Politik

Prabowo Subianto Berkampanye Singkat Di Manado

Tuesday, 17 Juni 2014 | View : 1389

MANADO-SBN.

Calon presiden (capres) nomor urut satu, Prabowo Subianto menyapa warga Manado, Sulawesi Utara, Selasa (17/6/2014), sore setelah siang hari tadi menyambangi Makassar, Sulawesi Selatan. Sebelumnya, siang tadi mantan Komandan Jenderal Kopassus ini berkampanye terbuka di Lapangan Andi Mattalata, Stadion Matoangin, Makassar, Sulawesi Selatan.

Selain kampanye akbar, ia juga akan bertemu dengan sejumlah tokoh daerah. "Akan ada pertemuan dengan tokoh Islam, dan ada juga dengan tokoh masyarakat Sulawesi Selatan," ungkap Sekretaris Jendral Partai Gerindra Ahmad Muzani, Senin (16/6/2014).

Warga Sulawesi Selatan memberi gelar kepada capres Prabowo Subianto sebagai Daeng Parani. Gelar itu biasanya diberikan kepada tokoh yang berani mengatakan kebenaran dan konsisten dengan apa yang diucapkan.

Gelar kehormatan itu langsung diberikan oleh mantan Gubernur Sulsel Amir Syam. Ia mengatakan gelar itu sebagai sikap konsistensinya untuk menyejahterakan rakyat. "Nama yang kita sematkan adalah Prabowo Subianto Daeng Parani. Artinya Prabowo adalah orang yang berani menegakkan kebenaran. Orang yang konsisten dengan kata-katanya. Apa yang diucapkan hari ini akan dilakukan hari ini," tegas mantan Gubernur Sulsel Amir Syam disambut tepuk tangan.

Baru kemudian melanjutkan kegiatan kampanyenya di kampung halaman sang ibundanya Dora Marie Sigar di Manado, Sulawesi Utara, Selasa (17/6/2014) siang.

Dalam kampanye diwilayah Indonesia tengah ini Prabowo ditemani oleh sejumlah elit politik koalisi Merah Putih. Beberapa di antaranya ketua Umum DPP Partai Golongan Karya (Golkar) Aburizal Bakrie (ARB) alias Ical, Presiden DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Anis Matta, Mayjen TNI Purn Kivlan Zen, politisi Partai Demokrat (PD) Ahmad Mubarok, Max Sopacua, Wasekjen Partai Demokrat (PD) Ramadhan Pohan, dan Wasekjen PKS Fahri Hamzah.

Kedatangan Prabowo Subianto di Manado molor dari jadwal yang telah ditentukan panitia setempat.

Sedianya, mantan Danjen Kopassus itu tiba pukul 13.00 WITA, namun Prabowo Subianto dan rombongan baru tiba pada pukul 17.15 WITA. Meski telat, massa yang telah memenuhi Lapangan Koni Sario, Manado tidak beranjak dan setia menunggu calon presiden (capres) nomor urut satu itu.

Tiba di Manado, Prabowo Subianto langsung naik ke panggung dan menyapa warga yang umumnya mengenakan kaos bergambar Prabowo-Hatta.

Dalam orasi singkatnya, Prabowo Subianto sempat menyinggung isu yang berkembang bahwa ia anti agama lain di luar Islam. Dalam pidatonya, Prabowo Subianto menekankan arti pluralisme dalam berkehidupan berbangsa.

Calon presiden (capres) Prabowo Subianto berkampanye singkat di Lapangan Koni Sario, Manado, Sulawesi Utara, Selasa (17/6/2014) mengaku sebagai penganut paham pluralisme dan sangat menghormati serta menghargai perbedaan agama di tengah-tengah masyarakat. Hal ini karena keluarga besar Djojohadikoesoemo memiliki perbedaan agama."Siapa yang bilang saya tidak mendukung Kristen. Saya tidak anti Kristen. Ibu saya asli Manado beragama Kristen, dan saudara saya Katolik. Jadi bagaimana saya tidak mendukung umat Kristen," tegas Prabowo Subianto di hadapan warga yang memadati lapangan Stadion Koni, Sario, Manado, Sulawesi Utara, Selasa (17/6/2014).

Karena itu Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra tersebut menampik isu yang berkembang dia anti-agama lain di luar Islam. "Saya tidak membeda-bedakan agama," tukas dia di hadapan warga yang memadati lapangan olah raga tersebut.

Prabowo Subianto merupakan putra dari pasangan Soemitro Djojohadikoesoemo dan Dora Marie Sigar. Ayah Prabowo Subianto suku Jawa beragama Islam, sedangkan Ibundanya berasal dari suku Minahasa, Sulawesi Utara, beragama Kristen.

