Nasional

Surya Paloh-Ridwan Kamil Sepakati Tiga Syarat

Monday, 20 Maret 2017 | View : 726

BANDUNG-SBN.

Partai Nasional Demokrat (NasDem) mencalonkan Wali Kota Bandung Mochamad Ridwan Kamil, S.T., M.U.D. sebagai Gubernur Jawa Barat (Jabar) periode 2018-2023 dengan tiga syarat. Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (NasDem), Surya Paloh dan Wali Kota Bandung Mochamad Ridwan Kamil, S.T., M.U.D. menyepakati tiga syarat dalam pencalonan Wali Kota Bandung itu sebagai Gubernur Jawa Barat yang akan digelar dalam Pilkada Serentak 2018.

"Ada kesepakatan yang telah terjadi antara Ketua Umum Partai Nasdem dan Ridwan Kamil, untuk itu deklarasi hari ini telah dilaksanakan," ujar Surya Paloh dalam siaran persnya, di Jakarta, Minggu (19/3/2017).

Menurut dia, ada tiga syarat yang harus dilakukan oleh Ridwan Kamil guna mendapat dukungan dari NasDem dalam kontestasi Pilkada 2018 mendatang.
 
Syarat yang pertama, ia menuturkan, kalau warga memberikan amanah dan menjadikan Ridwan Kamil sebagai gubernur definitif maka dalam melaksanakan tugas, fungsi, dan perannya sebagai pemimpin Ridwan Kamil harus menjadikan Jawa Barat sebagai benteng Pancasila yang melindungi seluruh warga. "Pertama, apabila rakyat telah memberikan amanah dan menempatkan Ridwan Kamil sebagai gubernur definitif Jawa Barat, dalam melaksanakan fungsi, peran, dan tugas jabatan yang diemban, Ridwan Kamil harus bisa menjadikan Jabar sebagai benteng Pancasila yang melindungi seluruh warga masyarakat Jawa Barat," katanya.

Dengan menjadi benteng Pancasila, maka semangat kemajemukan dan pluralisme harus tetap terjaga dalam keseharian. "Dengan menjadi benteng Pancasila maka semangat kemajemukan dan pluralisme harus tetap terjaga dalam keseharian. Ini artinya sistem dan nilai ideologi bangsa kita, yakni Pancasila merupakan kekuatan yang harus tetap terjaga dan tidak bisa digoyahkan oleh kekuatan apa pun," tandasnya.

Syarat kedua, kata Surya Paloh, ketika memenangi pilkada dan duduk menjadi pemimpin Jawa Barat, Ridwan Kamil harus menjadi milik seluruh masyarakat Jabar dan seluruh Parpol yang ada. Dengan demikian, Surya Paloh meminta kepada Ridwan Kamil untuk tidak bergabung dengan partai apa pun. "Dengan demikian saya meminta kepada Ridwan Kamil untuk tidak bergabung dengan parpol apa pun, termasuk Partai NasDem," tambah dia. "NasDem meminta kepada Ridwan Kamil tidak memasuki satu pun institusi parpol yang ada, termasuk partai NasDem," pintanya.

Hal tersebut dimaksudkan agar dalam menjalani tugas, dapat terbebas dari intervensi politik dan kepentingan golongan.

Ia menjelaskan Ridwan Kamil tidak boleh menjadi anggota partai politik supaya bisa fokus menjalankan tugasnya sebagai pemimpin masyarakat Jawa Barat. "Agar prioritas menjalankan amanah dan sumpah lebih terfokus bagi seluruh kemampuan dirinya untuk masyarakat Jabar," jelas Surya.

Syarat ketiganya, menurut dia, Ridwan Kamil harus mampu mengkonsolidasikan roda pemerintahan di bawah dirinya. Dengan harapan dapat membawa peran serta masyarakat dalam memahami arti pembangunan nasional sekaligus mendukung pemerintahan Presiden Joko Widodo yang tengah berupaya mempercepat proses pembangunan sekaligus persiapan Pemilihan Presiden 2019 mendatang.

