Olah Raga

Ganyang Selangor Malaysia, Arema Cronus Lolos 16 Besar AFC Cup

Wednesday, 16 April 2014 | View : 1135

MALANG-SBN.

Kesebelasan Arema Cronus Indonesia melakoni partai hidup dan mati melawan Selangor FA dalam lanjutan penyisihan Grup F Piala AFC 2014 di Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Kabupaten Malang, provinsi Jawa Timur, Rabu (16/4/2014) sore. Arema Cronus memburu poin penuh saat menjamu Selangor FA dalam laga Grup F AFC Cup 2014 di Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Kabupaten Malang, Rabu (16/4/2014) sore.

Kemenangan akan memuluskan langkah tim berjuluk Singo Edan ini melenggang ke babak selanjutnya. Kemenangan akan langsung mengantar Singo Edan ke babak 16 besar Piala AFC Cup 2014 sebagai runner-up Grup F. Kemenangan tentu saja memudahkan ambisi mereka untuk maju ke babak selanjutnya. Karena itu, sebelumnya pelatih Suharno meminta Ahmad Bustomi dkk bisa bermain lepas saat menjamu wakil Malaysia itu. "Pertandingan besok cukup penting, tetapi pemain tak harus menjadikannya beban. Bermain lepas dan fokus agar target tercapai," tandas Suharno.

Sebaliknya, kekalahan akan membuat peluang pasukan Kota Malang itu ke perdelapan final akan berat karena tergusur dari posisi dua. Meski masih ada satu laga pamungkas, pekan depan, langkah Cristian Gonzales dkk akan sulit mengingat Arema Cronus harus bertandang ke markas Hanoi T&T.

Oleh karena itu, sebelum pertandingan penentuan melawan Selangor FA, pelatih Arema Cronus Suharno pun menyadari betul situasi genting yang dialami timnya saat ini. "Fokus kita sekarang adalah lawan Selangor FA. Kita menghadapi pertandingan yang menentukan. Meskipun babak penyisihan belum selesai, laga lawan Selangor penting," ungkap coach Suharno.

Dalam pertemuan pertama yang digelar di kandang Selangor FA, Stadion Majlis Perbandaran Selayang Selangor, Malaysia, pada hari Selasa (25/2/2014) lalu, kedua tim bermain imbang seri 1-1. Meski sukses menahan imbang 1-1 Selangor FA di kandangnya akhir Februari 2014 tepatnya 25 Februari 2014 silam, pelatih Suharno enggan meremehkan lawannya. Tim tamu memiliki bekal bagus saat menundukkan Hanoi T&T 3-1. "Selangor ini tim bagus, mereka bisa mengalahkan Hanoi T&T. Tapi kami optimis bisa tampil lebih baik dan meraih hasil positif," pungkas pelatih Suharno.

Meski kali ini bermain kandang, Arema Cronus tidak sepenuhnya menjadi tim unggulan mengingat mereka pernah dibantai Hanoi T&T asal Vietnam dengan skor 1-3 di Kanjuruhan, Malang, provinsi Jawa Timur pada 19 Maret 2014 lalu.

Di lain pihak, Selangor FA justru menjadi satu-satunya tim di Grup F yang mampu menumbangkan wakil Vietnam itu 3-1.

Performa Singo Edan pun tengah limbung menyusul kekalahan dramatis 2-3 dari Persib Bandung di lanjutan Indonesia Super League, akhir pekan lalu. Tim kebanggaan Aremania ini pun diminta melupakan kekalahan 2-3 atas Persib Bandung di Indonesia Super League (ISL) beberapa saat lalu. Kini para pemain harus fokus pada pertandingan melawan Selangor FA. “Lupakan hasil melawan Persib Bandung. Sekarang kami fokus menghadapi Selangor FA, kemenangan akan memuluskan langkah kami menuju babak 16 besar," urai pelatih Arema Cronus, Suharno dalam keterangan persnya di Malang, Jawa Timur, Selasa (15/4/2014).

Pelatih Arema Cronus, Suharno mengakui timnya kini mengalami kelelahan fisik akibat jadwal padat. Apalagi awal bulan ini, Cristian Gonzales dkk juga bermain ketat dengan Maziya Sports & Recreations dari negara Maladewa di Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Kabupaten Malang, provinsi Jawa Timur, Selasa (1/4/2014) sore sebelum akhirnya menang 3-2.

