Olah Raga

Kroasia Hempaskan Skotlandia 3-1 Di Piala Eropa 2020

Thursday, 24 Juni 2021 | View : 72

GLASGOW-SBN.

Tim nasional (timnas) sepakbola Kroasia yang berjuluk Kockasti melawan Skotlandia julukan An Arm Breacan tersaji di matchday ketiga Grup D. Pada laga yang bergulir di Stadion Hampden Park, Mount Florida, Glasgow, Skotlandia, Rabu (23/6/2021) dini hari WIB, kedua tim butuh kemenangan untuk bisa lolos ke babak 16 besar.

Tim nasional (timnas) sepakbola Kroasia yang berjuluk Kockasti berhasil menyobek tiket ke-16 besar Piala Eropa 2020 setelah di laga terakhir Grup D menundukkan Skotlandia 3-1 di Stadion Hampden Park, Mount Florida, Glasgow, Skotlandia, Rabu (23/6/2021) dini hari WIB.

Keberhasilan ini tidak lepas dari 3 gol yang dicetak Luka Modric ke gawang Skotlandia. 3 gol tersebut masing-masing dicetak Nikola Vlasic di menit 17, Luka Modric di menit 62 dan Ivan Perisic di menit 77. Sedangkan, 1 gol Skotlandia dicetak Callum McGregor di menit 42.

Pertandingan kedua tim berjalan menarik sejak menit awal.

Skotlandia langsung ngegas di awal-awal. Skotlandia mampu tampil menekan pada awal pertandingan.

Dua sepak pojok didapat tim tuan rumah, tapi belum menghasilkan ancaman berarti.

Skotlandia menebar ancaman di menit kelima. Peluang pertama didapat The Tartan Army lewat tembakan John McGinn bisa ditepis kiper Kroasia, Dominik Livakovic. Bola umpan silang John McGinn dengan cepat ditepis oleh kiper Dominik Livakovic, jika terlambat satu detik bisa merobek gawang Kroasia karena ada Che Adams.

Kroasia secara perlahan mampu mengendalikan permainan. Luka Modric dkk. memainkan umpan-umpan pendek untuk mencari celah dalam menyerang lawan.

Kroasia lantas berhasil unggul 1-0 di menit ke-18. Tidak tinggal diam, Kroasia membalas sekaligus membuka keunggulan di menit 18, melalui gol torehan Nikola Vlasic memaksimalkan umpan kiriman Ivan Perisic dengan tendangannya.

Bola umpan silang Josip Juranovic diteruskan oleh Ivan Perisic ke Nikola Vlasic, yang sukses melepaskan tembakan untuk merobek gawang Skotlandia.

Tim besutan Zlatko Dalic tampak lebih nyaman mengontrol penguasaan bola setelah unggul.

Kroasia nyaris saja menggandakan keunggulannya pada menit ke-22 ketika tembakan Luka Modric hanya menghantam mistar gawang. Luka Modric kemudian mengancam di menit ke-22 lewat tembakan dari luar kotak penalti, tapi bola sedikit melebar dari gawang.

An Arm Breacan membuang peluang di menit ke-24. Bola tembakan McGinn dari jarak dekat masih sangat lemah hingga mampu ditangkap Livakovic.

Vatreni melepaskan tembakan spekulasi di menit ke-38 lewat Josip Juranovic. Percobaan itu belum menjadi ancaman karena bola meleset jauh dari gawang Skotlandia.

Tiga menit jelang turun minum, Skotlandia akhirnya mampu menyamakan skor menjadi 1-1 di menit ke-42.

Callum McGregor sukses mencetak gol, setelah menyambar bola liar dengan tembakan kerasnya. Callum McGregor melepaskan tembakan tepat di depan kotak penalti dan bola bergulir deras ke sisi kiri gawang Livakovic.

Skor tersebut bertahan hingga turun minum. Skor 1-1 bertahan hingga babak pertama usai.

Kockasti mampu unggul duluan lewat Nikola Vlasic. Skotlandia kemudian menyamakan skor menjadi 1-1 jelang turun minum lewat Callum McGregor.

Runner-up Piala Dunia 2018 ini kemudian berhasil mengambil alih permainan babak kedua.

The Blazers lebih dulu memberi ancaman di babak kedua. Tekanan langsung diberikan Kroasia sejak menit awal babak kedua.

The Checkered Ones hampir mencetak gol pada menit ke-50. Namun, tembakan Josko Gvardiol dapat ditangkap David Marshall. Josko Gvardiol melepaskan tembakan di menit ke-50, tapi bola masih melaju terlalu pelan hingga bisa diamankan dengan mudah oleh David Marshall.

Lima menit berselang giliran Josko Gvardiol melepaskan percobaan ke gawang Skotlandia. Bola tembakannya dari luar kotak penalti masih mampu diamankan kiper lawan.

McGinn membuang peluang emas untuk membawa Skotlandia unggul di menit ke-59. Bola dari jarak dekat gagal dia arahkan ke gawang Kroasia.

