Olah Raga

Slovakia Kalahkan Polandia 2-1

Wednesday, 16 Juni 2021 | View : 58

SAINT PETERSBURG-SBN.

Tim nasional (timnas) sepakbola Polandia bertemu dengan Slovakia dalam laga Grup E Piala Eropa 2020 di Krestovsky Stadium/Gazprom Arena, Futbol'naya Alleya, Saint Petersburg, Rusia, Senin (14/6/2021).

Pada pertandingan perdana Grup E Piala Eropa 2020 yang digelar di St Petersburg, Rusia, Pelatih Polandia Paulo Sousa menurunkan komposisi terbaiknya.

Polandia harus menelan kekalahan dari Slovakia di babak pertama dalam laga Grup E Piala Eropa 2020, Senin (14/6/2021). Slovakia memenangi laga perdana Grup E melawan Polandia yang bermain dengan 10 pemain dengan skor, 2-1.

Lewandowski mendapatkan peluang pertama bagi Polandia. Sayangnya tembakan dari kaki kanan striker Bayern Muenchen ini masih diblok pemain Slovakia.

Pada menit ke-14 tembakan kaki kanan dari striker Slovakia Duda masih melenceng dari sasaran.

Slovakia unggul pada menit ke-18 lewat gol bunuh diri kiper Wojciech Szczesny. Gol Slovakia berawal dari upaya individu yang dilakukan Robert Mak. Melewati dua bek Polandia, Mak melepaskan tembakan keras yang membentur gawang kemudian mental ke badan Szczesny dan masuk ke gawangnya sendiri. Skor berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan Slovakia.

Pada menit ke-25 peluang dari pemain Polandia Maciej Rybus masih diblok pemain Slovakia. Satu menit kemudian giliran tendangan Peter Pekarik dari luar kotak penalti berhasil digagalkan pemain Polandia.

Pada menit ke-34 peluang dari pemain Polandia Grzegorz Krychowiak masih terlalu tinggi dari mistar gawang Slovakia.

Hingga 45 menit pertama berakhir skor 1-0 bertahan untuk keunggulan Slovakia atas Polandia.

Polandia untuk sementara tertinggal dari Slovakia di babak pertama dalam laga Grup E, Senin (14/6/2021).

Polandia sukses menyamakan kedudukan pada menit pertama babak kedua atau pada menit ke-46. Gol Polandia tercipta lewat kerja sama tim yang apik dan diakhiri dengan sontekan kaki kiri Karol Linetty yang tak kuasa dijangkau kiper Slovakia Martin Dubravka. Skor berubah menjadi imbang, 1-1.

Polandia harus bermain dengan 10 orang pemain setelah gelandang jangkar Grzegorz Krychowiak menerima kartu kuning kedua pada menit ke-62.

Tidak butuh waktu lama, tujuh menit kemudian Slovakia berhasil memanfaatkan keunggulan jumlah pemain dan kembali unggul. Gol Milan Skriniar pada menit ke-69 mengubah skor menjadi 2-1 untuk keunggulan Slovakia.

Kembali unggul Slovakia memerlambat tempo permainan guna memertahankan keunggulan tersebut. Sebaliknya Polandia kendati kalah jumlah pemain, taktik Polandia memainkan bola-bola panjang ke jantung pertahanan Slovakia terbilang sukses. Kendati mendapatkan peluang lewat Lewandowski, Bednarek dan widerski, Polandia gagal menyamakan kedudukan.

Slovakia mengakhiri pertandingan ini dengan kemenangan, 2-1 atas Polandia. Kemenangan ini membuat Slovakia untuk sementara berada di puncak klasemen Grup E, sebaliknya Polandia menjadi juru kunci. 

Pelatih Timnas Slovakia Stefan Tarkovic memuji keberhasilan para pemainnya mematikan pergerakan Robert Lewandowski yang disebutnya menjadi kunci kemenangan 2-1 atas Polandia dalam laga pembuka Grup E Piala Eropa 2020 di Stadion Krestovsky, Saint Petersburg, Rusia, Senin (14/9/2021) atau Selasa WIB.

Lewandowski tiba di laga ini dengan reputasi sebagai pemegang rekor pencetak gol terbanyak semusim Bundesliga lewat 41 gol bersama Bayern Muenchen. Namun penyerang Polandia itu dibuat tak berkutik oleh pengawalan ketat para pemain Slovakia sepanjang pertandingan.

Satu-satunya peluang Lewandowski muncul dua menit jelang bubaran normal ketika menyambut sepak pojok Jakub Moder, sayang sundulannya masih melenceng dari sasaran.

