Agama & Masyarakat

Indonesia Resmi Tak Berangkatkan Ibadah Haji 2021

Thursday, 03 Juni 2021 | View : 86

JAKARTA-SBN.

Pemerintah Republik Indonesia (RI) akhirnya mengumumkan nasib pemberangkatan Ibadah Haji 2021.

Menteri Agama (Menag) RI pada Kabinet Indonesia Maju yang menjabat sejak 23 Desember 2020, Yaqut Cholil Qoumas yang lebih dikenal sebagai Gus Yaqut atau Gus Tutut memastikan Indonesia tidak memberangkatkan haji 2021.

"Pemerintah melalui Kementerian Agama menerbitkan keputusan Menag RI Nomor 660 Tahun 2021 tentang Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji pada Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1442 H 2021 M," beber mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda (GP) Ansor periode 2015-2020, Gus Yaqut dalam konferensi pers yang disiarkan langsung di akun Instagram (IG) Kementerian Agama, Kamis (3/6/2021).

Hadir dalam pengumuman soal haji 2021 tersebut pimpinan Komisi VIII DPR RI, Sekjen Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Sekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI), dan Kepala Badan Pelaksana Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) Dr. Anggito Abimanyu, M.Sc.

Seperti dikabarkan sebelumnya, Pemerintah Arab Saudi mengizinkan jemaah dari negara luar untuk melaksanakan ibadah haji 2021 di masa pandemi.

Ada 11 negara yang telah diizinkan mengirimkan jemaah hajinya. Namun, dari 11 negara itu tak ada Indonesia di dalamnya. Indonesia tidak masuk ke dalam negara yang diizinkan masuk Arab Saudi. Indonesia masuk dalam negara yang belum diizinkan masuk ke negara Arab Saudi. 

Per Senin (31/5/2021), dilihat di Twitter resmi Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi, @MOISaudiArabia, 11 negara sudah mendapat izin masuk. Dilihat di Twitter resmi Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi, @MOISaudiArabia, 11 negara diizinkan masuk, dari Amerika Serikat, Jepang, hingga Uni Emirat Arab. Namun dari daftar itu tak satupun negara Asia Tenggara. Tak ada Indonesia dari sejumlah negara yang sudah diizinkan Arab Saudi untuk mengirimkan jemaah hajinya. Tak ada Indonesia dalam daftar tersebut.

Berikut ini 11 negara yang sudah diizinkan masuk Arab Saudi:

1. Amerika Serikat
2. Inggris
3. Irlandia
4. Italia
5. Jepang
6. Jerman
7. Prancis
8. Portugal
9. Swedia
10. Swiss
11. Uni Emirat Arab

Soal kuota haji, sampai sejauh ini belum ada informasi yang resmi disampaikan pemerintah Arab Saudi. Di pengumuman tersebut, izin masuk Arab Saudi ini belum dikaitkan dengan kuota haji.

Sebelumnya, Komisi VIII DPR RI menggelar rapat bersama Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas. Rapat digelar secara tertutup untuk membahas keputusan final ibadah haji 2021.

Rapat awalnya dibuka oleh Ketua Komisi VIII H. Yandri Susanto, S.Pt. di Kompleks Parlemen, Gedung MPR/DPR/DPD, RT001/RW003, Jl. Jenderal Gatot Subroto, Senayan, Kelurahan Gelora, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (2/6/2021). Rapat digelar secara terbuka lebih dulu untuk membahas rencana anggaran Kemenag 2022.

"Pada rapat hari ini, akan dibahas pertama kebijakan final, yang tadi saya katakan, menyangkut anggaran, tapi kalau masalah haji nanti kami beritahukan kepada seluruh anggota dan pimpinan," tutur Ketua Komisi VIII DPR RI dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN).

"Setelah Pak Menteri menyampaikan anggaran APBN, kita akan menyelenggarakan rapat tertutup," sambung anggota DPR RI dari Daerah Pemilihan (Dapil) Banten II tersebut.

Rapat kemudian digelar tertutup usai Komisi VIII DPR RI bersama mantan anggota DPR-RI periode 2014-2019 sebagai Pergantian Antar Waktu (PAW) itu, Gus Yaqut menuntaskan pembahasan rencana anggaran Kemenag. Rapat tertutup ini membahas finalisasi keputusan ibadah haji 2021.

"Rapat tertutup membahas haji, jadi mohon anggota setelah kita selesaikan anggaran, nanti jangan meninggalkan dulu tempat, nanti kita akan rapat tertutup ambil kebijakan final tentang persoalan pelaksanaan haji tahun 2021," ucap mantan Ketua Umum DPP BM PAN periode 2010-2015.

See Also

Merawat Hubungan Antaragama
Mewujudkan Panggilan Gereja Di Tengah Covid 19
Sidang Istimewa Gereja Presbyterian Indonesia
Sewindu Wafatnya Taufiq Kiemas, Said Aqil Siradj Sebut Beliau Tokoh Nasionalis Dan Religius
Ketua DPR RI Sebut Masjid At-Taufiq Dibangun Untuk Kenang Jasa Almarhum Taufiq Kiemas
Haul Sewindu Taufiq Kiemas, Ketua DPR RI Sebut Sudah Sewindu Bapak Wafat Tapi Masih Terasa Jasanya
Sewindu Wafatnya Taufiq Kiemas, Ketua DPR RI Katakan Saya Bersyukur Pernah Digembleng Pak Taufiq
Menteri Agama Akan Umumkan Kepastian Ibadah Haji 2021 Kamis Besok Siang
Bamsoet Sebut Pesan Gus Dur Soal Agama & Suku
Bamsoet Tekankan Menjaga Kebhinekaan Dalam Pluralitas Adalah Fitrah Bangsa Indonesia
Teliti Bisnis Sufistik Al-Ghazali Kiai Pesantren Raih Gelar Doktor
Gereja Katolik Tolak Memberkati Pernikahan Pasangan Sejenis
Agenda Pemimpin Tertinggi Katolik Di Irak
Wakil Ketua MPR RI Tegaskan Tak Ada Ruang Bagi Rasisme Tumbuh Di Indonesia
Klaim Keraton Agung Sejagat Purworejo
Gubernur Jawa Tengah Minta Usut Munculnya Keraton Agung Sejagat
Polres Purworejo Akan Klarifikasi Keraton Agung Sejagat
Kapolri Sebut Teringat Insiden Sweeping Sabuga Bandung
MUI Bantah Buat Spanduk Tolak Natal Di Pangandaran
Lepas Santri Ke Luar Negeri Di Momentum Hari Santri
Pesan K. H. Aniq Muhammadun Dalam Halalbihalal UMK
Forkopimda Kabupaten Demak Gelar Halal Bi Halal
Mahasiswa UMK Kembangkan Kap Lampu Bertema Kebangsaan Dan Pluralisme
Danpos-Babinkamtibmas Kebonagung Bersinergi Amankan Perayaan Kebaktian
Dandim 0716/Demak Tarling Perdana Bersama Bupati
jQuery Slider

Comments

Arsip :202120202019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 9.342.042 Since: 05.03.13 | 0.5337 sec