Keunggulan Kroasia berhasil tercipta di menit 62 lewat gol Luka Modric. Luka Modric membuat pendukung tuan rumah terdiam. Gelandang milik Real Madrid itu menembak bola dari luar kotak penalti dengan punggung kaki. Tembakan dari luar kotak penalti, meneruskan umpan Matteo Kovacic merobek jala gawang tuan rumah. Bola meluncur ke sisi kiri kiper Marshall dan membawa Kroasia memimpin 2-1 di menit ke-62.

Skotlandia masih kesulitan menebar ancaman di kotak penalti Kroasia. Di sisi lain, Mateo Kovacic mampu mengancam Skotlandia lewat tembakan dari luar kotak penalti pada menit ke-75.

Kroasia kemudian menambah keunggulannya pada menit ke-77. Kroasia menambah gol lagi di menit ke-77. Kali ini, Perisic yang menggetarkan gawang Skotlandia melalui tembakan kerasnya, usai memaksimalkan sepak pojok Modric. Perisic berhasil menanduk bola ke dalam gawang Skotlandia setelah menyambar umpan korner dari Modric.

Tertinggal, Skotlandia bekerja keras untuk mengejar. Mereka lalu mendapat peluang pada menit ke-81. Sayangnya tembakan Scott McTominay belum menemui sasaran.

Kemenangan 3-1 pun didapat setelah Luka Modric dan Ivan Perisic mencetak gol. Skor berakhir 3-1 Kroasia memimpin.

Tak ada gol tambahan hingga laga tuntas. Skor 3-1 untuk Kroasia tak berubah hingga laga berakhir.

Hasil ini membuat Vatreni ke 16 besar Euro 2020 dengan status runner-up Grup D. Hasil ini membuat Kroasia ke 16 besar sebagai runner-up Grup D dengan 4 poin. Kroasia pun berhasil melaju ke fase gugur sebagai runner-up Grup D. Kemenangan ini membuat Kroasia finis sebagai runner up grup dan mendampingi Inggris ke-16 besar. Kroasia lolos setelah memiliki selisih gol yang lebih baik dari Republik Ceko yang diwaktu yang sama ditaklukkan Inggris.

Skotlandia harus tersingkir karena ada di dasar klasemen dengan 1 poin.

Inggris melaju sebagai juara grup dengan 7 poin usai mengalahkan Republik Ceko 1-0. Di sisi lain, Ceko tetap lolos lewat jalur posisi ketiga terbaik dengan 4 poin.

Susunan Pemain

Kroasia (4-2-3-1):

Dominik Livakovic; Josip Juranovic, Dejan Lovren, Domagoj Vida, Josko Gvardiol; Matteo Kovacic, Marcelo Brozovic; Ivan Perisic, Luka Modric, Nikola Vlasic; Bruno Petkovic

Pelatih: Zlatko Dalic

Skotlandia (3-4-1-2):

David Marshall; Scott McTominay, Grant Hanley, Kieran Tierney; Andrew Robertson, Stuart Armstrong, Callum McGregor, Stephen O’Donnell; John McGinn; Lyndon Dykes, Che Adams

Pelatih: Steve Clarke

Wasit: Fernando Rapallini (Argentina)

(uefa)

See Also

Toni Kroos Resmi Putuskan Pensiun Dari Timnas Jerman
Italia Kantongi Tiket Perempat Final Setelah Kandaskan Impian Austria 2-1
Jadwal Lengkap 16 Besar Piala Eropa 2020
Prancis Juara Grup F Setelah Imbang 2-2 Dengan Portugal
Swedia Juara Grup E Setelah Kalahkan Polandia 3-2
Spanyol Gilas Slovakia 5-0 Di Piala Eropa 2020
Inggris Juara Grup D Setelah Menang Tipis 1-0 Atas Republik Ceko
Denmark Lumat Rusia 4-1 Di Piala Eropa 2020
Belanda Hajar Makedonia Utara 3-0 Di Piala Eropa 2020
Austria Menang Tipis 1-0 Atas Ukraina
Swiss Hentikan Langkah Turki Di Piala Eropa 2020 Dengan Skor 3-1
Italia Menang Tipis 1-0 Atas Wales
Spanyol Tertahan Polandia 1-1 Di Piala Eropa 2020
Prancis Berbagi Hasil Imbang Dengan Hungaria 1-1 Di Piala Eropa 2020
Argentina Menang Tipis 1-0 Atas Uruguay
Republik Ceko Tahan Imbang Kroasia 1-1
Christian Eriksen Pulang Dari Rumah Sakit
Chile Menang Tipis 1-0 Atas Bolivia
Swedia Taklukkan Slovakia Lewat Penalti 1-0
Brasil Gunduli Peru 4-0 Di Piala Copa America 2021
Belgia Singkirkan Denmark 2-1
Ukraina Menang Tipis 2-1 Atas Makedonia Utara
Belanda Bekuk Austria 2-0 Di Piala Eropa 2020
Rusia Menang Tipis 1-0 Atas Finlandia
Wales Bekap Turki 2-0 Di Piala Eropa 2020
jQuery Slider

Comments

Arsip :202120202019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 9.389.299 Since: 05.03.13 | 0.162 sec