Nasional

Wakil Presiden Sebut Aturan Transportasi Berubah Sesuai Teknologi

Tuesday, 22 Maret 2016 | View : 715

JAKARTA-SBN.

Menyikapi protes terus menerus akan keberadaan jasa transportasi berbasis online, Wakil Presiden (Wapres) Indonesia ke-12 yang mulai menjabat sejak 20 Oktober 2014, Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla saja atau JK, menegaskan, perkembangan teknologi tidak bisa ditantang, sehingga aturanlah yang harusnya bisa menyesuaikan. Keberadaan jasa transportasi berbasis online, lanjutnya, merupakan bagian dari perkembangan teknologi.

"Teknologi tidak bisa ditantang, tinggal diatur saja bagaimana. Kalau teknologi kita tantang, tidak kita pakai, maka kita akan ketinggalan. Tinggal bagaimana menyesuaikan aturan, atau aturannya diubah. Pasti ada perubahan, semua perubahan harus kita jalani," kata Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK) saat memimpin rapat di kantor Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kempupera), Jakarta, Selasa (22/3/2016).

Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) ke-12 yang mulai menjabat sejak 22 Desember 2009, Jusuf Kalla (JK) mengungkapkan, perubahan memang selalu terjadi dalam bidang transportasi, mulai dari taksi pangkalan kemudian taksi meteran hingga saat ini taksi online.

Menurut mantan Wakil Presiden Indonesia ke-10 masa jabatan 20 Oktober 2004-20 Oktober 2009, JK, perubahan yang terjadi karena perkembangan teknologi tersebut, tidak bisa ditahan atau dilawan. Untuk itulah, yang diperlukan adalah perubahan aturan sehingga dapat menyesuaikan dengan perkembangan teknologi sekaligus menciptakan keadilan.

"Semua itu selalu ditantang. Biasa saja dihadapi. Dulu, dimana-mana Bluebird juga didemo. Di Bali didemo, di Surabaya didemo, di Makassar didemo, dan sekarang Bluebird mendemo yang baru," ujar mantan Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat RI ke-12 masa jabatan 9 Agustus 2001-22 April 2004.

Beberapa waktu lalu, mantan anggota DPR RI Fraksi Karya Pembangunan masa jabatan 1982-1987, Jusuf Kalla (JK) juga mengingatkan bahwa transportasi berbasis online erat hubungannya dengan perkembangan teknologi yang tidak bisa dihindari, sehingga antara aturan dan teknologi harus bisa menyesuaikan.

"Aturan lah yang menyesuaikan dengan perkembangan teknologi, bukan teknologi yang harus menyesuaikan diri dengan aturan juga. Keduanya (aturan dan teknologi) harus menyesuaikan diri," terang mantan Menteri Perdagangan dan Perindustrian RI ke-27 masa jabatan 26 Oktober 1999-24 Agustus 2000.

Apalagi, mantan anggota MPR RI Fraksi Utusan Daerah masa jabatan 1997-1999, Jusuf Kalla alias JK mengungkapkan adanya transportasi berbasis online memberikan manfaat, yaitu lalu lintas menjadi lebih teratur. Mengingat, aplikasi online tersebut tidak hanya menawarkan jasa transportasi tetapi juga jasa lainnya, seperti pengantaran dan pembelian.

"Apakah kita bisa tahan teknologi, kan tidak ada orang masyarakat yang bisa menahan teknologi. Teknologi itu untuk memberikan efisiensi dan jangan lupa ini bukan saja soal angkutan, anda mau makan martabak juga bisa. Dengan banyaknya sistem itu, lalu lintas Jakarta ini lebih rapi sebenarnya, tidak banyak orang berkeliaran dengan adanya sistem itu," pungkas mantan Ketua Umum Partai Golongan Karya (Golkar) ke-8 masa jabatan 9 Oktober 2004-9 Oktober 2009.

See Also

Selamat Hari Guru Nasional
Indonesia International Book Fair
Pengurus Baru Sinode Gereja Presbyterian Indonesia: Berubahlah Oleh Pembaharuan Budimu
Festival Cegah Korupsi
63 Titik Penyekatan Di Jakarta Saat PPKM Darurat
Titik Penyekatan Di Jalan Tol Jasa Marga Group Dalam Rangka Mendukung PPKM Darurat
Daftar Exit Tol Yang Tutup Saat PPKM Darurat
Puan Menyatakan Berduka Atas Tenggelamnya KMP Yunicee Dan Meminta Pencarian Korban Terus Dilakukan
Di Sesko AU, Puan Sampaikan Pentingnya Kekuatan Pertahanan Dan Ancaman Serangan Cyber
Presiden Joko Widodo Tinjau Langsung Pelaksanaan PPKM Mikro Di Kelurahan Rawasari
Presiden Joko Widodo Sebut PPKM Mikro Kebijakan Paling Tepat Untuk Saat Ini
Puan Sebut Perempuan Berperan Penting Dalam Proses Perdamaian Afghanistan
Ketua DPR RI Minta Pemda Jangan Sembunyikan Kondisi Kasus Virus Corona
Dorong Percepatan Vaksinasi, Ketua DPR RI Bawa Tambahan Vaksin Untuk Warga Jateng
Megawati Sebut Ayah Saya Dilengserkan Namun Roda Kehidupan Berputar
Megawati Soekarnoputri Resmi Dikukuhkan Jadi Profesor Kehormatan Di Universitas Pertahanan
Megawati Soekarnoputri Tegaskan Perlu Amandemen Sekali Lagi Untuk Hadirkan Kembali PPHN
Megawati Bingung Dicap Komunis
Megawati Cerita Soekarno Dilengserkan
Megawati Minta Presiden Tambah Personel TNI-Polri
Bamsoet: Ibu Megawati Tegaskan Dukung MPR RI Miliki Kewenangan Menyusun Dan Menetapkan Haluan Negara
Ketua MPR RI Sebut Hari Lahir Pancasila Momentum Bangun Kembali Kebersamaan
Ketua DPR RI Minta Negara Hadir Lebih Nyata, Kebijakan Harus Tepat Dan Bermanfaat Untuk Rakyat
Presiden Joko Widodo Dorong Kerja Sama Daerah Untuk Bersama Tangani Pandemi Virus Corona
Presiden Joko Widodo Tinjau Vaksinasi Di Bintan
jQuery Slider
Arsip :202120202019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 9.371.125 Since: 05.03.13 | 0.1677 sec