Meski demikian, Suharno tidak takut sang tamu langsung menggeber dengan permainan keras. Yang penting, anak-anak asuhnya mengemas tiga poin di kandang kali ini serta melangkah ke 16 besar dalam perjalanan mereka memenuhi target masuk semifinal. “Kami tidak takut dengan permainan keras Selangor, kami juga sudah bisa menghadapi permainan keras tim lawan. Yang terpenting bagi kami adalah meraih poin sempurna," tukas Suharno.

Akhirnya, kesebelasan Arema Cronus Indonesia berhasil memuluskan langkahnya menuju ke babak 16 besar Piala AFC Cup 2014. Arema Cronus memastikan diri lolos ke babak 16 besar Piala AFC Cup 2014 setelah menghajar klub Malaysia Selangor FA dalam laga lanjutan Grup F, Rabu (16/4/2014). Menjamu Selangor FA di Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Kabupaten Malang, provinsi Jawa Timur, Rabu (16/4/2014), anak asuh Suharno ini berhasil menang dengan skor tipis 1-0.

Gol penentu kemenangan Arema Cronus dalam laga yang digelar di Stadion Kanjuruhan, Malang itu hasil eksekusi Gustavo Lopez dari titik penalti pada menit 45. Penalti itu diberikan wasit setelah pemain belakang Selangor Muhammad Shahrom menahan bola yang akan masuk ke dalam gawangnya menggunakan tangan. Wasit pun mengganjar Muhammad Shahrom dengan kartu merah dan memberikan hadiah penalti untuk Arema Cronus.

Tampil di kandang lawan tak membuat Selangor FA keder. Gergasi Merah julukan tim asal Malaysia tersebut langsung menyerbu pertahanan Arema Cronus begitu laga dimulai.

Peluang pertama didapat Selangor FA kala laga baru berjalan satu menit. Memanfaatkan skema tendangan sudut, Pablo Rangel menyundul bola ke gawang Arema Cronus. Beruntung bagi tuan rumah, penjaga gawang Kurnia Meiga sigap menangkap bola.

Tuan rumah enggan dipermalukan di depan para pendukung fanatiknya. Arema Cronus coba balik menyerbu pertahanan Selangor FA.

Pada menit ke-4, penyerang Arema Cronus, Cristian Gonzales  memiliki peluang emas ketika berhadapan satu lawan satu dengan kiper Selangor FA, Farizal Marlias. Namun, Farizal Marlias yang posisinya lebih dekat dengan bola berhasil menyapu si kulit bundar keluar dari area berbahaya.

Lima menit kemudian, Cristian Gonzales kembali memiliki peluang apik. Tapi, kali ini bola hasil sepakannya melenceng tipis dari pojok kanan atas mistar gawang Selangor FA.

Selangor FA kembali mengancam gawang Arema Cronus di menit 16. Kali ini, teror datang dari Thamil Arasu, yang berhasil menyundul bola hasil sepak pojok. Namun, lagi-lagi, kiper Kurnia Meiga berhasil mengamankan gawangnya.

Pada menit ke-26, gawang Kurnia Meiga sempat bobol melalui sundulan Thamil Arasu, lagi-lagi melalui skema sepak pojok. Namun, bola yang sudah melewati garis gawang lekas ditangkap kiper Kurnia Meiga. Wasit memutuskan bola belum menjadi gol.

Tiga menit berselang, kiper Kurnia Meiga kembali sukses menyelamatkan gawangnya, kali ini dari serbuan Muhammad Shahrom.

Sepuluh menit kemudian, melalui sundulan kerasnya, Cristian Gonzales berhasil membobol gawang Selangor FA. Namun, gol tersebut dianulir karena Cristian Gonzales terlebih dahulu berada di posisi offside.

Tiga menit berselang, Arema Cronus akhirnya mampu mencetak gol. Gustavo Lopez membawa tuan rumah unggul melalui eksekusi penalti, menyusul handsball Muhammad Shahrom.

Selain kebobolan, Selangor FA juga harus kehilangan Muhammad Shahrom. Dia mendapat kartu merah langsung dari wasit Gamini Nivon Robesh.

