakatan Empat Pilar MPR RI Dengan Kelompok Cipayung Plus
jQuery Slider

Comments

Arsip :2022202120202019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 10.284.428 Since: 05.03.13 | 0.1617 sec