Olah Raga

Final El Clasico, Real Madrid Sabet Juara Copa Del Rey Ke-19

Thursday, 17 April 2014 | View : 1238

VALENCIA-SBN.

‘Los Blancos’ Real Madrid menumbangkan rival abadinya, Barcelona, 2-1 pada final Copa del Rey di Mestalla, Valencia, Spanyol, Rabu (16/4/2014) malam waktu setempat atau Kamis (17/4/2014) dini hari WIB. Kemenangan ini memastikan Real Madrid menjuarai Copa del Rey ke-19.

Bagi Real Madrid gelar juara ini menjadi trofi Copa del Rey ke-19 yang masuk ke lemari trofi Real Madrid. Jumlah 19 trofi Real Madrid masih kalah dari Barcelona yang sudah 26 kali menjadi juara. Barcelona tercatat sebagai klub dengan gelar juara Copa del Rey terbanyak.

Kegagalan menjuarai Copa del Rey 2013/14, Kamis (17/4/2014) menjadi tanda bahaya bagi Barcelona. Kegagalan itu membuat pasukan Gerardo Martino berada di pengujung rekor buruk.

Kekalahan 1-2 di tangan sang rival abadi, Real Madrid, di Mestalla, menjadi catatan buruk bagi Barcelona. Untuk pertama kalinya sejak Januari 2003, klub asal Catalan itu menelan tiga kekalahan secara beruntun.

Rentetan kekalahan Barcelona diawali dari kekalahan 0-1 dari Atletico Madrid di perempat final Liga Champions. Akhir pekan lalu Blaugrana tumbang dengan skor yang sama di tangan Granada.

Kekalahan ini sekaligus memperkecil peluang Barcelona meraih trofi pada musim 2013/14. Di Liga Champions langkah mereka terhenti di babak perempat final. Di La Liga, peluang Barcelona meraih gelar juara tipis karena saat ini berada di peringkat ketiga dengan 78 angka. Atletico Madrid berada di puncak klasemen sementara dengan 82 angka, disusul Real Madrid dengan 79 angka.

Jika gagal menjuarai La Liga, maka akan tercatat sebagai tinta merah dalam sejarah Barcelona. Sejak 2008 Barcelona tidak pernah gagal meraih satu dari tiga turnamen yang mereka ikuti seperti La Liga, Copa del Rey, dan Liga Champions.

Di ajang Copa del Rey, Barca, yang terakhir kali menjadi juara pada tahun 2012, merupakan pemegang rekor peraih gelar terbanyak dengan torehan 26 kali, sedangkan Real Madrid, yang terakhir kali juara pada 2011, menempati urutan ketiga dengan raihan 18 kali. Peringkat kedua ditempati Athletic Bilbao yang sudah 23 kali jadi juara.

Seperti biasa, laga el clasico berlangsung dalam tempo dan tensi tinggi sejak peluit kick-off berbunyi. Kedua tim jual-beli serangan, dan pada menit ke-11, Real Madrid sukses menjebol gawang Barcelona yang dikawal Jose Manuel Pinto.

Pada babak pertama, Real Madrid unggul 1-0 atas Barcelona pada final Copa del Rey di Mestalla, Valencia dan keunggulan Real Madrid itu dicetak oleh Angel Di Maria pada menit ke-11. Angel di Maria yang mencetak gol tunggal El Real dalam el clasico jilid ketiga musim 2013/14 ini.

Gol ini berawal dari serangan balik. Real Madrid unggul terlebih dulu ketika pertandingan baru berjalan 11 menit melalui Angel Di Maria dari suatu serangan balik. Karim Benzema yang menguasai bola di area Barcelona kemudian mengirimkan umpan terobosan ke dekat kotak penalti. Kerja sama Isco, Gareth Bale dan Angel Di Maria berbuah gol. Isco memberikan umpan kepada Gareth Bale di sayap kiri. Dari sana (sayap), pemain termahal di dunia itu melepaskan umpan terobosan ke sisi kanan, yang disambut dengan baik oleh Angel Di Maria.

Angel Di Maria lolos dari kawalan Jordi Alba ketika menyambut bola. Angel Di Maria tidak terkawal ketika menyambut bola. Memasuki kotak penalti, Angel Di Maria meski dibayangi Jordi Alba di kotak penalti, namun Angel Di Maria masih mampu melepaskan tendangan. Winger asal Argentina ini melakukan solo run ke sektor kanan pertahanan Barca, kemudian melepaskan tendangan dengan kaki kirinya. Bola hasil tendangan kaki kiri eks Benfica itu, Angel Di Maria meluncur datar ke arah gawang, namun Jose Manuel Pinto tidak maksimal menghadang bola sehingga bola terus bergulir ke tiang jauh. Bola datar bersarang di sisi kiri gawang Jose Manuel Pinto.

Setelah itu, sempat terjadi perseteruan antara Neymar dan Pepe. Wasit pun terpaksa mengganjar kartu kuning bagi kedua pemain tersebut yang sempat terlibat saling dorong. Perseteruan seperti ini tampaknya menjadi "bumbu penyedap" el clasico di setiap kesempatan.

