Olah Raga

Republik Ceko Singkirkan Belanda 2-0 Di Babak 16 Besar Piala Eropa 2020

Monday, 28 Juni 2021 | View : 33

BUDAPEST-SBN.

Duel tim nasional (timnas) sepakbola Belanda yang berjuluk The Flying Dutchmen melawan Ceko dipanggungkan di Stadion Puskas Arena/Ferenc Puskas Stadium, Dózsa György,  Zugló, Budapest, Hungaria, Minggu (27/6/2021) atau Senin (28/6/2021) dini hari WIB.

Tim nasional (timnas) sepakbola Belanda yang berjuluk Oranje secara mengejutkan disingkirkan Republik Ceko usai kalah 0-2 dalam babak 16 besar Piala Eropa 2020.

Timnas Belanda tersingkir dari ajang Piala Eropa 2020 di babak 16 besar oleh Republik Ceko 2-0 pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Puskas Arena/Ferenc Puskas Stadium, Dózsa György,  Zugló, Budapest, Hungaria, Minggu (27/6/2021) atau Senin (28/6/2021) dini hari WIB.

Sejak peluit tanda pertandingan dimulai, timnas Belanda tampil menekan lawannya, dan memaksa pemain Republik Ceko untuk melakukan kesalahan. Holland menekan Republik Ceko.

Peluang awal bagi Belanda saat Donyell Malen mengarahkan yang ke tiang belakang, tetapi tidak ada rekannya yang bisa menyelesaikannya. Mallen bekerja sama dengan Memphis Depay kembali melakukan serangan yang membuat terciptanya sepak pojok pertama.

Di menit ke-8 terjadi kemelut di gawang Ceko dari serangan sepak pojok Belanda, di mana bola disambut Matthijs de Ligt namun belum tercipta gol.

Di menit ke-8, diawali dari tendangan pojok pendek Donyell Malen mengirim umpan silang ke depan gawang menemui Matthijs de Ligt di tiang jauh. Namun, sudut terlalu sempit sehingga tandukan De Ligt sulit menemui sasaran.

Lima menit kemudian, sebuah umpan panjang dari lapangan tengah diterima Denzel Dumfries. Dia menyundul bola melewati kiper Tomas Vaclik yang buru-buru maju ke depan, namun Tomas Kalas berhasil melakukan blocking sehingga hanya menghasilkan lemparan ke dalam.

Hingga 13 menit pertandingan awal, Belanda terus menekan Republik Ceko.

Agresivitas Belanda dalam menyerang membuat mereka telah mendapat tiga kali sepak pojok dalam 15 menit awal pertandingan.

Republik Ceko akhirnya bisa keluar dari tekanan untuk berbalik mengancam pertahanan The Flying Dutchmen. Di menit ke-22, Petr Sevcik mengirim umpan silang matang dari sisi kanan yang diterima Tomas Soucek di depan gawang tapi bola sundulannya masih melebar.

Setelahnya, Patrik Schick memperoleh sedikit ruang tembak untuk melakukan tendangan. Marteen Stekelenberg bisa membaca arah bola sebelum melakukan penyelamatan mudah.

Holland masih terus mencari cara untuk meruntuhkan pertahanan solid Republik Ceko. Sedangkan serangan-serangan balik Ceko juga mengancam. Pada menit ke-38, Antonin Barak meneruskan umpan mendatar dengan sepakan dari sisi kanan gawang. De Ligt sukses melakukan blok untuk menjadikan sepak pojok yang kemudian dihalau.

Jelang turun minum, Memphis Depay mengecoh pemain lawan di kotak penalti. Dia mengirim sodoran kepada Van Aanholt, yang meneruskan dengan sepakan meski masih melenceng dan offside.

Timnas Belanda kesulitan membobol gawang Republik Ceko pada pertandingan babak pertama. Hingga 45 menit pertandingan babak pertama, kedudukan masih imbang 0-0. Kedua tim bermain tanpa gol di sepanjang babak pertama. Skor bertahan 0-0.

Keadaan mulai berubah sejak istirahat minum, Ceko mulai gencar melakukan serangan yang mengarah langsung ke gawang Oranje. Antonin Barak menembak bola ke gawang, namun masih bisa digagalkan Matthijs de Ligt.

