Olah Raga

Swedia Taklukkan Slovakia Lewat Penalti 1-0

Saturday, 19 Juni 2021 | View : 49

SAINT PETERSBURG-SBN.

Tim nasional (timnas) sepakbola Swedia yang berjuluk Blågult bertemu Slovakia julukannya The Falcons dalam lanjutan penyisihan Grup E Piala Eropa 2020, Jumat (18/6/2020), di Krestovsky Stadium/Gazprom Arena, Futbol'naya Alleya, Saint Petersburg, Rusia.

Tim Swedia dengan julukannya The Blue and Yellow sukses menundukkan Slovakia yang berjuluk The Representatives, 1-0, dalam lanjutan penyisihan Grup E Piala Eropa 2020, Jumat (18/6/2020), di Krestovsky Stadium/Gazprom Arena, Futbol'naya Alleya, Saint Petersburg, Rusia.

Belum ada gol yang tercipta pada babak pertama laga saat timnas Swedia bertemu Slovakia julukannya Sokoli dalam lanjutan penyisihan Grup E Piala Eropa 2020, Jumat (18/6/2020), di Stadion Krestovsky, Saint Petersburg, Rusia.

Swedia sebenarnya lebih mendominasi namun belum mampu mencetak gol.

Jika menang dalam laga ini Slovakia yang berjuluk Repre akan lolos ke babak 16 besar setelah dalam pertandingan pertama menundukkan Polandia, 2-1.

Sementara itu, Swedia juga memburu kemenangan demi memperbesar peluang melaju ke perdelapan final. Dalam pertandingan perdana mereka bermain imbang tanpa gol melawan Spanyol.

Swedia melakukan tekanan saat pertandingan baru berjalan tiga menit. Sebastian Larsson melepaskan tendangan kaki kiri dari luar kotak penalti setelah mendapat sodoran dari Emil Forsberg namun berhasil diselamatkan kiper Martin Dubravka.

Dua menit kemudian, pemain Slovakia, Juraj Kucka, membuat peluang dengan sundulan memanfaatkan umpan silang Marek Hamsik. Sayang tandukannya sedikit melenceng di sisi kanan gawang.

Hingga 15 menit pertama penguasaan bola masih imbang. Namun memasuki menit berikutnya Swedia mulai mendominasi. Pasukan Andersson, membuat peluang melalui Mikael Lustig yang berhasil menyundul bola dari tengah kotak penalti memanfaatkan umpan tendangan bebas Sebastian Larsson. Namun sayang bola terlalu tinggi dari gawang.

Marcus Berg kembali membuat Swedia mendapat peluang pada menit ke-22. Setelah mendapatkan sodoran Carl Mikael Lustig, dia melepaskan tendangan kaki kanan namun meleset ke sisi kanan gawang.

Lima menit kemudian, Swedia kembali mendapat kesempatan. Mendapat umpan silang dari Ludwig Augustinsson, Marcus Berg menyambutnya dengan tendangan kaki kiri. Bola nyaris melesak ke gawang namun melenceng ke kiri gawang.

Menit ke-38, giliran Slovakia yang mendapat peluang. Juraj Kucka melepaskan tendangan kaki kiri dari tengah kotak penalti. Namun sepakannya memanfaatkan umpan sundulan Lubomír Satka diblok lawan. Skor imbang tanpa gol bertahan hingga babak pertama usai.

Skor sampai turun minum bertahan 0-0.

Performa Slovakia pada babak pertama sama sekali berbeda dibanding ketika melawan Polandia. Pertahanan mereka harus berkonsentrasi sejak awal karena tekanan tinggi Swedia.

Saat babak kedua baru memasuki menit pertama, Swedia menggebrak melalui Alexander Isak. Setelah mendapat umpan dari Emil Forsberg, dia melepaskan tendangan dari luar kotak penalti namun diblok.

Swedia nyaris menjebol gawang Slovakia pada menit ke-59 melalui Ludwig Augustinsson. Setelah mendapat umpan silang Sebastian Larsson menanduk bola namun berhasil digagalkan oleh kiper Martin Dubravka dengan tangan kirinya.

