Olah Raga

Gli Azzurri Tembus Final Piala Eropa 2020 Menang Adu Penalti Atas Spanyol 4-2

Wednesday, 07 Juli 2021 | View : 79
Tags : Italia, Spanyol

LONDON-SBN.

Gli Azzurri  julukan tim nasional Italia berhak melaju ke final Piala Eropa 2020 seusai menang atas Spanyol yang berjuluk La Furia Roja pada semi final yang berlangsung di Wembey Stadium/Stadion Wembley, Wembley Park, London Borough of Brent, London, Inggris, Rabu (7/7/2021) dini hari WIB.

The Blues berhak lolos ke final Euro 2020 usai menyingkirkan Spanyol lewat babak adu penalti dengan skor 1-1 (4-2) dalam partai semi final yang dihelat di Wembey Stadium/Stadion Wembley, Wembley Park, London Borough of Brent, London, Inggris, Rabu (7/7/2021) dini hari WIB.

Laga Italia melawan The Red Fury pada semifinal Euro 2020 itu harus ditentukan lewat adu penalti setelah kedua tim bermain imbang 1-1 hingga babak tambahan waktu atau extra time usai.

Pada waktu normal, Italia unggul lebih dulu lewat aksi Federico Chiesa pada menit ke-60.

Setelah itu, Spanyol baru bisa menyamakan skor lewat aksi Alvaro Morata 20 menit berselang. The Red Fury mampu menyamakan kedudukan berkat gol Alvaro Morata pada menit ke-80.

Pada babak adu penalti, The Blues memastikan kemenangan berkat keunggulan 4-2.

Laga sudah berlangsung menarik sejak awal babak pertama. 

Pada awal babak pertama, Italia langsung mengancam lewat sepakan gelandang Inter Milan, Nicolo Barella.  Italia mendapat peluang pertama ketika aksi Nicolo Barella digagalkan tiang gawang. Pemain yang mencetak satu gol ketika Italia mengalahkan Belgia di perempat final Euro 2020 itu mengarahkan bola ke sisi kanan gawang Spanyol. Kiper Spanyol, Unai Simon, tak berbuat banyak, tetapi sepakan Barella hanya mengenai tiang gawang. Tak lama setelah itu, hakim garis mengangkat bendera tanda Barella sudah berada di posisi offside sebelum menerima umpan dari Emerson dan melancarkan tembakan. Barella sendiri ternyata sudah berdiri dalam posisi offside.

Setelah itu, penguasaan bola dikuasai oleh Spanyol. Setelah Italia memberi kejutan di awal laga, La Roja mulai mengambil penguasaan bola.

Pada 25 menit pertama, total penguasaan bola The Red One mencapai 65 persen. Di balik persentase penguasaan bola tersebut, Spanyol mencatatkan 208 operan sukses. La Furia Roja juga melancarkan tiga tembakan dengan satu di antaranya tercatat sebagai shot on target.

Spanyol mendapat satu shot on target itu berkat sepakan Dani Olmo pada menit ke-25. Dani Olmo pun sempat memiliki peluang emas untuk membuka keunggulan timnya. Dani Olmo mampu mendapatkan ruang tembak setelah menerima umpan rekannya, Mikel Oyarzabal. Bola hasil sepakan Dani Olmo mengarah ke gawang, tetapi kiper Italia Gianluigi Donnarumma mampu menggagalkan peluang emas tersebut. Tembakannya masih bisa dihalau kiper Gianluigi Donnarumma. Kiper Gianluigi Donnarumma melakukan penyelamatan gemilang dengan melompat dan menepis bola hasil sepakan Dani Olmo.

Saat Spanyol telah mendapatkan satu peluang emas, Italia tampak masih kesulitan menembus pertahanan La Furia Roja. Italia tercatat belum melancarkan satu pun tembakan hingga memasuki menit ke-40.

Di sisi lain, Spanyol mampu menambah dua tembakan meski belum juga berbuah gol.

