Nasional

Perwira Brimob Gugur Ketika Mengamankan Demo Di Kendari

Tuesday, 12 April 2022 | View : 199
Tags : Brimob, Kendari

KENDARI-SBN.

Seorang perwira Brimob Polda Sulawesi Tenggara (Sultra) gugur saat mengamankan aksi demo 11 April 2022 yang dilakukan mahasiswa di Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Perwira bernama Ipda Imam Agus Husein itu wafat setelah dilarikan ke rumah sakit.

Ipda Imam Agus Husein bertugas melakukan pengamanan demo 11 April 2022 di kawasan Kantor DPRD Sultra, Jl. Drs. H. Abdullah Silondae No.02, Mandonga, Kendari, Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), pada Senin (11/4/2022).

Saat sedang bertugas, almarhum tiba-tiba mengalami sesak napas dan langsung dilarikan ke rumah sakit.

"Iya benar, anggota Brimob Polda Sultra bernama Ipda Imam (meninggal dunia)," ungkap Kabid Humas Polda Sultra Kombes Pol. Ferry Walintukan kepada wartawan, Senin (11/4/2022).

Demonstrasi mahasiswa di Kendari sempat diwarnai kericuhan. Saat situasi sudah mulai terkendali Ipda Imam kemudian tiba-tiba mengeluhkan sesak napas dan nyeri di dada.

"Jam 15.45 WITA korban tiba-tiba sesak dan nyeri. Dia di Barracuda, dia itu di dalam mobil Barracuda," kata Kabid Humas Polda Sultra Kombes Pol. Ferry Walintukan kepada awak media, Senin (11/4/2022).

Saat itu eskalasi massa ricuh demo 11 April sudah bubar sekitar pukul 15.00 WITA. Namun Ipda Imam masih berkeliling memantau situasi di sekitar titik aksi menggunakan rantis barracuda.

"Dia kan demo sudah selesai, mereka masih mobile pastikan lagi semua kan, pastikan tidak ada masalah lagi," kata Kombes Pol. Ferry.

Kemudian saat berkeliling itulah tiba-tiba Ipda Imam mengeluh sesak dan sakit di dada. Akibatnya korban langsung dilarikan ke RS Bhayangkara Polda Sultra.

Ipda Imam sempat mendapatkan perawatan medis setelah mengeluhkan sesak napas. Hanya saja setelah kurang lebih 2 jam mendapat perawatan Ipda Imam dinyatakan telah meninggal dunia pada pukul 17.30 WITA.

"Iya (meninggalnya) 17.30 betul," beber Kombes Pol. Ferry.

Namun, belum bisa disimpulkan apa penyebab pasti Ipda Imam meninggal dunia. Kombes Pol. Ferry hanya mengatakan Ipda Imam mengeluhkan sesak napas lalu kemudian dilarikan ke Rumah Sakit (RS).

"Penyebabnya kami belum tahu soalnya Kabid Dokkes belum menyampaikan kepada kami," ucapnya.

Jenazah Ipda Imam Agus Husein disemayamkan di Mako Brimob Polda Sultra. Suasana duka seketika menyelimuti.

Jenazah Ipda Imam disemayamkan di Gedung Serba Guna Jana Nuraga, Sat Brimob Polda Sultra, Kecamatan Konda, Kabupaten Konawe Selatan, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) pada Senin (11/4/2022) malam. Dalam prosesi itu Kapolda Sultra Irjen Pol. Teguh Pristiwanto turut hadir beserta jajarannya. Hadir juga Ketua DPRD Sultra Abdurrahman Saleh, Kapolresta Kendari AKBP Didik Erfianto beserta jajaran. "Kami dari Kepolisian Daerah Sulawesi Tenggara akan melakukan upacara untuk pelepasan terhadap rekan kami, almarhum Ipda Imam Agus Husein," kata Kombes Pol. Ferry ditemui di Mako Brimob Polda Sultra, Senin (11/4/2022).

Jenazah almarhum ditempatkan di peti jenazah dan ditutupi bendera merah putih. Di setiap sudut peti 4 anggota Sat Brimob Polda Sultra berjaga. Foto almarhum juga disematkan di dekat peti jenazah.

"Insyaallah almarhum khusnul khotimah dalam menjalankan tugas. Almarhum orang baik," kata Imam Masjid At Taqwa Sat Brimob Polda Sultra Al Ustaz Mas'ud dalam prosesi penyemayaman, Senin (11/4/2022).

Jenazah Ipda Imam Agus Husein akan dimakamkan di kampung halamannya di Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Menurut Kabid Humas Polda Sultra Kombes Pol. Ferry Walintukan, perwira Brimob itu akan dibawa ke rumah orang tuanya di Jalan William Iskandar Nomor 14, Kelurahan Penyabungan 2, Kecamatan Penyabungan, Kabupaten Mandailing Natal, Provinsi Sumatera Utara (Sumut).
Jenazah almarhum Ipda Imam yang disemayamkan di Mako Brimob Polda Sultra akan diberangkatkan ke Sumut pada Selasa (12/4/2022) pukul 07.30 WITA dari Bandar Udara Haluoleo Kendari.

