Internasional

Karine Jean-Pierre Resmi Jadi Sekretaris Pers Gedung Putih

Friday, 06 Mei 2022 | View : 165

WASHINGTON DC.-SBN.

Karine Jean-Pierre akan menjadi sekretaris pers Gedung Putih berikutnya untuk menggantikan Jennifer Rene Psaki yang lebih dikenal dengan nama Jen Psaki yang pergi pada minggu depan. Jean-Pierre secara resmi akan bertugas di hari terakhir Jen Psaki (44 tahun) bekerja, yaitu 13 Mei 2022 mendatang.

Karine Jean-Pierre juga adalah kepala pejabat urusan masyarakat dari grup progresif MoveOn.org dan mantan analis politik untuk NBC dan MSNBC.

Seperti dilaporkan Al Jazeera, Kamis (5/5/2022), Karine Jean-Pierre akan menjadi wanita kulit hitam pertama yang memegang jabatan kunci itu.

Dengan penunjukan itu, Karine Jean-Pierre akan menjadi juru bicara Gedung Putih pertama yang berkulit hitam dan merupakan seorang LGBTQ.

Presiden AS ke-46 Joseph Robinette Biden Jr. yang lebih dikenal dengan nama Joe Biden mengumumkan penunjukan Jean-Pierre (44 tahun) pada hari Kamis (5/5/2022).

Dalam satu pernyataan pada Kamis (5/5/2022), Presiden AS Joseph Robinette Biden Jr. yang lebih dikenal dengan nama Joe Biden mengatakan Jean-Pierre akan melangkah ke peran sekretaris pers ketika Psaki meninggalkan Gedung Putih pada 13 Mei. Dia juga akan bertindak sebagai asistennya.

"Saya bangga mengumumkan bahwa Karine Jean-Pierre akan menjabat sebagai Sekretaris Pers Gedung Putih berikutnya," kata Joe Biden dalam sebuah pernyataan.

“Karine tidak hanya membawa pengalaman, bakat, dan integritas yang dibutuhkan untuk pekerjaan yang sulit ini, tetapi dia akan terus memimpin dalam mengkomunikasikan tentang pekerjaan Administrasi Biden-Harris atas nama rakyat Amerika,” pujinya.

"Jen Psaki telah menetapkan standar untuk mengembalikan kesopanan, rasa hormat, dan kepantasan ke Ruang Pengarahan Gedung Putih."

Karine Jean-Pierre saat ini adalah wakil sekretaris pers Gedung Putih dan wakil asisten Joe Biden. Dia sebelumnya memegang peran komunikasi dan politik senior dalam tim kampanye kepresidenan Biden dan ketika dia menjabat sebagai wakil presiden selama pemerintahan Obama, kata pernyataan Gedung Putih.

Dilansir CNN.com, Karine Jean-Pierre saat ini menjabat sebagai wakil jubir utama Gedung Putih.

Pada Mei tahun lalu, Karine Jean-Pierre menjadi wanita kulit hitam kedua dalam sejarah yang memimpin konferensi pers harian. Karine Jean-Pierre sempat ditanya bagaimana rasanya menjadi wanita kulit hitam pertama yang memberi pengarahan kepada korps pers Gedung Putih dalam beberapa dekade.

“Merupakan suatu kehormatan untuk berdiri di sini hari ini,” katanya kepada wartawan.

“Saya menghargai alam yang bersejarah, sungguh. Tetapi saya percaya bahwa berada di belakang podium ini, berada di ruangan ini, berada di gedung ini, bukanlah tentang satu orang; ini tentang apa yang Anda lakukan atas nama rakyat Amerika,” tambahnya.

Ia telah bertugas di tim komunikasi senior Gedung Putih sejak Joe Biden menjabat.

Sebelumnya Jean-Pierre adalah adalah penasihat kampanye Joe Biden dan kepala staf untuk Wakil Presiden Kamala Devi Harris.

