Olah Raga

Spanyol Gilas Slovakia 5-0 Di Piala Eropa 2020

Thursday, 24 Juni 2021 | View : 68

SEVILLA-SBN.

Tim nasional (timnas) sepakbola Slovakia yang berjuluk Sokoli berhadapan dengan timnas Spanyol julukannya La Furia Roja pada laga penentuan Grup E yang dihelat di La Cartuja Stadium/Estadio de La Cartuja/Estadio La Cartuja de Sevilla, Isla de la Cartuja, Sevilla, Spanyol, Rabu (23/6/2021) malam WIB.

The Red One melangkah babak 16 besar Piala Eropa 2020 sebagai runner-up grup. Ini setelah Tim Matador menggilas Slovakia julukan Repre dengan skor telak 5-0. Dalam pertandingan Rabu (23/6/2021), Busquets dan rekan-rekannya menghajar Slovakia 5-0 di La Cartuja Stadium/Estadio de La Cartuja/Estadio La Cartuja de Sevilla, Isla de la Cartuja, Sevilla, Spanyol.

La Furia Roja tampil cemerlang dan menghantam 5-0 atas Slovakia julukannya The Falcons dalam pertandingan terakhir penyisihan Grup E Piala Eropa 2020, Rabu (23/6/2021) di Stadion La Cartuja/Estadio de La Cartuja/ Estadio La Cartuja de Sevilla, Isla de la Cartuja, Sevilla, Spanyol.

Gol yang membawa pasukan Luis Enrique unggul terjadi karena bunuh diri kiper Slovakia, Martin Dubravka, tandukan Aymeric LaportePablo Sarabia, Ferran Torres, dan bunuh diri Jurac Kucka.

La Roja gagal unggul cepat ketika penalti Alvaro Morata dibendung di menit ke-12. Lalu, bunuh diri Martin Dubravka dan Aymeric Laporte membuat skor jadi 2-0.

The Red Fury menambah tiga gol di babak kedua lewat Pablo Sarabia, Ferran Torres dan bunuh diri Juraj Kucka. 

The Red One yang butuh kemenangan bermain menyerang sejak menit awal untuk mencari gol secepat-cepatnya. Alvaro Morata yang kembali dipasang sebagai starter punya peluang di menit kelima.

Menusuk dari sisi kiri usai menerima umpan Gerard Moreno, Morata mengarahkan bola ke pojok kanan bawah tapi Martin Dubravka mampu menepisnya.

Tekanan Spanyol berbuah penalti untuk mereka di menit ke-12 saat Koke dilanggar Jakub Hromada. Spanyol seharusnya unggul lebih awal lewat tendangan penalti Alvaro Morata. Spanyol seharusnya bisa memimpin pada menit ke-12 ketika mendapat hadiah penalti. Wasit menunjuk titik putih setelah Jakub Hromada menendang Koke dari belakang di kotak terlarang.

Namun, tendangan penyerang Juventus itu ditepis kiper Slovakia, Martin Dubrovka. Alvaro Morata yang maju sebagai eksekutor gagal menunai tugas karena bola tendangannya ke arah kanan mampu diblok Dubravka. Striker Spanyol, Alvaro Morata, yang menjadi eksekutor penalti gagal memanfaatkan peluang emas ini. Tembakannya ke sisi kiri gawang berhasil ditepis kiper Martin Dubravka.

The Red One tak membuang waktu untuk terus menekan pertahanan Slovakia demi mencari gol. Di menit ke-19, Pedri mengirimkan bola lambung ke kotak penalti dan Pablo Sarabia coba menjangkaunya, tapi malah lebih dekat ke Dubravka.

La Furia Roja kembali nyaris memimpin pada menit ke-20. Pedri yang sudah di depan gawang menyambut umpan silang Cesar Azpilicueta. Namun bola tak mampu dimanfaatkan secara maksimal oleh Pedri.

Semenit kemudian giliran Pedri yang membuang peluang saat Cesar Azpilicueta mengirim crossing ke kotak penalti. Di sana ada pedri yang menyambut dengan sontekan kaki kiri tapi bisa ditepis Dubravka.

Striker Alvaro Morata di menit ke-24 punya peluang lagi untuk bikin gol. Kali ini dia menemukan ruang tembak di depan kotak penalti dan menyepak bola yang bisa dibendung penjaga gawang Dubravka.

Kiper Dubravka kembali menjadi pahlawan saat mematahkan tendangan keras yang dilancarkan Alvaro Morata pada menit ke-25. Kiper berusia 32 tahun menepis bola hasil sepakan kaki kanan penyerang Juventus tersebut.

