Olah Raga

Spanyol Ke Semi Final Piala Eropa 2020 Via Adu Penalti 3-1 Atas Swiss

Sunday, 04 Juli 2021 | View : 37
Tags : Spanyol, Swiss

SAINT PETERSBURG-SBN.

Tim nasional (timnas) sepakbola Spanyol yang berjuluk La Furia Roja harus berjuang keras saat menghadapi Rossocrociati  julukan timnas Swiss dalam laga perempat final Piala Eropa 2020 yang digelar pada hari Jumat (2/7/2021) dini hari WIB. Timnas Spanyol harus melalui perjuangan berat menuju semifinal Piala Eropa 2020.

Ini setelah The Red One mengalahkan Swiss lewat adu penalti 3-1. Setelah bermain imbang 1-1 di waktu normal, kemenangan diraih pasukan Luis Enrique lewat drama adu penalti dengan skor 3-1.

Pada pertandingan di Krestovsky Stadium/Gazprom Arena, Futbol'naya Alleya, Saint Petersburg, Rusia, Jumat (2/7/2021) dini hari WIB, Nati julukan timnas Swiss langsung meladeni Spanyol sedari menit pertama dan coba memberikan kejutan. Lewat serangan dari sayap, Swiss memaksimalkan celah di pertahanan Spanyol yang memainkan high defense line.

Tapi, Spanyol justru unggul duluan di menit ke-8. Spanyol berada dalam posisi unggul lebih dulu saat permainan belum berjalan genap 10 menit. The Red Fury unggul cepat di menit ke-8 lewat bunuh diri Denis Zakaria.

Dari corner Koke, bola gagal digapai Aymeric Laporte dan jatuh di kaki Jordi Alba. Tembakan keras Jordi Alba yang memanfaatkan umpan silang Koke menghantam Denis Zakaria. Dari depan kotak penalti, Alba menembak bola dan mengenai badan Denis Zakaria, sebelum mengecoh kiper Yann Sommer. Bola berubah arah ke gawang Swiss dan menghasilkan gol buat La Furia Roja.

Gol ini awalnya dihitung gol Jordi Alba, tapi UEFA memutuskan menjadi gol bunuh diri Denis Zakaria karena bola berubah arah.

Tapi, setelah itu La Roja kesulitan menciptakan gol meski tampil dominan. Meski unggul duluan, Spanyol justru kesulitan menciptakan peluang bersih di depan gawang Swiss.

Sementara itu, Swiss banyak membahayakan lewat serangan balik serta bola mati. Kendati tertinggal, A-Team masih bermain lebih ke dalam hingga mempersulit Spanyol menghasilkan gol kedua.

Peluang tercipta dari tendangan bebas Koke di menit ke-17. Di menit ke-17, Spanyol mendapat peluang lagi saat free kick di depan kotak penalti dieksekusi Koke, namun bola masih melayang di atas mistar. Bola hanya melambung di atas gawang.

Delapan menit berselang Cesar Azpilicueta memenangi duel udara dengan Manuel Akanji dan menyundul bola cornerLa Furia Roja kembali mendapatkan peluang pada menit ke-25.

Umpan dari Koke menyasar tepat ke Cesar Azpilicueta yang tak terkawal dan langsung menyundul bola ke gawang Swiss. Tapi, gol kedua gagal tercipta karena bidikan pemain Chelsea itu mengarah tepat ke Yann Sommer. Namun, tepat di tangkapan kiper Red Crosses Yann Sommer.

A-Team julukan timnas Swiss mulai rajin mencuri kesempatan menyerang setelahnya, meski masih lebih sering mendekam di wilayahnya sendiri.

Xherdan Shaqiri dan Steven Zuber merepotkan pertahanan La Roja lewat serangan dari sayap. Beberapa kali mereka mampu melepaskan crossing yang harus susah payah dihalau bek-bek Spanyol.

Tapi, tidak ada satu peluang yang memang membahayakan gawang Unai Simon. Pada akhirnya, babak pertama berakhir dengan skor 1-0 di mana The Red Fury masih unggul.

Hingga turun minum, skor 1-0 bertahan untuk keunggulan Spanyol.

Spanyol masih mendominasi permainan di awal babak kedua. Masuk di babak kedua, Spanyol masih mendominasi tapi lagi-lagi The Red One kesulitan untuk menciptakan peluang bersih. Meski sudah memainkan Dani Olmo dan Gerard Moreno demi menyegarkan lini serang, The Red Fury malah buntu saat memasuki sepertiga akhir permainan.

