Olah Raga

The Three Lions Melaju Ke Final Piala Eropa 2020 Menang Dramatis 2-1 Atas Denmark

Thursday, 08 Juli 2021 | View : 71

LONDON-SBN.

Timnas Inggris berhasil menembus partai final Euro 2020 atau Piala Eropa 2020. The Three Lions melaju ke partai pemuncak setelah membekuk Danish Dynamite julukan timnas Denmark di semifinal Euro 2020, Kamis (8/7/2021) dini hari WIB.

Laga antara timnas timnas Inggris dan The Red and White julukan timnas Denmark berlangsung di Wembey Stadium/Stadion Wembley, Wembley Park, London Borough of Brent, London, Inggris.

Inggris sukses meraih hasil impresif dengan kemenangan 2-1 atas tim Dinamit dalam pertandingan yang mencapai babak tambahan waktu tersebut.

Di sisi lain, timnas Denmark berhasil mencetak gol lebih dulu melalui Mikkel Damsgaard pada menit ke-30. Namun, tim Dinamit tak bisa mempertahankan keunggulan setelah Inggris menyamakan kedudukan lewat gol bunuh diri Simon Kjaer (39').

Skor imbang 1-1 kemudian tetap bertahan hingga waktu normal sehingga pertandingan berlanjut ke babak extra time.

Bermain pada perpanjangan waktu, The Three Lions berhasil mencetak gol kedua yang dicetak Harry Kane (104'). Gol Harry Kane membuat timnas Inggris menang 2-1 atas Denmark dan The Three Lions pun sukses tembus final Euro 2020.

Kedua tim tampak bermain ngotot, itulah yang tergambar pada awal babak pertama. Timnas Inggris mencoba memainkan ritme lambat, namun Timnas Denmark memaksa laga berjalan dengan tempo cepat.

Timnas Inggris dan Danish Dynamite julukan timnas Denmark masing-masing menerapkan formasi andalannya untuk laga semifinal Euro 2020 ini. Inggris menggunakan formasi 4-2-3-1 dengan Bukayo Saka yang kembali tampil di sisi kanan penyerangan The Three Lions, setelah sempat mengalami cedera ringan. Saka yang berusia 19 tahun 305 hari merupakan pemain Inggris termuda yang mentas di semifinal turnamen major antarnegara.

Adapun timnas Denmark menerapkan formasi 3-4-3 dengan Jens Stryger Larsen dan Joakim Maehle menjadi senjata di area wing back, lalu Dolberg sebagai ujung tombak.

Timnas Inggris yang memiliki skuad mewah langsung menunjukkan dominasinya atas Denmark sejak awal babak pertama. The Three Lions pun tak lama kemudian berhasil mengancam gawang tim Dinamit pada menit ke-6.

Melalui serangan dari tengah, bola lalu bergulir ke sisi kanan yang diterima Harry Kane. Striker Tottenham Hotspur itu yang bermain melebar langsung mengirimkan crossing yang mengarah kepada Raheem Sterling di dalam kotak penalti Denmark. Namun, bola terlalu deras sehingga Sterling yang terlihat tinggal menyontek bola gagal memanfaatkan peluang.

Peluang pertama lahir menit 12' melalui upaya Raheem Sterling. Tendangannya mengarah ke gawang, tapi tak cukup kuat untuk menembus gawang Kasper Schmeichel.

Pada menit ke-13, Raheem Sterling akhirnya dapat melesakkan bola ke gawang Denmark melalui aksinya di sisi kiri. Bintang Manchester City itu melakukan penetrasi ke dalam kotak penalti tim Dinamit dan langsung melakukan tendangan kaki kanan yang cukup keras. Namun, kiper Kasper Schmeichel dengan sigap bisa menangkap bola karena berada di posisi yang tepat.

Harry Kane juga mendapatkan peluang menit 15'.