Dalam berbagai kesempatan, Prabowo Subianto kerap mengungkapkan bahwa ia memiliki darah Sulawesi yang diturunkan oleh ibunya. "Siapa bilang Prabowo-Hatta tidak ada perwakilan dari Timur? Saya setengah Jawa, setengah orang Timur, karena ibu saya dari Sulawesi Utara, jadi kami juga ada perwakilan Indonesia timur," terang Prabowo Subianto, saat menerima deklarasi dukungan dari Front Pemuda Muslim Maluku (FPMM) di Rumah Polonia, Jakarta Timur.

Ketua Dewan Pembina Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) itu dalam sambutannya juga menekankan akan memberi perhatian pada desa. Jika terpilih nanti Prabowo Subianto berjanji akan mengalirkan dana Rp 1 miliar untuk satu desa. "Kami juga berkomitmen untuk membesarkan koperasi," tandasnya.

Mantan Danjen Kopassus itu juga menyinggung soal perhelatan Piala Dunia 2014. Ia berharap tim nasional Indonesia ke depan bisa masuk di kompetisi sepakbola akbar tersebut. Bahkan jika terpilih jadi presiden, Prabowo Subianto akan mengupayakan agar Indonesia bisa menjadi tuan rumah Piala Dunia. "Kita ingin timnas Indonesia masuk Piala Dunia. Saya akan membuat  Indonesia menjadi tuan rumah," ucapnya.

Prabowo Subianto juga berjanji akan membuat stadion sepakbola besar di kampung halaman ibundanya itu. "Kita akan bangun stadion yang lebih besar di kota ini," katanya.

Tak sampai lima menit Prabowo Subianto berorasi, dia lalu turun panggung untuk meninggalkan lapangan yang dipenuhi berbagai macam bendera partai koalisi merah putih. Dalam kesempatan itu Prabowo Subianto beserta para tim sukses menyanyikan Mars Minahasa. Saat lagu itu dinyanyikan, tiba-tiba Prabowo Subianto dipanggul tim suksesnya ke tengah kerumunan. Prabowo Subianto turun ke panggung dengan dipanggul oleh para ajudannya menuju mobil yang mengangkutnya. "Siapa yang tahu mars Minahasa? Mari kita nyanyikan mars Minahasa," seru Prabowo Subianto yang diikuti joget para masyarakat Manado. (mer/tri/jos/oke)

See Also

Sosialisasi Pilkada Jadi Tantangan KPU
Bawaslu RI Pastikan Pilkada Luber Dan Jurdil
Ketika Ahli IT Dan Master Di Bidang Hukum Menolak Korupsi
Kami Peduli Kejahatan Pornografi
Ketua MUI Tak Sependapat Indonesia Bubar 2030
Mukernas II PPP Hasilkan Sejumlah Ketetapan
PAN Walk Out Dari Paripurna RUU Pemilu
Pengamat LIPI Sebut Fenomena Ahok Bikin Parpol Panik
Gubernur DKI Jakarta Tunggu Menteri Sebelum Konsep Baru Raperda Reklamasi
Fadli Zon Akan Sidak Lokasi RS Sumber Waras
Mekanisme Pemilihan CaGub Dan CaWaGub DKI Jakarta Dari PDIP
Presiden Joko Widodo Melantik Agus Widjojo Sebagai Gubernur Lemhannas
Ahok Kecam Cuitan Yusron Ihza Mahendra Yang Rasis
Bicara Kalimat Rasis, Kemlu Minta Yusron Ihza Mahendra Fokus Jalankan Tugas
Ahok Hadiri Pelantikan Pengurus Partai NasDem DKI Jakarta
Muhammadiyah Ingatkan Sistem Politik Tidak Boleh Memiskinkan Rakyat
Tujuh Rekomendasi Mukernas PKB
Agung Laksono Tegaskan Munaslub Partai Golkar Harus Oleh Tim Transisi
Setya Novanto Mundur
Mayoritas Anggota MKD DPR RI Putuskan Setya Novanto Langgar Kode Etik
Ibu Yang Dimarahi Ahok Soal KJP Mengadu Ke DPRD DKI Jakarta
MenkoPolhukam Bersaksi
Sejumlah Calon Petahana Menangkan Pilkada
Maroef Sjamsoeddin Ibaratkan Setya Novanto Seperti Henry Kissinger
Prabowo Subianto Juru Kampanye Maya Rumantir/Glenny Kairupan
jQuery Slider
Arsip :202120202019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 9.512.728 Since: 05.03.13 | 0.1663 sec