Olah Raga

Swiss Hentikan Langkah Turki Di Piala Eropa 2020 Dengan Skor 3-1

Monday, 21 Juni 2021 | View : 50
Tags : Swiss, Turki

BAKU-SBN.

Grup A Piala Eropa 2020 mencapai pertandingan terakhir pada hari ini, Minggu (20/6/2021).

Laga Swiss yang berjuluk Rossocrociati melawan Turki julukan Ay-Yldzllar dalam lanjutan Grup A Piala Eropa 2020 digelar di Baku Olympic Stadium, Heydar Aliyev, Baku, Azerbaijan, Minggu (20/6/2021) malam WIB.

Tim nasional (timnas) sepakbola Swiss julukan Red Crosses resmi menghentikan kiprah Turki dan menjaga asa lolos di Piala Eropa 2020. Itu setelah Xherdan Shaqiri dkk menang 3-1 pada partai terakhir di Grup A. Kiprah Turki terhenti di babak penyisihan grup setelah kalah 1-3 dari Swiss dalam laga pemungkas di Baku, Azerbaijan, Minggu (20/6/2021) atau Senin (21/6/2021) dini hari WIB, membuat mereka berakhir tanpa meraih satu poin pun di dasar klasemen akhir Grup A.

Pada laga pamungkas ini Swiss julukan A-Team memelihara peluang lolos ke babak selanjutnya sebagai peringkat ketiga terbaik setelah menundukkan Turki dengan skor, 3-1.

Gol cepat langsung didapatkan Swiss lewat Haris Seferovic di menit keenam.

Xherdan Shaqiri menggandakan keunggulan Nati di menit ke-26, untuk menutup babak pertama dengan skor 2-0.

Tim Turki yang berjuluk The Crescent-Stars sempat menghidupkan peluang lewat gol Irfan Kahveci di menit ke-62. Tapi Swiss tak membiarkan lawannya menumbuhkan asa lebih besar, dengan mencetak gol ketiga melalui Shaqiri.

Empat menit laga berjalan, Turki mendapatkan kesempatan. Burak Yilmaz menyodorkan bola ke Kaan Ayhan di depan kotak penalti. Ayhan melepaskan tembakan keras ke pojok kiri atas gawang, yang masih bisa dijangkau oleh Yann Sommer.

Swiss memimpin di menit keenam.

Swiss unggul cepat pada menit ke-6 lewat gol dari Haris Seferovic. Menerima umpan dari Steven Zuber, Haris Seferovic punya waktu dan ruang untuk melepaskan tembakan yang bersarang ke pojok kanan bawah gawang. Tembakan kaki kiri Seferovic dari luar kotak penalti usai menerima umpan dari Steven Zuber mengubah skor menjadi, 1-0 untuk keunggulan Swiss.

Peluang untuk Turki di menit ke-16. Umpan silang Cengiz Under dari kanan disambar Mert Muldur di tiang jauh ke arah gawang. Tapi Sommer di posisi yang bagus untuk menghentikan bola.

Tekanan lain dari Turki lewat serangan balik pada menit ke-23. Ozan Tufan menerima bola di tepi kotak penalti, lalu melepaskan percobaan. Bola melesat ke atas gawang.

Swiss kembali mencetak gol di menit ke-26. Gol kedua Swiss dicetak Xherdan Shaqiri pada menit ke-26. Swiss membangun serangan dengan apik dan Xherdan Shaqiri, usai menerima umpan dari Zuber, mengarahkan tembakan melengkung ke pojok kanan atas gawang. Tendangan kaki kanan Shaqiri dari luar kotak penalti setelah mendapatkan umpan dari Zuber membuat Swiss unggul, 2-0.

Nyaris Swiss membikin gol ketiga dua menit berselang. Shaqiri lolos dan menerima umpan terobosan dari Seferovic. Tinggal menghadapi kiper, sepakan Shaqiri berakhir menyamping dari gawang akibat upaya blok dari Ugurcan Cakir.

Upaya jarak jauh dari Muldur untuk Turki pada menit ke-33. Bola tampak mengarah ke pojok kiri bawah gawang, namun Sommer sigap mengantisipasi dan menghalaunya.

Peluang buat Turki di menit ke-43 dari serangan bali lewat sisi kiri. Muldur menusuk, memotong ke tengah, lalu melepaskan tembakan yang masih bisa dijangkau dan dihentikan Sommer. Babak pertama berakhir.

Turki langsung mendesak Swiss di awal babak kedua. Sundulan Yilmaz di menit ke-50 masih melambung, usai menyambut umpan Under.