Disusul upaya Pierre-Emile Hojbjerg tak lama berselang. Dua peluang tersebut urung mengubah papan skor. Timnas Denmark baru bisa menciptakan peluang pada menit ke-16. Adalah Pierre-Emile Hojbjerg yang melakukan tembakan percobaan dari luar kotak penalti, tetapi masih dapat ditangkap oleh Jordan Pickford.

Timnas Inggris yang menguasai jalannya laga belum bisa membuat peluang berbahaya lagi. Pun demikian dengan Denmark. Namun, timnas Denmark bisa mengejutkan Inggris dengan mencetak gol pada menit ke-30.

Gol yang dinanti publik Wembley tersaji menit 30'. Bukan Inggris yang membuka skor, melainkan Denmark melalui tendangan bebas istimewa Mikkel Damsgaard.

Tim Dinamit mencetak gol setelah mendapat tendangan bebas di depan kotak penali Inggris. Mikkel Damsgaard kemudian maju sebagai eksekutor dan berhasil melesakkan bola dengan mulus yang tidak bisa dijangkau kiper Jordan Pickford.

Ini adalah kali pertama timnas Inggris kebobolan di Euro 2020. Sebelumnya, The Three Lions tak pernah merasakan kebobolan dari fase grup hingga perempat final.

Tertinggal, timnas Inggris kembali tampil panas. Pasukan Gareth Southgate itu pun punya peluang emas lewat Sterling lagi pada menit ke-38. Menerima umpan mendatar dari Harry Kane di sisi kanan kotak penalti Denmark, Raheem Sterling kali ini dapat menyontek bola ke gawang tim Dinamit. Namun, tendangan Raheem Sterling dari kotak enam yard masih bisa diselamatkan kiper Schmeichel.

The Three Lions yang terus menekan akhirnya menuai hasil dengan mencetak gol penyama kedudukan pada menit ke-39. Berawal dari penetrasi Bukayo Saka di sisi kanan, dia kemudian mengirimkan crossing mendatar ke Raheem Sterling. Raheem Sterling berupaya meraih bola dalam penjagaan Simon Kjaer. Namun, hal itu justru jadi berkah bagi Inggris karena bek Simon Kjaer melakukan gol bunuh diri. Bek Simon Kjaer yang mencoba menghalau crossing Bukayo Saka malah membobol gawangnya sendiri.

Inggris pun dapat menyamakan kedudukan 1-1 dan skor tersebut bertahan sampai turun minum.

Timnas Inggris menutup babak pertama dengan gol penyama kedudukan menit 39'.

Laga berlanjut, timnas Denmark menjadi tim pertama yang memberikan ancaman pada babak kedua.

Tim Dinamit memiliki peluang emas lewat Kasper Dolberg seusai menerima terobosan dari Mikkel Damsgaard. Kasper Dolberg mengecoh Kyle Walker dan John Stones lebih dulu di lini pertahanan Inggris. Sang striker kemudian berhasil melesakkan tendangan keras mendatar yang tepat sasaran. Tendangan pemain Nice itu bisa ditepis oleh kiper Jordan Pickford. Namun, peluang tersebut tak dihitung karena Kasper Dolberg berada di posisi offside.

Di sisi lain, timnas Inggris baru bisa mengancam Denmark setelah 10 menit babak kedua berjalan. Timnas Inggris yang tak mau mengecewakan pendukungnya di Stadion Wembley nyaris berbalik memimpin andai sundulan Harry Maguire tidak ditahan kiper Schmeichel.

Melalui umpan tendangan bebas Mason Mount dari sisi kanan, Harry Maguire dapat menyambut bola dengan tandukannya. Akan tetapi, upayanya gagal berbuah gol kedua untuk Inggris karena kiper Schmeichel dapat menepis bola.

Memasuki pertengahan babak kedua, kedua tim tampak menurunkan tempo permainan sehingga belum ada peluang lagi tercipta.

Memasuki menit 67', Denmark melakukan tiga pergantian pemain sekaligus. Mikkel Damsgaard sang pencetak gol ditarik keluar, dan satu pemain yang dimasukkan adalah Yussuf Poulsen.

