Olah Raga

Inggris Juara Grup D Setelah Menang Tipis 1-0 Atas Republik Ceko

Wednesday, 23 Juni 2021 | View : 68

LONDON-SBN.

Tim Nasional (Timnas) sepakbola Inggris yang berjuluk The Three Lions berhadapan dengan timnas Republik Ceko pada laga pamungkas Grup D Piala Eropa 2020 di Wembey Stadium/Stadion Wembley, Wembley Park, London Borough of Brent, London, Inggris, Rabu (23/6/2021) dini hari WIB.

Tim Nasional (Timnas) sepakbola Inggris yang berjuluk The Three Lions menutup laga penutup Grup D Piala Eropa 2020 dengan kemenangan 1-0 atas Republik Ceko di Wembey Stadium/Stadion Wembley, Wembley Park, London Borough of Brent, London, Inggris, Rabu (23/6/2021) dini hari WIB.

Timnas Inggris meraih kemenangan 1-0 di partai penutup fase grup Piala Eropa 2020 kontra Republik Ceko.

Kemenangan Inggris ditentukan berkat gol Raheem Sterling di babak pertama. Raheem Sterling mencetak satu-satunya gol di laga ini pada menit ke-12.

Sebenarnya, tim nasional Inggris sudah bisa dipastikan lolos ke babak 16 besar Piala Eropa 2020.

Posisi skuad "Tiga Singa" di 16 besar sudah terjamin setidaknya mereka menjadi salah satu dari empat tim terbaik di peringkat ketiga.

Langkah Inggris ke 16 besar sebelumnya tertunda setelah ditahan imbang tanpa gol oleh Skotlandia. Dengan torehan 4 poin hasil dari satu kemenangan (1-0 melawan Kroasia) dan imbang (0-0 melawan Skotlandia), Inggris sementara menempati peringkat kedua Grup D dengan empat poin dan selisih gol 1.

Pada pertandingan ketiga grup yang dihelat di Stadion Wembley, Rabu (23/6/2021) dini hari WIB, Inggris tampil dominan dengan 56 persen ball possesion dan membuat total 5 attempts, 3 di antaranya on goal.

Republik Ceko lebih agresif dengan enam attempts meski cuma satu yang on goal.

Meski sudah memastikan lolos, Inggris tetap bermain ngotot sejak menit awal.

Inggris langsung menggebrak sejak menit awal dan sudah mendapat peluang di menit kedua. Diawali umpan lambung Luke Shaw dari pertahanan Inggris yang mengarah langsung ke daerah Ceko.

Tekanan langsung diberikan Inggris dan nyaris berbuah hasil di menit ke-2 saat sontekan Raheem Sterling tak membentur tiang gawang. Raheem Sterling lolos dari jebakan offside dan langsung menyontek bola melewati hadangan Tomas Vaclik. Tapi, si kulit bundar malah membentur tiang dan gagal jadi gol.

Inggris terus menekan pertahanan Ceko dan akhirnya bisa mendapat gol di menit ke-12.

Papan skor dibuka di menit 12. Memanfaatkan umpan silang Jack Grealish, Sterling menyambut bola yang gagal dihalau kiper lawan. Diawali crossing Bukayo Saka yang tak menemui sasaran, bola diamankan oleh Jack Grealish. Grealish langsung mengoper ke tiang jauh untuk disundul Sterling dengan mudahnya ke gawang kosong.

Setelah gol itu, Inggris masih menguasai pertandingan dan tak memberikan kesempatan untuk Ceko mengembangkan permainan. Barulah selepas menit ke-20, Ceko perlahan mulai sering memegang bola.

Kane mendapat umpan terobosan dari Maguire pada menit ke-26 di kotak penalti. Kane menerima dengan kaki kiri dan mengecoh satu pemain, sebelum menembak ke gawang yang dapat ditepis tangan kanan Vaclik.

Dua menit berselang giliran Ceko punya peluang lewat Tomas Holes. Bola liar dari pertahanan Inggris jatuh di jalur Holes yang langsung menembak ke pojok gawang, hingga memaksa Pickford terbang menepisnya.

Ceko punya kans lagi di menit ke-35 ketika Shaw membuang bola tembakan Jakub Jankto. Bola malah mengarah ke Tomas Soucek untuk disepak dari luar kotak penalti, meski menyamping di sisi kanan gawang Pickford.

Republik Ceko yang tertinggal mencoba memberikan perlawanan dengan balik menekan pertahanan Inggris.

Namun, tak ada gol tercipta sehingga pertandingan babak pertama tuntas 1-0 untuk keunggulan Inggris. Sampai turun minum skor tetap 1-0 untuk keunggulan timnas Inggris.