Swiss merespons tak lama berselang. Sepakan Zuber dari sudut sempit masih bisa dihentikan Cakir. Upaya lain dari Breel Embolo juga bisa dihentikan kiper Turki tersebut.

Turki terus membiarkan Swiss menemukan celah. Kali ini Seferovic mendapatkan peluang, yang lagi-lagi dihentikan oleh Cakir.

Turki memperkecil selisih di menit ke-62. Turki memerkecil ketinggalan pada menit ke-62 lewat Irfan Can Kahveci.

Irfan Can Kahveci menyambar sodoran Hakan Calhanoglu dari depan kotak penalti dan menceploskan bola ke pojok kiri atas gawang. Tembakan kaki kiri Kahveci usai mendapatkan umpan dari Hakan Calhanoglu mengubah skor menjadi, 2-1 masih untuk keunggulan Swiss.

Swiss memulihkan keunggulan dua gol di menit ke-68. Shaqiri kembali menjebol gawang Turki pada menit ke-68. Lewat serangan cepat, Zuber mengoper ke Shaqiri di kanan yang lantas dengan tenang menaklukkan Cakir. Kali ini tembakan kaki kiri Shaqiri melesat ke pojok kiri atas gawang Turki yang dikawal kiper Ugurcan Cakir. Skor berubah menjadi, 3-1 untuk keunggulan Swiss.

Hampir Swiss membuat gol keempat di menit ke-77. Tendangan bebas dari Granit Xhaka meluncur ke pojok kanan bawah dan menghantam tiang gawang. Bola lalu kembali ke area permainan.

Turki merespons dua menit berselang. Under merangsek dan melepaskan tembakan keras yang melesat tipis ke atas gawang Swiss.

Swiss mengontrol laga dengan nyaman dan menjaga keunggulan 3-1. Sampai peluit akhir berbunyi, tak ada lagi gol tercipta. Hingga peluit panjang ditiupkan wasit, skor 3-1 bertahan untuk kemenangan Swiss.

Xherdan Shaqiri meyakini ia dan rekan-rekannya di timnas Swiss sudah berupaya sekuat tenaga untuk menundukkan Turki dalam laga pemungkas Grup A Piala Eropa 2020 dan sekarang saatnya menanti nasib kelolosan mereka ke babak 16 besar.

"Kami melakukan apa yang harus kami lakukan melawan tim bagus ini. Sekarang kami saat menanti apa yang terjadi," kata Shaqiri selepas laga dilansir laman resmi UEFA.

Pemain Liverpool itu mengakui Swiss mungkin bisa mencetak satu atau dua gol lagi jika bisa memanfaatkan peluang yang dimiliki, tetapi Shaqiri bersikeras penampilan mereka sangat penting dan puas dengan hasilnya.

"Kami harus menang dan main bagus. Tentu saja ada satu dua peluang yang terbuang dan kami seharusnya mencetak satu atau dua gol lagi, tetapi ini penampilan krusial dan kami puas atas hasilnya," kata Shaqiri.

Sementara itu, Pelatih timnas Turki Senol Gunes menyatakan tidak akan mundur dari jabatannya walau Pasukan Bulan Sabit Bintang itu gagal total dalam Piala Eropa 2020.

Kendati mengaku bertanggung jawab atas hasil buruk Euro 2020, Gunes menyatakan tidak terbersit rencana mundur sembari menyalahkan banyak hal atas penampilan Turki, termasuk media.

"Saya bertanggung jawab atas ini. Saya tidak terpikirkan untuk mundur, kegagalan ini harus dibayar, tetapi media juga bertanggung jawab, demikian juga manajemen serta tim kepelatihan," ujar Gunes.

"Para pemain dan kesalahan individual juga bertanggung jawab. Sebelum turnamen kami diharapkan tampil di final dan sekarang kami dikritik begitu pedas," ujarnya menambahkan.

Gunes bahkan dengan percaya diri menyatakan bahwa tim Turki saat ini bakal punya fondasi kuat untuk meraih kesuksesan dalam satu dasawarsa ke depan.

"Tim muda ini akan memperlihatkan capaiannya dalam 10 tahun ke depan untuk sepak bola Turki, namun kami paham bahwa performa sepanjang turnamen ini sangat tidak bisa diterima," ujarnya.

"Ini ujian besar bagi kami, tetapi terkadang kegagalan menghadirkan lebih banyak pengalaman ketimbang kesuksesan," tutup Gunes.

