Ekonomi

Bursa Eropa Dibuka Menguat

Tuesday, 25 Mei 2021 | View : 62

LONDON-SBN.

Bursa Eropa dibuka menguat pada awal perdagangan Selasa (25/5/2021). Kekhawatiran akan inflasi di AS mulai mereda. Pelaku pasar juga menantikan data ekonomi Jerman.

Indeks Stoxx600 Eropa naik 0,42%, DAX Jerman naik 0,83%, FTSE Inggris datar, CAC Prancis naik 0,12% dan FTSE MIB Italia naik 0,32%.

Investor Eropa menantikan hasil survei iklim bisnis Jerman dari Ifo yang akan dilansir hari ini. Investor juga menantikan data detail PDB Jerman di triwulan pertama.

Ketegangan geopolitik antara Uni Eropa dan AS dengan Belarusia meningkat setelah Belarusia "membajak" pesawat Ryanair yang membawa aktivis oposisi. Pemerintah Belarusia memaksa pesawat itu mendarat di Minsk, di mana si aktivis kemudian ditangkap. Hal ini memicu Uni Eropa untuk menambah sanksi terhadap Belarusia.

Sebelumnya, mengawali pekan ini, bursa Eropa ditutup menguat pada Senin (24/5/2021). Investor fokus pada kekhawatiran inflasi dan geopolitik di Belarusia

Perdagangan di Eropa lebih tenang karena sejumlah pasar tutup yakni di Jerman, Swiss, Denmark, Norwegia, Belgia dan Austria karena libur Whit Monday. FTSE 100 Inggris dan CAC 40 Prancis berakhir naik sekitar 0,5%.

Para pemimpin Eropa berkumpul di Brussel Senin untuk membahas upaya menghukum pihak berwenang Belarusia, setelah pendaratan paksa penerbangan Ryanair dan penangkapan seorang jurnalis di pesawat itu.

Sebuah jet tempur mengawal penerbangan Ryanair, yang berada di wilayah udara Belarusia, untuk mendaratkan di ibu kota Minsk. Pihak berwenang beralasan hal itu dilakukan karena adanya ancaman keamanan. Faktanya, pendaratan paksa dilakukan untuk menahan jurnalis anti pemerintahan Roman Protasevich. Ryanair menyebut hal itu sebagai tindakan pembajakan penerbangan. Adapun Belarus dikutuk secara luas oleh negara Barat.

Di Eropa, Royal Mail Inggris naik 4,5% memimpin kenaikan di antara perdagangan saham pada hari Senin.

Sedangkan Trainline terus mengalami penurunan setelah anjlok pekan lalu.

Sebelumnya, bursa Eropa ditutup menguat pada Jumat (21/5/2021) ditopang data ekonomi dari zona euro dan Inggris.

Pan-European Stoxx 600 ditutup naik 0,6% dengan saham otomotif bertambah 1% memimpin kenaikan. Hampir semua sektor dan bursa utama ditutup di wilayah positif.

Aktivitas ekonomi Inggris membukukan pertumbuhan terkuat sekaligus mencapai rekor di bulan Mei, menurut data indeks manajer pembelian (purchasing manager index/PMI) yang diterbitkan Jumat. PMI komposit IHS Markit mencapai 62,0, tertinggi sejak survei diluncurkan pada tahun 1998 dan naik dari 60,7 pada bulan April. Pemicunya adalah perusahaan jasa Inggris dibuka kembali setelah lockdown berkepanjangan dan produsen diuntungkan dari pemulihan global.

Di zona euro, pertumbuhan bisnis mencapai laju tercepat dalam 3 tahun karena vaksinasi Covid-19 semakin cepat dan banyak bisnis sektor jasa dibuka kembali. PMI komposit flash awal berada di 56,9 dibandingkan dengan 53,8 di bulan April.

Penjualan ritel Inggris juga melonjak 9,2% pada bulan April, dua kali lipat dari proyeksi rata-rata dalam jajak pendapat ekonom Reuters, data resmi menunjukkan hari Jumat. Hal ini menunjukkan bahwa permintaan konsumen yang selama ini tidak terlihat, mulai menunjukkan pergerakan.

Sementara saham Richemont melonjak 5% setelah perusahaan barang mewah Swiss itu mengusulkan kenaikan dividen setelah laba bersih melonjak 38% untuk tahun fiskal 2020/21.

Grup bisnis Swedia Lifco naik 6% untuk memimpin Stoxx 600 setelah serangkaian peningkatan peringkat. Sementara saham Lufthansa turun 6% setelah keluarga Thiele, pemegang saham terbesar kedua, melepas lebih dari setengah sahamnya di maskapai setelah kematian Heinz Hermann Thiele.

Perusahaan investasi Swedia Kinnevik turun 8% ke dasar indeks blue chip Eropa.

Sebelumnya, bursa Eropa dibuka menguat pada perdagangan Kamis (20/5/2021) tak terpengaruh kekhawatiran penurunan bitcoin dan petunjuk bank sentral AS, Federal Reserve AS mengurangi program pembelian asetnya lebih cepat.

Pan-European Stoxx 600 naik 0,6% pada awal perdagangan, dengan saham perjalanan dan rekreasi bertambah 1,2% memimpin kenaikan. Semua sektor dan bursa utama memasuki wilayah positif.