Namun, pada menit ke-30, Dubravka justru menjadi biang terjadinya gol ke gawang Slovakia.  Dia mencetak gol bunuh diri yang membuat Spanyol mempimpin. Spanyol akhirnya bisa unggul 1-0 pada menit ke-30 karena gol bunuh diri Dubravka. Diawali sepakan Sanabria yang membentur mistar, bola melambung ke atas dan sepertinya akan jatuh ke depan gawang. Gol berawal dari tendangan keras Pablo Sarabia yang membentur gawang. Dubravka yang berupaya membuang bola malah memasukannya ke gawang sendiri. Dubravka yang hendak membuang bola malah mengirimnya ke gawang sendiri.

Setelah gol itu, Spanyol makin bernafsu menambah gol lagi dan baru didapat di masa injury time babak pertama.

Diawali korner Spanyol yang tak dibuang sempurna oleh barisan belakang Slovakia, bola jatuh di kaki Pedri yang langsung memberikan umpan lambung ke kotak penalti. Moreno menerimanya dan mengirim crossing yang ditanduk oleh Laporte ke pojok atas gawang.

The Red Fury menutup babak pertama dengan gol yang dilesakkan Aymeric Laporte saat injury time. Pemain belakang ini melesakkan bola ke gawang Slovakia dengan tandukan memanfaatkan umpan Gerard Moreno.

Babak pertama duel Slovakia melawan Spanyol sudah selesai. Diwarnai penalti Alvaro Morata yang gagal, La Furia Roja memimpin 2-0.

Memasuki babak kedua, Slovakia langsung mengganti dua pemain yakni striker Ondrej Duda dan gelandang Jakub Hromada. Keduanya masing-masing digantikan Michal Duris dan Stanislav Lobotka.

Pada babak kedua, Spanyol langsung ambil inisiatif untuk menyerang demi menambah gol. Spanyol kembali berinisiatif menyerang setelah jeda. Hasilnya di menit ke-56, Spanyol menambah gol lewat Pablo Sarabia. Upaya menggempur Slovakia ini kembali membuahkan hasil pada menit ke-56. 

Busquets memberikan bola kepada Pedri yang melihat pergerakan Alba di sisi kiri. Bola disodorkan kepada Alba yang langsung memberikan umpan tarik dan disontek Sarabia, yang sempat membentur tiang sebelum masuk.

Gol berawal dari umpan yang dikirim Jordi Alba. Pablo Sarabia yang menunggu di depan gawang mengarahkan bola ke sisi kiri kiper Martin Dubrovka. Dubravka pun tak mampu menjangkau bola dan kebobolan untuk ketiga kalinya.

Pada menit ke-66, Spanyol memasukkan Ferran Torres menggantikan Alvaro Morata.

La Furia Roja memperbesar skor jadi 4-0 pada menit ke-67 lewat Ferran Torres yang belum semenit menggantikan Morata. Hanya satu menit setelah menjejakkan kaki di arena dia berhasil menambah keunggulan timnya.

Satu menit setelah masuk ke lapangan dia mendapat umpan dari Pablo Sarabia tepat di mulut gawang. Dengan satu sentuhan dia berhasil melesakkan bola ke gawang Slovakia memperdaya kiper Martiv Dubravka.

Dari korner pendek, Sarabia melakukan umpan 1-2 dengan Pedri dan menusuk dari sisi kanan. Sarabia lantas mengirimkan bola ke tiang dekat untuk disontek Torres dengan tumit kanannya.

The Red One kian tak terkejar setelah unggul 5-0 pada menit ke-71. Spanyol menambah gol kelimanya di menit ke-71 lewat bunuh diri Juraj Kucka. Gol kelima pasukan Luis Enrique terjadi karena bunuh diri gelandang Slovakia, Juraj Kucka.

Kemelut di kotak penalti terjadi menyusul korner dan bola terakhir disundul Pau Torres yang coba dihalau Kucka, tapi malah masuk ke gawang sendiri.

Gol berawal dari perebutan bola di depan gawang. Aymeric Laporte menyundul bola yang kemudian disambut juga dengan tandukan oleh Pau Torres ke gawang Slovakia. Jurac Kucka yang berupaya membuang bola justru melesakkannya ke gawang sendiri

The Red Fury masih menekan habis Slovakia meski sudah unggul lima gol, tapi peluang yang didapat tidak bisa berbuah gol. Mikel Oyarzabal yang masuk sebagai pengganti dua kali melewatkan kesempatan itu.

Hingga laga berakhir, Slovakia melawan Spanyol tetap dengan skor 0-5. Keunggulan 5-0 yang diraih Spanyol bertahan hingga pertandingan usai.

Pemain Timnas Spanyol, Sergio Busquets, menegaskan dia dan rekan-rekan setimnya harus terus tampil seperti ketika menundukkan Slovakia untuk bisa meraih sukses di Piala Eropa 2020. 

"Inilah cara kami ingin terus tampil. Ini akan membawa kepercayaan diri dan moral," ungkap pemain Barcelona tersebut.

Pemain yang sempat harus absen akibat terpapar Covid-19 ini juga menjadi pemain terbaik dalam pertandingan ini. "Mudah-mudahan saya bisa terus mengumpulkan menit bermain di tim ini. Ini adalah langkah maju setelah tersingkir dan saya ingin siap untuk apa yang akan datang."