Kemenangan ini belum cukup membawa Swiss lolos langsung ke babak 16 besar Euro 2020. Kemenangan 3-1 yang diraih Swiss di Baku, Azerbaijan, Minggu (20/6/2021) atau Senin (21/6/2021) dini hari WIB, hanya cukup membuat mereka finis di posisi ketiga Grup A. Kendati menang atas Turki, Swiss tetap berada di peringkat ke-3 klasemen akhir Grup A. Meski sama-sama mengoleksi 4 poin dengan Wales di posisi dua, National Team kalah selisih gol.

Swiss hanya finis di posisi ketiga karena kalah selisih gol dibandingkan Wales, yang kalah 0-1 melawan Italia di laga lain, kendati sama-sama mengoleksi 4 poin.

Italia dan Wales pun melenggang ke babak selanjutnya. Wales yang dikalahkan Italia pada laga pamungkas grup berhasil lolos karena memiliki selisih gol yang lebih baik ketimbang Swiss. Wales melangkah ke babak 16 besar sebagai runner-up Grup A mendampingi Italia selaku juara grup.

Rossocrociati harus menunggu hasil grup-grup lain untuk berpeluang lolos sebagai satu dari empat tim peringkat ketiga terbaik. Swiss berharap lolos dari jalur empat tim terbaik di antara penghuni posisi tiga. Swiss bermodalkan 4 poin serta statistik mencetak 4 gol dan kebobolan 5.

Sementara itu, Turki dipastikan angkat koper dari turnamen.

Susunan pemain:

Swiss (3-4-1-2):

Yann Sommer; Nico Elvedi, Manuel Akanji, Ricardo Rodriguez; Silvan Widmer (Kevin Mbabu 90'), Remo Freuler, Granit Xhaka, Steven Zuber (Benito 85'); Xherdan Shaqiri (Ruben Vargas 76'), Breel Embolo (Admir Mehmedi 86'), Haris Seferovic (Gavranovic 76')

Pelatih: Vladimir Petkovic

Turki (4-1-4-1):

Ugurcan Cakir; Mehmet Zeki Celik, Merih Demiral, Caglar Soyuncu, Mert Muldur; Kaan Ayhan (Yokuslu 63'); Cengiz Under (Kenan Karaman 80'), Ozan Tufan, Irfan Can Kahveci (Orkun Kokcu 80'), Hakan Calhanoglu (Tokoz 86'); Burak Yilmaz

Pelatih: Senol Günes

Wasit: Slavko Vincic (Slovenia)

(uefa/antara/jos)

See Also

Toni Kroos Resmi Putuskan Pensiun Dari Timnas Jerman
Italia Kantongi Tiket Perempat Final Setelah Kandaskan Impian Austria 2-1
Jadwal Lengkap 16 Besar Piala Eropa 2020
Kroasia Hempaskan Skotlandia 3-1 Di Piala Eropa 2020
Prancis Juara Grup F Setelah Imbang 2-2 Dengan Portugal
Swedia Juara Grup E Setelah Kalahkan Polandia 3-2
Spanyol Gilas Slovakia 5-0 Di Piala Eropa 2020
Inggris Juara Grup D Setelah Menang Tipis 1-0 Atas Republik Ceko
Denmark Lumat Rusia 4-1 Di Piala Eropa 2020
Belanda Hajar Makedonia Utara 3-0 Di Piala Eropa 2020
Austria Menang Tipis 1-0 Atas Ukraina
Italia Menang Tipis 1-0 Atas Wales
Spanyol Tertahan Polandia 1-1 Di Piala Eropa 2020
Prancis Berbagi Hasil Imbang Dengan Hungaria 1-1 Di Piala Eropa 2020
Argentina Menang Tipis 1-0 Atas Uruguay
Republik Ceko Tahan Imbang Kroasia 1-1
Christian Eriksen Pulang Dari Rumah Sakit
Chile Menang Tipis 1-0 Atas Bolivia
Swedia Taklukkan Slovakia Lewat Penalti 1-0
Brasil Gunduli Peru 4-0 Di Piala Copa America 2021
Belgia Singkirkan Denmark 2-1
Ukraina Menang Tipis 2-1 Atas Makedonia Utara
Belanda Bekuk Austria 2-0 Di Piala Eropa 2020
Rusia Menang Tipis 1-0 Atas Finlandia
Wales Bekap Turki 2-0 Di Piala Eropa 2020
jQuery Slider

Comments

Arsip :202120202019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 9.342.632 Since: 05.03.13 | 0.2462 sec