Olah Raga

Spanyol Depak Kroasia 5-3 Di Babak 16 Besar Piala Eropa 2020

Tuesday, 29 Juni 2021 | View : 53

KOPENHAGEN-SBN.

Drama menegangkan tersaji di di Parken Stadium/Stadion Parken, Per Henrik Lings Allé, Kopenhagen, Denmark, ketika tim Matador Spanyol menghadapi Kroasia yang berjuluk Kockasti di babak 16 besar Piala Eropa 2020 atau Euro 2020. 

The Red Fury melaju ke perempat final dengan susah payah setelah mengkandaskan impian timnas Kroasia yang berjuluk The Blazers dengan skor 5-3 lewat perpanjangan waktu.

La Roja dipaksa kerja keras melakoni perpanjangan waktu sebelum akhirnya mengemas kemenangan 5-3 untuk memastikan langkah ke babak perempat final.

Meski membuang keunggulan 3-1 di saat-saat terakhir waktu normal. Spanyol nyaris menyelesaikan pertandingan dengan kemenangan di waktu normal, 90 menit setelah unggul 3-1. Namun, gawang The Red One kebobolan 2 gol di lima menit terakhir sehingga skor menjadi imbang 3-3. La Furia Roja menunjukkan reaksi luar biasa di perpanjangan waktu untuk memaksakan kemenangan 5-3.

Pada pertandingan babak 16 besar yang dihelat di Parken Stadium/Stadion Parken, Per Henrik Lings Allé, Kopenhagen, Denmark, Senin (28/6/2021) malam WIB, Spanyol dan Kroasia berimbang 1-1 di babak pertama. Gol bunuh diri Pedri membawa Kroasia unggul sebelum disamakan Pablo Sarabia.

La Roja berbalik unggul 3-1 saat Cesar Azplicueta dan Ferran Torres bikin gol. Kroasia belum menyerah untuk membuat skor sama kuat 3-3 di 10 menit akhir laga berkat Mislav Orsic dan Mario Pasalic.

Pada tambahan waktu, Spanyol akhirnya mengunci kemenangan 5-3 lewat gol-gol Alvaro Morata dan Mikel Oyarzabal.

La Furia Roja menguasai pertandingan sejak menit awal dan berupaya mencetak gol secepatnya. Alvaro Morata, Pablo Sarabia, dan Ferran Torres diandalkan di depan.

Pada menit ke-13, Sarabia punya peluang untuk mencetak gol ketika mendapat umpan pendek dari Morata, tapi bola sepakannya dari sudut sempit hanya menyamping.

Tiga menit berselang, Pedri mengirimkan bola terobosan kepada Koke yang diteruskan dengan sepakan mendatang ke gawang. Dominik Livakovic dengan sigap menepisnya.

Gawang Spanyol kebobolan terlebih dahulu setelah kiper Unai Simon melakukan blunder di menit 20. Vatreni yang banyak ditekan malah mampu unggul duluan di menit ke-20 karena kesalahan Unai Simon dalam menerima backpass dari Pedri.

Dalam posisi bebas di daerahnya, kiper Unai Simon malah tidak mampu menguasai bola dan membiarkannya masuk ke gawang. Kroasia unggul 1-0 atas Spanyol.

Gol itu membuat Kroasia bersemangat menekan balik Spanyol.

Di menit ke-24, Luka Modric mengirimkan umpan silang ke kotak penalti dan Nikola Vlasic yang lolos dari kawalan Jose Gaya menyambutnya. Beruntung untuk Spanyol, bola cuma menyasar sisi gawang.

Kesabaran Spanyol untuk mencari gol penyama kedudukan akhirnya berbuah hasil di menit ke-38. Serangan bertubi-tubi Spanyol membuat kemelut di kotak penalti Kroasia.

Jose Gaya jadi yang terakhir mengeksekusi sepakan keras dan Livakovic bisa menepisnya. Bola rebound dengan cepat disambar Pablo Sarabia ke langit-langit gawang.

Skor 1-1 bertahan hingga turun minum.

Masuk di babak kedua, Spanyol masih mendominasi permainan untuk mencari gol. Kroasia memasukkan Andrej Kramaric untuk menambah daya gedor.

The Red One berbalik unggul pada menit ke-57. Sarabia menggiring bola mendekati sepertiga akhir lapangan Kroasia sebelum mengirim umpan ke sisi kiri yang ditempati Torres.

Torres melepaskan crossing yang disambar kepala Azpilicueta di depan gawang Livakovic.

Setelah tertinggal, Kroasia berupaya menyamakan kedudukan dan nyaris mendapatkannya di menit ke-67. Nikola Vlasic memberikan bola terobosan kepada Josko Gvardiol yang berada bebas di depan gawang, tapi sepakannya bisa digagalkan Simon.

