Olah Raga

Swedia Juara Grup E Setelah Kalahkan Polandia 3-2

Thursday, 24 Juni 2021 | View : 61

SAINT PETERSBURG-SBN.

Laga tim nasional (timnas) sepakbola Swedia yang berjuluk Blågult melawan timnas Polandia yang julukannya  Biao-czerwoni berlangsung di Krestovsky Stadium/Gazprom Arena, Futbol'naya Alleya, Saint Petersburg, Rusia, Rabu (23/6/2021) malam WIB.

The Blue and Yellow secara dramatis meraih kemenangan 3-2 atas The Eagles dalam pertandingan terakhir penyisihan Grup E Piala Eropa 2020, Rabu (23/6/2021) WIB. 

Tim nasional (timnas) sepakbola Swedia yang berjuluk The Blue and Yellow lolos ke babak 16 besar Piala Eropa 2020 sebagai juara Grup E. Tim berjuluk Blagult itu menang dramatis 3-2 atas Polandia untuk finis di depan Spanyol.

Blågult melaju ke babak 16 besar Piala Eropa 2020 setelah menjadi juara Grup E usai menundukkan Polandia 3-2, di Krestovsky Stadium/Gazprom Arena, Futbol'naya Alleya, Saint Petersburg, Rusia, Rabu (23/6/2021). 

Swedia datang sebagai pemuncak Grup E Piala Eropa 2020 dengan 4 poin dan sudah dipastikan lolos ke babak 16 besar.

Sementara itu, Ory butuh kemenangan untuk menjaga kans lolos. Tetapi, Polandia langsung mendapatkan pukulan telak di menit kedua. Swedia sudah unggul saat pertandingan baru berjalan dua menit melalui gol yang dilesakkan Emil Forsberg.

Tekanan Swedia berujung gol, ketika upaya sapuan dari pertahanan Polandia membuat bola berakhir di kaki Emil Forsberg. Forsberg melewati Kamil Glik lalu melepaskan tembakan ke pojok kiri gawang. Forsberg membawa Swedia unggul saat pertandingan baru berjalan dua menit.

Pemain RB Leipzig ini menjebol gawang Polandia yang dijaga Wojciech Szczesny setelah memanfaatkan kesalahan yang dilakukan Kamil Jozwiak saat berusaha mengamankan daerahnya. Dengan kaki kirinya dia memperdaya kiper Juventus tersebut.

Ory nyaris menyamakan kedudukan di menit ke-17. Umpan korner dari Piotr Zielinski disambut sundulan Robert Lewandowski dan bola cuma membentur mistar gawang. Bola rebound lantas disambar lagi oleh Lewandowski, tapi lagi-lagi mengenai tiang!

The White and Reds sempat menebar ancaman lain di menit terakhir babak pertama. Zielinski memainkan umpan satu-dua dengan Lewandowski, lalu menyelesaikan kerja sama itu dengan sepakan keras yang dihalau Robin Olsen.

The Eagles mengawali babak kedua dengan positif. Sepakan Zielinski dari jarak jauh mengarah ke gawang dan ditepis oleh Olsen.

The Blue and Yellow merespons di menit ke-50. Robin Quaison menuntaskan umpan Forsberg dengan tembakan, tapi dihalau kiper. Forsberg menyambut bola pantulan, kali ini diblok bek.

Biao-czerwoni mengancam lagi dua menit berselang. Kini Karol Swiderski yang mengarahkan tendangan melengkung, memaksa Olsen melakukan manuver penyelamatan.

Blågult menggandakan keunggulan di menit ke-59. Forsberg mencetak gol keduanya malam itu pada menit ke-59 dan membawa Swedia memimpin 2-0. 

Dejan Kulusevski leluasa menguasai bola dan mengoper ke Forsberg di dalam kotak penalti. Forsberg dengan tenang menceploskan bola ke gawang.

Dia kembali menjebol gawang lawan usai memanfaatkan assist Dejan Kulusevski. Namun, Polandia ternyata pantang menyerah.

The Eagles membalas hanya 2 menit kemudian. The White and Reds memperkecil kedudukan melalui Robert Lewandowski pada menit ke-61 setelah mendapat umpan Piotr Zielinski. Penyerang Bayern Muenchen itu membawa timnya menyamakan skor pada menit ke-84 dengan memanfaatkan sodoran Przemyslaw Frankowski. Lewandowski memotong dari kiri lalu melepaskan tendangan melengkung yang meluncur antara dua bek dan tak bisa dihentikan Olsen. Ory menyamakan skor di menit ke-84. Umpan silang Frakowski diselesaikan Lewandowski untuk menyeimbangkan kedudukan jadi 2-2.

Lewandowski kembali jadi ancaman untuk Swedia di menit ke-89. Memotong dari kiri, sepakan kaki kanannya dihalau oleh Olsen. Upaya lanjutan dari Placheta ditahan kiper Swedia tersebut.

Namun, Biao-czerwoni  akhirnya harus menerima kekalahan dalam partai menentukan ini. Gawang Szczesny bobol untuk ketiga kalinya oleh aksi Viktor Claesson di pengujung laga.

Swedia mencetak gol dramatis di menit ke-93. Umpan terobosan Kulusevski diterima Claesson dan diselesaikan ke gawang usai melepaskan diri dari penjagaan. Skor berubah 3-2 untuk keunggulan Swedia atas Polandia.

Babak kedua berakhir dengan kemenangan Swedia 3-2 atas Polandia.

Pelatih Swedia, Janne Andersson, pun memuji pemainnya yang sudah berjuang dengan fantastis.