Setelah itu, Lewandowski menyajikan umpan pantul untuk Karol Swiderski sayang tembakan pemain pengganti itu bisa diamankan oleh kiper Martin Dubravka.

"Kami sudah menyiapkan rencana untuk mematikan pergerakan Lewandowski dan kabar baiknya adalah kami mampu melakukannya," kata Tarkovic dikutip dari laman resmi UEFA.

Tarkovic juga secara khusus menyebut penampilan apik pemain sayap Lukas Haraslin dan bek tengah Milan Skriniar yang mencetak gol penentu kemenangan Slovakia.

"Kami sudah menganalisis gaya bermain Polandia secara rinci dan mereka kerap menyerang dari sisi kiri, tetapi Lukas Haraslin memberikan penampilan gemilang untuk meredam itu semua," katanya.

"Milan Skriniar juga tampil amat sangat baik dalam menyerang maupun bertahan," ujar Tarkovic menambahkan.

Tim besutan Tarkovic memimpin lebih dulu lewat gol bunuh diri kiper Wojciech Szczesny yang gagal mengantisipasi sepakan Robert Mak tetapi keunggulan lenyap dalam menit pertama babak kedua akibat gol Karol Linetty.

Kartu kuning kedua yang diterima Grzegorz Krychowiak pada menit ke-62 membalikkan kembali momentum pertandingan dan Slovakia langsung memanfaatkan situasi 11 lawan 10 untuk meraih kemenangan tujuh menit berselang lewat gol Skriniar.

"Kami sudah mengantisipasi pertandingan akan berjalan seperti ini. Babak pertama kami main sangat luar biasa," kata Tarkovic.

"Kami sempat lengah di awal babak kedua, tetapi kemudian bisa mencetak gol lagi dan bertahan di menit-menit akhir," tutupnya.

Slovakia selanjutnya akan tetap main di Saint Petersburg menghadapi Swedia untuk pertandingan kedua Grup E pada Jumat (18/6/2021).

Susunan pemain:

Polandia (4-3-3):

Wojciech Szczesny, Bartosz Bereszynski, Kamil Glik, Jan Bednarek, Maciej Rybus, Karol Linetty, Grzegorz Krychowiak, Mateusz Klich, Kamil Jozwiak, Robert Lewandowski, Piotr Zielinski

Pelatih: Paulo Sousa

Slovakia (4-4-2):

Martin Dubravka, Peter Pekarik, Lubomir Satka, Milan Skriniar, Tomas Hubocan, Lukas Haraslin, Juraj Kucka, Jakub Hromada, Robert Mak, Ondrej Duda, Marek Hamsik

Pelatih: Stefan Tarkovic

(uefa)

See Also

Toni Kroos Resmi Putuskan Pensiun Dari Timnas Jerman
Italia Kantongi Tiket Perempat Final Setelah Kandaskan Impian Austria 2-1
Jadwal Lengkap 16 Besar Piala Eropa 2020
Kroasia Hempaskan Skotlandia 3-1 Di Piala Eropa 2020
Prancis Juara Grup F Setelah Imbang 2-2 Dengan Portugal
Swedia Juara Grup E Setelah Kalahkan Polandia 3-2
Spanyol Gilas Slovakia 5-0 Di Piala Eropa 2020
Inggris Juara Grup D Setelah Menang Tipis 1-0 Atas Republik Ceko
Denmark Lumat Rusia 4-1 Di Piala Eropa 2020
Belanda Hajar Makedonia Utara 3-0 Di Piala Eropa 2020
Austria Menang Tipis 1-0 Atas Ukraina
Swiss Hentikan Langkah Turki Di Piala Eropa 2020 Dengan Skor 3-1
Italia Menang Tipis 1-0 Atas Wales
Spanyol Tertahan Polandia 1-1 Di Piala Eropa 2020
Prancis Berbagi Hasil Imbang Dengan Hungaria 1-1 Di Piala Eropa 2020
Argentina Menang Tipis 1-0 Atas Uruguay
Republik Ceko Tahan Imbang Kroasia 1-1
Christian Eriksen Pulang Dari Rumah Sakit
Chile Menang Tipis 1-0 Atas Bolivia
Swedia Taklukkan Slovakia Lewat Penalti 1-0
Brasil Gunduli Peru 4-0 Di Piala Copa America 2021
Belgia Singkirkan Denmark 2-1
Ukraina Menang Tipis 2-1 Atas Makedonia Utara
Belanda Bekuk Austria 2-0 Di Piala Eropa 2020
Rusia Menang Tipis 1-0 Atas Finlandia
jQuery Slider

Comments

Arsip :202120202019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 9.342.704 Since: 05.03.13 | 0.2086 sec