Barca berusaha mengendalikan permainan dan mencari peluang untuk mencetak gol balasan. Tetapi, usaha mereka tak pernah bisa membuahkan hasil meskipun ada satu kesempatan bagus menjelang laga usai lewat tendangan Lionel Messi. Sayang, eksekusi striker mungil asal Argentina ini memanfaatkan kemelut di depan gawang Iker Casillas, masih melebar tipis di sisi kiri. Skor saat jeda 1-0 untuk Real Madrid.

Marc Bartra menorehkan catatan manis pada El Clasico pertama sepanjang kariernya. Marc Bartra mengantarkan Barcelona sementara bermain imbang 1-1 dengan Real Madrid pada final Copa del Rey di Mestalla, Valencia, Kamis (17/4/2014).

Gol penyama kedudukan Marc Bartra tercipta pada menit ke-68. Barcelona mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-68 melalui sundulan Marc Bartra. Tendangan penjuru Xavi Hernandez dituntaskan Marc Bartra dengan sundulan ke pojok kanan atas gawang Real Madrid. Kiper Real Madrid, Iker Casillas, dibuat tidak mampu menggapai laju bola.

Marc Bartra kemudian merayakan gol dengan mencium lambang Barcelona di dada kirinya. Marc Bartra juga disambut pelukan dari rekan-rekan setimnya. Real Madrid unggul sejak menit ke-11. Keunggulan Real Madrid dicetak oleh Angel Di Maria.

Gol bek Barcelona, Marc Bartra, ke gawang Real Madrid pada final Copa del Rey, Kamis (17/4/2014) tidak hanya menyamakan kedudukan sementara menjadi 1-1. Gol ini sekaligus mengakhir ketangguhan gawang Real Madrid di Copa del Rey.

Bagi Real Madrid, gol ini merupakan gol pertama yang masuk ke gawang mereka selama Copa del Rey musim 2013/14. Keperawanan gawang Los Blancos akhirnya terpatahkan dalam tempo 13 jam dan delapan menit, atau 788 menit pertandingan.

Dalam perjalanan ke babak final, gawang Real Madrid tetap perawan dalam delapan pertandingan. Menghadapi Olimpic de Xativa, Osasuna, Espanyol, dan Atletico Madrid, skuat asuhan Carlo Ancelotti total mencetak 19 gol.

Real Madrid unggul 2-1 atas Barcelona pada final Copa del Rey, Kamis (17/4/2014). Keunggulan Real Madrid tercipta melalui kaki Gareth Bale pada menit ke-85.

Ternyata, kemenangan Real Madrid ditentukan oleh aksi individual pemain termahalnya, Gareth Bale, yang gol penentu kemenangan pada menit ke-85.

Gol Gareth Bale tercipta melalui aksi individual yang brilian. Menggiring bola dari separuh lapangan, Gareth Bale mampu berlari kencang melewati hadangan Marc Bartra di tepi lapangan sisi kanan pertahanan Barcelona.

Gareth Bale sampai berlari di luar garis lapangan, namun sanggup menggapai bola dan meninggalkan Marc Bartra beberapa langkah di belakangnya. Pemain termahal di dunia itu kemudian menaklukkan Jose Manuel Pinto dari jarak dekat dengan tendangan pelan di tiang dekat.

El Clasico perdana bek Barcelona, Marc Bartra, pada final Copa del Rey di Mestalla, Kamis (17/4/2014) berakhir ironis. Meski mencetak gol, Marc Bartra menjadi penyebab kekalahan Barcelona dari Real Madrid.

Marc Bartra menandai El Clasico perdananya dengan mencetak gol pada menit ke-68. Gol yang menyamakan kedudukan menjadi 1-1 itu merupakan gol ketiga Marc Bartra bersama tim senior Barcelona.

Gol tersebut memiliki catatan unik. Marc Bartra menjadi pemain Barcelona pertama yang mampu menjebol gawang Real Madrid dengan sundulan sejak Carles Puyol melakukannya pada 2012. Gol Carles Puyol juga tercipta di ajang Copa del Rey.

Gol Marc Bartra sekaligus mengakhir ketangguhan gawang Real Madrid di Copa del Rey musim ini. Atas gol Marc Bartra, keperawanan gawang Real Madrid di turnamen ini hanya bertahan selama 788 menit.

Debut manis Marc Bartra di El Clasico berakhir pedih. Pemuda 23 tahun itu tidak mampu mengejar Gareth Bale sehingga pemain asal Wales itu mencetak gol yang menentukan kemenangan Real Madrid. Setelah gol itu Marc Bartra ditarik Gerardo Martino untuk digantikan dengan Alexis Sanchez.

Empat menit kemudian Barcelona nyaris menyamakan kedudukan menjadi 2-2. Tendangan Neymar dari dalam kotak penalti menyambut umpan terobosan Xavi Hernandez membentur tiang gawang dan bola berbalik ke pelukan Iker Casillas.

Setelah menangkap bola, Iker Casillas berlari ke arah tiang kiri dan menepuk tiang itu seolah berterima kasih. Sebaliknya, setelah peluang manisnya gagal Neymar berjalan pelan dengan ekspresi seolah tidak percaya dan sempat melihat ke atas.

