Ekonomi

Menteri PPN Pimpin Multilateral Meeting, Bahas Reformasi Sistem Kesehatan Nasional

Monday, 31 Mei 2021 | View : 65

JAKARTA-SBN.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas di Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024, Suharso Monoarfa memimpin Rapat Multi Pihak Tingkat Menteri dengan bahasan Major Project Reformasi Sistem Kesehatan Nasional, yang diselenggarakan secara fisik dan virtual, Senin (31/05/2021). Turut hadir dalam pertemuan itu, Menteri Kesehatan, Menteri Perhubungan dan Menteri BUMN.

Hal-hal yang dibicarakan dalam forum tersebut antara lain permasalahan reformasi sistem kesehatan nasional yaitu  pengendalian tuberkulosis, imunisasi dasar lengkap dan pelayanan kesehatan meliputi fasilitas kesehatan dan tenaga kesehatan, serta membahas penajaman strategi dan peran lintas sektor.

Di awal paparannya, Menteri menjelaskan dukungan berbagai pihak yaitu Kementerian, Lembaga, BUMN dan DAK dalam Reformasi Sistem Kesehatan Nasional antara lain, Kementerian Kesehatan dukungannya berupa Sarpras , bangunan dan obat RS vertikal, Sarpras imunisasi, digitalisasi pelayanan kesehatan, penyediaan RS kapal, beasiswa dokter dan dokter gigi spesialis, alat deteksi dini TB, dan sarpas lab dan KKP.

Dari BRIN, dukungannya adalah riset Covid-19, kemandirian farmasi dan alat kesehatan serta prioritas riset nasional. Dukungan dari Polri adalah RS Polri, dukungan Kementerian Pertahanan/TNI adalah RS TNI, dukungan dari Kemendikbud dan Ristek adalah RS Pendidikan, dari Kementerian PUPR penataan pemukiman kumuh, dukungan Kemenhub adalah penyediaan angkutan udara perintis.

Dukungan lain berasal dari DAK kesehatan, BUMN melalui PT Pertamina Bina Medika yaitu pengembangan Rumah Sakit layanan unggulan, PT Bio Farma dukungannya melalui product life science dan fasilitas research and development, dan pengembangan vaksin merah putih dan ekosistem kesehatan.

Selain itu, Kementerian dan Lembaga lain yang terlibat adalah Kementerian Perindustrian, Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Kementerian Dalan Negeri,  Kementerian ESDM, Kementerian Pertanian, BPOM, BPPT, LIPI, BSN, Kementerian BUMN Kementerian PAN-RB, Kementerian Agama, Kementerian Ketenagakerjaan, Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Kementerian Keuangan, dan BPJS Kesehatan. 

Selanjutnya, Menteri menjelaskan penajaman strategi pengendalian tuberculosis yang dilakukan dengan perluasan testing secara agresif dan mewajibkan contact tracing, pengobatan penderita TBC sampai tuntas dan review vaksinasi BCG, serta peningkatan health literacy dan pengaktifan PMO.

Sementara itu, penajaman strategi Imuniasasi Dasar Lengkap (IDL) dilakukan dengan percepatan target cakupan IDL, vaksin PCV sebagai program nasional, serta perlu imunisasi dengan antigen baru.

Bahasan selanjutnya adalah penajaman strategi pelayanan kesehatan yang dilakukan dengan pemerataan akses pelayanan kesehatan, perluasan RS rujukan nasional dan jejaring Rumah Sakit layanan unggul, redistribusi tenaga kesehatan, percepatan produksi dokter umum dan spesialis serta tenaga kesehatan langka. (timkompublikkementerianppn/bappenas)

See Also

Memilih Domain And Hosting
Mau Belanja Gadget Komputer Murah?
Meraup Uang Via Media Sosial
Start Making Money With Click Wealth System
Piano For All-Click Bank
Pembongkaran Bangunan Dan Pedagang Kaki Lima Di Perumahan Duta Indah, Jati Makmur, Bekasi
Presiden Joko Widodo Sebut Gunakan Uang Rakyat Sebaik-baiknya
Bursa Asia Pasifik Melonjak
Bursa Eropa Turun
Penambang Bitcoin Lari Ke Kazakhstan Hingga Amerika Serikat
Saat Ketua DPR RI Keliling Solo Ditemani Gibran
Minister Suharso Monoarfa Elaborate Bappenas Work Plan In 2022
Menteri PPN Paparkan Rencana Kerja Bappenas Tahun 2022
Bertemu Ketua DPR RI, Warga Pulau Talise Sulut Berharap Aliran Listrik 24 Jam
Berkunjung Ke Pulau Talise, Ketua DPR RI Minta Pemda Genjot Pembangunan
Ketua DPR RI Minta APBN 2022 Antisipasi Ketidakpastian Akibat Virus Corona
Luncurkan Buku Cegah Negara Tanpa Arah, Bamsoet Tegaskan Pentingnya Pokok-Pokok Haluan Negara
Bamsoet Ajak UMJ Mencegah Negara Tanpa Arah Dengan Menghadirkan Kembali PPHN Pasca 2024
Perdana Menteri Polandia Tolak Tutup Pertambangan Batu Bara
Bursa Eropa Dibuka Menguat
Elon Musk Menghentikan Penggunaan Bitcoin Sebagai Alat Pembayaran Mobil Listrik Tesla
Nilai Tukar Cryptocurrency Anjlok
Microsoft Corporation Bangun Pusat Data Di Malaysia
Perum Bulog Akan Serap 50.000 Ton Beras Petani Sumatera Selatan
Facebook Inc. Bersedia Bayar Konten Berita News Corp Australia
jQuery Slider

Comments

Arsip :202120202019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 9.371.437 Since: 05.03.13 | 0.2558 sec