Agama & Masyarakat

Agenda Pemimpin Tertinggi Katolik Di Irak

Friday, 05 Maret 2021 | View : 59
Tags : Irak, Katolik

BAGHDAD-SBN.

Pemimpin Tertinggi Umat Katolik Paus Fransiskus memulai kunjungan bersejarah ke Irak pada Jumat (5/3/2021). Meskipun menghadapi pandemi Covid-19 dan ancaman keamanan, kunjungan Bapa Suci di Irak punya sederet agenda penting.

Seperti dilaporkan Al Jazeera, Kamis (4/3/2021), kunjungan di Irak merupakan yang pertama bagi seorang paus ke tempat kelahiran Gereja-Gereja Timur. Di sana, lebih dari satu juta orang Kristen telah melarikan diri selama 20 tahun terakhir.

Kunjungan paus menjadi sangat simbolis mengingat pentingnya umat Kristen Irak dalam sejarah iman dan warisan budaya dan bahasa mereka sejak zaman Babilonia kuno, hampir 4.000 tahun yang lalu.

Penganiayaan sistematis terhadap orang Kristen Irak di tangan al-Qaeda terlebih dahulu dan kemudian ISIL (ISIS) dalam beberapa tahun terakhir telah mendorong puluhan ribu orang ke dalam diaspora dan mengancam kelangsungan hidup komunitas.

Sesuai rencana, Paus Fransiskus akan bertemu dengan komunitas Kristen yang semakin berkurang di Baghdad, Mosul dan Qaraqosh, kota Kristen terbesar Irak di Dataran Niniwe.

Di sana, pada tahun 2014, kelompok bersenjata ISIS memusnahkan sisa-sisa kehadiran umat Kristen yang selamat dari kampanye kekerasan al-Qaeda. Tindakan ISIS menyebabkan puluhan ribu orang melarikan diri dan mencari perlindungan di wilayah otonom Kurdi di Irak Utara, Turki, Lebanon, dan Yordania.

Di Erbil, paus akan bertemu dengan otoritas Kurdi dan beberapa dari 150.000 pengungsi Kristen dari Irak tengah yang telah menemukan perlindungan di sana.

“Kami berharap kunjungan Paus akan membawa perhatian pada tragedi umat Kristen di Timur dan mendorong mereka untuk tetap tinggal,” kata Kardinal Louis Raphael Sako, pemimpin Gereja Khaldea kelahiran Irak,dalam konferensi pers pada hari Rabu.

"Ini juga akan membawa pesan persaudaraan ke agama Irak lainnya - bahwa agama tidak boleh memecah belah tetapi bersatu dan bahwa kita semua adalah warga Irak dan warga negara yang setara,” tambahnya.

Di Baghdad, Paus Fransiskus akan bertemu dengan Presiden Irak Barham Salih dan para pejabat. Paus diharapkan untuk menyampaikan keprihatinan tentang diskriminasi dan intimidasi yang dihadapi oleh umat Kristiani.

Paus, yang pada 2019 meresmikan fase baru dialog antaragama antara Gereja Roma dan Islam, juga akan mengunjungi Najaf untuk bertemu dengan Ayatollah Agung Ali al-Sistani, otoritas tertinggi Syiah di Irak, tempat Muslim Syiah mewakili sekitar 70 persen dari total populasi.

Perwakilan dari agama lain dan kelompok minoritas Irak, termasuk Muslim Sunni dan Yazidi, diharapkan menghadiri pertemuan antaragama dengan paus di Ur, di Irak Selatan, yang secara luas dianggap sebagai tempat kelahiran Nabi Abraham, ayah dari tiga keyakinan monoteistik.

Di Mosul, Fransiskus akan menemukan sisa-sisa gereja kuno dan tempat suci, yang telah dihancurkan dan dinodai, artefak mereka dijarah atau dirusak.

Otoritas Irak mempercepat pembuangan puing-puing dari jalan Mosul dan Kota Tua, tempat Paus Fransiskus diharapkan berdoa untuk para korban perang di Hosh al-Bieaa, Alun-alun Gereja.

Daerah Mosul dan Kota Tua menampung empat gereja dari denominasi Kristen yang berbeda, beberapa berasal dari abad ke-12. Namun tidak ada satupun yang luput dari perang. (aljazeera)

See Also

Teliti Bisnis Sufistik Al-Ghazali Kiai Pesantren Raih Gelar Doktor
Gereja Katolik Tolak Memberkati Pernikahan Pasangan Sejenis
Wakil Ketua MPR RI Tegaskan Tak Ada Ruang Bagi Rasisme Tumbuh Di Indonesia
Klaim Keraton Agung Sejagat Purworejo
Gubernur Jawa Tengah Minta Usut Munculnya Keraton Agung Sejagat
Polres Purworejo Akan Klarifikasi Keraton Agung Sejagat
Kapolri Sebut Teringat Insiden Sweeping Sabuga Bandung
MUI Bantah Buat Spanduk Tolak Natal Di Pangandaran
Lepas Santri Ke Luar Negeri Di Momentum Hari Santri
Pesan K. H. Aniq Muhammadun Dalam Halalbihalal UMK
Forkopimda Kabupaten Demak Gelar Halal Bi Halal
Mahasiswa UMK Kembangkan Kap Lampu Bertema Kebangsaan Dan Pluralisme
Danpos-Babinkamtibmas Kebonagung Bersinergi Amankan Perayaan Kebaktian
Dandim 0716/Demak Tarling Perdana Bersama Bupati
Kodim 0716/Demak Dan GP Ansor Milik Warga Demak
Tangkal Radikalisme, Babinsa Bangun Komunikasi Dengan GP Ansor
Menangkal Gerakan Radikal Teroris Kaum Perempuan: Belajar Dari Sunan Kudus
Kepedulian Babinsa Kodim 0716/Demak Terhadap Tokoh Agama
Ngalap Berkah, Dandim 0716/Demak Ruwahan Dan Kirab Budaya
Bersama Bupati, Dandim 0716/Demak Buka Acara Tradisi Megengan Guna Menyambut Bulan Suci Ramadhan
Kasdim 0716/Demak Hadiri Musyawarah Tamir Masjid Agung Demak
Danramil 03/Wonosalam Komsos Dengan Toga, Tomas, Dan Toda
Nuansa Religius Warnai HUT Kabupaten Demak Yang Ke-515
Selamat Jalan Bang Indra Sahnun Lubis
UGM Tolak Usul Penerimaan Mahasiswa Lewat Kemampuan Baca Kitab Suci
jQuery Slider

Comments

Arsip :202120202019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 8.958.243 Since: 05.03.13 | 0.1685 sec