Nasional

Sidarto Danusubroto Gantikan Posisi Taufiq Kiemas

JAKARTA-SBN. 

Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi PDIP, Irjen. Pol. (Purn) Drs. Sidarto Danusubroto, S.H., akhirnya resmi dilantik menjadi Ketua MPR RI, menggantikan alm. Taufiq Kiemas yang meninggal dunia. Anggota DPR yang berpengalaman selama tiga periode tersebut menempuh pendidikan kepolisian di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) Jakarta dan lulus tahun 1962. Dalam kurun waktu 1967-1968, Sidarto Danusubroto yang lahir pada tanggal 11 Juni 1936 ini ditunjuk menjadi ajudan Presiden RI pertama, Soekarno. Sidarto Danusubroto yang usianya tahun ini menginjak 77 tahun pernah menjabat sebagai Kapolres Tangerang (1974-1975), Kadispen Polri (1975-1976), Kepala Interpol (1976-1982), Kepala satuan Komapta Polri (1982-1985), Wakapolda Jawa Barat (1985-1986), Kapolda Sumatra Selatan (1986-1988), dan Kapolda Jawa Barat (1988-1991).

Hadir pada upacara pengucapan sumpah jabatan di antaranya seluruh para Wakil Ketua MPR RI, Ketua DPR RI H. Marzuki Alie, para Wakil Ketua DPR RI, Ketua DPD RI Irman Gusman dan Wakil Ketua DPD RI, ketua-ketua Fraksi-Fraksi partai politik di MPR RI dan DPR RI, Ketua BPK Hadi Purnomo, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Wakil Presiden Boediono, Kelompok Komite DPD RI, Ketua Fraksi PDIP di DPR Puan Maharani, Ketua Fraksi Partai Demokrat Nurhayati Ali Assegaf, Wakil Ketua MPR dari PPP Lukman Hakim Saifudin, Wakil Ketua MPR dari Partai Demokrat Hj. Melani Leimena Suharli, Wakil Ketua MPR dari Golkar Hajriyanto Y. Tohari, Ketua M.K. Akil Mochtar, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo serta pimpinan lembaga negara lainnya di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (8/7/2013) pukul 14.00 WIB.

Pria kelahiran Pandeglang, Banten ini aktif di Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) pimpinan Megawati Soekarnoputri setelah pensiun dari baktinya di kepolisian. Irjen. Pol. (Purn) Drs. Sidarto Danusubroto, S.H. terpilih menjadi anggota DPR selama 3 periode sejak tahun 1999 silam. Saat ini Sidarto Danusubroto yang menjabat Ketua DPP PDIP dan diusulkan langsung oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri untuk menjabat menjadi Ketua MPR RI. Sidarto Danusubroto mengalahkan calon lain yang muncul seperti Tjahjo Kumolo, Puan Maharani, dan Pramono Anung.

Sidarto Danusubroto diambil sumpah janjinya menjadi Ketua MPR RI menggantikan Taufiq Kiemas yang wafat karena sakit pada tanggal 8 Juni 2013 di hadapan ratusan anggota MPR, perwakilan dari pemerintah, dan anggota yudikatif. Dalam sumpah jabatannya, Sidarto Danusubroto berjanji memegang teguh Pancasila dan UUD 45, serta memperjuangkan aspirasi rakyat. “Demi Allah, Bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai ketua MPR dengan sebaik-baiknya. Bahwa saya akan memegang teguh Pancasila dan UUD 1945, berbakti kepada bangsa dan negara. Bahwa saya akan memperjuangkan aspirasi rakyat,” ucap Sidarto Danusubroto, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (8/7/2013).

Mantan ajudan Bung Karno tersebut berjanji akan menjadi jembatan yang menghubungkan pimpinan di internal lembaga MPR RI maupun dengan pimpinan lembaga-lembaga negara lainnya. “Mandat yang saya terima dari pimpinan MPR RI dan dari Ketua Umum PDI Perjuangan adalah agar bisa menjadi jembatan yang menghubungkan bagi pimpinan di internal MPR dan pimpinan lembaga-lembaga negara lainnya,” ujar Sidarto Danusubroto. “Saya akan berusaha keras menjalankan mandat tersebut,” tegas Sidarto Danusubroto usai upacara pengambilan sumpah jabatan di Gedung MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (8/7/2013).

