Nasional

Ketua MPR RI Sebut Hari Lahir Pancasila Momentum Bangun Kembali Kebersamaan

Tuesday, 01 Juni 2021 | View : 61

JAKARTA-SBN.

Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) ke-15, H. Bambang Soesatyo, S.E., M.B.A. atau yang akrab disapa Bamsoet mengajak seluruh elemen bangsa menjadikan peringatan Hari Lahir Pancasila sebagai momentum untuk membangun kembali kebersamaan, gotong royong, dan optimisme rasa kebangsaan di tengah pandemi Covid-19.

"Gotong royong dan optimisme rasa kebangsaan di tengah pandemi Covid-19 dengan tetap mematuhi protokol kesehatan akan membawa Indonesia menjadi lebih tangguh dan lebih maju," kata dia dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (1/6/2021).

Hal itu dikatakan Bamsoet panggilan akrab Bambang Soesatyo usai mengikuti upacara Hari Lahir Pancasila secara daring di Jakarta, Selasa (1/6/2021).

Bamsoet mengatakan, Presiden RI pertama Soekarno pada 76 tahun lalu telah menegaskan bahwa Indonesia adalah negara gotong royong.

Menurut dia, sikap gotong royong yang merupakan pengejawantahan dari sila Pancasila harus terus ditumbuhkan dan dikembangkan seluruh elemen bangsa agar Indonesia mampu segera terbebas dari pandemi Covid-19.

Mantan Ketua DPR RI ke-18 masa jabatan 15 Januari 2018-30 September 2019 ini menilai semangat gotong royong yang digelorakan Bung Karno sangat terasa di tengah masyarakat selama pandemi.

"Rasa senasib sepenanggungan muncul dengan melakukan berbagai aksi kemanusiaan membantu sesama yang terkena dampak Covid-19. Rakyat mematuhi imbauan pemerintah untuk menerapkan protokol kesehatan dengan menjaga jarak, memakai masker serta mencuci tangan sebagai bagian untuk bersama memutus mata rantai Covid-19," ujarnya.

Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) ini memaparkan data per-tanggal 31 Mei 2021 jumlah penduduk Indonesia yang telah mendapatkan vaksinasi tahap I mencapai 16.413.672 orang. Sementara itu vaksinasi tahap II sudah diberikan kepada 10.631.835 orang.

"Pemerintah menargetkan akan melakukan vaksinasi minimal 181.554.465 jiwa untuk mencapai herd immunity (kekebalan kelompok)," katanya.

Politisi Partai Golkar itu menilai semua pihak harus menyukseskan program vaksinasi pemerintah, khususnya melalui vaksinasi gotong royong.

Menurut dia, vaksinasi gotong royong yang dilaksanakan perusahaan bagi para buruh dan karyawan ini merupakan salah satu wujud sifat gotong royong dalam membantu pemerintah menanggulangi pandemi Covid-19.

Dia mengaku optimistis keberhasilan program vaksinasi Covid-19 akan mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia sehingga diharapkan pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa mencapai 4 hingga 5 persen di akhir tahun 2021.

"Keberhasilan vaksinasi Covid-19 akan menjadi kunci utama pemulihan ekonomi nasional. Selain tetap perlu penerapan protokol kesehatan secara ketat di masyarakat," katanya.

Dia menilai ketika herd immunity masyarakat telah terbentuk dengan baik, otomatis roda perekonomian yang terpuruk akibat pandemi bisa kembali tumbuh.

Upacara Hari Kelahiran Pancasila dipimpin langsung Presiden Joko Widodo dari Istana Kepresidenan Bogor. Dalam acara tersebut Bamsoet didaulat membaca Teks Pancasila dengan mengenakan pakaian adat Aceh.

Sementara itu, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) periode 2019-2024, DR. (H.C.) Puan Maharani Nakshatra Kusyala Devi, S.I.Kom. membacakan naskah Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. (antara)

See Also

Ketua DPR RI Minta Pemda Jangan Sembunyikan Kondisi Kasus Virus Corona
Dorong Percepatan Vaksinasi, Ketua DPR RI Bawa Tambahan Vaksin Untuk Warga Jateng
Megawati Sebut Ayah Saya Dilengserkan Namun Roda Kehidupan Berputar
Megawati Soekarnoputri Resmi Dikukuhkan Jadi Profesor Kehormatan Di Universitas Pertahanan
Megawati Soekarnoputri Tegaskan Perlu Amandemen Sekali Lagi Untuk Hadirkan Kembali PPHN
Megawati Bingung Dicap Komunis
Megawati Cerita Soekarno Dilengserkan
Megawati Minta Presiden Tambah Personel TNI-Polri
Bamsoet: Ibu Megawati Tegaskan Dukung MPR RI Miliki Kewenangan Menyusun Dan Menetapkan Haluan Negara
Ketua DPR RI Minta Negara Hadir Lebih Nyata, Kebijakan Harus Tepat Dan Bermanfaat Untuk Rakyat
Presiden Joko Widodo Dorong Kerja Sama Daerah Untuk Bersama Tangani Pandemi Virus Corona
Presiden Joko Widodo Tinjau Vaksinasi Di Bintan
Presiden Joko Widodo Kunjungan Kerja Bertolak Menuju Provinsi Riau Dan Kepulauan Riau
Presiden Joko Widodo Tinjau Vaksinasi Massal Di Provinsi Riau
Presiden Beri Pengarahan Penanganan Pandemi Dan Vaksinasi Massal Di Provinsi Kepulauan Riau
PT. Jasa Marga (Persero) Tbk. Perbaiki Jalan Tol Jakarta-Cikampek
Istri Gubernur Jawa Barat Dikabarkan Positif Virus Corona
BMKG Prediksi Jakarta Hari Ini Hujan Disertai Angin Kencang
Menristek Berharap Vaksin Merah Putih Penuhi Kebutuhan Jangka Menengah Dan Panjang
Pesantren Al Mawaddah Kudus Ciptakan Rekor Prestasi Dunia
Total Pasien Positif Virus Corona Bertambah Jadi 134
Megawati Soekarnoputri Resmikan Patung Soekarno Di Akmil Magelang
Penyebab Kecelakaan Bus Damri Di Tol Arah Bandara Soekarno Hatta
Bus Damri Kecelakaan Di Tol Arah Bandara Soekarno Hatta
Banjir Yang Melanda Di Demak, Menjadi Tanggung Jawab Bersama
jQuery Slider
Arsip :202120202019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 9.086.408 Since: 05.03.13 | 0.1622 sec