Menit ke-61, melalui kepiawaian membawa bola, Alexander Isak kemudian melepaskan tendangan kaki kanan dari luar kotak penalti. Slovakia beruntung memiliki kiper Martin Dubravka. Penjaga gawang Newcastle United ini mampu mencegah gawangnya kebobolan dengan memblok bola sambil menjatuhkan diri.

Swedia kembali nyaris menjebol gawang Slovakia melalui Alexander Isak pada menit ke-67. Pemain berdarah Eritrea ini melepaskan sundulan menyambut umpan silang Carl Mikael Lustig. Namun bola hasil tandukannya lewat sedikit di atas gawang Slovakia.

Upaya Swedia menerang akhirnya membuahkan hasil. Gol penentu kemenangan negara Skandinavia itu dilesakkan Emil Forsberg dari titik penalti. 

Pada menit ke-77, pasukan Andersson mendapat hadiah penalti Robin Quaison diganjal penjaga gawang Slovakia, Martin Dubravka. Emil Forsberg menjadi algojo penalti ini. Gol yang membawa tim asuhan Janne Andersson memimpin dilesakkan Emil Forsberg pada menit ke-77 dari titik penalti. Gol yang membawa Swedia meraih tiga poin dilesakkan Emil Forsberg dari titik penalti pada menit ke-77. Dia melepaskan tendangan ke pojok kiri bawah yang tak mampu diselamatkan Dubrovka. 1-0 untuk Swedia.

Gol berawal dari pelanggaran penjaga gawang Slovakia, Martin Dubravka yang mengganjal Robin Quaison. Emil Forsberg menjadi algojo penalti ini. Dia melepaskan tendangan ke pojok kiri bawah yang tak mampu diselamatkan Dubrovka.

Swedia untuk sementara unggul 1-0 atas Slovakia dalam lanjutan penyisihan Grup E Piala Eropa 2020, Jumat (18/6/2020), di Stadion Krestovsky, Saint Petersburg, Rusia. 

Memasuki menit-menit akhir, Slovakia sebenarnya memiliki tiga peluang melalui Martin Koscelnik, Vladimir Weiss, dan Juraj Kucka. Namun, semua peluang itu gagal membuahkan gol. Skor pun bertahan 1-0 untuk Swedia.

Dalam pertandingan di Saint Petersburg itu, Swedia memetik tiga poin setelah menang 1-0. Berkat kemenangan ini, Swedia pun memimpin klasemen Grup E dengan raihan 4 poin. Dalam susunan klasemen sementara Grup E, Swedia kini memimpin diikuti Slovakia yang telah meraih 3 poin, Spanyol 1 poin, sementara Polandia belum meraih poin 0.

Swedia memang memburu kemenangan demi memperbesar peluang melaju ke perdelapan final. Dalam pertandingan perdana mereka bermain imbang tanpa gol melawan Spanyol. Sementara dengan kekalahan ini upaya Slovakia menjadi tim pertama yang lolos dari Grup E gagal.

Pelatih timnas Swedia, Janne Andersson, menegaskan pasukannya memang layak menang atas Slovakia dalam lanjutan babak penyisihan Grup E Piala Eropa 2020, Jumat (18/4/2021). Statistik juga menunjukkan tim Swedia mendominasi permainan.

Andersson juga menegaskan Swedia seharusnya bisa unggul lebih banyak. "Bagus memiliki empat poin setelah dua pertandingan. Kami telah memainkan tujuh pertandingan tahun ini, dan hanya kebobolan satu gol. Serangan kami pantas mendapatkan lebih banyak hari ini, mereka terkadang fantastis."

“Kami tidak bermain seperti yang kami inginkan di babak pertama. Slovakia bergerak sangat baik dan tidak memberi kami apa-apa. Di babak kedua, kami berlari. Terkadang, lawan Anda menyulitkan Anda, tetapi itu benar-benar bagus bahwa kami berhasil menguasai pertandingan," imbuhnya.

Pelatih berusia 58 tahun itu juga memuji performa Alexander Isak. Pemain berdarah Eritrea berusia 21 tahun ini menjadi pemain terbaik dalam partai Swedia melawan Slovenia.