Tapi peluang emas pertama didapatkan Swiss. Red Crosses masih menyerang lewat counter attack yang membuat lini belakang Spanyol kerepotan. Tepatnya pada menit ke-56, umpan silang Ricardo Rodriguez mengarah tepat ke Zakaria. Kesempatan membalas kesalahan ada di depan mata, sayang bidikan Zakaria gagak menemui sasaran. Satu peluang didapat Swiss pada menit ke-56 lewat tandukan Zakaria tapi masih melebar.

Rossocrociati julukan timnas Swiss kembali membuat peluang di menit ke-64. Di menit ke-64, Unai Simon untuk pertama kalinya melakukan penyelamatan saat menepis sepakan Steven Zuber dari jarak dekat.

Ruben Vargas menginisiasi serangan balik dan memberikan bola ke Steven Zuber. Pemain Eintrach Frankfurt itu kemudian membelokkan bola ke gawang Spanyol, namun peluangnya bisa dihentikan oleh Unai Simon.

Gawang Spanyol akhirnya kebobolan juga pada menit ke-68. Swiss yang lebih agresif di babak kedua malah mampu menyamakan skor lewat Xherdan Shaqiri, di menit ke-68.

Pemain Liverpool, Xherdan Shaqiri, berhasil menjebol gawang Simon berkat bantuan Remo Freuler dengan memanfaatkan kesalahan koordinasi antara Aymeric Laporte dan Pau Torres.

Miskomunikasi antara Laporte dan Pau Torres membuat Remo Freuler merebut bola yang kemudian dioper ke Xherdan Shaqiri di depan gawang. Dia mudah saja menceploskan bola ke pojok gawang.

Kedudukan berubah jadi imbang 1-1 pada menit ke-68.

Remo Freuler memainkan peran penting di balik gol Swiss. Sayangnya, ia harus keluar lebih dulu pada menit ke-77 usai mendapatkan kartu merah dari wasit lantaran melangar keras Gerard Moreno.

Di saat Swiss sedang bersemangat setelah menyamakan skor 1-1, Rossocrociati malah kehilangan Remo Freuler yang dikartumerah karena melakukan tackle dua kaki ke Gerard Moreno di menit ke-77.

Nati harus kehilangan Remo Freuler yang mendapat kartu merah. Swiss pun harus bermain dengan 10 orang.

Spanyol coba memanfaatkan keunggulan jumlah pemain untuk mencetak gol kedua. Namun, hingga peluit panjang dibunyikan, La Roja gagal mengoyak gawang Swiss. Swiss mampu mempertahankan skor 1-1 hingga 120 menit laga tuntas. Skor 1-1 bertahan.

Spanyol tak bisa memaksimalkan keunggulan jumlah pemain di sisa waktu normal dan harus memainkan lagi babak extra time 2x15 menit.

Skor seri 1-1 memaksa pertandingan berlanjut ke babak perpanjangan waktu.

Di babak pertama perpanjangan waktu, Spanyol langsung menggebrak. Banyak peluang tercipta di babak pertama perpanjangan waktu. Dua menit sejak permainan kembali digelar, Spanyol bisa saja mendapatkan gol keduanya andai sepakan dari jarak dekat Gerard Moreno tidak melebar di sisi gawang.

Pada menit ke-91, mereka menyerbu lewat Alba di sisi kiri dan diakhiri dengan umpan tarik ke tiang dekat. Namun, sontekan Moreno masih melebar.

Spanyol terus menekan pertahanan Swiss untuk mencari gol, tapi Sommer bermain cemerlang. Di menit ke-101, kiper Yann Sommer menepis tendangan Moreno dari jarak dekat meneruskan umpan lambung Sergio Busquets.

Dua menit kemudian giliran Mikel Oyarzabal melepaskan sepakan melengkung dari kotak penalti tapi bisa digagalkan kiper Yann Sommer.

Peluang emas lainnya tercipta pada menit ke-103. Umpan dari Dani Olmo coba dimanfaatkan oleh Mikel Oyarzabal. Penggawa Real Sociedad itu mencoba peruntungan dengan melepaskan tembakan melengkung, namun bisa dihalau oleh penjaga gawang Yann Sommer.

Babak kedua berlangsung lebih tenang. Spanyol tentu saja masih berupaya mencetak gol kedua. Namun, pertahanan Swiss terlalu rapat buat The Red Fury bongkar.

Memasuki babak kedua extra time, Spanyol dibuat frustrasi lagi oleh penjaga gawang Yann Sommer yang bermain begitu cemerlang.

Spanyol mendapatkan kesempatan di menit ke-112. Pada menit ke-112, Dani Olmo mendapat ruang tembak di depan gawang, tapi bola masih melayang di atas mistar.

Umpan silang mendatar Marcos Llorente mengarah ke Dani Olmo yang langsung melepaskan tembakan. Gol gagal tercipta lantaran bidikan Olmo melambung tinggi di atas gawang.

Aroma adu penalti tercium semakin pekat di babak ini.