Rencananya, alumnus Akpol 2020 akan dilepas dengan upacara kehormatan pelepasan jenazah dengan inspektur upacara Kapolda Sultra Irjen Pol. Teguh Pristiwanto. "Pemberangkatan pesawat sekitar jam 09.00 WITA," kata Kombes Pol. Ferry.

Hingga kini polisi belum menjelaskan secara mendetail tentang kronologi penyebab Ipda Imam meninggal dunia. Saat ini kronologi dan penyebab meninggalnya Ipda Iman sedang didalami. Sat Brimob Polda Sultra akan melakukan investigasi. "Kronologisnya kami belum bisa menjelaskan, kami menunggu investigasi Sat Brimob Polda Sultra," beber Kabid Humas Polda Sultra Kombes Pol Ferry Walintukan kepada wartawan, Senin (11/4/2022) malam. "Kami menunggu dari Brimob untuk bisa menjelaskan kronologis kejadian," tambah Kombes Pol. Ferry.

Kombes Pol. Ferry Walintukan mengaku belum bisa memberikan banyak informasi terkait meninggalnya perwira Brimob Polda Sultra itu.

Menurut dia, penyebab kematian anggota Polri itu akan dijelaskan oleh tim Biddokkes Brimob Polda Sultra. Dia mengaku menunggu hasil pemeriksaan Biddokes Polda Sultra dahulu. "Kami harus menunggu Kabid Dokkes menjelaskan apa penyebab kematian almarhum," imbuhnya.

"Almarhum dinas pertama di Polda Sultra dan masuk dalam Satuan Brimob Polda Sultra," ucap Kombes Pol. Ferry.

Ipda Imam Agus Husein merupakan PS Kanit 2 Subden 2 Den Gegana Satbrimob Polda Sultra. (det/jos/jpnn)

See Also

Hari Bhayangkara Ke-76, Ketua MPR RI Apresiasi Polri Dorong Percepatan Pemulihan Ekonomi
Gibran Sowan Ke Megawati Dan Prabowo
Ketua MPR RI Tegaskan Pancasila Menjadi Orientasi Visi Dan Misi Bangsa Indonesia
Ketua MPR RI Tegaskan Butuh Kerja Kolektif Seluruh Elemen Bangsa Dalam Membumikan Nilai Pancasila
Ketua MPR RI Dorong STIN Lahirkan Prajurit Perang Pikiran Berkelas Dunia
Ketua MPR RI Apresiasi Peresmian Smart Campus Dan Medical Intelligence Wangsa Avatar
Pemerintah Siapkan Kebijakan Antisipasi Lonjakan Harga Pangan
Ketua MPR RI Apresiasi Kiprah 70 Tahun Fadel Muhammad
Ketua MPR RI Apresiasi ESQ Leadership Center Bentuk Karakter Sumber Daya Manusia Indonesia
Ketua MPR RI Apresiasi 76 Tahun Pengabdian BIN Jaga Kedaulatan Bangsa
Melihat Kehangatan Presiden Joko Widodo Bersama Cucunya Naik Mobil Golf
Secercah Asa Di Ujung Ramadan
Warga Yogyakarta Terharu Bertemu Presiden Joko Widodo Dan Dapat THR
Tiba Di Yogyakarta, Presiden Joko Widodo Bagikan Sembako Untuk Masyarakat
Ketua MPR RI Meresmikan Monumen Empat Pilar MPR RI Di Bali
Satu Arah Dan Ganjil Genap Di Jalan Tol Akan Mulai Diterapkan 28 April 2022
Ketua MPR RI Dorong Kerjasama Pengusaha Bantu Tingkatkan Keamanan Dan Pertahanan Siber Nasional
Ketua MPR RI Dorong Hadirnya Undang-Undang Keamanan Dan Ketahanan Siber
Ketua DPR RI Meminta Pemerintah Lindungi Nelayan Kecil Dari Kapal-Kapal Besar
Presiden Joko Widodo Meresmikan Penataan Kawasan Kota Kupang
Presiden Joko Widodo Tiba Di Bali Dalam Rangka Kunker Akan Buka Sidang Ke-144 IPU
Ketua MPR RI Tegaskan Pembangunan Ibu Kota Negara Nusantara Harus Berlanjut Siapapun Presidennya
Ketua MPR RI Ajak Seluruh Elemen Bangsa Dukung Pembangunan IKN Nusantara
Ketua MPR RI Dorong Prajurit TNI Raih Prestasi Di Kejuaraan Menembak Internasional
Ketua MPR RI Berharap Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia Segera Terwujud
jQuery Slider
Arsip :2022202120202019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 10.284.647 Since: 05.03.13 | 0.1728 sec