"Inilah tiga syarat yang ditetapkan NasDem kepada Ridwan Kamil. Dan telah terjadi kesepakatan antara Ridwan Kamil dan ketua umum Partai NasDem. Untuk itulah deklarasi pada hari ini dilaksanakan," tutur Surya Paloh.

Terkait dengan cepatnya dukungan yang diberikan oleh NasDem, Surya Paloh mengatakan bahwa hal itu sengaja dilakukan sembari melakukan pemetaan permasalahan dan program yang terbaik untuk masyarakat Jabar.
 
"Dengan menempatkan deklarasi lebih awal, itu memudahkan untuk mengantisipasi, hal-hal mana yang harus diperkuat dan mana yang harus dikoreksi. Tapi pencalonan tidak hanya berhenti pada deklarasi, tapi membawa Ridwan Kamil memenangkan kompetisi," harapnya.
 
Ridwan Kamil menyatakan bersyukur mendapatkan kepercayaan dari Partai NasDem untuk menjadi calon gubernur Jawa Barat 2018-2023.

"Sebuah kepercayaan dari warga Jawa Barat yang diwakili Partai NasDem untuk mencalonkan saya pribadi untuk mengikuti perhelatan Pilgub Jabar 2018-2023, yang InsyaAllah dengan niat baik, dengan ikhtiar dan proses yang baik, akan dimenangkan dengan cara yang baik," pungkas dia. (ant/jos)

See Also

Selamat Hari Guru Nasional
Indonesia International Book Fair
Pengurus Baru Sinode Gereja Presbyterian Indonesia: Berubahlah Oleh Pembaharuan Budimu
Festival Cegah Korupsi
63 Titik Penyekatan Di Jakarta Saat PPKM Darurat
Titik Penyekatan Di Jalan Tol Jasa Marga Group Dalam Rangka Mendukung PPKM Darurat
Daftar Exit Tol Yang Tutup Saat PPKM Darurat
Puan Menyatakan Berduka Atas Tenggelamnya KMP Yunicee Dan Meminta Pencarian Korban Terus Dilakukan
Di Sesko AU, Puan Sampaikan Pentingnya Kekuatan Pertahanan Dan Ancaman Serangan Cyber
Presiden Joko Widodo Tinjau Langsung Pelaksanaan PPKM Mikro Di Kelurahan Rawasari
Presiden Joko Widodo Sebut PPKM Mikro Kebijakan Paling Tepat Untuk Saat Ini
Puan Sebut Perempuan Berperan Penting Dalam Proses Perdamaian Afghanistan
Ketua DPR RI Minta Pemda Jangan Sembunyikan Kondisi Kasus Virus Corona
Dorong Percepatan Vaksinasi, Ketua DPR RI Bawa Tambahan Vaksin Untuk Warga Jateng
Megawati Sebut Ayah Saya Dilengserkan Namun Roda Kehidupan Berputar
Megawati Soekarnoputri Resmi Dikukuhkan Jadi Profesor Kehormatan Di Universitas Pertahanan
Megawati Soekarnoputri Tegaskan Perlu Amandemen Sekali Lagi Untuk Hadirkan Kembali PPHN
Megawati Bingung Dicap Komunis
Megawati Cerita Soekarno Dilengserkan
Megawati Minta Presiden Tambah Personel TNI-Polri
Bamsoet: Ibu Megawati Tegaskan Dukung MPR RI Miliki Kewenangan Menyusun Dan Menetapkan Haluan Negara
Ketua MPR RI Sebut Hari Lahir Pancasila Momentum Bangun Kembali Kebersamaan
Ketua DPR RI Minta Negara Hadir Lebih Nyata, Kebijakan Harus Tepat Dan Bermanfaat Untuk Rakyat
Presiden Joko Widodo Dorong Kerja Sama Daerah Untuk Bersama Tangani Pandemi Virus Corona
Presiden Joko Widodo Tinjau Vaksinasi Di Bintan
jQuery Slider
Arsip :202120202019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 9.342.023 Since: 05.03.13 | 0.1896 sec