Nasional

Ketua MPR RI Apresiasi Pelaksanaan Vaksin Booster Oleh P3AU, TNI AU, Dan FKPPI

Saturday, 16 April 2022 | View : 95

BEKASI-SBN.

Ketua MPR RI Sekaligus Wakil Ketua Umum/Kepala Badan Bela Negara Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI-Polri (FKPPI) H. Bambang Soesatyo, S.E., M.B.A. yang akrab disapa Bamsoet mengapresiasi langkah Persatuan Putra-Putri Angkatan Udara (P3AU), yang bekerjasama dengan Lanud Halim Perdana Kusuma dan FKPPI, menyelenggarakan kegiatan vaksinasi dosis ketiga atau booster. Selain mengadakan vaksinasi booster, P3AU, TNI Angkatan Udara (TNI AU) dan FKPPI juga memberikan bantuan sosial kepada masyarakat umum. 

"Upaya penanggulangan pandemi Covid-19 adalah tanggungjawab bersama. Peran serta dan kontribusi segenap pemangku kepentingan, sebagaimana yang ditunjukkan oleh P3AU, TNI AU dan FKPPI pada hari ini, adalah wujud komitmen kebangsaan yang patut kita jadikan teladan. Acara pada hari ini juga menegaskan pentingnya kolaborasi dan sinergi dalam penanggulangan pandemi oleh semua elemen bangsa," ujar Bamsoet usia membuka pelaksanaan vaksinasi booster dalam rangka HUT TNI AU ke-76 di Bekasi, Provinsi Jawa Barat (Jabar), Sabtu (16/4/2022).

Turut hadir antara lain Staf Khusus Presiden RI Diaz Hendropriyono, Duta Besar Republik Indonesia untuk Bulgaria, Makedonia Utara dan Albania Iwan Bogananta serta Ketua Umum DPP P3AU Fastabiqul Khairat.

Ketua DPR RI ke-20 dan mantan Ketua Komisi III DPR RI bidang Hukum, HAM, dan Keamanan ini menjelaskan, penanggulangan pandemi tidak mungkin berhasil, jika hanya pemerintah yang bekerja sendirian. Hanya dengan kerjasama yang dilandasi oleh semangat gotong royong, jiwa solidaritas, dan kepedulian sosial yang tinggi, bangsa Indonesia akan segera terbebas dari belenggu pandemi. Selain bertujuan untuk membangun kekebalan kelompok (herd immunity), vaksinasi juga penting untuk menurunkan tingkat persebaran Covid-19, serta menurunkan tingkat fatalitas dan kematian akibat Covid-19.

"Kita mensyukuri bahwa berbagai langkah dan kebijakan yang dilakukan pemerintah dalam penanggulangan pandemi telah membuahkan hasil yang menggembirakan. Hingga tanggal 14 April kemarin, tingkat positivity rate nasional berada pada kisaran 0,8 persen, jauh di bawah angka toleransi WHO sebesar 5 persen. Rasio angka kesembuhan pasien Covid-19 juga mencapai lebih dari 96 persen, jauh di atas rasio rata-rata angka kesembuhan global yang 'hanya' mencapai 90 persen," kata Bamsoet. 

Wakil Ketua Umum Partai Golongan Karya (Golkar) dan Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila ini menuturkan, vaksinasi dosis pertama di Indonesia telah mencapai lebih dari 95 persen dari target sasaran vaksinasi untuk 208,3 juta penduduk. Sedangkan vaksinasi dosis kedua telah mencapai 77,9 persen. Capaian vaksinasi kedua ini juga telah melampaui target yang ditetapkan WHO, yaitu 40 persen dari total populasi. Namun, untuk vaksinasi dosis ketiga, baru diberikan kepada 29,2 juta penduduk, atau mencapai 14 persen dari target sasaran.

"Mengingat pentingnya vaksinasi dosis ketiga untuk membentuk kekebalan kelompok atau herd immunity, tentunya dibutuhkan semangat kebersamaan dari segenap pemangku kepentingan untuk membangun sinergi dan kolaborasi dari dua aspek. Pertama, adanya dukungan suplai vaksin dan penyediaan tenaga medis. Kedua, adanya kesadaran dan komitmen kolektif dari segenap elemen masyarakat untuk mengikuti program vaksinasi," pungkas Bamsoet. (bam)

See Also

Hari Bhayangkara Ke-76, Ketua MPR RI Apresiasi Polri Dorong Percepatan Pemulihan Ekonomi
Gibran Sowan Ke Megawati Dan Prabowo
Ketua MPR RI Tegaskan Pancasila Menjadi Orientasi Visi Dan Misi Bangsa Indonesia
Ketua MPR RI Tegaskan Butuh Kerja Kolektif Seluruh Elemen Bangsa Dalam Membumikan Nilai Pancasila
Ketua MPR RI Dorong STIN Lahirkan Prajurit Perang Pikiran Berkelas Dunia
Ketua MPR RI Apresiasi Peresmian Smart Campus Dan Medical Intelligence Wangsa Avatar
Pemerintah Siapkan Kebijakan Antisipasi Lonjakan Harga Pangan
Ketua MPR RI Apresiasi Kiprah 70 Tahun Fadel Muhammad
Ketua MPR RI Apresiasi ESQ Leadership Center Bentuk Karakter Sumber Daya Manusia Indonesia
Ketua MPR RI Apresiasi 76 Tahun Pengabdian BIN Jaga Kedaulatan Bangsa
Melihat Kehangatan Presiden Joko Widodo Bersama Cucunya Naik Mobil Golf
Secercah Asa Di Ujung Ramadan
Warga Yogyakarta Terharu Bertemu Presiden Joko Widodo Dan Dapat THR
Tiba Di Yogyakarta, Presiden Joko Widodo Bagikan Sembako Untuk Masyarakat
Ketua MPR RI Meresmikan Monumen Empat Pilar MPR RI Di Bali
Satu Arah Dan Ganjil Genap Di Jalan Tol Akan Mulai Diterapkan 28 April 2022
Ketua MPR RI Dorong Kerjasama Pengusaha Bantu Tingkatkan Keamanan Dan Pertahanan Siber Nasional
Ketua MPR RI Dorong Hadirnya Undang-Undang Keamanan Dan Ketahanan Siber
Perwira Brimob Gugur Ketika Mengamankan Demo Di Kendari
Ketua DPR RI Meminta Pemerintah Lindungi Nelayan Kecil Dari Kapal-Kapal Besar
Presiden Joko Widodo Meresmikan Penataan Kawasan Kota Kupang
Presiden Joko Widodo Tiba Di Bali Dalam Rangka Kunker Akan Buka Sidang Ke-144 IPU
Ketua MPR RI Tegaskan Pembangunan Ibu Kota Negara Nusantara Harus Berlanjut Siapapun Presidennya
Ketua MPR RI Ajak Seluruh Elemen Bangsa Dukung Pembangunan IKN Nusantara
Ketua MPR RI Dorong Prajurit TNI Raih Prestasi Di Kejuaraan Menembak Internasional
jQuery Slider
Arsip :2022202120202019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 10.284.492 Since: 05.03.13 | 0.1716 sec