Memasuki babak kedua, pelatih Gareth Southagate menunjuk Jordan Henderson untuk menggantikan Declan Rice. Pergantian pemain juga dilakukan kubu Republik Ceko di awal babak kedua.

Pada babak kedua, Inggris kesulitan untuk menciptakan peluang berbahaya di pertahanan Ceko. Meski sudah memasukkan Jordan Henderson menggantikan Declan Rice, serangan Inggris masih buntu.

Tidak ada sama sekali kans emas diciptakan Inggris maupun Ceko selama babak kedua berjalan. Inggris masih dominan dalam hal penguasaan bola, tapi tidak bisa mewujudkannya jadi gol.

Tempo pertandingan berjalan sedang. Kedua tim bergantian saling menyerang.

Peluang baru tercipta di menit ke-83 saat Tomas Pekhart mendapat bola liar di kotak penalti dan melepaskan sepakan tapi melebar.

Inggris sempat mencetak gol kedua lewat Jordan Henderson pada menit ke-86 tapi dianulir karena pemain Liverpool itu sudah terjebak offside.

Namun, sampai peluit panjang berbunyi skor tetap 1-0 untuk keunggulan Inggris. Hingga laga Ceko melawan Inggris tuntas, skor 1-0 bertahan.

Inggris dengan tambahan 3 poin berhak memuncaki grup dengan 7 poin, unggul 3 angka dari Kroasia yang finis runner-up. Ceko harus puas finis posisi ketiga.

Hasil ini membuat The Three Lions lolos ke babak 16 besar dengan status sebagai juara Grup D. Hasil yang mengantarkan The Three Lions jadi juara Grup D.

Susunan Pemain:

Inggris:

Jordan Pickford; Kyle Walker, John Stones (Tyrone Mings 79'), Harry Maguire, Luke Shaw; Kalvin Phillips, Declan Rice (Jordan Henderson 45'); Bukayo Saka (Jadon Sancho 83'), Jack Grealish (Jude Bellingham 68'), Raheem Sterling (Marcus Rashford 67'); Harry Kane.

Pelatih: Gareth Southgate

Republik Ceko:

Tomas Vaclik; Vladimir Coufal, Ondrej Celustka, Tomas Kalas, Jan Boril; Tomas Holes, Tomas Soucek; Lukas Masopust (Adam Hlozek 63'), Vladimir Darida (Alex Kral 63'), Jakub Jankto (Petr Sevcik 45'); Patrik Schick (Tomas Pekhart 75').

Pelatih: Jaroslav Šilhavý 

Wasit: Artur Manuel Ribeiro Soares Dias (Portugal)

(uefa)

See Also

Toni Kroos Resmi Putuskan Pensiun Dari Timnas Jerman
Italia Kantongi Tiket Perempat Final Setelah Kandaskan Impian Austria 2-1
Jadwal Lengkap 16 Besar Piala Eropa 2020
Kroasia Hempaskan Skotlandia 3-1 Di Piala Eropa 2020
Prancis Juara Grup F Setelah Imbang 2-2 Dengan Portugal
Swedia Juara Grup E Setelah Kalahkan Polandia 3-2
Spanyol Gilas Slovakia 5-0 Di Piala Eropa 2020
Denmark Lumat Rusia 4-1 Di Piala Eropa 2020
Belanda Hajar Makedonia Utara 3-0 Di Piala Eropa 2020
Austria Menang Tipis 1-0 Atas Ukraina
Swiss Hentikan Langkah Turki Di Piala Eropa 2020 Dengan Skor 3-1
Italia Menang Tipis 1-0 Atas Wales
Spanyol Tertahan Polandia 1-1 Di Piala Eropa 2020
Prancis Berbagi Hasil Imbang Dengan Hungaria 1-1 Di Piala Eropa 2020
Argentina Menang Tipis 1-0 Atas Uruguay
Republik Ceko Tahan Imbang Kroasia 1-1
Christian Eriksen Pulang Dari Rumah Sakit
Chile Menang Tipis 1-0 Atas Bolivia
Swedia Taklukkan Slovakia Lewat Penalti 1-0
Brasil Gunduli Peru 4-0 Di Piala Copa America 2021
Belgia Singkirkan Denmark 2-1
Ukraina Menang Tipis 2-1 Atas Makedonia Utara
Belanda Bekuk Austria 2-0 Di Piala Eropa 2020
Rusia Menang Tipis 1-0 Atas Finlandia
Wales Bekap Turki 2-0 Di Piala Eropa 2020
jQuery Slider

Comments

Arsip :202120202019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 9.389.337 Since: 05.03.13 | 0.1766 sec