Di babak kedua, Arema Cronus tampil trengginas. Arema Cronus langsung menggebrak pertahanan Selangor FA untuk menambah keunggulan.

Sebaliknya, Selangor FA yang harus bermain dengan sepuluh orang bermain lebih defensif. Selangor FA banyak bertahan di area sendiri dan hanya mengandalkan serangan balik sporadis.

Menambah daya dobrak, Arema Cronus melakukan pergantian pemain di menit 56. Irsyad Maulana ditarik dan digantikan Sunarto.

Masuknya Sunarto memang menambah trengginasnya lini penyerangan Arema. Namun, peluang demi peluang yang tercipta gagal dimanfaatkan dengan baik oleh Cristian Gonzales dan kawan-kawan.

Keunggulan jumlah pemain tak bisa dimanfaatkan penggawa Arema Cronus. Bahkan, menit 72, Veenod Subramaniam berhasil mengobrak-abrik benteng tuan rumah yang dikawal Victor Igbonefo dan Thierry Gathuessi. Namun, beruntung bagi tuan rumah, sepakan Veenod Subramaniam melenceng di samping gawang Kurnia Meiga.

Lima menit kemudian, Samsul Arif memiliki kesempatan menambah keunggulan Arema Cronus. Namun, kiper Farizal Marlias masih sigap menangkis sepakan mantan penyerang Persela Lamongan ini.

Jelang laga usai, Arema Cronus terus membombardir pertahanan Selangor FA. Namun, sampai laga usai, tak ada tambahan gol tercipta.

Kemenangan dengan tambahan tiga poin itu membuat Arema Cronus dipastikan melaju ke babak 16 besar Piala AFC Cup 2014. Pasalnya, klub Liga Super Indonesia itu kini menduduki peringkat kedua dengan raihan poin 10. Raihan itu tidak bisa terkejar oleh Selangor FA yang berada di peringkat ketiga dengan raihan poin 5.

Namun, untuk mengetahui posisi akhir di klasemen, Arema Cronus harus menanti hasil laga melawan Hanoi T&T pekan depan.

Setelah memastikan diri melaju ke 16 besar Piala AFC setelah menang 1-0 atas Selangor FA, Arema Cronus kini mengincar posisi pemuncak Grup F. Arema Cronus bahkan berpeluang menjadi juara Grup F. Pasalnya, di laga terakhir, klub besutan Suharno itu akan bertandang ke markas klub Vietnam Hanoi T&T.

Kini, Arema Cronus menduduki peringkat dua klasemen Grup F dengan raihan 10 poin dan berada di bawah pemuncak klasemen Grup F Hanoi T&T. Sedangkan, Hanoi T&T menduduki pemuncak klasemen Grup F dengan raihan poin 12 atau unggul dua poin dari Arema Cronus. Arema Cronus, tertinggal dua poin dari pemuncak klasemen Hanoi T&T.

Sedangkan Selangor FA masih mengintai di bawahnya dengan 5 angka. Poin Arema Cronus tidak mungkin terkejar oleh Selangor FA yang mengantongi 5 poin di peringkat ketiga.

Meski sudah memastikan lolos, pelatih Arema Cronus, Suharno tampaknya tidak puas hanya dengan menjadi runner-up. Arema Cronus masih berkesempatan menyalip Hanoi T&T sebagai juara Grup F di klasemen akhir. Jika mampu menumbangkan wakil Vietnam itu di laga terakhir pada Rabu (23/4/2014), Arema Cronus akan menjadi pemuncak Grup F. Jika Cristian Gonzales dan kawan-kawan bisa mengalahkan Hanoi T&T maka Arema Cronus akan memuncaki klasemen dengan keunggulan satu poin dari klub Vietnam itu. Namun jika imbang atau kalah, Arema Cronus akan lolos sebagai runner up Grup F. "Kami tidak hanya ingin menjadi runner-up, kami juga ingin menjadi juara Grup F," tandas pelatih Suharno.

Meskipun demikian, misi itu tidak akan mudah mengingat Arema Cronus akan melawat ke Stadion Hang Day, Hanoi, di laga terakhir. Hanoi T&T hanya butuh hasil imbang dengan Arema Cronus untuk menahbiskan posisi teratas.