“Penalti tentu saja kami ingin menghindarinya, tetapi satu-satunya orang yang bisa gagal adalah mereka yang cukup berani untuk mengambilnya terlebih dahulu. Saya pikir penyelamatan penalti membuat kami lebih bersemangat dan kami bereaksi dengan tepat," kata Busquets lagi.

Busquets pun menyatakan timnya harus mewaspadai Luka Modric dan kawan-kawan. “Kroasia telah berevolusi karena satu atau dua pemain senior telah pensiun tetapi mereka juga memiliki pemain muda yang sangat berbakat yang masuk. Itu, ditambah dengan pemain senior yang luar biasa dan pelatih top, membuat mereka menjadi tim yang bagus. Tapi kami juga seperti itu, dan kami sulit dikalahkan!"

Berkat kemenangan ini Spanyol pun lolos ke babak 16 besar. The Red One menjadi runner-up dengan 5 poin. The Red Fury menempati posisi kedua klasemen Grup E setelah di pertandingan lainnya Swedia menundukkan Polandia, 3-2. La Roja dengan kemenangan pertamanya menuntaskan fase grup di posisi kedua dengan 5 poin dari 3 laga.

Dengan demikian di klasemen akhir, Swedia menjadi juara grup dengan 7 poin. Juara grup jadi milik Swedia yang menang 3-2 atas Polandia dan finis dengan 7 poin.

Sementara itu, The Representatives finis berada di posisi ketiga dengan 3 poin.

Polandia menjadi juru kunci dengan koleksi hanya 1 poin. Sokoli dan Polandia pun tersisih dari Euro 2020.

Susunan pemain:

Slovakia (4-2-3-1):

1 Martin Dubravka; 2 Peter Pekarík, 5 Lubomir Satka, 14 Milan Skriniar, 15 Tomas Hubocan; 19 Juraj Kucka, 25 Jakub Hromada (22 Stanislav Lobotka 46); 18 Lukas Haraslin (10 Tomas Suslov 69), 17 Marek Hamsik (11 Laszlo Benes 90), 20 Robert Mak (7 Vladimir Weiss 69); 8 Ondrej Duda (21 Michal Duris 46).

Pelatih: Štefan Tarkovi

Spanyol (4-3-3):

23 Unai Simon; 2 Cesar Azpilicueta (21 Mikel Oyarzabal 77), 12 Eric Garcia (4 Pau Torres 71), 24 Aymeric Laporte, 18 Jordi Alba; 8 Koke, 5 Sergio Busquets (10 Thiago Alcántara 71), 26 Pedri; 22 Pablo Sarabia, 7 Álvaro Morata (11 Ferran Torres 66), 9 Gerard Moreno (20 Adama Traore 77).

Pelatih: Luis Enrique Martínez García

Wasit: Bjorn Kuipers (Belanda)

(uefa)

See Also

Toni Kroos Resmi Putuskan Pensiun Dari Timnas Jerman
Italia Kantongi Tiket Perempat Final Setelah Kandaskan Impian Austria 2-1
Jadwal Lengkap 16 Besar Piala Eropa 2020
Kroasia Hempaskan Skotlandia 3-1 Di Piala Eropa 2020
Prancis Juara Grup F Setelah Imbang 2-2 Dengan Portugal
Swedia Juara Grup E Setelah Kalahkan Polandia 3-2
Inggris Juara Grup D Setelah Menang Tipis 1-0 Atas Republik Ceko
Denmark Lumat Rusia 4-1 Di Piala Eropa 2020
Belanda Hajar Makedonia Utara 3-0 Di Piala Eropa 2020
Austria Menang Tipis 1-0 Atas Ukraina
Swiss Hentikan Langkah Turki Di Piala Eropa 2020 Dengan Skor 3-1
Italia Menang Tipis 1-0 Atas Wales
Spanyol Tertahan Polandia 1-1 Di Piala Eropa 2020
Prancis Berbagi Hasil Imbang Dengan Hungaria 1-1 Di Piala Eropa 2020
Argentina Menang Tipis 1-0 Atas Uruguay
Republik Ceko Tahan Imbang Kroasia 1-1
Christian Eriksen Pulang Dari Rumah Sakit
Chile Menang Tipis 1-0 Atas Bolivia
Swedia Taklukkan Slovakia Lewat Penalti 1-0
Brasil Gunduli Peru 4-0 Di Piala Copa America 2021
Belgia Singkirkan Denmark 2-1
Ukraina Menang Tipis 2-1 Atas Makedonia Utara
Belanda Bekuk Austria 2-0 Di Piala Eropa 2020
Rusia Menang Tipis 1-0 Atas Finlandia
Wales Bekap Turki 2-0 Di Piala Eropa 2020
jQuery Slider

Comments

Arsip :202120202019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 9.389.406 Since: 05.03.13 | 0.1756 sec