The Blues kemudian baru melancarkan tembakan pada akhir babak pertama. Di akhir babak pertama, Emerson hampir saja membawa Italia unggul andai usahanya tak digagalkan mistar gawang. Akan tetapi, tembakan itu masih melambung di atas mistar gawang Spanyol dan belum mengubah kedudukan 0-0 yang kemudian menutup jalannya babak pertama. Skor imbang tanpa gol pun menjadi hasil sementara saat laga memasuki jeda turun minum.

Gli Azzurri, julukan timnas Italia, mengakhiri babak pertama tanpa satu pun shot on target. Melansir Opta Paolo, ini adalah kali pertama The Blues gagal mencatatkan shot on target pada babak pertama sejak final Euro 2000 kontra Prancis.

Kembali dari kamar ganti, Spanyol kembali memegang kendali permainan. Memasuki babak kedua, The Blues lebih sering melancarkan tembakan, tetapi penguasaan bola masih menjadi milik Spanyol.

Sergio Busquets memperoleh peluang bagus untuk mencetak gol pada menit ke-52, namun, tembakannya masih melambung tipis di atas gawang Gianluigi Donnarumma.

Satu jam laga berjalan, Italia akhirnya sukses memecah kebuntuan lewat aksi brilian Federico Chiesa. Setelah beberapa kali melancarkan tembakan, Italia sukses memecah kebuntuan pada menit ke-60. The Blues memimpin lebih dulu berkat gol Federico Chiesa pada menit ke-60. 

Skuad asuhan Roberto Mancini itu mengubah kedudukan menjadi 1-0 berkat aksi winger Juventus, Federico Chiesa. Chiesa mendapatkan bola hasil sapuan bek Spanyol yang sebelumnya menghalau umpan terobosan Lorenzo Insigne untuk Ciro Immobile. Mendapat bola liar di tepi kotak penalti, bintang Juventus itu melakukan satu dua sentuhan sebelum melepas tembakan melengkung yang tak bisa dijangkau Unai Simon. Setelah mendapatkan bola, Chiesa melakukan beberapa gerakan sebelum melancarkan sepakan melengkung yang tak mampu dihalau Unai Simon.

Lewat gol Federico Chiesa, Italia kini telah mencetak 12 gol dalam pergelaran Euro 2020.

Gli Azzurri  menyamai jumlah gol terbanyak dalam sejarah penampilan mereka di satu edisi Euro dan Piala Dunia. Sebelumnya, Italia juga mencetak 12 gol pada Piala Dunia 1934, 1982, dan 2006.

Unggul 1-0 tak membuat Italia puas. Gli Azzurri terus melancarkan serangan hingga berbuah beberapa peluang. Namun, tak ada satu pun yang dari sejumlah peluang itu yang mampu dikonversikan menjadi gol kedua.

Italia hampir saja menggandakan keunggulan pada menit ke-68 ketika Berardi lolos dari jebakan offside kala menerima umpan terobosan Chiesa. Namun, tembakannya masih bisa dimentahkan kiper Unai Simon.

Di sisi lain, Spanyol pun langsung tersengat dengan gol Chiesa ini. Spanyol yang tertinggal 0-1 terus berupaya menyamakan kedudukan. Namun, Mikel Oyarzabal gagal meneruskan umpan Koke, pun demikian dengan aksi Olmo yang masih gagal membuahkan gol.

Upaya tersebut kemudian berbuah hasil kala laga memasuki menit ke-80. Perjuangan Spanyol untuk menyamakan kedudukan akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-80 lewat aksi Alvaro Morata yang baru masuk sejak pertengahan babak kedua. Alvaro Morata yang datang dari bangku cadangan, menggantikan Ferran Torres, mampu membobol gawang Gianluigi Donnarumma setelah memanfaatkan assist Dani Olmo.

Mendapat bola di lini tengah, Alvaro Morata melakukan akselerasi dan kerja sama satu-dua dengan Dani Olmo. Alvaro Morata pun dengan dingin sukses menaklukkan kiper Gianluigi Donnarumma untuk membuat skor menjadi sama kuat 1-1.

Setelah itu, tak ada gol tambahan yang tercipta dari Italia dan Spanyol di sisa waktu normal. Tak ada gol lain yang tercipta hingga skor imbang 1-1 bertahan hingga babak kedua usai. Skor imbang 1-1 menjadi hasil di waktu normal. 