“Ini perasaan yang fantastis. Kami memenangkan grup di Piala Dunia dan kami melakukannya lagi sekarang. Kami menciptakan situasi di mana kami bisa melakukannya dengan baik, tetapi Anda harus mengambil peluang Anda," papar Andersson.

"Para pemain adalah pejuang; mereka fantastis . Mereka mengorbankan diri untuk satu sama lain dan seluruh tim layak mendapat pujian."

Dia juga memuji performa Emil Forsberg yang mencetak dua gol dalam partai ini. "Dia sedikit lebih tenang sebagai pribadi. Dia mengatakan pada dirinya sendiri bahwa dia merasa lebih harmonis, dan dia lebih baik di lapangan. Dia selalu baik dengan tim nasional, dan bagus dia bisa menjadi faktor penentu bagi kami," ungkap pelatih berusia 58 tahun ini.

“Itu adalah awal yang gila. Itu berarti mereka sedikit lebih putus asa daripada kami. Mereka menciptakan peluang, bisa mencetak gol, dan kami memiliki sedikit keberuntungan," ungkap pemain RB Leipzig ini.

"Saat kedudukan 2-0, pertandingan seharusnya berakhir, tetapi mereka menyamakan kedudukan. Dan gol mereka datang sedikit terlalu mudah. Tapi kemudian kami mendapatkan yang ketiga, dan sekarang itu hanya kebahagiaan murni."

“Kami ingin lolos. Kami datang ke sini dengan tujuan untuk lolos dari grup. Kami telah melakukannya sekarang kami tidak tahu siapa yang akan kami lawan (di 16 besar), tetapi kami ingin lolos. Kami ingin memenangkan setiap pertandingan. Kami yakin bisa melakukannya," papar Forsberg.

Dengan kemenangan ini, Swedia memastikan diri lolos sebagai juara Grup E Euro 2020. Berkat kemenangan ini Swedia pun menjadi juara grup dan memastikan tiket babak 16 besar. Blagult mengoleksi 7 poin, 2 poin di depan Spanyol yang lolos sebagai runner-up.

Dengan demikian di klasemen akhir, Swedia menjadi juara grup dengan 7 poin, Spanyol menjadi runner-up dengan 5 poin, sementara Slovakia berada di posisi ketiga dengan 3 poin. 

Sementara itu, Polandia pun harus puas menjadi juru kunci setelah hanya meraih dengan koleksi 1 poin hasil sekali seri melawan Spanyol.

Slovakia dan Polandia pun tersisih dari Euro 2020.

Susunan pemain:

Swedia:

Robin Olsen; Mikael Lustig (Emil Krafth 68'), Victor Lindelof, Marcus Danielson, Ludwig Augustinsson; Sebastian Larsson, Kristoffer Olsson, Albin Ekdal, Emil Forsberg (Claesson 77'); Robin Quaison (Dejan Kulusevski 55'), Alexander Isak (Marcus Berg 68').

Pelatih: Jan Olof "Janne" Andersson

Polandia:

Wojciech Szczesny; Bartosz Bereszynski, Kamil Glik, Jan Bednarek; Kamil Jozwiak (Swierczok 61'), Grzegorz Krychowiak (Placheta 78'), Mateusz Klich, Tymoteusz Puchacz (Frankowski 46'); Karol Swiderski, Piotr Zielinski; Robert Lewandowski.

Pelatih: Paulo Manuel Carvalho de Sousa

Wasit: Michael Oliver (Inggris)

(uefa)

See Also

Toni Kroos Resmi Putuskan Pensiun Dari Timnas Jerman
Italia Kantongi Tiket Perempat Final Setelah Kandaskan Impian Austria 2-1
Jadwal Lengkap 16 Besar Piala Eropa 2020
Kroasia Hempaskan Skotlandia 3-1 Di Piala Eropa 2020
Prancis Juara Grup F Setelah Imbang 2-2 Dengan Portugal
Spanyol Gilas Slovakia 5-0 Di Piala Eropa 2020
Inggris Juara Grup D Setelah Menang Tipis 1-0 Atas Republik Ceko
Denmark Lumat Rusia 4-1 Di Piala Eropa 2020
Belanda Hajar Makedonia Utara 3-0 Di Piala Eropa 2020
Austria Menang Tipis 1-0 Atas Ukraina
Swiss Hentikan Langkah Turki Di Piala Eropa 2020 Dengan Skor 3-1
Italia Menang Tipis 1-0 Atas Wales
Spanyol Tertahan Polandia 1-1 Di Piala Eropa 2020
Prancis Berbagi Hasil Imbang Dengan Hungaria 1-1 Di Piala Eropa 2020
Argentina Menang Tipis 1-0 Atas Uruguay
Republik Ceko Tahan Imbang Kroasia 1-1
Christian Eriksen Pulang Dari Rumah Sakit
Chile Menang Tipis 1-0 Atas Bolivia
Swedia Taklukkan Slovakia Lewat Penalti 1-0
Brasil Gunduli Peru 4-0 Di Piala Copa America 2021
Belgia Singkirkan Denmark 2-1
Ukraina Menang Tipis 2-1 Atas Makedonia Utara
Belanda Bekuk Austria 2-0 Di Piala Eropa 2020
Rusia Menang Tipis 1-0 Atas Finlandia
Wales Bekap Turki 2-0 Di Piala Eropa 2020
jQuery Slider

Comments

Arsip :202120202019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 9.342.560 Since: 05.03.13 | 0.1848 sec