Nasional

Wakil Presiden AS Tiba Di Jakarta

Thursday, 20 April 2017 | View : 568

JAKARTA-SBN.

Wakil Presiden Amerika Serikat (Wapres AS) ke-48, Michael Richard "Mike" Pence melanjutkan rangkaian lawatannya keliling Asia. Wapres Amerika Serikat "Mike" Pence berkunjung ke Asia dan salah satunya Indonesia. Setelah berkunjung ke Korea Selatan (Korsel) dan Jepang, kini politisi AS dan pengacara "Mike" Pence tiba di Jakarta, Indonesia.
Menurut informasi yang diperoleh, mantan Gubernur Indiana ke-50 periode 2013-2017, "Mike" Pence mendarat di Bandar Udara Internasional Halim Perdanakusuma, Jl. Halim Perdanakusuma, RT13/RW04, Halim Perdanakusuma, Makasar, Jakarta Timur, pada pukul 23.30 WIB, Rabu (19/4/2017) menggunakan pesawat Kepresidenan AS.
Barang-barang "Mike" Pence telah tiba terlebih dahulu pada Selasa (18/4/2017).
"Mike" Pence dijadwalkan bertemu dengan Presiden RI ke-7, Ir. H. Joko Widodo yang akrab disapa "Jokowi" dan Wakil Presiden (Wapres) Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla sering ditulis sebagai Jusuf Kalla (JK) selama kunjungan di Indonesia. "Mike" Pence juga akan berkunjung ke Masjid Istiqlal, Jl. Taman Wijaya Kusuma, Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat.
"Kita kan biasanya, kalau ada kunjungan, kita bisa melihat mana hal-hal yang bisa diselesaikan dan sebagainya. Jadi sampai saat ini saya belum bisa menyampaikan apa-apa terkait masalah itu. Tapi yang penting dari itu semua adalah pertemuan nanti, courtesy call dengan Presiden, juga pertemuan bilateral dengan Wakil Presiden. Pertama, akan diterima Presiden di Istana Presiden, kemudian (pertemuan) bilateralnya dengan Wapres," papar Menteri Luar Negeri (Menlu) ke-17 yang mulai menjabat sejak 27 Oktober 2014, Retno Lestari Priansari Marsudi di kompleks Istana Kepresidenan, Jl. Medan Merdeka Utara, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (18/4/2017).
Sejumlah perjanjian bilateral RI-AS akan dibahas dalam kedatangan "Mike" Pence.
Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) RI ke-6 yang mulai menjabat sejak 27 Oktober 2014, Dr. H. Abdurrahman Mohammad Fachir (A.M. Fachir) menyebut kedatangan "Mike" Pence akan membahas kemitraan strategis.
"Karena ini administrasi baru, tentunya kita juga akan mendengar dari mereka apa saja yang ada dampaknya dalam hubungan pelaksanaan strategic partnership," kata A. M. Fachir di Komples Istana Kepresidenan, Istana Negara, Jl. Veteran No.17, Jakarta Pusat, Rabu (15/3/2017).
Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) juga belum diajak bicara terkait substansi dan teknis seputar rencana kedatangan "Mike" Pence.
"Ini kan rencana ya, rencana, ya kita lihat nanti, apakah soal jadwal, termasuk soal kita kan punya strategic partnership dengan Amerika, dan kita senang dong kemudian mereka datang," tutur A. M. Fachir.
Senin (13/3/2017), Dubes AS untuk Indonesia Joseph R. Donovan Jr menyambangi kantor Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) RI ke-6 yang mulai menjabat sejak 27 Juli 2016, Jenderal TNI (Purn.) Dr. H. Wiranto, S.H. guna membahas hal ini. Seusai pertemuan, Wiranto menyatakan "Mike" Pence dan Jokowi nantinya akan membahas hal-hal strategis.
"Dalam pertemuan juga dibincangkan soal rencana kunjungan Wakil Presiden Amerika Serikat ke Indonesia," ujar Wiranto seusai pertemuan, Senin (13/3/2017).
Wiranto mengatakan pertemuan dia dengan Joseph R. Donovan Jr. itu membicarakan substansi hal yang akan menjadi bahan pertemuan antara "Mike" Pence dan Jokowi. Namun, Wiranto belum bisa memastikan kapan pertemuan itu akan dilakukan.
"Yang kami bincangkan bukan waktunya, tetapi mengenai substansi apa yang kira-kira nanti bisa dijadikan acuan pembicaraan dengan Presiden Jokowi. Hal-hal yang menyangkut masalah strategis yang bisa dibincangkan," kata Wiranto.
Reuters melaporkan, selain ke Indonesia, "Mike" Pence akan menyambangi Jepang, Korea Selatan (Korsel), dan Australia. 
Michael Richard "Mike" Pence baru dilantik sebagai Wapres AS pada Januari 2017 mendampingi Presiden AS ke-45, Donald John Trump. Dengan begitu, terdapat administrasi baru dalam pemerintahan Amerika Serikat (AS).
"Mike" Pence juga dijadwalkan bertemu dengan Sekjen ASEAN di Jakarta.