Jika mampu memuncaki klasemen akhir, Arema Cronus akan menghadapi runner-up Grup G antara Tampine Rovers (Singapura) dan Nay Pyi Taw (Myanmar) yang akan berduel pada Selasa (22/4/2014) atau sehari sebelum Singo Edan menghadapi Hanoi T&T serta menjadi tuan rumah 16 besar.

Namun, jika hanya mampu finis kedua, klub asal kota Malang itu sudah ditunggu raksasa asal Hong Kong Kitchee. Arema Cronus pun harus melakukan laga 16 besar itu di kandang perempat finalis Piala AFC musim lalu itu karena laga perdelapan final itu hanya dilakukan satu kali di markas juara Grup.

Susunan Pemain

Selangor FA:

Farizal Marlias; Steve Pantelidis, Muhammad Shahrom, Shahrom Abdul Kalam, Bunyamin Umay; Veenod Subramaniam, Shukur Jusoh, Junior, Gurusamy Govandar, Kunanlan Subramaniam, Paulo Rangel.

Arema Cronus:

Kurnia Meiga; Thierry Gathuessi, Victor Igbonefo, Benny, Alfarizie, Gustavo Lopez, Hendi Siswanto, Ahmad Bustomi (C), Dendi Santoso, Alberto ‘Beto’ Goncalves, Cristian Gonzales. (jos)

See Also

Ground Breaking Pembangunan Bintan International Green Circuit Akan Dilakukan Presiden Joko Widodo
Ketua Umum IMI Bamsoet Apresiasi Jakarta E-Prix 2022 Sukses Digelar
Ketua Umum IMI Bamsoet Pastikan Jakarta E-Prix 2022 (Formula E) Siap Digelar Di Jakarta
Ketua MPR RI Ajak Komunitas Otomotif Bantu Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat
Ketua MPR RI Apresiasi Tarung Derajat Jadi Kurikulum Wajib STIN
IMI Bersama KNPI Akan Gelar Kejuaraan Balap Motocross Piala Ketua MPR RI
Lantik Pengurus IMI NTB, Ketua MPR RI Dorong Peningkatan Prestasi Atlit Balap
Ketua MPR RI Dorong Peningkatan Prestasi Olahraga Menembak Indonesia
IMI Bersama NMAA Gelar Perang Bintang IMX Black Stone LiveMods Challenge 2022
Ketua Umum IMI Bersama Gubernur NTB Resmi Kick Off Penyelenggaraan MXGP 2022 Di Samota
Ketua MPR RI Sebut Vespa World Days 2022 Siap Digelar Juni Di Bali
IMI Bersama Gallant Venture Pte Ltd Tetapkan Lagoi Sebagai Lokasi Bintan International Circuit
Ketua MPR RI Berikan Bonus Motor Vespa Kepada Timnas Futsal Putra Indonesia
Ketua MPR RI Lakukan Pre-Launching Super Apps, GASPOL! IMI
Ketua MPR RI Apresiasi Pengadaan EHang 216 Sebagai Official Aircraft IMI Dan Cargo
NMAA Siap Gelar Lomba Mobil Modifikasi IMX Black Stone LiveMods 2022 Perebutkan Piala Ketua MPR RI
Ketua MPR RI Bertekad Membawa IMI Mewarnai Percaturan Olahraga Otomotif Dunia
Miguel Oliveira Jadi Juara Perdana MotoGP Mandalika 2022
Ketua MPR RI Apresiasi Pengurus Dan Anggota IMI Sukseskan Gelaran MotoGP Mandalika 2022
Presiden Joko Widodo Apresiasi Masyarakat Hingga Penyelenggara MotoGP Mandalika 2022
Ketua MPR RI Apresiasi Trofi MotoGP Mandalika 2022 Karya Tuksedo Studio Bali
Pelaksanaan MotoGP Mandalika 2022 Berlangsung Sukses Meskipun Hujan
Ketua MPR RI Bersama Presiden Joko Widodo Melepas Parade Energy To Speed Up Parade Pembalap MotoGP
Bamsoet Bangga 5 Pembalap Jawa Timur Go Intermasional
Bamsoet Saksikan Kehebatan Bela Diri Para Prajurit Di Markas Besar Komando Armada II TNI AL Surabaya
jQuery Slider

Comments

Arsip :2022202120202019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 10.474.073 Since: 05.03.13 | 0.2172 sec