Olah Raga

Marc Marquez Kembali Puncaki Sirkuit America MotoGP Austin

Monday, 14 April 2014 | View : 1450

AUSTIN-SBN.

Pebalap Repsol Honda asal Spanyol, Marc Marquez kembali menobatkan diri sebagai penguasa Circuit of The Americas setelah memenangi MotoGP Austin, Texas, Amerika Serikat (AS), Minggu (13/4/2014) waktu setempat atau Senin (14/4/2014) dini hari. Marc Marquez kembali mencantumkan namanya sebagai juara di MotoGP Austin. Pebalap Spanyol itu mengulangi kesuksesannya di MotoGP Texas, Amerika Serikat, pada tahun 2013 lalu, ketika ia juga meraih kemenangan dari posisi start terdepan. Dengan demikian Marc Marquez mempertahankan Juara MotoGP Austin yang juga dia raih pada musim lalu. Dia berhasil menyelesaikan balapan dengan mulus.

Di sirkuit ini, Repsol Honda benar-benar mendominasi. Selain Marc Marquez di posisi pertama, di posisi kedua juga diikuti oleh rekan setimnya dan berhasil diambil Dani Pedrosa. serta pebalap Ducati, Andrea Dovizioso di posisi ketiga. Ini merupakan podium perdana Ducati sejak MotoGP San Marino 2012 lalu.

Sementara itu, posisi keempat dan kelima masing-masing ditempati oleh pebalap LCR Honda, Stefan Bradl dan pebalap Monster Yamaha Tech 3, Bradley Smith.

Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez yang memulai race sebagai pemilik pole position langsung mendominasi penuh jalannya balapan. Itu sebabnya Jorge Lorenzo seperti salah tingkah dengan dominasi waktu Marc Marquez, sehingga dia melaju sebelum lampur merah start padam sampai dua kali. Pebalap Movistar Yamaha MotoGP, Jorge Lorenzo yang start dari posisi kelima lagi-lagi harus mengalami nasib buruk. Pada start yang dramatis, juara dunia 2010 dan 2012 Jorge Lorenzo melakukan "jump start" dari posisi kelima di grid.

Satu-satunya moment Marc Marquez tak berada di posisi satu adalah pada lap pertama. Ketika itu, Marc Marquez berada di belakang Jorge Lorenzo yang melesat ke posisi terdepan karena mencuri start. Namun, tak lama setelah itu Jorge Lorenzo menjalani ride through penalty di akhir lap pertama. Ia melakukan jump start dan mendapat ride through penalty. Alhasil, pebalap Spanyol itu, Jorge Lorenzo harus masuk ke dalam pit lane di akhir putaran pertama untuk menjalani hukuman dan melakukan jump start sebagai hukuman. Hal ini membuat persaingan menjadi kurang menarik.

Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez yakin bahwa kesalahan yang dilakukan Jorge Lorenzo di MotoGP Austin, Texas merupakan pelajaran bagi semua pebalap. “Kesalahan Jorge sulit dipahami, tapi di dalam balapan, apapun bisa terjadi. Bahkan pebalap yang sangat berpengalaman seperti Jorge bisa melakukan kesalahan serius. Ini artinya pebalap harus terus tetap fokus,” papar Marc Marquez kepada SpeedWeek.com.

Jorge Lorenzo yang start dari posisi kelima sempat melakukan jump start di Austin dan melewati Pedrosa yang start dari posisi kedua. Ini yang membuatnya meraih ride through penalty dan Jorge Lorenzo pun dijatuhi ride through penalty. Jorge Lorenzo pun harus puas finis ke-10. Sementara Dani Pedrosa finis kedua di belakang Marc Marquez.

Pebalap Movistar Yamaha MotoGP ini mengaku konsentrasinya terganggu oleh nyamuk yang menempel pada visor helmnya.

