Nasional

Ketua DPR RI Ajak Generasi Muda Bangun Kisah Inspiratif Demi Generasi Mendatang

Wednesday, 21 April 2021 | View : 23
Tags : Dpr Ri, Kartini

JAKARTA-SBN.

Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) bidang Politik dan Keamanan yang juga Ketua DPR RI, DR. (H.C.) Puan Maharani Nakshatra Kusyala Devi, S.I.Kom. mengajak generasi muda Indonesia untuk mengambil inspirasi dari Raden Ajeng Kartini, dan memakainya untuk membangun cerita hidup baru versi masa kini. Sehingga inspirasi di masa kini akan mampu menjadi bekal untuk anak bangsa masa mendatang.

Menurut mantan Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPR RI periode 2012-2014, kisah Kartini dan para pahlawan di masa lalu, telah menginspirasi orang Indonesia yang hidup di masa kini. Maka generasi Indonesia yang hidup di masa kini pun sebaiknya membuat kisah hidup yang menginspirasi generasi masa depan Indonesia.

"Maka sekarang saatnya kalian dan kita semua membuat cerita-cerita baru yang akan menginspirasi generasi masa depan untuk menghadirkan kemajuan Indonesia," kata Puan Maharani dalam talkshow memperingati Hari Kartini yang diselenggarakan DPP PDIP bidang Kesehatan, Perempuan, dan Anak, di Kantor DPP PDIP Jalan Pangeran Diponegoro No.58, Kelurahan Menteng, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (21/4/2021).

Selain Puan, acara yang mengambil tema "Perspektif Generasi Milenial Tentang Kartini" itu juga menghadirkan narasumber Sri Rahayu (Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Kesehatan, Perempuan dan Anak), Selly Gantina (Anggota DPR, Komisi VIII), Kiky Saputri (artis, standup comedian), Tina Toon (Anggota DPRD DKI Jakarta), dan Berto Tukan (penulis buku).

Acara diisi juga dengan pembacaan puisi oleh Happy Djarot dan Sondang Tampubolon. Hadir juga petinggi partai seperti Wakil Sekjen Sadarestuwati dan Ketua DPP PDIP Ribka Tjiptaning, serta Wiryanti Sukamdani.

Satu hal bagi Puan, bahwa mengikuti kisah Kartini adalah juga mengikuti kisah sejarah perempuan dalam kemerdekaan Indonesia.

"Kisah Raden Ajeng Kartini menunjukkan bahwa dalam histori atau sejarah Indonesia, banyak terdapat her-story atau cerita perempuan," kata mantan anggota DPRI RI Komisi VI yang mengawasi BUMN, Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah.

Melalui Kartini, rakyat Indonesia masa kini bisa merasakan cerita kegigihan banyak perempuan Indonesia yang berjuang untuk Indonesia. Bahwa banyak perempuan Indonesia yang menjadi teladan pendidikan dan perjuangan hak-hak perempuan.

Menurut putri tunggal Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri, semangat yang sama bisa dirasakan lewat para atlet perempuan Indonesia yang mengibarkan bendera Merah Putih di pentas olahraga internasional.

"Sama dengan cerita membanggakan prajurit perempuan Indonesia yang menjadi anggota Kontingen Garuda dan ikut dalam berbagai misi perdamaian PBB," ulas mantan anggota Badan Kelengkapan Dewan BKSAP DPR RI.

"Cerita perempuan-perempuan hebat Indonesia itu telah menjadi sumber inspirasi dan energi bangsa kita selama ini dan menjadi pengingat tentang nilai-nilai kebangsaan yang perlu selalu kita pegang untuk melangkah ke depan," tambahnya.

Menurut Ketua DPR itu, apa yang Kartini lakukan di masa hidupnya adalah pembangunan manusia. Kartini secara sadar mendorong adanya pendidikan bagi perempuan dan membuka pemikiran banyak orang.

Dan pemikiran Kartini tersebut masih kontekstual hingga saat ini. Sebab menurut cucu Proklamator RI Soekarno itu, manusia adalah salah satu sumber daya terbesar yang dimiliki Indonesia.

Jumlah penduduk saat ini sudah mencapai 270 juta orang, menjadikan Indonesia sebagai peringkat ke-empat negara dengan penduduk terbanyak di dunia.

Menurut data sensus BPS terbaru, Puan mengatakan bahwa dari 270 juta penduduk Indonesia, sekitar 27% generasi Z, 25% lagi generasi milenial. Kalau ditotal, berarti sekitar 52% penduduk Indonesia adalah generasi muda.

"Tetapi tentu saja jumlah yang besar tidaklah cukup. Pembangunan manusia harus dilakukan seutuhnya. Sehingga lahir manusia-manusia Indonesia yang cinta pada Tanah Air, memberikan rasa percaya diri sebagai bangsa serta memiliki kemampuan, dan mau untuk membangun kemajuan bangsa dan negara," beber mantan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia periode 2014-2019.

See Also

PT. Jasa Marga (Persero) Tbk. Perbaiki Jalan Tol Jakarta-Cikampek
Istri Gubernur Jawa Barat Dikabarkan Positif Virus Corona
BMKG Prediksi Jakarta Hari Ini Hujan Disertai Angin Kencang
Menristek Berharap Vaksin Merah Putih Penuhi Kebutuhan Jangka Menengah Dan Panjang
Pesantren Al Mawaddah Kudus Ciptakan Rekor Prestasi Dunia
Total Pasien Positif Virus Corona Bertambah Jadi 134
Megawati Soekarnoputri Resmikan Patung Soekarno Di Akmil Magelang
Penyebab Kecelakaan Bus Damri Di Tol Arah Bandara Soekarno Hatta
Bus Damri Kecelakaan Di Tol Arah Bandara Soekarno Hatta
Banjir Yang Melanda Di Demak, Menjadi Tanggung Jawab Bersama
Prajurit Kodim 0716/Demak Menyerbu Desa Sayung
Al Mawaddah Gelar Hypno Motivasi Untuk Mengisi Liburan Sekolah
Seleksi Program Magang Ke Jepang, PPMKP Adakan Pelatihan Petani Muda Di P4S Al Mawaddah
Demi Meriahkan Penutupan TMMD Grup Seni Kentongan Berlatih Hingga Larut Malam
Agar Lebih Dekat Dengan Warga, Satgas TMMD Juga Ikut Ronda Malam
Arswendo Atmowiloto Meninggal Dunia
Ini Talud TMMD Versi Tentara Kodim 0716/Demak
Jalan TMMD Akan Buka Jalur Alternatif Sumberejo
Ketika Para Santri Ikut Bekerja Di Lokasi TMMD
Senang Bisa Bekerja Dengan Pak Tentara
Luangkan Waktu Cek Lokasi TMMD
Terus Didengungkan TMMD Kalikondang Ke Seantero Demak
Tiada Hari Tanpa Sosialisasi TMMD
Progres Pekerjaan Talud TMMD Menggembirakan
Galang Kekuatan Kaum Muda Untuk Sukseskan TMMD Kalikondang
jQuery Slider
Arsip :202120202019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 8.958.068 Since: 05.03.13 | 0.1709 sec