Carlo Ancelotti mengklaim Real Madrid pantas menyabet gelar pertama di eranya musim ini, Copa del Rey.

Tanpa kehadiran Cristiano Ronaldo yang dibekap cedera, Gareth Bale menjadi penentu kemenangan Los Blancos atas Barcelona setelah sundulan Marc Bartra sempat membatalkan keunggulan Angel Di Maria.

Carlo Ancelotti juga yakin kehadiran Piala Spanyol akan memotivasi pemain di sisa kompetisi. “Kami main di level maksimal. Kami tampil sangat bagus selama sebagian besar pertandingan. Saya pikir kami pantas mendapatkannya,” tutur mantan pembesut Paris Saint-Germain. “Semua pemain memberikan yang terbaik malam ini. Cedera Ronaldo tambahan motivasi untuk kami,” tambah dia. “Wajar trofi ini memberikan kami kepercayaan diri lebih menuju akhir musim,” pungkas dia.

Susunan pemain:

Barcelona: Jose Manuel Pinto; Javier Mascherano, Marc Bartra (Alexis 86), Jordi Alba (Adriano 46), Daniel Alves; Cesc Fabregas (Pedro 60), Xavi Hernandez, Sergio Busquets, Andres Iniesta; Lionel Messi, Neymar.

Cadangan: Oier, Puyol, Adriano, Song, Sergi Roberto, Pedro, Alexis.

Bookings: Neymar, Javier Mascherano.

Pelatih: Gerardo Martino.

Real Madrid: Iker Casillas; Pepe, Sergio Ramos, Fabio Coentrao, Daniel Carvajal; Xabi Alonso, Luka Modric, Isco (Casemiro 88); Karim Benzema (Varane 90), Gareth Bale, Angel Di Maria (Illarramendi 86).

Cadangan: Diego López, Varane, Casemiro, Nacho, Morata, Illarra, Willian José.

Pelatih: Carlo Ancelotti. (jos)

See Also

Ground Breaking Pembangunan Bintan International Green Circuit Akan Dilakukan Presiden Joko Widodo
Ketua Umum IMI Bamsoet Apresiasi Jakarta E-Prix 2022 Sukses Digelar
Ketua Umum IMI Bamsoet Pastikan Jakarta E-Prix 2022 (Formula E) Siap Digelar Di Jakarta
Ketua MPR RI Ajak Komunitas Otomotif Bantu Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat
Ketua MPR RI Apresiasi Tarung Derajat Jadi Kurikulum Wajib STIN
IMI Bersama KNPI Akan Gelar Kejuaraan Balap Motocross Piala Ketua MPR RI
Lantik Pengurus IMI NTB, Ketua MPR RI Dorong Peningkatan Prestasi Atlit Balap
Ketua MPR RI Dorong Peningkatan Prestasi Olahraga Menembak Indonesia
IMI Bersama NMAA Gelar Perang Bintang IMX Black Stone LiveMods Challenge 2022
Ketua Umum IMI Bersama Gubernur NTB Resmi Kick Off Penyelenggaraan MXGP 2022 Di Samota
Ketua MPR RI Sebut Vespa World Days 2022 Siap Digelar Juni Di Bali
IMI Bersama Gallant Venture Pte Ltd Tetapkan Lagoi Sebagai Lokasi Bintan International Circuit
Ketua MPR RI Berikan Bonus Motor Vespa Kepada Timnas Futsal Putra Indonesia
Ketua MPR RI Lakukan Pre-Launching Super Apps, GASPOL! IMI
Ketua MPR RI Apresiasi Pengadaan EHang 216 Sebagai Official Aircraft IMI Dan Cargo
NMAA Siap Gelar Lomba Mobil Modifikasi IMX Black Stone LiveMods 2022 Perebutkan Piala Ketua MPR RI
Ketua MPR RI Bertekad Membawa IMI Mewarnai Percaturan Olahraga Otomotif Dunia
Miguel Oliveira Jadi Juara Perdana MotoGP Mandalika 2022
Ketua MPR RI Apresiasi Pengurus Dan Anggota IMI Sukseskan Gelaran MotoGP Mandalika 2022
Presiden Joko Widodo Apresiasi Masyarakat Hingga Penyelenggara MotoGP Mandalika 2022
Ketua MPR RI Apresiasi Trofi MotoGP Mandalika 2022 Karya Tuksedo Studio Bali
Pelaksanaan MotoGP Mandalika 2022 Berlangsung Sukses Meskipun Hujan
Ketua MPR RI Bersama Presiden Joko Widodo Melepas Parade Energy To Speed Up Parade Pembalap MotoGP
Bamsoet Bangga 5 Pembalap Jawa Timur Go Intermasional
Bamsoet Saksikan Kehebatan Bela Diri Para Prajurit Di Markas Besar Komando Armada II TNI AL Surabaya
jQuery Slider

Comments

Arsip :2022202120202019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 10.474.302 Since: 05.03.13 | 0.2111 sec