Pasangan Jean-Pierre, Suzanne Malveaux adalah koresponden nasional CNN.

Keduanya tinggal bersama putri mereka.

"Saya masih memprosesnya karena, seperti yang dikatakan Jen, di puncak ini adalah momen bersejarah dan tidak hilang dari saya," kata Jean-Pierre.

"Saya mengerti betapa pentingnya itu bagi banyak orang di luar sana."

"Begitu banyak komunitas berbeda yang saya pikul di pundak mereka."

Dia menambahkan, "Merupakan suatu kehormatan dan hak istimewa untuk berada di belakang podium ini."

Karine Jean-Pierre juga meluangkan waktu untuk berterima kasih kepada Jen Psaki.

"Dia menjadi rekan kerja yang luar biasa, seorang teman, seorang mentor."

"Selama satu setengah tahun terakhir ini, saya tidak berpikir saya akan berada di sini tanpa begitu banyak orang, tetapi termasuk dia dan dia benar-benar solid, sosok luar biasa," kata Karine Jean-Pierre.

Karine Jean-Pierre sudah akrab dengan peran barunya.

Dia sering berada di ruangan briefing ketika Jen Psaki memberi pengarahan kepada wartawan.

Ia juga sempat menggantikan Jen Psaki di podium dan juga mengobrol dengan wartawan yang bepergian dengan Joe Biden di Air Force One.

Baru-baru ini, Karine Jean-Pierre menggantikan Jen Psaki pada menit terakhir untuk perjalanan empat hari Joe Biden ke Eropa di tengah invasi militer Rusia.

Jen Psaki dinyatakan positif virus Corona (Covid-19) sehari sebelum Joe Biden dijadwalkan pergi.

Hengkangnya Jen Psaki dari Gedung Putih tidak lah mengejutkan, mengingat dia telah mengumumkan rencananya untuk pergi setelah satu tahun bekerja.

Pada briefing Gedung Putih hari Kamis (5/5/2022), Jen Psaki yang tampak tersentuh mengundang Karine Jean-Pierre naik ke podium bersamanya.

Kedua wanita itu berpelukan saat Jen Psaki dipuji oleh Karine Jean-Pierre dan pentingnya mengambil pekerjaan itu.

Jen Psaki memuji penggantinya itu, dan mencatat pentingnya penunjukan yang membuat sejarah.

"Saya hanya ingin mengambil kesempatan untuk merayakan dan memberi selamat kepada teman saya, kolega saya, mitra saya yang sebenarnya, Karine Jean-Pierre, sekretaris pers Gedung Putih berikutnya," kata Jen Psaki kepada wartawan di Gedung Putih.

Dia menambahkan: "Dia akan menjadi wanita kulit hitam pertama, orang LGBTQ+ pertama yang melayani dalam peran ini."

Jen Psaki juga menguraikan karier Karine Jean-Pierre, menggambarkannya sebagai orang yang "luar biasa" dengan "pengalaman puluhan tahun".

“Dia akan menjadi wanita kulit hitam pertama dan orang LGBTQ+ pertama yang secara terbuka menjabat sebagai Sekretaris Pers Gedung Putih. Representasi itu penting dan dia akan memberikan suara kepada banyak orang, tetapi juga membuat banyak mimpi besar tentang apa yang benar-benar mungkin,” kata Jen Psaki.

"Saya tidak sabar untuk melihatnya bersinar di podium."

"Jadi selamat, dan saya tidak sabar untuk melihat Anda membawa gaya Anda sendiri, dan kecemerlangan, untuk pekerjaan ini," kata Jen Psaki.

Seperti diberitakan sebelumnya, Sekretaris pers Gedung Putih Jennifer Rene Psaki yang lebih dikenal dengan nama Jen Psaki akan meninggalkan Gedung Putih.

CNN melaporkan pada bulan April lalu bahwa Jen Psaki berencana pindah ke MSNBC.