Pebalap Repsol Honda, Dani Pedrosa mengaku nyaris terkecoh saat pebalap Movistar Yamaha MotoGP, Jorge Lorenzo melakukan jump start di MotoGP Austin, Texas, Minggu (13/4/2014). “Startnya cukup mengecoh. Ketika saya melihat Jorge melintas, saya pikir saya yang salah. Selama balapan, saya berusaha sebaik mungkin, namun Marc lebih cepat dan saya tak bisa mengikuti ritme balapnya. Tapi finis kedua cukup baik. Saya puas," ungkapnya kepada MotoGP.com.

Sejak awal lomba, Marc Marquez selalu memimpin. Di lain pihak, kecelakaan hebat menimpa rekan setim ‘Dovi’ panggilan akrab Andrea Dovizioso, Cal Crutchlow. Pebalap AS itu harus dilarikan ke bagian medis, setelah motor Desmosedici Ducati dia terlempar pada tikungan Austin yang kedua. Setelah itu, dia terlihat melepas sarung tangan dan memeriksa sekilas tangan kanan. Cal Crutchlow akhirnya dilarikan ke bagian medis dengan sebuah tandu.

Selanjutnya, Marc Marquez mengambil alih status pimpinan balapan. Dia pun langsung menyelesaikan dan menuntaskan balapan yang terdiri dari 21 lap itu di Texas. Bahkan, sampai berakhirnya lomba, Juara Dunia MotoGP 2013 itu unggul lebih dari empat detik atas pesaing terdekat di Austin, Dani Pedrosa, dan Andrea Dovizioso, dari tim Ducati.

Marc Marquez, yang memenangi balap pembuka musim di Qatar pada bulan lalu meski mengalami patah kaki pada empat pekan sebelumnya, finis dengan keunggulan 4,124 detik atas rekan setimnya di Honda Dani Pedrosa. Pada balapan, Marc Marquez terus mendominasi dan tidak pernah terlihat berada dalam ancaman, sehingga Dani Pedrosa hanya dapat mengamankan posisi kedua. Dani Pedrosa hanya bisa membuntuti sang juara dunia tanpa bisa memberikan perlawanan yang berarti.

Keunggulan Marc Marquez atas Dani Pedrosa berkembang menjadi empat detik dengan empat putaran yang masih harus diselesaikan, sedangkan Andrea Dovizioso, yang start dari posisi ke-10, naik ke urutan ketiga. Pebalap Ducati, Andrea Dovizioso yang akrab dipanggil ‘Dovi’ menyusul pada urutan berikutnya, menduduki posisi ketiga dengan torehan waktu lebih lambat dan selisih jauh +20.976 detik. Posisi podium terakhir menjadi milik Andrea Dovizioso dari tim Ducati yang tampil apik di sirkuit Austin. Meski pada balapan sempat akan diambil posisinya oleh Valentino Rossi. Itu adalah podium pertama bagi Ducati di MotoGP sejak San Marino 2012. Hebatnya, ‘Dovi’ menorehkan prestasi itu dengan penyakit flu masih menggerogoti kebugaran dia.

Pebalap legendaris dari Italia, Valentino Rossi, yang harus memulai lomba dari deret kedua, berhak atas posisi kedelapan. ‘Vale’ panggilan akrab Valentino Rossi lebih lambat +45,519 detik dari Marc Marquez.

Pebalap Spanyol Marc Marquez melewati garis finish dalam balapan MotoGP 2014 di sirkuit Austin, Texas, Amerika Serikat, Minggu (13/4/2014) waktu setempat atau Senin (14/4/2014) dini hari. “Saya begitu gembira dengan kemenangan ini. Startnya bagus dan 25 angka penting bagi tim meski balap ini sedikit membosankan," ucap Marc Marquez.

Di balik hasil gemilang Honda, hasil berbeda diraih Yamaha. Sempat terlempar ke posisi paling akhir, Jorge Lorenzo akhirnya menuntaskan balapan di urutan 10. Runner-up MotoGP 2013, Jorge Lorenzo, finish pada posisi ke-10, setelah insiden jump start dan menjalani hukuman yang telah ditentukan.