Oleh karena itu, skor imbang 1-1 pun memaksa pertandingan dilanjutkan ke babak extra time. Laga antara Italia dan Spanyol harus dilanjutkan ke babak tambahan waktu atau extra time.

Sekali lagi, duel kedua tim kembali berjalan cukup alot di babak extra time.

Pada babak tambahan waktu pertama, Spanyol tampil sangat dominan. Mereka menguasai bola dan tercatat melancarkan tiga tembakan dengan dua shots on target.

Sementara itu, Italia yang terkepung dominasi Spanyol tak melancarkan satu pun tembakan. Gli Azzurri cenderung bertahan untuk mencegah kecolongan gol pada saat-saat krusial. Permainan bertahan Italia bejalan sukses meski perlu ada andil dari benteng terakhir, kiper Gianluigi Donnarumma. Sepanjang babak tambahan waktu pertama, kiper berusia 22 tahun itu mampu melakukan beberapa penyelamatan krusial. Kiper Italia Gianluigi Donnarumma melakukan dua penyelamatan apik untuk menggagalkan peluang Spanyol.

Setelah memasuki babak tambahan waktu kedua, Italia mulai melancarkan serangan. Bahkan, Gli Azzurri sempat menggetarkan gawang Spanyol lewat aksi Domenico Berardi yang memanfaatkan assist rekannya pada menit ke-110. Domenico Berardi sempat mencetak gol pada menit ke-110. Namun, gol ini dianulir karena penyerang sayap Sassuolo itu sudah lebih dulu berdiri dalam posisi offside. Gol tersebut tidak sah karena Berardi dinilai lebih dulu berada dalam posisi offside. Setelah itu, kedua tim tak mampu menciptakan peluang berarti.

Tak ada gol yang tercipta sepanjang 2 x 15 menit masa extra time. Skor imbang 1-1 pun bertahan hingga 2 x 15 babak tambahan waktu usai. Skor 1-1 tetap bertahan hingga masa extra time berakhir. Pemenang antara Italia dan Spanyol pada semi final Euro 2020 kemudian harus ditentukan lewat adu penalti. Pemenang pertandingan pun harus ditentukan lewat adu tendangan penalti.

Di sinilah Italia menjadi tim yang lebih beruntung.

Pada babak adu penalti, Italia mendapat giliran menendang lebih dulu. Manuel Locatelli ditunjuk sebagai algojo pertama. Gelandang Sassuolo itu gagal menjalankan tugas setelah sepakannya mampu ditepis Unai Simon. Beruntung bagi Italia, penendang pertama Spanyol, Dani Olmo, juga gagal mengeksekusi penalti dengan sempurna. Penendang pertama kedua tim sama-sama menemui kegagalan. 

Setelah itu, empat eksekutor dari Italia mampu menuntaskan tugas dengan baik. Mereka adalah Andrea Belotti, Federico Berdardeschi, dan Jorghinho.

Sementara dari kubu Spanyol, hanya ada dua eksekutor yang berhasil, yakni Thiago Alcantara dan Gerard Moreno. Adapun, Alvaro Morata menyusul Dani Olmo yang gagal.

Setelah serangkaian sukses, Alvaro Morata menjadi pesakitan ketika eksekusinya bisa dimentahkan kiper Gianluigi Donnarumma.

Kegagalan eksekusi Alvaro Morata membuat Italia di atas angin.

Jorginho yang bertindak sebagai algojo terakhir Italia sukses menjalankan tugasnya dengan sempurna. Jorginho sebagai penendang terakhir pun memastikan kemenangan serta kelolosan Gli Azzurri ke final.

Di sinilah Italia menjadi tim yang dinaungi dewi fortuna. Oleh karena itu, Gli Azzurri dipastikan memetik kemenangan berkat keunggulan 4-2 pada babak adu penalti. Italia pun menjadi pemenang dengan skor 4-2. Berkat kemenangan ini, The Blues julukan timnas Italia berhak melaju ke final Piala Eropa 2020.