Inggris pun demikian, Bukayo Saka sang inisiator terciptanya gol The Three Lions diganti. Masuk sebagai penggantu adalah Jack Grealish.

Laga berjalan sedikit melamban seusai kedua tim melakukan pergantian pemain. Sejumlah pelanggaran juga mewarnai pertengahan babak kedua.

Pada menit ke-73, peluang baru hadir kembali yang dibuat oleh timnas Inggris. Adalah Mason Mount yang kali ini memberikan ancaman kepada tim Dinamit melalui umpan lambungnya dari sisi kanan. Umpan tersebut lebih mengarah ke gawang timnas Denmark sehingga kiper Schmeichel harus melompat menepis bola.

Danish Dynamite kembali dikejutkan Inggris lewat tekanan Harry Kane di dalam kotak mereka pada menit ke-74. Ketegangan sempat terjadi menit 74' saat Harry Kane terjatuh di kotak penalti. Namun, wasit tak memberikan hadiah penalti kepada Inggris, bahkan seusai melakukan cek lewat VAR. Akan tetapi, wasit malah memberikan tendangan bebas kepada Denmark.

The Three Lions sebetulnya punya satu peluang emas lagi lewat tandukan Harry Maguire yang memanfaatkan situasi sepakan bebas pada injury time babak kedua. Namun, peluang The Three Lions tersebut juga masih gagal membuahkan hasil.

Hingga babak kedua berakhir, tak banyak peluang yang tercipta. Inggris dan Denmark mencoba saling menekan dan mengancam. Namun, gol tambahan tak kunjung hadir jelang waktu normal berakhir. Skor 1-1 bertahan, pertandingan pun dilanjutkan ke babak tambahan.

Duel timnas Inggris melawan Danish Dynamite pada semifinal Euro 2020 di Wembey Stadium/Stadion Wembley, Wembley Park, London Borough of Brent, London, Inggris, Kamis (8/7/2021) dni hari WIB harus dilanjutkan ke babak tambahan usai kedua tim bermain imbang 1-1.

Skor imbang 1-1 pun bertahan dan pertandingan harus dilanjutkan ke babak tambahan waktu.

Timnas Inggris terus menunjukkan dominasinya pada babak extra time. Babak extra Time, The Three Lions pun dapat kembali mengancam Denmark melalui Harry Kane pada menit ke-94. Memanfaatkan umpan terobosan Kyle Walker, Kane dapat mengeksekusi bola dengan tendangannya di dalam kotak penalti Danish Dynamite. Akan tetapi, kiper Kasper Schmeichel yang tampil cemerlang dapat menangkis bola.

Pasukan Gareth Southgate kembali memberikan ancaman lewat sepakan placing Raheem Sterling pada menit ke-98, tetapi hanya melambung.

Pada menit ke-102, timnas Inggris mendapat hadiah penalti seusai Raheem Sterling dijatuhkan oleh Joakim Maehle.

Harry Kane kemudian maju sebagai eksekutor penalti The Three Lions. Sepakan 12 pas sang striker yang ke arah kanan dapat ditepis Schmeichel. Namun, bola rebound mengarah ke Harry Kane dan sepakan keduanya berhasil menjebol gawang Denmark. Timnas Inggris pun unggul 2-1 atas Denmark dan skor tersebut bertahan sampai babak pertama extra time.

The Three Lions cenderung menurunkan tempo permainan dan terlihat lebih ingin mempertahankan keunggulan pada babak kedua extra time.

Di sisi lain, Danish Dynamite julukan timnas Denmark terus mencoba menekan, tetapi baru punya peluang lagi lewat sepakan Martin Braithwaite pada menit ke-114. Namun, upaya Braithwaite belum berhasil menjebol gawang timnas Inggris.

Sementara itu, Inggris hanya membuat sekali ancaman lewat sepakan Raheem Sterling usai melakukan penetrasi ke dalam kotak penalti Denmark pada injury time. Namun, kiper Kasper Schmeichel dapat menepis bola sehingga skor tak berubah.

Timnas Inggris pun berhasil menang 2-1 atas Denmark dan melaju ke final Euro 2020.