"Sangat menyenangkan melihatnya di lapangan, dia memiliki bakat besar. Dia adalah pemain muda yang masih memiliki banyak ruang untuk berkembang. Saya pikir masih banyak yang akan datang darinya. Dia bermain sangat baik hari ini."

Sementara soal penampilan Emil Forsberg yang menjadi penentu kemenangan tim, Andersson menyatakan pemain RB Leipzig itu bisa mencetak gol lebih banyak.

"Menyerang adalah dinamika tim. Kami tidak mendapatkan pergerakan yang kami butuhkan di babak pertama. Terkadang, mungkin dia perlu lebih berinisiatif untuk membawa bola ke depan, tapi dia bermain bagus. Mungkin kami bisa menciptakan peluang untuknya, memberi dia lebih banyak menguasai bola sehingga dia bisa membantu tim."

Susunan pemain:

Swedia (4-4-2):

1 Robin Olsen; 2 Mikael Lustig, 3 Victor Lindelof, 24 Marcus Danielsson, 6 Ludwig Augustinsson (5 Pierre Bengtsson 88’); 7 Sebastian Larsson, 20 Kristoffer Olsson (17 Viktor Claesson 64’), 8 Albin Ekdal (13 Gustav Svensson 88’), 10 Emil Forsberg (16 Emil Krafth 90’+3’); 9 Marcus Berg (22 Robin Quaison 64’), 11 Alexander Isak.

Pelatih: Janne Andersson

Slovakia (4-2-3-1):

1 Martin Dubravka; 2 Peter Pekarík (18 Lukas Haraslin 64’), 5 Lubomir Satka, 14 Milan Skriniar, 15 Tomas Hubocan (16 David Hancko 85’); 19 Juraj Kucka, 13 Patrik Hrosovsky (21 Michal Duris 84’); 24 Martin Koscelnik, 17 Marek Hamsik (11 László Bénes 77’), 20 Robert Mak (7 Vladimir Weiss 76’); 8 Ondrej Duda.

Pelatih: Stefan Tarkovic

Wasit: Daniel Siebert (Jerman)

(uefa)

See Also

Toni Kroos Resmi Putuskan Pensiun Dari Timnas Jerman
Italia Kantongi Tiket Perempat Final Setelah Kandaskan Impian Austria 2-1
Jadwal Lengkap 16 Besar Piala Eropa 2020
Kroasia Hempaskan Skotlandia 3-1 Di Piala Eropa 2020
Prancis Juara Grup F Setelah Imbang 2-2 Dengan Portugal
Swedia Juara Grup E Setelah Kalahkan Polandia 3-2
Spanyol Gilas Slovakia 5-0 Di Piala Eropa 2020
Inggris Juara Grup D Setelah Menang Tipis 1-0 Atas Republik Ceko
Denmark Lumat Rusia 4-1 Di Piala Eropa 2020
Belanda Hajar Makedonia Utara 3-0 Di Piala Eropa 2020
Austria Menang Tipis 1-0 Atas Ukraina
Swiss Hentikan Langkah Turki Di Piala Eropa 2020 Dengan Skor 3-1
Italia Menang Tipis 1-0 Atas Wales
Spanyol Tertahan Polandia 1-1 Di Piala Eropa 2020
Prancis Berbagi Hasil Imbang Dengan Hungaria 1-1 Di Piala Eropa 2020
Argentina Menang Tipis 1-0 Atas Uruguay
Republik Ceko Tahan Imbang Kroasia 1-1
Christian Eriksen Pulang Dari Rumah Sakit
Chile Menang Tipis 1-0 Atas Bolivia
Brasil Gunduli Peru 4-0 Di Piala Copa America 2021
Belgia Singkirkan Denmark 2-1
Ukraina Menang Tipis 2-1 Atas Makedonia Utara
Belanda Bekuk Austria 2-0 Di Piala Eropa 2020
Rusia Menang Tipis 1-0 Atas Finlandia
Wales Bekap Turki 2-0 Di Piala Eropa 2020
jQuery Slider

Comments

Arsip :202120202019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 9.342.646 Since: 05.03.13 | 0.1685 sec