Susunan pemain:

Italia (4-3-3):

21-Gianluigi Donnarumma (GK); 2-Giovanni Di Lorenzo, 19-Leonardo Bonucci, 3-Giorgio Chiellini, 13-Emerson (25-Rafel Toloi 74'); 18-Nicolo Barella (5-Manuel Locatelli 85'), 8-Jorginho, 6-Marco Verratti (12-Matteo Pessina 74'); 14-Federico Chiesa (20-Federico Berdardeschi 107'), 10-Lorenzo Insigne (9-Andrea Belotti 85'), 17-Ciro Immobile (11-Domenico Berardi 62').

Cadangan:

1-Salvatore Sirigu (GK), 26-Alex Meret (GK), 5-Manuel Locatelli, 9-Andrea Belotti, 11-Domenico Berardi, 12-Matteo Pessina, 15-Francesco Acerbi, 16-Bryan Cristante, 20-Federico Berdardeschi, 23-Alessandro Bastoni, 24-Alessandro Florenzi, 25-Rafael Toloi.

Pelatih: Roberto Mancini.

Spanyol (4-3-3):

23-Unai Simon (GK); 18-Jordi Alba, 24-Aymeric Laporte, 12-Eric Garcia (4-Pau Torres 109'), 2-Cesar Azpilicueta (6-Marcos Llorente 85'); 5-Sergio Busquets (10-Thiago Alcantara 106'), 26-Pedri, 8-Koke (16-Rodri 70'); 19-Dani Olmo, 11- Ferran Torres (7-Alvaro Morata 62'), 21-Mikel Oyarzabal (9-Gerard Moreno 70').

Cadangan:

1-David De Gea (GK), 13-Robert Sanchez (GK), 3-Diego Llorente, 4-Pau Torres, 6-Marcos Llorente, 7-Alvaro Morata, 9-Gerard Moreno, 10-Thiago Alcantara, 14-Jose Gaya, 16-Rodri, 17-Fabian Ruiz, 20-Adama Traore.

Pelatih: Luis Enrique Martínez García.

Wasit: Felix Brych (Jerman)

See Also

Toni Kroos Resmi Putuskan Pensiun Dari Timnas Jerman
Italia Kantongi Tiket Perempat Final Setelah Kandaskan Impian Austria 2-1
Jadwal Lengkap 16 Besar Piala Eropa 2020
Kroasia Hempaskan Skotlandia 3-1 Di Piala Eropa 2020
Prancis Juara Grup F Setelah Imbang 2-2 Dengan Portugal
Swedia Juara Grup E Setelah Kalahkan Polandia 3-2
Spanyol Gilas Slovakia 5-0 Di Piala Eropa 2020
Inggris Juara Grup D Setelah Menang Tipis 1-0 Atas Republik Ceko
Denmark Lumat Rusia 4-1 Di Piala Eropa 2020
Belanda Hajar Makedonia Utara 3-0 Di Piala Eropa 2020
Austria Menang Tipis 1-0 Atas Ukraina
Swiss Hentikan Langkah Turki Di Piala Eropa 2020 Dengan Skor 3-1
Italia Menang Tipis 1-0 Atas Wales
Spanyol Tertahan Polandia 1-1 Di Piala Eropa 2020
Prancis Berbagi Hasil Imbang Dengan Hungaria 1-1 Di Piala Eropa 2020
Argentina Menang Tipis 1-0 Atas Uruguay
Republik Ceko Tahan Imbang Kroasia 1-1
Christian Eriksen Pulang Dari Rumah Sakit
Chile Menang Tipis 1-0 Atas Bolivia
Swedia Taklukkan Slovakia Lewat Penalti 1-0
Brasil Gunduli Peru 4-0 Di Piala Copa America 2021
Belgia Singkirkan Denmark 2-1
Ukraina Menang Tipis 2-1 Atas Makedonia Utara
Belanda Bekuk Austria 2-0 Di Piala Eropa 2020
Rusia Menang Tipis 1-0 Atas Finlandia
jQuery Slider

Comments

Arsip :202120202019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 9.388.445 Since: 05.03.13 | 0.1558 sec