Seperti dilaporkan RT, Jumat (1/4/2022), Sekretaris pers Gedung Putih itu dikatakan berada pada tahap akhir pembicaraan dengan jaringan berita MSNBC.

Portal Axios, mengutip beberapa sumber, melaporkan pada Jumat (1/4/2022) bahwa Jen Psaki telah melakukan pembicaraan dengan MSNBC untuk bergabung dengan jaringan tersebut setelah kepergiannya dari Gedung Putih pada Mei tahun 2022.

Menurut informasi outlet, Jen Psaki belum menandatangani kontrak tetapi, karena "kesepakatannya hampir final," dia telah membagikan rencananya dengan beberapa pejabat Gedung Putih.

Jen Psaki akan menjadi pembawa acara untuk MSNBC di platform streaming NBC Universal Peacock dan juga akan menjadi bagian dari program langsung di jaringan kabel MSNBC, klaim Axios.

Jika informasi itu terbukti benar, Jen Psaki yang berusia 44 tahun akan bergabung dengan daftar panjang mantan pejabat Gedung Putih yang menjadi tokoh TV. Dia juga memiliki pengalaman TV, dari bekerja selama kepresidenan Donald John Trump kontributor politik untuk CNN.

Potensi tawaran pekerjaan Jen Psaki telah dibahas oleh media selama beberapa waktu sejak dia mengungkapkan niatnya untuk mengundurkan diri pada tahun 2022. (nbc/cnn/rt)

See Also

Partai Buruh Ungguli Partai Liberal Di Pemilu Australia
Penembakan Di Gereja Los Angeles
Geger Penembakan Tragis Di Buffalo
Komitmen Amerika Serikat Meningkatkan Peluang Beasiswa Bagi Warga ASEAN
Polisi Buffalo Ungkap Motif Kekerasan Penembakan
Motif Di Balik Penembakan Di Buffalo New York
Penembakan Di Buffalo New York Tewaskan 10 Korban
Penembakan Di Supermarket New York
KTT Khusus ASEAN-AS Sepakat Tingkatkan Kerja Sama Pemulihan Virus Corona
Presiden Amerika Serikat Umumkan Era Baru Hubungan Amerika Serikat-ASEAN
Presiden Joko Widodo Sebut Penguatan Kemitraan ASEAN-AS Untuk Antisipasi Pandemi Di Masa Depan
Presiden Joko Widodo Dorong Kemitraan ASEAN-AS Dalam Penanganan Perubahan Iklim
Presiden Joko Widodo Menyerukan Hentikan Perang Sekarang Juga
Presiden Joko Widodo Akan Hadiri KTT Khusus ASEAN-AS Hingga Bertemu Wapres AS
Presiden Joko Widodo Hadiri Jamuan Santap Malam Presiden Amerika Serikat
Presiden Joko Widodo Akan Hadiri Pertemuan Dengan Kongres AS Hingga Presiden AS
Presiden Joko Widodo Dan Ibu Iriana Tiba Di Washington DC
Jumlah Kasus Harian Virus Corona Di Korea Selatan Tercatat Di Kisaran 20.000 Kasus
Putaran Kedua Pemilihan Presiden Di Timor Leste
Kasus Virus Corona Di Korea Selatan Turun Ke Level Terendah
764.900 Dosis Vaksin Moderna Ditarik Dari Eropa
Kasus Virus Corona Muncul Di Kediaman Presiden Taiwan
Jumlah Kasus Harian Virus Corona Di Korea Selatan Tercatat 265.995 Kasus
Saat Ibu Iriana Ajak Istri PM PNG Keliling Kebun Raya Bogor
Presiden Joko Widodo Sambut Kunjungan Resmi PM Papua Nugini Di Istana Bogor
jQuery Slider
Arsip :2022202120202019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 10.458.238 Since: 05.03.13 | 0.2012 sec