Sementara kinerja penghasilan emiten berasal dari EasyJet, Kingfisher, National Grid, Royal Mail, Manchester United dan QinetiQ. Tidak ada rilis data utama pada Kamis (20/5/2021).

Bursa Eropa ditutup menguat pada perdagangan Kamis (20/5/2021). Investor kembali berani mengambil risiko setelah gelombang aksi jual pada sesi sebelumnya.

Indeks Stoxx600 naik 1,27%, DAX Jerman naik 1,7%, FTSE Inggris naik 1%, CAC Prancis naik 1,29%, FTSE MIB Italia naik 0,88%.

Sebelumnya,  bursa Eropa jatuh pada perdagangan Rabu (19/5/2021) pagi menyusul penurunan saham global.

Pan-European Stoxx 600 turun 1% di awal perdagangan, dengan sektor sumber daya dasar melemah 2,1%. Semua sektor dan bursa utama diperdagangkan di zona merah

Di sisi data, inflasi Inggris lebih dari dua kali lipat pada bulan April, Kantor Statistik Nasional mengatakan pada Rabu. Harga konsumen naik 1,5% setelah kenaikan 0,7% di Maret.

“Inflasi akhirnya keluar dari kisaran 0,2% hingga 1,0% (year on year/yoy) sejak pandemi terjadi. Namun dengan CPI inti yang lebih tinggi, hal ini belum mencerminkan meningkatnya tekanan inflasi domestik,” kata ekonom senior di Royal London Asset Management, Melanie Baker.

“Perekonomian Inggris Raya masih beroperasi di bawah tingkat sebelum krisis dan ekspektasi inflasi terlihat cukup kuat. Namun, saat ekonomi dibuka kembali, tampaknya kami akan melihat beberapa kenaikan harga lebih lanjut dan inflasi tinggi di akhir tahun."

Sementara kinerja emiten berasal dari Deutsche Boerse, Uniper, Experian dan Premier Foods.

Saham grup investasi infrastruktur Inggris John Laing melonjak lebih dari 11% setelah perusahaan ekuitas swasta KKR mengumumkan telah setuju untuk membeli perusahaan tersebut seharga £ 2 miliar (US$ 2,84 miliar).

Di Stoxx 600, perusahaan bioteknologi Belanda Argenx adalah yang berkinerja terburuk turun lebih dari 6%, sementara perusahaan pipa dan pemanas Inggris Ferguson naik 4% setelah melaporkan laba kuartalan naik 65,4%.

Bursa Eropa ditutup melemah pada perdagangan Rabu (19/5/2021) di tengah meningkatnya inflasi yang menekan sentimen positif.

Stoxx600 turun 1,51%, DAX Jerman turun 1,77%, FTSE Inggris turun 1,19%, CAC Prancis turun 1,43%, FTSE MIB Italia turun 1,58%.

Inflasi Inggris naik signifikan dari 0,7% di bulan Maret menjadi 1,5% di bulan April, menurut data Badan Pusat Statistik Inggris. (cnbc)

See Also

Memilih Domain And Hosting
Mau Belanja Gadget Komputer Murah?
Meraup Uang Via Media Sosial
Start Making Money With Click Wealth System
Piano For All-Click Bank
Pembongkaran Bangunan Dan Pedagang Kaki Lima Di Perumahan Duta Indah, Jati Makmur, Bekasi
Presiden Joko Widodo Sebut Gunakan Uang Rakyat Sebaik-baiknya
Bursa Asia Pasifik Melonjak
Bursa Eropa Turun
Penambang Bitcoin Lari Ke Kazakhstan Hingga Amerika Serikat
Saat Ketua DPR RI Keliling Solo Ditemani Gibran
Minister Suharso Monoarfa Elaborate Bappenas Work Plan In 2022
Menteri PPN Paparkan Rencana Kerja Bappenas Tahun 2022
Bertemu Ketua DPR RI, Warga Pulau Talise Sulut Berharap Aliran Listrik 24 Jam
Berkunjung Ke Pulau Talise, Ketua DPR RI Minta Pemda Genjot Pembangunan
Menteri PPN Pimpin Multilateral Meeting, Bahas Reformasi Sistem Kesehatan Nasional
Ketua DPR RI Minta APBN 2022 Antisipasi Ketidakpastian Akibat Virus Corona
Luncurkan Buku Cegah Negara Tanpa Arah, Bamsoet Tegaskan Pentingnya Pokok-Pokok Haluan Negara
Bamsoet Ajak UMJ Mencegah Negara Tanpa Arah Dengan Menghadirkan Kembali PPHN Pasca 2024
Perdana Menteri Polandia Tolak Tutup Pertambangan Batu Bara
Elon Musk Menghentikan Penggunaan Bitcoin Sebagai Alat Pembayaran Mobil Listrik Tesla
Nilai Tukar Cryptocurrency Anjlok
Microsoft Corporation Bangun Pusat Data Di Malaysia
Perum Bulog Akan Serap 50.000 Ton Beras Petani Sumatera Selatan
Facebook Inc. Bersedia Bayar Konten Berita News Corp Australia
jQuery Slider

Comments

Arsip :202120202019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 9.389.113 Since: 05.03.13 | 0.1641 sec