See Also

Selamat Hari Guru Nasional
Indonesia International Book Fair
Pengurus Baru Sinode Gereja Presbyterian Indonesia: Berubahlah Oleh Pembaharuan Budimu
Festival Cegah Korupsi
63 Titik Penyekatan Di Jakarta Saat PPKM Darurat
Titik Penyekatan Di Jalan Tol Jasa Marga Group Dalam Rangka Mendukung PPKM Darurat
Daftar Exit Tol Yang Tutup Saat PPKM Darurat
Puan Menyatakan Berduka Atas Tenggelamnya KMP Yunicee Dan Meminta Pencarian Korban Terus Dilakukan
Di Sesko AU, Puan Sampaikan Pentingnya Kekuatan Pertahanan Dan Ancaman Serangan Cyber
Presiden Joko Widodo Tinjau Langsung Pelaksanaan PPKM Mikro Di Kelurahan Rawasari
Presiden Joko Widodo Sebut PPKM Mikro Kebijakan Paling Tepat Untuk Saat Ini
Puan Sebut Perempuan Berperan Penting Dalam Proses Perdamaian Afghanistan
Ketua DPR RI Minta Pemda Jangan Sembunyikan Kondisi Kasus Virus Corona
Dorong Percepatan Vaksinasi, Ketua DPR RI Bawa Tambahan Vaksin Untuk Warga Jateng
Megawati Sebut Ayah Saya Dilengserkan Namun Roda Kehidupan Berputar
Megawati Soekarnoputri Resmi Dikukuhkan Jadi Profesor Kehormatan Di Universitas Pertahanan
Megawati Soekarnoputri Tegaskan Perlu Amandemen Sekali Lagi Untuk Hadirkan Kembali PPHN
Megawati Bingung Dicap Komunis
Megawati Cerita Soekarno Dilengserkan
Megawati Minta Presiden Tambah Personel TNI-Polri
Bamsoet: Ibu Megawati Tegaskan Dukung MPR RI Miliki Kewenangan Menyusun Dan Menetapkan Haluan Negara
Ketua MPR RI Sebut Hari Lahir Pancasila Momentum Bangun Kembali Kebersamaan
Ketua DPR RI Minta Negara Hadir Lebih Nyata, Kebijakan Harus Tepat Dan Bermanfaat Untuk Rakyat
Presiden Joko Widodo Dorong Kerja Sama Daerah Untuk Bersama Tangani Pandemi Virus Corona
Presiden Joko Widodo Tinjau Vaksinasi Di Bintan
jQuery Slider
Arsip :202120202019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 9.388.940 Since: 05.03.13 | 0.1702 sec