Olah Raga

Italia Bekuk Swiss 3-0 Di Piala Eropa 2020

Thursday, 17 Juni 2021 | View : 110
Tags : Italia, Swiss

ROMA-SBN.

Tim nasional (timnas) sepakbola  Italia julukan Gli Azzurri  melaju ke babak 16 besar Piala Eropa atau Piala Eropa 2020 setelah berhasil menaklukkan Swiss julukan Rossocrociati dengan skor telak 3-0 di laga kedua Grup A di Stadio Olimpico, Viale dei Gladiatori, Roma, Italia, Kamis (17/6/2021) dini hari.

Dua gol Gli Azzurri diborong Manuel Locatelli plus satu gol Ciro Immobile.

Dengan kemenangan itu, The Blues memastikan lolos ke babak 16 besar sekaligus memuncaki klasemen sementara Grup A Piala Eropa 2020. Pasukan Roberto Mancini kini mengoleksi enam poin dari dua laga, unggul dua angka di atas Wales.

Bermain di kandang sendiri, Italia langsung menyerang sejak menit awal. Peluang pertama didapat Giorgio Chiellini di menit 19 yang mampu merobek gawang yang dijaga Yann Sommer. Sialnya, gol tersebut kemudian dianulir wasit Sergey Karasev.

Setelah dibantu VAR, wasit asal Rusia memutuskan gol Chiellini tidak sah karena didahului handball. Italia tidak berputus asa. Tekanan terus diberikan ke pertahanan Swiss sampai akhirnya kebuntuan pecah di menit 28.

Berawal dari umpan tarik Domenico Berardi yang kemudian mampu diselesaikan dengan gol oleh Manuel Locatelli. Skor 1-0 untuk Italia bertahan sampai babak pertama berakhir.

Tekanan Italia berlanjut di babak kedua. Pada menit ke-52, Locatelli mencetak gol keduanya melalui tendangan jarak jauh untuk menjadikan skor menjadi 2-0.

Kemenangan Italia ditutup dengan gol tendangan jarak jauh Ciro Immobile satu menit jelang waktu normal berakhir.

Skor 3-0 untuk Italia bertahan sampai laga berakhir.

Bintang dari pertandingan ini adalah Manuel Locatelli yang menyumbang dua gol dan satu gol Ciro Immobile. Ini menjadi kemenangan kedua Italia setelah di laga pertama menaklukkan Turki.

Absennya Marco Verratti membawa berkah buat Manuel Locatelli. Tanpa Verratti, Pelatih Roberto Mancini kemudian mempercayakan lini depan ke Locatelli.

Kesempatan itu tidak disia-siakan Locatelli dengan menyumbang dua gol untuk membawa Italia menang 3-0 guna memastikan melaju ke babak 16 besar.

Locatelli menjadi pemain Italia ketiga yang mencetak dua gol di Euro dan yang pertama sejak dua gol Mario Balotelli melawan Jerman pada 2012. Pemain Italia lainnya yang pernah mencetak dua gol adalah Pierluigi Casiraghi ketika mengalahkan Rusia pada tahun 1996.

"Saya salah satu yang termuda di sini. Mereka menyambut saya dengan sangat baik dan sangat menyenangkan berada di sini bersama mereka," ujar Locatelli.

Meski menjadi penentu, Locatelli merasa tempatnya di tim inti belum aman. Malahan dia berharap rekannya, Verratti bisa segera pulih.

“Saya pikir kami adalah sekelompok pemain yang luar biasa dan sangat berharap Marco bisa segera kembali, karena dia adalah pemain bertalenta yang bisa membuat perbedaan. Pelatih harus membuat pilihannya, yang bisa kami lakukan adalah siap ketika dipanggil,” ujar Locatelli.

Pelatih Italia Roberto Mancini bisa lega setelah timnya mengemas kemenangan 3-0 atas Swiss di laga kedua grup Piala Eropa 2020 di Stadion Olimpico, Roma, Kamis (17/6/2021).

“Kami bermain untuk memenangkan setiap pertandingan dan kemudian kami akan melihat apa yang terjadi. Kami mendedikasikan kemenangan ini untuk semua orang Italia yang menderita saat ini," ujar Mancini usai pertandingan.