Tidak ada yang berubah sampai babak kedua perpanjangan waktu berakhir. Skor 1-1 tidak berubah dan pertandingan harus diselesaikan dengan adu penalti. Skor 1-1 masih bertahan sehingga pemenang harus ditentukan lewat drama adu penalti.

Sergio Busquets sebagai eksekutor penalti pertama Spanyol gagal karena bola menerpa tiang. Mario Gavranovic membawa Red Crosses unggul setelah menaklukkan Unai Simon.

Dani Olmo sukses menjaringkan bola ke gawang Yann Sommer dan eksekutor kedua Swiss Fabian Schar gagal setelah ditepis Simon. Rodri sebagai eksekutor ketiga Spanyol juga gagal karena ditepis Sommer.

Penendang ketiga Red Crosses julukan Swiss Manuel Akanji sama saja usai dibendung Simon. Moreno sebagai eksekutor keempat Spanyol bisa menjaringkan bola ke gawang Yann Sommer. Vargas menembak ke atas gawang sebagai eksekutor keempat Swiss.

Tim matador Spanyol akhirnya melaju ke semifinal Piala Eropa 2020 setelah tendangan Oyarzabal mengecoh penjaga gawang Rossocrociati Yann Sommer dan membuat skor 3-1 di adu penalti.

Adu Penalti

Swiss:

Mario Gavranovic - Gol

Fabian Schar - Gagal

Manuel Akanji - Gagal

Ruben Vargas - Gagal

Spanyol:

Sergio Busquets - Gagal

Daniel Olmo - Gol

Rodri - Gagal

Gerard Moreno - Gol

Mikel Oyarzabal - Gol

Susunan pemain:

Swiss (3-4-1-2): 

Yann Sommer; Nico Elvedi, Manuel Akanji, Ricardo Rodriguez; Silvan Widmer (Kevin Mbabu 100'), Remo Freuler, Denis Zakaria (Fabian Schar 100'), Steven Zuber (Christian Fassnacht 90'); Xherdan Shaqiri (Djibril Sow 81'); Breel Embolo (Ruben Vargas 23'), Haris Seferovic (Mario Gavranovic 82').

Pelatih: Vladimir Petkovi 

Spanyol (4-3-3): 

Unai Simon; Cesar Azpilicueta, Aymeric Laporte, Pau Torres (Thiago Alcantara 113'), Jordi Alba; Koke (Marcos Llorente 90'), Sergio Busquets, Pedri (Rodri 119'); Ferran Torres (Mikel Oyarzabal 90'), Alvaro Morata (Gerard Moreno 54'), Pablo Sarabia (Daniel Olmo 46').

Pelatih: Luis Enrique Martínez García

Wasit: Michael Oliver (Inggris)

(uefa)

See Also

Toni Kroos Resmi Putuskan Pensiun Dari Timnas Jerman
Italia Kantongi Tiket Perempat Final Setelah Kandaskan Impian Austria 2-1
Jadwal Lengkap 16 Besar Piala Eropa 2020
Kroasia Hempaskan Skotlandia 3-1 Di Piala Eropa 2020
Prancis Juara Grup F Setelah Imbang 2-2 Dengan Portugal
Swedia Juara Grup E Setelah Kalahkan Polandia 3-2
Spanyol Gilas Slovakia 5-0 Di Piala Eropa 2020
Inggris Juara Grup D Setelah Menang Tipis 1-0 Atas Republik Ceko
Denmark Lumat Rusia 4-1 Di Piala Eropa 2020
Belanda Hajar Makedonia Utara 3-0 Di Piala Eropa 2020
Austria Menang Tipis 1-0 Atas Ukraina
Swiss Hentikan Langkah Turki Di Piala Eropa 2020 Dengan Skor 3-1
Italia Menang Tipis 1-0 Atas Wales
Spanyol Tertahan Polandia 1-1 Di Piala Eropa 2020
Prancis Berbagi Hasil Imbang Dengan Hungaria 1-1 Di Piala Eropa 2020
Argentina Menang Tipis 1-0 Atas Uruguay
Republik Ceko Tahan Imbang Kroasia 1-1
Christian Eriksen Pulang Dari Rumah Sakit
Chile Menang Tipis 1-0 Atas Bolivia
Swedia Taklukkan Slovakia Lewat Penalti 1-0
Brasil Gunduli Peru 4-0 Di Piala Copa America 2021
Belgia Singkirkan Denmark 2-1
Ukraina Menang Tipis 2-1 Atas Makedonia Utara
Belanda Bekuk Austria 2-0 Di Piala Eropa 2020
Rusia Menang Tipis 1-0 Atas Finlandia
jQuery Slider

Comments

Arsip :202120202019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 9.343.939 Since: 05.03.13 | 0.1664 sec