Agama & Masyarakat

Sewindu Wafatnya Taufiq Kiemas, Said Aqil Siradj Sebut Beliau Tokoh Nasionalis Dan Religius

Wednesday, 09 Juni 2021 | View : 25

JAKARTA-SBN.

Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri bersama keluarga serta keluarga besar PDI Perjuangan menggelar peringatan mengenang sewindu atau delapan tahun wafatnya Ketua MPR RI 2009-2013 Taufiq Kiemas, Selasa (8/6/2021).

Acara yang digelar secara offline dan online di Masjid At Taufiq Jakarta itu dihadiri Presiden ke-5 RI sekaligus Ketua Umum PDI Perjuangaan Megawati Soekarnoputri, pimpinan lembaga tinggi negara, menteri Kabinet Indonesia Maju, Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj, Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir.

Kemudian Wakil Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia Komjen Pol (Purn) Syafrudin, anggota DPR/MPR RI, kepala dan wakil kepala daerah, pengurus PDI Perjuangan, sayap dan badan partai, serta keluarga besar almarhum Taufiq Kiemas.

Peringatan sewindu wafatnya Taufiq Kiemas tersebut dilaksanakan dengan mengadakan santunan yatim piatu, pembacaan surat Yasin dan tahlil, serta doa yang dipandu K. H. Nuril Arifin dan Prof. Hamka Haq dari Masjid At Taufiq, dan diikuti juga oleh hadirin yang mengikuti secara daring.

Ceramah agama haul Taufiq Kiemas disampaikan dai kondang dari Makassar, Ustadz Das’ad Latief.

Ketua DPR RI yang juga putri almarhum Taufiq Kiemas, DR. (H.C.) Puan Maharani Nakshatra Kusyala Devi, S.I.Kom., dalam sambutannya menguraikan kenangannya saat mengalami penggemblengan dari ayahnya Taufiq Kiemas.

“Bagi Keluarga kami, Pak Taufiq bukan hanya sebagai ayah, tetapi juga menjadi guru dan mentor kami dalam kehidupan serta dalam perjuangan politik kami. InsyaAllah saya akan terus menjadikan pedoman dan suri tauladan semua bekal dan pendidikan dari ayah dan ibu saya tercinta,” ujar Puan Maharani dalam keterangannya, Selasa (8/6/2021).

Puan mengatakan dirinya banyak belajar dari almarhum Taufiq Kiemas dan Megawati dalam karir politiknya dari Ketua DPP, Menteri, hingga Ketua DPR RI.

Dalam acara yang sama, Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir juga menyampaikan testimoni bahwa Taufik Kiemas merupakan figur yang menjadi teladan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Haedar menilai Taufiq sebagai figur yang ramah, pergaulan lintas batas, peduli dan empati pada kaum muda.

Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir menceritakan sosok Taufiq Kiemas sebagai tokoh bangsa yang perannya melintas batas dan sosok humanis yang sangat dekat dengan segala elemen bangsa termasuk dengan keluarga besar Muhammadiyah.

“Pak Taufiq adalah figur yang punya kekuatan luar biasa yang dapat mempertautkan antara keislaman dan kebangsaan dan menjadi teladan serta jembatan bagi kaum Islam dan kaum nasionalis untuk memadukan kemajemukan bangsa demi kemajuan Indonesia,” kata Haedar Nasir.

“Bagi Muhammadiyah, beliau selalu bersama kami merajut hubungan personal dan kebangsaan,” ungkap Haedar.

Sementara itu, Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj mengungkapkan kesaksiannya pada sosok Taufiq Kiemas sebagai tokoh nasionalis religious, dan memegang teguh nilai-nilai kebinekaan.

“Pak Taufiq Kiemas adalah tokoh yang nasionalis 100 persen karena sangat mencintai Indonesia dengan luar biasa dan juga 100 persen religius karena sangat taat beribadah, bahkan saat kami pergi haji bersama beliau ternyata fasih membaca Al Quran,” ucap Said Aqil Siradj.

Said Aqil Siradj juga menguraikan jiwa kedermawanan Taufiq Kiemas sangat membekas di hati banyak orang termasuk bagi sahabat-sahabatnya.

“Banyak hikmah yang saya ambil dari Pak Taufiq Kiemas, yang saya ambil pelajaran ketika mendampingi Bu Mega melewati masa-masa sulit, sabar dan tawakal,” ucap Said.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Panitia Peringatan Sewindu Wafatnya Taufiq Kiemas, yang juga Wakil Ketua MPR RI, Ahmad Basarah menjelaskan peringatan wafatnya Taufiq Kiemas selalu diselenggarakan setiap tahun oleh keluarga besar Megawati Soekarnoputri dan keluarga besar PDI Perjuangan.

“Peringatan wafatnya Pak Taufiq setiap tanggal 8 Juni dengan menggelar doa, yasinan dan tahlilan dimaksudkan selain untuk mendoakan almarhum, juga untuk mengenang dan menjadikan suritauladan kepemimpinan otentik beliau untuk bekal generasi muda saat ini,” pungkas Ahmad Basarah.

See Also

Ketua DPR RI Sebut Masjid At-Taufiq Dibangun Untuk Kenang Jasa Almarhum Taufiq Kiemas
Haul Sewindu Taufiq Kiemas, Ketua DPR RI Sebut Sudah Sewindu Bapak Wafat Tapi Masih Terasa Jasanya
Sewindu Wafatnya Taufiq Kiemas, Ketua DPR RI Katakan Saya Bersyukur Pernah Digembleng Pak Taufiq
Indonesia Resmi Tak Berangkatkan Ibadah Haji 2021
Menteri Agama Akan Umumkan Kepastian Ibadah Haji 2021 Kamis Besok Siang
Bamsoet Sebut Pesan Gus Dur Soal Agama & Suku
Bamsoet Tekankan Menjaga Kebhinekaan Dalam Pluralitas Adalah Fitrah Bangsa Indonesia
Teliti Bisnis Sufistik Al-Ghazali Kiai Pesantren Raih Gelar Doktor
Gereja Katolik Tolak Memberkati Pernikahan Pasangan Sejenis
Agenda Pemimpin Tertinggi Katolik Di Irak
Wakil Ketua MPR RI Tegaskan Tak Ada Ruang Bagi Rasisme Tumbuh Di Indonesia
Klaim Keraton Agung Sejagat Purworejo
Gubernur Jawa Tengah Minta Usut Munculnya Keraton Agung Sejagat
Polres Purworejo Akan Klarifikasi Keraton Agung Sejagat
Kapolri Sebut Teringat Insiden Sweeping Sabuga Bandung
MUI Bantah Buat Spanduk Tolak Natal Di Pangandaran
Lepas Santri Ke Luar Negeri Di Momentum Hari Santri
Pesan K. H. Aniq Muhammadun Dalam Halalbihalal UMK
Forkopimda Kabupaten Demak Gelar Halal Bi Halal
Mahasiswa UMK Kembangkan Kap Lampu Bertema Kebangsaan Dan Pluralisme
Danpos-Babinkamtibmas Kebonagung Bersinergi Amankan Perayaan Kebaktian
Dandim 0716/Demak Tarling Perdana Bersama Bupati
Kodim 0716/Demak Dan GP Ansor Milik Warga Demak
Tangkal Radikalisme, Babinsa Bangun Komunikasi Dengan GP Ansor
Menangkal Gerakan Radikal Teroris Kaum Perempuan: Belajar Dari Sunan Kudus
jQuery Slider

Comments

Arsip :202120202019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 9.086.681 Since: 05.03.13 | 0.1526 sec