Morata sempat menjebol jala Kroasia pada menit ke-72 di tiang dekat usai meneruskan bola free kick, tap dianulir karena offside lebih dulu.

The Red Fury menjauhkan keunggulan jadi 3-1 lima menit berselang, Diawali sepakan bebas Pau Torres dari daerah sendiri yang mengarah langsung ke sisi kanan penyerangan Spanyol.

Torres lolos dari perangkap offside untuk menerimanya. Usai melewati Gvardiol, Torres mudah saja menceploskan bola melewat sela kaki Livakovic.

Spanyol bangkit dengan tiga gol yang dicetak Pablo Sarabia (menit 38), Cesar Azpilicueta (57) dan Ferran Torres (77).

Tertinggal 1-3, Kroasia meski tertekan pantang menyerah.

The Checkered Ones sukses memangkas jarak jadi 2-3 di menit ke-85 setelah Mislav Orsic menyepak bola saat terjadi kemelut di depan gawang Simon. Bola sempat dibuang Azpilicueta, tapi wasit menyatakan sudah melewati garis.

Laga pun kembali berjalan sengit di 5 menit terakhir pertandingan, karena Kroasia mendapat harapan.

Di sisa 5 menit terakhir, Kroasia mampu bangkit dan menyamakan skor lewat gol Mislav Orsic di menit 85 dan puncaknya, gol penyeimbang yang dicetak Mario Pasalic di masa injury time lewat sundulan menyambut umpan silang Mislav Orsic. Gol yang dinanti muncul juga di menit ke-92 ketika Mario Pasalic menjebol gawang Simon.

Azpilicueta gagal menjaga Orsic dengan baik sehingga dia bisa mengirimkan crossing yang disambut tandukan Pasalic di depan gawang.

Skor 3-3 bertahan hingga 90 menit laga tuntas dan babak extra time 2x15 menit harus dimainkan.

The Blazers mengancam duluan gawang Spanyol di menit ke-92 lewat Orsic yang melepaskan sepakan melengkung ke pojok atas, tapi masih melebar.

Ancaman lagi datang untuk gawang Spanyol saat Kramaric mendapat ruang tembak di kotak penalti. Bola voli dilepaskan Kramaric yang bisa diamankan Simon.

Hebatnya, mental pemain Spanyol tak tumbang meski kebobolan 2 gol di lima menit terakhir.

Pasukan Luis Enrique mampu bangkit di babak pertama perpanjangan waktu. Kedua tim saling bergantian menyerang. Kroasia mengancam terlebih dahulu lewat tendangan keras Mislav Orsic yang masih tipis di atas mistar gawang Spanyol di menit 92. Kembali gawang Spanyol mendapat ancaman di menit 95 setelah tendangan Andrej Kramaric masih bisa diselamatkan.

Setelah itu gantian Spanyol menyerang.

La Furia Roja memimpin lagi di menit ke-100 ketika Dani Olmo mengirimkan crossing dari sisi kanan dan gagal disapu Josep Brekalo. Menerima umpan silang jauh, Morata mengontroll bola dengan kaki kanan dan melesakkan tendangan kiri keras yang bersarang ke gawang Kroasia. Bola jatuh di jalur tembak Morata yang mengarahkan bola ke pojok atas gawang dengan kaki kirinya.

Alvaro Morata, pemain yang mendapat tekanan sebelum laga karena mendapat teror berhasil mencetak gol di menit 100 untuk membawa keunggulan Spanyol 4-3. 

Tiga menit berselang, The Red One menjauhkan skor jadi 5-3 lewat gol Mikel Oryazabal. Spanyol memperbesar keunggulan melalui gol Mikel Oyarzabal setelah mendapat umpan Daniel Olmo.

Memanfaatkan bolongnya pertahanan Kroasia, Spanyol menyerang lewat counter attack dari sisi kanan.

Olmo lagi-lagi mampu mengirim bola dengan jitu ke kotak penalti, yang diterima Oyarzabal. Dengan dingin, Oyarzabal menembak ke tiang dekat.

Morata hampir bikin gol lagi di menit akhir extra time pertama, andaikan lebih cepat mengeksekusi bola kala berhadapan dengan Livakovic.

Di menit ke-106, Kockasti mengancam lagi gawang La Furia Roja. Ante Budimir lolos dari kawalan dua pemain Spanyol sebelum menembak ke tiang jauh, tapi bisa ditepis Simon.

Skor 5-3 menutup babak pertama perpanjangan waktu.

Di menit 115, Morata nyaris mencetak gol keduanya. Morata membuat peluang pada menit ke-115 usai berlari menyambut umpan terobosan ke kotak penalti Kroasia. Tinggal berhadapan dengan kiper, bola tembakannya dapat dihadang. Tendangan kirinya masih bisa ditepis kiper.