Ini adalah kali pertama timnas Inggris mencapai final Piala Eropa sepanjang sejarah dan pertama kali The Three Lions lolos ke final turnamen antarnegara sejak Piala Dunia 1966.

Timnas Inggris akan berhadapan dengan Italia di partai final Euro 2020.

Susunan Pemain:

Inggris (4-2-3-1):

1-Jordan Pickford; 2-Kyle Walker, 5-John Stones, 6-Harry Maguire, 3-Luke Shaw; 4-Declan Rice (8-Jordan Henderson 95'), 14-Kalvin Phillips; 25-Bukayo Saka (7-Jack Grealish 69'/12-Kieran Trippier 106'), 19-Mason Mount (20-Phil Foden 95'), 10-Raheem Sterling; 9-Harry Kane.

Cadangan:

13-Aaron Ramsdale, 23-Sam Johnstone, 11-Marcus Rashford, 15-Tyrone Mings, 16-Conor Coady, 17-Jadon Sancho, 24-Reece James, 26-Jude Bellingham.

Pelatih: Gareth Southgate OBE.

Denmark (3-4-3):

1-Kasper Schmeichel; 6-Andreas Christensen (2-Joachim Andersen 79'), 4-Simon Kjaer, 3-Jannik Vestergaard (19-Jonas Wind 105'); 17-Jens Stryger Larsen (18-Daniel Wass 67'), 23-Pierre Emile Hojbjerg, 8-Thomas Delaney (24-Mathias Jensen 88'), 5-Joakim Maehle; 9-Martin Braithwaite, 12-Kasper Dolberg (15-Christian Norgaard 67'), 14-Mikkel Damsgaard (20-Yussuf Poulsen 67').

Cadangan:

7-Robert Skov, 11-Andreas Skov Olsen, 16-Jonas Lossl, 21-Andreas Cornelius, 22-Frederik Ronnow.

Pelatih: Kasper Hjulmand.

Wasit: Danny Makkelie (Belanda)

See Also

Toni Kroos Resmi Putuskan Pensiun Dari Timnas Jerman
Italia Kantongi Tiket Perempat Final Setelah Kandaskan Impian Austria 2-1
Jadwal Lengkap 16 Besar Piala Eropa 2020
Kroasia Hempaskan Skotlandia 3-1 Di Piala Eropa 2020
Prancis Juara Grup F Setelah Imbang 2-2 Dengan Portugal
Swedia Juara Grup E Setelah Kalahkan Polandia 3-2
Spanyol Gilas Slovakia 5-0 Di Piala Eropa 2020
Inggris Juara Grup D Setelah Menang Tipis 1-0 Atas Republik Ceko
Denmark Lumat Rusia 4-1 Di Piala Eropa 2020
Belanda Hajar Makedonia Utara 3-0 Di Piala Eropa 2020
Austria Menang Tipis 1-0 Atas Ukraina
Swiss Hentikan Langkah Turki Di Piala Eropa 2020 Dengan Skor 3-1
Italia Menang Tipis 1-0 Atas Wales
Spanyol Tertahan Polandia 1-1 Di Piala Eropa 2020
Prancis Berbagi Hasil Imbang Dengan Hungaria 1-1 Di Piala Eropa 2020
Argentina Menang Tipis 1-0 Atas Uruguay
Republik Ceko Tahan Imbang Kroasia 1-1
Christian Eriksen Pulang Dari Rumah Sakit
Chile Menang Tipis 1-0 Atas Bolivia
Swedia Taklukkan Slovakia Lewat Penalti 1-0
Brasil Gunduli Peru 4-0 Di Piala Copa America 2021
Belgia Singkirkan Denmark 2-1
Ukraina Menang Tipis 2-1 Atas Makedonia Utara
Belanda Bekuk Austria 2-0 Di Piala Eropa 2020
Rusia Menang Tipis 1-0 Atas Finlandia
jQuery Slider

Comments

Arsip :202120202019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 9.389.330 Since: 05.03.13 | 0.1625 sec