Setelah pengambilan sumpah jabatan, Sidarto Danusubroto segera menyelenggarakan rapat konsolidasi antarpimpinan MPR RI, terutama untuk menyusun program sosialisasi Empat Pilar. “Saya akan melanjutkan program-program yang telah berjalan di MPR RI terutama sosialisasi Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara,” jelas Sidarto Danusubroto yang usianya di tahun 2013 ini menginjak 77 tahun. “Saya berjanji akan segera melakukan koordinasi dengan pimpinan MPR RI dan pimpinan fraksi-fraksi di MPR RI,” tukas Sidarto Danusubroto setelah pengambilan sumpah jabatan. “Rapat konsolidasi akan dihadiri oleh seluruh pimpinan MPR dan seluruh pimpinan fraksi-fraksi di MPR,” terang Wakil Ketua MPR RI, Hj. Melani Leimena Suharli. “Sosialisasi Empat Pilar dievaluasi setiap tahun, yang tujuannya untuk penyempurnaan,” imbuh Wakil Ketua MPR RI tersebut. (ant) 

See Also

Bamsoet: Drone Official IMI E-Hang 216 & POLRI Bantu Petakan Wilayah Terdampak Erupsi Gunung Semeru
Tutup Program Magang Di DPR RI, Puan Bicara Demokrasi Tak Hanya Soal Bicara Tapi Juga Mendengarkan
Selamat Hari Guru Nasional
Indonesia International Book Fair
63 Titik Penyekatan Di Jakarta Saat PPKM Darurat
Titik Penyekatan Di Jalan Tol Jasa Marga Group Dalam Rangka Mendukung PPKM Darurat
Daftar Exit Tol Yang Tutup Saat PPKM Darurat
Puan Menyatakan Berduka Atas Tenggelamnya KMP Yunicee Dan Meminta Pencarian Korban Terus Dilakukan
Di Sesko AU, Puan Sampaikan Pentingnya Kekuatan Pertahanan Dan Ancaman Serangan Cyber
Presiden Joko Widodo Tinjau Langsung Pelaksanaan PPKM Mikro Di Kelurahan Rawasari
Presiden Joko Widodo Sebut PPKM Mikro Kebijakan Paling Tepat Untuk Saat Ini
Puan Sebut Perempuan Berperan Penting Dalam Proses Perdamaian Afghanistan
Ketua DPR RI Minta Pemda Jangan Sembunyikan Kondisi Kasus Virus Corona
Dorong Percepatan Vaksinasi, Ketua DPR RI Bawa Tambahan Vaksin Untuk Warga Jateng
Megawati Sebut Ayah Saya Dilengserkan Namun Roda Kehidupan Berputar
Megawati Soekarnoputri Resmi Dikukuhkan Jadi Profesor Kehormatan Di Universitas Pertahanan
Megawati Soekarnoputri Tegaskan Perlu Amandemen Sekali Lagi Untuk Hadirkan Kembali PPHN
Megawati Bingung Dicap Komunis
Megawati Cerita Soekarno Dilengserkan
Megawati Minta Presiden Tambah Personel TNI-Polri
Bamsoet: Ibu Megawati Tegaskan Dukung MPR RI Miliki Kewenangan Menyusun Dan Menetapkan Haluan Negara
Ketua MPR RI Sebut Hari Lahir Pancasila Momentum Bangun Kembali Kebersamaan
Ketua DPR RI Minta Negara Hadir Lebih Nyata, Kebijakan Harus Tepat Dan Bermanfaat Untuk Rakyat
Presiden Joko Widodo Dorong Kerja Sama Daerah Untuk Bersama Tangani Pandemi Virus Corona
Presiden Joko Widodo Tinjau Vaksinasi Di Bintan
jQuery Slider
Arsip :2022202120202019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 9.511.776 Since: 05.03.13 | 0.1845 sec