Diakuinya Swiss adalah tim yang kuat. Para pemainnya dikatakan Mancini harus kerja keras dan menderita untuk bisa memastikan kemenangan.

"Kami memiliki peluang, bisa mencetak gol lebih awal dan menderita di mana kami harus melakukannya, tetapi pantas mendapatkannya pada akhirnya. Kami berjuang di menit-menit awal, tetapi kemudian kami menekan mereka dan memaksa mereka melakukan kesalahan. Para pemain melakukannya dengan sangat baik, itu tidak mudah, pertandingan kedua mereka dalam lima hari dan itu sangat panas," tuturnya.

“Kami mengubah sistem untuk beristirahat karena kami lelah dan perlu melakukan penyesuaian.”

Mereka lolos ke babak 16 besar dengan kemenangan ke-10 berturut-turut, tetapi belum yakin tempat pertama. Kemenangan Italia terusik dengan cedera yang dialami Giorgio Chiellini. Namun Mancini berharap cedera itu tidak serius.

"Kita lihat saja besok dan berharap tidak ada yang serius," ujar Mancini.

Meski sudah lolos, tugas Italia belum selesai karena masih ada laga terakhir melawan Wales. Laga ini akan menjadi penentu posisi juara grup.

Mancini menegaskan Italia akan tetap bermain maksimal ingin menang di setiap pertandingan.

Hasil ini membuat Italia melaju ke babak 16 besar.

Meski sudah lolos, Italia masih harus menyelesaikan laga terakhir Grup A melawan Wales.

Susunan Pemain

Italia:

Gianluigi Donnarumma, Giovanni Di Lorenzo, Leonardo Bonucci, Giorgio Chiellini, Leonardo Spinazzola, Nicolo Barella, Jorginho, Manuel Locatelli, Domenico Berardi, Ciro Immobile, Lorenzo Insigne

Pelatih: Roberto Mancini

Swiss:

Yann Sommer, Nico Elvedi, Fabian Schar, Manuel Akanji, Kevin Mbabu, Remo Freuler, Granit Xhaka, Ricardo Rodriguez, Xherdan Shaqiri, Breel Embolo, Haris Seferovic

Pelatih: Vladimir Petkovi

(uefa/footballitalia)

See Also

Toni Kroos Resmi Putuskan Pensiun Dari Timnas Jerman
Italia Kantongi Tiket Perempat Final Setelah Kandaskan Impian Austria 2-1
Jadwal Lengkap 16 Besar Piala Eropa 2020
Kroasia Hempaskan Skotlandia 3-1 Di Piala Eropa 2020
Prancis Juara Grup F Setelah Imbang 2-2 Dengan Portugal
Swedia Juara Grup E Setelah Kalahkan Polandia 3-2
Spanyol Gilas Slovakia 5-0 Di Piala Eropa 2020
Inggris Juara Grup D Setelah Menang Tipis 1-0 Atas Republik Ceko
Denmark Lumat Rusia 4-1 Di Piala Eropa 2020
Belanda Hajar Makedonia Utara 3-0 Di Piala Eropa 2020
Austria Menang Tipis 1-0 Atas Ukraina
Swiss Hentikan Langkah Turki Di Piala Eropa 2020 Dengan Skor 3-1
Italia Menang Tipis 1-0 Atas Wales
Spanyol Tertahan Polandia 1-1 Di Piala Eropa 2020
Prancis Berbagi Hasil Imbang Dengan Hungaria 1-1 Di Piala Eropa 2020
Argentina Menang Tipis 1-0 Atas Uruguay
Republik Ceko Tahan Imbang Kroasia 1-1
Christian Eriksen Pulang Dari Rumah Sakit
Chile Menang Tipis 1-0 Atas Bolivia
Swedia Taklukkan Slovakia Lewat Penalti 1-0
Brasil Gunduli Peru 4-0 Di Piala Copa America 2021
Belgia Singkirkan Denmark 2-1
Ukraina Menang Tipis 2-1 Atas Makedonia Utara
Belanda Bekuk Austria 2-0 Di Piala Eropa 2020
Rusia Menang Tipis 1-0 Atas Finlandia
jQuery Slider

Comments

Arsip :202120202019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 9.342.693 Since: 05.03.13 | 0.1613 sec