Redaksi

Terorisme Bisa Menyusup Kemana Saja: Waspada Terorisme

Author : JAKARTASBN | Wednesday, 24 Nopember 2021 | View : 93

Penangkapan Ahmad Zain an-Najah (Anggota Komisi Fatwa MUI) oleh Densus 88 anti teror Mabes Polri baru-baru ini tentu saja bukan hanya menyentak kepengurusn MUI, tetapi semua kita yang peduli bahaya terorisme.

Permintaan Majelis Ulama Indonesia agar aparat bekerja secara profesional dengan mengedepankan asas praduga tak bersalah yang terbit 17 November 2021 menyiratkan bahwa teorisme bisa menyusup kemana saja. Semua elemen bangsa mesti waspada menghadapi usaha-usaha terorisme yang tak peduli dengan kebijakan sebuah negara.

Pendidikan agama berkualitas bukan hanya penting, tetapi juga perlu diperhatikan oleh semua elemen bangsa. Pendidikan agama bukan hanya sekadar memenuhi kurikulum sekolah, secara khusus pada sekolah dasar dan menengah, tapi perlu terintegrasi dengan Pendidikan agama dalam keluarga, karena penanggungjawab utama pendidika agama adalah keluarga.

Pengakuan akan pentingnya menghadirkan kebenaran agama-agama secara bersamaan menuntut kebutuhan pendidikan agama yang berkualitas. Tidak cukup menentukan nilai pelajaran agama sebagai syarat kenaikan kelas, atau kelulusan bagi siswa tanpa menghadirkan pendidikan agama yang bermutu.

Nilai agama sebagai syarat kelulusan seringkali hanya akan menyuburkan kemunafikan. Bukan lagi suatu rahasia, nilai agama sering kali tak memiliki relasi dengan pengetahuan agama siswa. Diusahakan baik untuk kelulusan (ada pengatrolan nilai), belum lagi jika berbicara tentang pengamalan agama, ibarat jauh panggang dari api. Akan lebih parah lagi jika itu terjadi tanpa kualitas pendidikan agama yang memadai.

Mengharapkan tumbuhnya toleransi dengan menihilkan pengetahuan agama adalah seperti pungguk merindukan bulan. Peningkatan kualitas pendidikan agama itu penting untuk meredam semangat fanatisme agama yang berlebihan. Karena tanpa pengetahuan agama yang memadai orang cenderung curiga terhadap agama-agama lain, takut untuk berkomunikasi, sehingga bersikap eksklusif, dan mudah menyulut konflik.

Sebaliknya, pengetahuan agama yang baik akan menumbuhkan kesadaran pentingnya mendengarkan pandangan agama-agama yang berbeda, yang kemudian bermuara pada hadirnya dialog yang jujur dan penuh kehangatan antaragama yang kemudian makin menumbuhkan rasa toleransi antaragama.

Jadi, toleransi sebagai pemberian penghormatan terhadap agama-agama yang berbeda, hanya mungkin hadir ketika pengetahuan umat beragama tentang agamanya makin berkualitas, karena pengetahuan agama-agama itu juga terkait kesediaan untuk mendengarkan agama-agama yang berbeda.

Usaha-usaha deradikalisasi agama, sekaligus menekan bahaya terorisme melalui penguatan pemahaman agama melalui pendidikan perlu menjadi perhatian pemerintah dan semua elemen bangsa, demikian juga untuk mereka yang duduk pada institusi-institusi agama.

See Also

Iman Dan Ilmu Pengetahuan
Soal Orientasi Beragama
Profesi Advokat Semakin Menjanjikan Bagi Kaum Hawa
Mas Arswendo: Menulis Itu Gampang
Pidato Pertanggungjawaban Atas Penerimaan Soetandyo Wignjosoebroto Award
Merenungi Kepergian KH Hasyim Muzadi
Koalisi Cikeas Usung Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni
Saya Mengurus Kewarganegaraan Indonesia Sendiri Dan Tidak Mudah
Lian Gouw Untuk Penyebaran Novel Sejarah Indonesia
Seminar Membangun Ke-Indonesia-an
Rencana Bekerja Untuk Otonomi Perempuan
Ketemu Anak Presiden Di Markobar Surabaya
Mengenang Mas Slamet Riyadi Sabrawi
Batik Cermin Budaya Bangsa Indonesia
Keberlangsungan Batik Dalam Pergulatan
Handoko Wibowo Penerima Yap Thiam Hien Award 2015
Cengkeh Dan Petani Berdaya
Senyum Solidaritas Wong Cilik Yang Aku Suka
Ketika Myra Diarsi Di Tlogo Wening
SBO TV Tentang Masa Orientasi Sekolah
Membimbing Karier Anak
Menulis Karya Besar Yang Berdampak Untuk Yang Lain
Festival Kartini Bersama Wakil Gubernur Dan Konsulat Jenderal Amerika Serikat
Surat Cinta Untuk Kartini
Wisata Suku Bajo Terbesar Di Dunia
jQuery Slider

Comments

Arsip :20212020201920172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 9.342.019 Since: 05.03.13 | 0.2855 sec