Dani Olmo nyaris menyempurnakan 2 assistnya lewat gol di menit ke-119. Berdiri bebas di kotak penalti, sepakan kaki kirinya membuat bola menghantam tiang. Jelang berakhir, Spanyol kembali mendapat peluang emas gol ketika tendangan Dani Olmo membentur tiang gawang.

Sampai peluit panjang berbunyi skor tetap 5-3 untuk kemenangan La Furia Roja. Kroasia melawan Spanyol akhirnya tuntas dengan skor 5-3.

Pelatih Spanyol Luis Enrique telah memberikan peringatan kepada rival di Piala Eropa 2020 setelah La Roja melaju ke perempat final. Hujan delapan gol di laga Kroasia melawan Spanyol. Luis Enrique berusaha menjadi pelatih Spanyol pertama yang membawa mereka ke semifinal turnamen besar sejak kesuksesan mereka di Piala Eropa 2012.

“Kami sudah unggul dari Kroasia sejak awal, tetapi kami kebobolan gol setelah kehilangan dua peluang bersih, dari Koke dan Morata,” ujar Enrique usai pertandingan.

“Tetapi tim telah berjuang, dan mereka percaya dan permainan memberi kami banyak hal positif untuk dipikirkan.Tim ini memiliki tujuan dan itu adalah bermain sepakbola dengan baik. Siapa pun yang ingin mengalahkan kami harus banyak berlari dan bermain sangat baik,” ucapnya.

Melewati 120 menit, La Furia Roja menang dengan skor 5-3 dan lolos ke perempatfinal Piala Eropa 2020. Spanyol ke perempatfinal Piala Eropa 2020 di Saint Petersburg pada 2 Juli 2021 mendatang.

Susunan pemain:

Kroasia:

Dominik Livakovic; Josip Juranovic (Josip Brekalo 74'), Domagoj Vida, Duje Caleta-Car, Josko Gvardiol; Luka Modric (Luka Ivanusec 114'), Marcelo Brozovic, Mateo Kovacic (Ante Budimir 79'); Nikola Vlasic (Mario Pasalic 79'), Bruno Petkovic (Andrej Kramaric 46'), Ante Rebic (Mislav Orsic 67').

Pelatih: Zlatko Dali

Spanyol:

Unai Simon; Cesar Azpilicueta, Eric Garcia (Pau Torres 72'), Aymeric Laporte, Jose Gaya (Jordi Alba 78'); Koke (Fabian Ruiz 78'), Sergio Busquets (Rodri 102'), Pedri; Ferran Torres (Mikel Oryazabal 88'), Alvaro Morata, Pablo Sarabia (Dani Olmo 72').

Pelatih: Luis Enrique Martínez García

(uefa)

See Also

Toni Kroos Resmi Putuskan Pensiun Dari Timnas Jerman
Italia Kantongi Tiket Perempat Final Setelah Kandaskan Impian Austria 2-1
Jadwal Lengkap 16 Besar Piala Eropa 2020
Kroasia Hempaskan Skotlandia 3-1 Di Piala Eropa 2020
Prancis Juara Grup F Setelah Imbang 2-2 Dengan Portugal
Swedia Juara Grup E Setelah Kalahkan Polandia 3-2
Spanyol Gilas Slovakia 5-0 Di Piala Eropa 2020
Inggris Juara Grup D Setelah Menang Tipis 1-0 Atas Republik Ceko
Denmark Lumat Rusia 4-1 Di Piala Eropa 2020
Belanda Hajar Makedonia Utara 3-0 Di Piala Eropa 2020
Austria Menang Tipis 1-0 Atas Ukraina
Swiss Hentikan Langkah Turki Di Piala Eropa 2020 Dengan Skor 3-1
Italia Menang Tipis 1-0 Atas Wales
Spanyol Tertahan Polandia 1-1 Di Piala Eropa 2020
Prancis Berbagi Hasil Imbang Dengan Hungaria 1-1 Di Piala Eropa 2020
Argentina Menang Tipis 1-0 Atas Uruguay
Republik Ceko Tahan Imbang Kroasia 1-1
Christian Eriksen Pulang Dari Rumah Sakit
Chile Menang Tipis 1-0 Atas Bolivia
Swedia Taklukkan Slovakia Lewat Penalti 1-0
Brasil Gunduli Peru 4-0 Di Piala Copa America 2021
Belgia Singkirkan Denmark 2-1
Ukraina Menang Tipis 2-1 Atas Makedonia Utara
Belanda Bekuk Austria 2-0 Di Piala Eropa 2020
Rusia Menang Tipis 1-0 Atas Finlandia
jQuery Slider

Comments

Arsip :202120202019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 9.343.906 Since: 05.03.13 | 0.1747 sec