Sementara itu, Valentino Rossi finis di urutan delapan, meski sempat bertarung memperebutkan posisi tiga di lap-lap awal, tapi the Doctor gagal mencuri podium akhir.

Hasil balapan di MotoGP Austin ini melanjutkan hasil positif Marc Marquez di awal musim 2014 untuk mempertahankan gelar juara dunia. Dua pekan lalu di Losail, dia juga jadi juara setelah memenangi duel sengit dengan Valentino Rossi.

Juara dunia MotoGP  tahun lalu Marc Marquez meraih kemenangan di Grand Prix Amerika pada Minggu, yang merupakan kemenangan keduanya dari dua balap musim ini. Namun ia mengakui ini merupakan kemenangan yang membosankan. Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez berpendapat bahwa MotoGP Austin, Texas yang ia menangi akhir pekan lalu berjalan membosankan bagi penggemar, namun mengaku sulit bagi timnya.

Marc Marquez yang start dari pole, langsung memimpin balapan selepas start hingga finis tanpa perlawanan berarti dari para rival. Menurut sang juara bertahan ini, hal itu lah yang membuat penonton bosan. “Saya tahu bagi beberapa di antara kalian balapan kemarin sedikit membosankan. Tapi saya yakin, kita akan melihat pertarungan sengit lagi di seri-seri selanjutnya," tulis Marc Marquez dalam blog pribadinya.

Meski begitu, Marc Marquez mengaku balapan tersebut malah sulit dijalani oleh timnya. "Balapan itu sejatinya tak mudah bagi kami. Meski memimpin semua sesi, kami punya tugas menumpuk. Cuaca juga membingungkan kami," tutupnya.

Marc Marquez yang memenangkan balapan di Austin akan kembali beraksi bersama Jorge Lorenzo di seri MotoGP 2014 berikutnya yang berlangsung di Argentina pada 25-27 April 2014 mendatang.

Hasil MotoGP Austin 2014:

1. Marc Marquez (Spain) Honda 43m33.430s.

2. Dani Pedrosa (Spain) Honda +4.124s.

3. Andrea Dovizioso (Italy) Ducati +20.976s.

4. Stefan Bradl (Germany) LCR Honda +22.790s.

5. Bradley Smith (Britain) Tech 3 Yamaha +22.963s.

6. Pol Espargaro (Spain) Tech 3 Yamaha +26.567s.

7. Andrea Iannone (Italy) Pramac Ducati +28.257s.

8. Valentino Rossi (Italy) Yamaha +45.519s.

9. Aleix Espargaro (Spain) Forward Yamaha +47.605s.

10. Jorge Lorenzo (Spain) Yamaha +49.111s.

11. Nicky Hayden (U.S.) Aspar Honda +1m00.735s.

12. Hiroshi Aoyama (Japan) Aspar Honda +1m03.954s.

13. Yonny Hernandez (Colombia) Pramac Ducati +1m07.333s.

14. Karel Abraham (Czech Republic) Cardion Honda +1m27.972s.

15. Hector Barbera (Spain) Avintia FTR-Kawasaki +1m32.376s.

16. Michael Laverty PBM Aprilia +1m32.543s.

17. Danilo Petrucci Ioda Aprilia +1m39.176s.

18. Mike di Meglio Avintia FTR-Kawasaki +1m51.962s.

Gagal finis:

19. Scott Redding Go&Fun Honda Gresini.

20. Colin Edwards NGM Forward Racing.

21. Cal Crutchlow Ducati Team.

22. Alvaro Bautista Go&Fun Honda Gresini.

23. Broc Parkes - Paul Bird Motorsport.

Klasemen sementara Pebalap usai Seri MotoGP Austin 2014:

1. Marc Marquez Honda - 50 poin.

2. Dani Pedrosa Honda - 38 poin.

3. Valentino Rossi Yamaha - 28 poin.

4. Andrea Dovizioso Ducati - 27 poin.

5. Aleix Espargaro Forward Yamaha - 20 poin.

6. Andrea Iannone Ducati - 15 poin.

7. Stefan Bradl Honda - 13 poin.

8. Nicky Hayden Honda - 13 poin.

9. Bradley Smith Yamaha - 11 poin.

10. Pol Espargaro Yamaha - 10 poin.

11. Cal Crutchlow Ducati - 10 poin.

12. Scott Redding Honda - 9 poin.

13. Hiroshi Aoyama Honda - 9 poin.

14. Colin Edwards Forward Yamaha - 7 poin.

15. Yonny Hernandez Ducati - 7 poin.

16. Jorge Lorenzo Yamaha - 6 poin.

17. Karel Abraham - Honda - 5 poin.

18. Danilo Petrucci - ART - 2 poin.

19. Hector Barbera - Avintia - 1 poin.

20. Broc Parkes - PBM - 1 poin. (speedweek.com/motogp.com/jos)

See Also

Ground Breaking Pembangunan Bintan International Green Circuit Akan Dilakukan Presiden Joko Widodo
Ketua Umum IMI Bamsoet Apresiasi Jakarta E-Prix 2022 Sukses Digelar
Ketua Umum IMI Bamsoet Pastikan Jakarta E-Prix 2022 (Formula E) Siap Digelar Di Jakarta
Ketua MPR RI Ajak Komunitas Otomotif Bantu Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat
Ketua MPR RI Apresiasi Tarung Derajat Jadi Kurikulum Wajib STIN
IMI Bersama KNPI Akan Gelar Kejuaraan Balap Motocross Piala Ketua MPR RI
Lantik Pengurus IMI NTB, Ketua MPR RI Dorong Peningkatan Prestasi Atlit Balap
Ketua MPR RI Dorong Peningkatan Prestasi Olahraga Menembak Indonesia
IMI Bersama NMAA Gelar Perang Bintang IMX Black Stone LiveMods Challenge 2022
Ketua Umum IMI Bersama Gubernur NTB Resmi Kick Off Penyelenggaraan MXGP 2022 Di Samota
Ketua MPR RI Sebut Vespa World Days 2022 Siap Digelar Juni Di Bali
IMI Bersama Gallant Venture Pte Ltd Tetapkan Lagoi Sebagai Lokasi Bintan International Circuit
Ketua MPR RI Berikan Bonus Motor Vespa Kepada Timnas Futsal Putra Indonesia
Ketua MPR RI Lakukan Pre-Launching Super Apps, GASPOL! IMI
Ketua MPR RI Apresiasi Pengadaan EHang 216 Sebagai Official Aircraft IMI Dan Cargo
NMAA Siap Gelar Lomba Mobil Modifikasi IMX Black Stone LiveMods 2022 Perebutkan Piala Ketua MPR RI
Ketua MPR RI Bertekad Membawa IMI Mewarnai Percaturan Olahraga Otomotif Dunia
Miguel Oliveira Jadi Juara Perdana MotoGP Mandalika 2022
Ketua MPR RI Apresiasi Pengurus Dan Anggota IMI Sukseskan Gelaran MotoGP Mandalika 2022
Presiden Joko Widodo Apresiasi Masyarakat Hingga Penyelenggara MotoGP Mandalika 2022
Ketua MPR RI Apresiasi Trofi MotoGP Mandalika 2022 Karya Tuksedo Studio Bali
Pelaksanaan MotoGP Mandalika 2022 Berlangsung Sukses Meskipun Hujan
Ketua MPR RI Bersama Presiden Joko Widodo Melepas Parade Energy To Speed Up Parade Pembalap MotoGP
Bamsoet Bangga 5 Pembalap Jawa Timur Go Intermasional
Bamsoet Saksikan Kehebatan Bela Diri Para Prajurit Di Markas Besar Komando Armada II TNI AL Surabaya
jQuery Slider

Comments

Arsip :2022202120202019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 10.473.764 Since: 05.03.13 | 0.2122 sec