The Flying Dutchmen membuang sebuah kesempatan emas di menit ke-50. Di menit ke-50, peluang yang sangat bagus dari Malen yang berlari cepat dan berhadapan satu lawan satu dengan kiper Republik Ceko Vaclik. Pergerakan Memphis Depay mengecoh Vaclik sehingga bola bisa dikuasai Malen. Namun, Malen terlalu lama menggocek bola sehingga bisa ditangkap Vaclik. Sang penjaga gawang melakukan hal yang brilian untuk menghentikan penyerang yang kemudian melewatinya.

Setelah turun minum, Holland mesti bermain dengan 10 orang setelah Matthijs de Ligt diganjar kartu merah usai melakukan hand ball. Holland mesti bermain dengan 10 orang di menit 55. Tim Belanda kini bermain dengan 10 orang.

Matthijs de Ligt dikartu merah setelah melakukan hand ball di luar kota penalti ketika mengawal Schick.

Kekuatan Belanda berkurang setelah kartu merah dikeluarkan wasit setelah analisa VAR menyatakan, pemain Juventus itu melakukan kesalahan saat menahan bola serangan pemain Cheska, Schick di menit ke-55. Pada awalnya, wasit hanya memberi kartu kuning kepada Matthijs de Ligt tapi hukuman berubah setelah memeriksa melalui VAR.

Ceko kemudian dihadiahi tendangan bebas, tapi sepakan Coufal cuma membentur pagar hidup.

Bek tengah Belanda Matthijs de Ligt dikartu merah. Belanda mengalami pukulan setelah dikeluarkannya pemain bertahan Matthijs de Ligt pada pertandingan di babak kedua.

Pertandingan semakin panas. Ceko mengklaim penalti karena Dumfries dianggap melakukan handball menyusul sepak pojok. Wasit meninjau dengan VAR lalu diputuskan bukan penalti.

Republik Ceko memanfaatkan keunggulan jumlah pemain untuk menang dengan mencetak dua gol dari Tomas Holes dan Patrik Schick.

Akibat The Flying Dutchmen kekurangan pemain, Republik Ceko mampu terus menekan dan menyerang, hingga akhirnya mencetak gol dari sundulan kepala Tomas Holes.

Dari sepak pojok, Kalas menerima bola di tiang jauh sebelum diselesaikan Tomas Holes dengan sundulan dari jarak dekat.

Ia memasukkan bola melewati garis dari tendangan bebas. Bola dikirim jauh dan menuju ke kotak dan berhasil dieksekusi Holes.

Republik Ceko memimpin atas The Flying Dutchmen 1-0 di menit ke-68. Republik Ceko unggul 1-0 di menit ke-68.

Setelah dua kali upayanya berhasil diselamatkan Stelekenburg, Ceko 'membunuh' Belanda. Republik Ceko menambah keunggulan 2-0 di menit ke-81 melalui Patrik Schick dari jarak dekat. Di menit ke-80, Schick menceploskan gol kedua Ceko untuk mengubah skor menjadi 2-0.

Gol itu terjadi setelah Holes memenangi bola di lapangan tengah. Dia merangsek ke kotak penalti Belanda lalu melepaskan umpan tarik yang diselesaikan Schick dengan tembakan kaki kiri.

Kedua kesebelasan lantas sama-sama melakukan sejumlah pergantian pemain. Oranje dengan putus asa menyerang, tapi Ceko tetap solid bertahan.

Keunggulan Ceko 2-0 atas Holland bertahan sampai pertandingan selesai.

Pelatih Ceko, Jaroslav Silhavy, menyebut kunci dari kemenangan timnya atas Belanda adalah perubahan susunan pemain yang dia lakukan.

Silhavy melakukan tiga perubahan dibanding saat kalah melawan Inggris. Dia menempatkan dua gelandang Petr Sevcik, Antonin Barak, dan bek Pavel Kaderabek dan tak lagi memasang Vladimir Darida, Jakub Jankto, serta Jan Boril.

