Internasional

Indonesia Terima 998.400 Vaksin Hibah Jepang

Friday, 02 Juli 2021 | View : 28

JAKARTA-SBN.

Pemerintah Indonesia menerima pasokan vaksin jadi AstraZeneca yang merupakan hasil kerja sama bilateral antara Indonesia dan Jepang. Sebanyak 998.400 vaksin yang diproduksi oleh Daichi Sankyo Biotech Coorporation tersebut tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, pada Kamis (1/7/2021), sekitar pukul 16.23 WIB.

“Saya di sini hanya mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya kepada Bapak Duta Besar, pemerintah, dan seluruh rakyat Jepang atas perhatian dan bantuannya untuk membantu pengiriman vaksin AstraZeneca ke Indonesia,” ujar Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam keterangannya secara virtual.

Senada dengan Menteri Kesehatan, Wakil Menteri Luar Negeri, Mahendra Siregar, juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah dan masyarakat Jepang yang mendukung upaya penanganan pandemi di Indonesia. Ini merupakan hasil nyata dari kerja sama vaksin antara pemerintah Indonesia dan Jepang.

“Kerja sama ini merupakan hasil nyata dari komunikasi intensif antara Menteri Luar Negeri Indonesia dan Jepang yang dilakukan selama ini. Sebagai tindak lanjutnya, pada tanggal 29 Juni 2021 kemarin, Kementerian Luar Negeri dan Kedutaan Besar Jepang di Jakarta telah menandatangani exchange of notes yang menandai kerja sama vaksin sebagai upaya bersama menangani pandemi Covid-19,” ujar Mahendra Siregar.

Jepang merupakan mitra strategis dengan sejumlah kerja sama dan dukungan konkret bagi Indonesia sekalipun di masa pandemi global ini. Mahendra meyakini dukungan tersebut akan membantu Indonesia mengatasi pandemi ini dan mempercepat pemulihan ekonomi nasional.

“Kami meyakini berbagai dukungan penanganan Covid-19 yang telah disampaikan oleh pemerintah dan rakyat Jepang membawa dampak positif bagi upaya percepatan pemulihan ekonomi nasional,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Penny Lukito, memastikan bahwa BPOM siap menjamin kualitas vaksin AstraZeneca dari pemerintah Jepang sebelum dapat digunakan oleh masyarakat.

“Tentunya, BPOM ikut bersyukur dan menyampaikan terima kasih serta selamat tentunya atas kedatangan tahap pertama dari vaksin AstraZeneca hibah pemerintah Jepang. Kami selalu siap untuk mendampingi aspek kualitas vaksin yang tentunya adalah jaminan dan siap untuk mengawal sampai dapat digunakan masyarakat Indonesia,” tandas Kepala BPOM.

Pemerintah Jepang melalui Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Kenji Kanasugi, menyatakan bahwa pemberian vaksin AstraZeneca merupakan bukti persahabatan kedua negara. Kenji berharap pemberian vaksin ini dapat bermanfaat dalam mendukung upaya pemerintah Indonesia menangani pandemi Covid-19.

“Kami ingin terus bergandengan tangan dengan Indonesia yang merupakan mitra strategis Jepang untuk mengatasi pandemi Covid-19. Kami berharap vaksin yang diberikan dapat mendukung upaya pemerintah dan tenaga kesehatan,” ucap Kenji Kanasugi. (bpmisetpres)

See Also

Malaysia Akan Cabut Lockdown Kalau Kasus Virus Corona Dibawah 4.000
Naftali Bennett Perdana Menteri Israel Yang Baru
Tabrakan 2 Kereta LRT Di Malaysia Jadi Insiden Pertama Sejak 23 Tahun
Perdana Menteri Malaysia Perintahkan Tabrakan 2 Kereta LRT Diusut
2 Kereta LRT Bertabrakan Di Malaysia
Tabrakan 2 Kereta LRT Di Malaysia
Penembakan Massal Terjadi Di Indianapolis
Thailand Dan Vietnam Segera Tarik Warganya Dari Myanmar
Banjir Di Vietnam Dan Kamboja Telan 40 Korban
PM Polandia Dikarantina Usai Kontak Dengan Pasien Covid-19
Kanselir Jerman Peringatkan Eropa Soal Situasi Serius Akibat Covid-19
Menteri Kerjasama Pembangunan Jerman Kritik Kurangnya Kesadaran Global Atasi Krisis Kelaparan
Pengadilan Rusia Perintahkan Perempuan Yang Kabur Dari Karantina Balik Ke RS
Virus Korona Tewaskan Direktur Rumah Sakit Di Wuhan
Penembakan Di Century Plaza Bangkok
Jeff Bezos Donasi USD 10 Miliar Untuk Penelitian Iklim
Korban Tewas Akibat Virus Korona Total Jadi 1.868
1.789 Korban Tewas Akibat Virus Korona
Warga Kanada Di Kapal Pesiar Diamond Princess Segera Dievakuasi
Arab Saudi Larang Warganya Ke China
Dokter Pengungkap Virus Korona Meninggal Dunia
Korban Jiwa Virus Korona Bertambah Jadi 634
Jepang Karantina Seluruh Penumpang Kapal Pesiar Diamond Princess Terkait Virus Corona
Ratusan Warga Negara Malaysia Dan Keluarganya Dipulangkan Dari Wuhan
Penembakan Di Asrama Kampus Texas A & M University
jQuery Slider
Arsip :202120202019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 9.342.638 Since: 05.03.13 | 0.1659 sec