Keluarga

Rachmawati Soekarnoputri Wafat

Saturday, 03 Juli 2021 | View : 103

JAKARTA-SBN.

Kabar duka hari ini, politikus Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) yang juga putri presiden pertama RI, DR. (H.C.) Hj. Rachmawati Soekarnoputri tutup usia.

Hingga pukul 08.00 WIB, belum diketahui pula apa penyebab adik Megawati Soekarnoputri ini meninggal dunia.

Pendiri Universitas Bung Karno tersebut, Rachmawati Soekarnoputri meninggal dunia karena Virus Corona (Covid-19).

Politisi Partai Gerindra Rachmawati Soekarnoputri wafat pada Sabtu (3/7/2021) dalam usia 70 tahun.

Para wartawan menerima informasi yang beredar bahwa Rachmawati meninggal dunia pada Sabtu (3/7/2021) subuh. "Berita duka..selepas sibuh..Kawan seperjuangan kita Rahmawati Sukarnoputri berpulang mendahului kita semua menghadap sang Chalik… maafkan segala kesalahan dan doakan semoga almarhumah husnul khotimah…amiiiiiiiin," demikian bunyi pesan singkat yang diterima awak media.

Menurut informasi yang dikumpulkan, putri Presiden pertama RI Soekarno itu meninggal di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jl. Abdul Rahman Saleh Raya No.24, RT010/RW005, Kelurahan Senen, Kecamatan Senen, Kota Jakarta Pusat, Provinsi DKI Jakarta, pukul 06.15 WIB.

Almarhumah Rachmawati Soekarnoputri positif virus Corona (Covid-19) dan dirawat di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jl. Abdul Rahman Saleh Raya No.24, RT010/RW005, Kelurahan Senen, Kecamatan Senen, Kota Jakarta Pusat, Provinsi DKI Jakarta.

Pendiri Universitas Bung Karno tersebut, Rachmawati Soekarnoputri meninggal dunia di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jl. Abdul Rahman Saleh Raya No.24, RT010/RW005, Kelurahan Senen, Kecamatan Senen, Kota Jakarta Pusat, Provinsi DKI Jakarta, pada hari Sabtu (3/7/2021). 

Dikutip dari situs Kepustakaan Presiden, Perpustakaan Nasional, Sabtu (3/7/2021), Rachmawati bernama lengkap Diah Pramana Rachmawati Soekarno.

Pendiri Yayasan Pendidikan Soekarno tersebut, Rachmawati Soekarnoputri adalah putri Proklamator Sukarno yang menikah dengan Fatmawati. Rachmawati lahir di Jakarta pada 27 September 1950 dan meninggal dunia pada usianya yang ke-70.

Ketika Fatmawati meninggalkan Istana sebagai protes atas pernikahan Presiden Sukarno dengan Hartini, Rachmawati masih berusia 3 tahun pada 1953.

Pendiri Partai Pelopor tersebut, Rachmawati menempuh pendidikan SD dan SMP di Perguruan Cikini, Jakarta, SMA Santa Ursula, Jakarta.

Almarhumah Rachmawati belajar menari Jawa, Sunda, dan Sumatera. Olahraganya anggar, renang, dan bulutangkis. Semula ia bercita-cita ingin menjadi dokter, tetapi ia lulus dari SMA jurusan sosial dan akhirnya ia kuliah di Fakultas Hukum Universitas Indonesia pada 1969.

Politikus Partai Gerindra ini melanjutkan kuliah di Fakultas Hukum Universitas Indonesia namun tidak selesai pada 1969. Pada 6 Oktober 2016, Rachmawati mendapat gelar Doktor Honoris Causa dari Universitas Kim Il Sung, Republik Demokratik Rakyat Korea (Korea Utara).

Di ranah aktivisme politik, sosial, dan pendidikan, Rachmawati pernah menjadi Ketua Gerakan Pemuda Marhaen (GPM), Pengurus Yayasan Bung Karno, Ketua Umum Yayasan Pendidikan Soekarno.

Dalam kepartaian, Rachmawati sempat mendirikan Partai Pelopor (2002-2012). Selanjutnya, pendiri Yayasan Pendidikan Soekarno ini masuk Partai Nasional Demokrat/NasDem (2012-2014), dan terakhir tokoh nasional ini berlabuh di Partai Gerakan Indonesia Raya/Gerindra hingga tutup usia.

See Also

How To Draw Realistic Mouths
Bos Samator Group Arief Harsono Meninggal Dunia
Hari Bidan Nasional, Puan Maharani Sebut Bidan Ujung Tombak Kesehatan Ibu Dan Bayi
Ketua Presidium IPW Neta S. Pane Wafat
Pemerintah China Mengumumkan Kebijakan 3 Anak
Tokoh Konghucu Bingky Irawan Tutup Usia
Lapan Sebut Gerhana Bulan Total Terjadi Bertepatan Hari Raya Waisak
CEO Radio Suara Surabaya, Errol Jonathans Wafat
Wimar Witoelar Wafat Di Rumah Sakit Pondok Indah
Pemakaman Anton Medan Di Masjid Tan Kok Liong
Anton Medan Wafat
UMK Buka Prodi Teknik Industri
Penularan HIV/AIDS Melalui Hubungan Seksual Di Iran Meroket
Tekan Angka Kematian Bayi Akibat Hipotermia, Mahasiswa UMK Rancang Pup Baby
Perlu Ada Pelatihan Membuat Manisan Belimbing Dan Jambu
Perempuan Rentan Alami Kekerasan Seksual Di Media Sosial
Mahasiswa UMK Amati Produksi Kretek
Friend Peace Team Asia West Pacific-USA Berbagai Pengalaman Dengan Mahasiswa UMK
Manfaat Besar Bawang Putih Bagi Kesehatan
Konsumsi 7 Makanan Hadapi Kanker
Lagu Iwan Fals Menggema Di Arena Musywil Muhammadiyah Dan Aisyiyah Ke-47
Segera Ada Sosis Anti-kanker Usus
Kudapan Indonesia Laris Di Farmers Market Praha
Deteksi Dini Mencegah Diabetes Melitus
Tiga Kuliner Jadi Andalan Indonesia Di MEA
jQuery Slider
Arsip :2021202020182016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 9.389.173 Since: 05.03.13 | 0.3086 sec