"Saya pikir hasilnya berbicara sendiri. Perubahan dalam susunan pemain kami terbukti tepat. Ketiga pemain baru menunjukkan mengapa mereka ada di sini bersama kami dan memainkan permainan yang luar biasa," kata Silhavy dalam situs resmi UEFA.

Silhavy mengungkapkan dirinya sangat bangga atas performa timnya. "Kami telah mengalahkan lawan yang hebat, semua pemain saya secara taktik sangat bagus. Saya senang kami mencapainya di depan begitu banyak penggemar kami," imbuhnya.

Pelatih berusia 59 tahun ini memuji performa penjaga gawang Tomáš Vaclík yang beberapa kali melakukan penyelamatan gemilang serta Tomas Holes. "Saya harus menyebutkan kinerja Tomas Vaclik yang membantu kami dengan penyelamatannya yang luar biasa di saat yang tepat," paparnya.

"Dan Tomas Holes memainkan permainan yang fantastis, dia berkontribusi pada kedua gol. Saya harus memuji keduanya dari para pemain ini."

Dengan hasil ini, Republik Ceko berhak atas satu tempat di babak 8 besar Piala Eropa 2020 untuk berjumpa dengan Denmark yang berjuluk The Red and White. Di babak perempat final, Republik Ceko akan menghadapi Danish Dynamite. Pertandingan itu akan dilangsungkan di di Baku Olympic Stadium, Heydar Aliyev, Baku, Azerbaijan pada 3 Juli 2021 mendatang.

Susunan Pemain:

Belanda:

Stekelenburg, Blind (Norman 82'), Van Aanholt (Berghuis 81'), De Vrij, Dumfries, De Ligt, Wijnaldum, De Roon (Weghorst 73'), De Jong, Depay, Malen (Promes 59').

Pelatih: Franciscus de Boer 

Republik Ceko:

Vaclik, Celutska, Kaderabek, Coufal, Kalas, Holes (Kral 86'), Masopust (Jankto 79'), Sevcik (Hlozek 86'), Barak (Sadilek 90+2'), Soucek, Schick (Kremncik 90+2').

Pelatih: Jaroslav Šilhavý 

(uefa)

See Also

Toni Kroos Resmi Putuskan Pensiun Dari Timnas Jerman
Italia Kantongi Tiket Perempat Final Setelah Kandaskan Impian Austria 2-1
Jadwal Lengkap 16 Besar Piala Eropa 2020
Kroasia Hempaskan Skotlandia 3-1 Di Piala Eropa 2020
Prancis Juara Grup F Setelah Imbang 2-2 Dengan Portugal
Swedia Juara Grup E Setelah Kalahkan Polandia 3-2
Spanyol Gilas Slovakia 5-0 Di Piala Eropa 2020
Inggris Juara Grup D Setelah Menang Tipis 1-0 Atas Republik Ceko
Denmark Lumat Rusia 4-1 Di Piala Eropa 2020
Belanda Hajar Makedonia Utara 3-0 Di Piala Eropa 2020
Austria Menang Tipis 1-0 Atas Ukraina
Swiss Hentikan Langkah Turki Di Piala Eropa 2020 Dengan Skor 3-1
Italia Menang Tipis 1-0 Atas Wales
Spanyol Tertahan Polandia 1-1 Di Piala Eropa 2020
Prancis Berbagi Hasil Imbang Dengan Hungaria 1-1 Di Piala Eropa 2020
Argentina Menang Tipis 1-0 Atas Uruguay
Republik Ceko Tahan Imbang Kroasia 1-1
Christian Eriksen Pulang Dari Rumah Sakit
Chile Menang Tipis 1-0 Atas Bolivia
Swedia Taklukkan Slovakia Lewat Penalti 1-0
Brasil Gunduli Peru 4-0 Di Piala Copa America 2021
Belgia Singkirkan Denmark 2-1
Ukraina Menang Tipis 2-1 Atas Makedonia Utara
Belanda Bekuk Austria 2-0 Di Piala Eropa 2020
Rusia Menang Tipis 1-0 Atas Finlandia
jQuery Slider

Comments

Arsip :202120202019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 9.388.661 Since: 05.03.13 | 0.1633 sec