Nasional

Metromini Jadi Feeder Bus Transjakarta

Saturday, 27 Juli 2013 | View : 1008

JAKARTA-SBN.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menawarkan peremajaan metromini kepada pengusaha angkutan umum beroda empat tersebut. Metromini rencananya dijadikan feeder (penghubung) bus Transjakarta. Peremajaan tersebut bertujuan agar kasus metromini menabrak tiga pelajar SMP beberapa waktu silam tak terulang kembali.

“Saat ini perusahaan metromini yang berbentuk Perusahaan Terbatas (PT) sebagai payung hukum sudah tidak ada lagi. Sekarang umumnya metromini sudah menjadi milik perorangan atau non-PT,” tutur Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, di Balai Kota DKI, Jakarta, Jumat (26/7/2013).

“Sebenarnya, operasionalisasi metromini secara PT. sudah hilang. Sebenarnya ini tidak boleh. Cuma, kami masih kasihan pada milik perorangan. Jadi, Dinas Perhubungan harus mengatasi itu. Supaya kami bisa masuk untuk membenahinya,” ujar Ahok, sapaan Basuki Tjahaja Purnama.

“Saya telah bertemu dengan dua kelompok jajaran direksi yang mengklaim memiliki hak atas metromini,” aku mantan anggota DPR RI tersebut. Dalam pertemuan tersebut, Wakil Gubernur DKI tersebut menawarkan peremajaan metromini. “Bila dua kelompok ini mau melakukan peremajaan massal metromininya, maka kapasitasnya akan ditingkatkan. Bukan hanya sekadar menjadi angkutan umum biasa, namun dapat dipakai sebagai feeder bus Transjakarta,” tegas mantan Bupati Belitung Timur tersebut.

“Kalau Anda melakukan peremajaan massal, maka busnya bisa masuk jalur busway. Tarifnya pun bisa naik menjadi Rp 5.000. Jadi penumpang Anda dapat bebas naik Transjakarta. Itu inisiatif kami,” tukas Wakil Gubernur DKI itu.

“Akan tetapi, Pemprov DKI sedang memikirkan individu yang mempunyai satu hingga dua metromini tidak dipaksakan memiliki garasi dan bengkel sendiri serta punya sopir cadangan sendiri untuk angkutan umumnya,” tambah mantan anggota DPR RI itu. Hal ini dinilai Wagub DKI tidak efisien, bahkan bisa membuat pengusaha metromini perorangan akan bangkrut. “Kemungkinan besar, Pemprov DKI akan menyediakan garasi, bengkel, dan sopir cadangan bagi para pengusaha metromini. Lahan milik Perum Penumpang Djakarta (PPD) dapat dimanfaatkan sebagai fasilitas bengkel tersebut,” sambung Wagub DKI. “Pemilik metromini pribadi dapat menitipkan angkutannya sekaligus melakukan service mesin atau perbaikan lainnya di PPD. Mereka tinggal membayar biaya tetap setiap bulannya,” imbuhnya. “Kami rencana pemilik satu atau dua metromini dapat numpang garasi sama kami. Numpang service sama kami, hanya bayar segitu. Bisa hidupkan. Nah itu yang kita harapkan,” jelas mantan Bupati Belitung Timur itu. “Nanti dia bisa beli sendiri metromini baru. Kopaja milik perorangan juga bisa masuk,” tutur dia.

Menurutnya, sopir-sopir metromini tidak semuanya jelek, tetapi banyak juga yang bagus. “Kondisi yang menyebabkan pelayanan metromini kurang bagus adalah kondisi bus yang tidak bagus atau sudah banyak yang tua,” ucap Wagub DKI, Ahok begitu Basuki Tjahaja Purnama disapa. “Nah, itu solusi yang kami lakukan. Namun dengan kejadian kemarin, kami tidak ingin banyak korban di DKI. Karena itu kami bilang sama Kepala Dinas Perhubungan/Kadishub DKI Jakarta, Udar Pristono untuk melakukan razia. Kalau ada oknum yang main-main dengan KIR akan dipecat atau kasih sanksi berat seperti turun jabatan,” tegas Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama. (id/sp) 

See Also

Bamsoet: Drone Official IMI E-Hang 216 & POLRI Bantu Petakan Wilayah Terdampak Erupsi Gunung Semeru
Tutup Program Magang Di DPR RI, Puan Bicara Demokrasi Tak Hanya Soal Bicara Tapi Juga Mendengarkan
Selamat Hari Guru Nasional
Indonesia International Book Fair
63 Titik Penyekatan Di Jakarta Saat PPKM Darurat
Titik Penyekatan Di Jalan Tol Jasa Marga Group Dalam Rangka Mendukung PPKM Darurat
Daftar Exit Tol Yang Tutup Saat PPKM Darurat
Puan Menyatakan Berduka Atas Tenggelamnya KMP Yunicee Dan Meminta Pencarian Korban Terus Dilakukan
Di Sesko AU, Puan Sampaikan Pentingnya Kekuatan Pertahanan Dan Ancaman Serangan Cyber
Presiden Joko Widodo Tinjau Langsung Pelaksanaan PPKM Mikro Di Kelurahan Rawasari
Presiden Joko Widodo Sebut PPKM Mikro Kebijakan Paling Tepat Untuk Saat Ini
Puan Sebut Perempuan Berperan Penting Dalam Proses Perdamaian Afghanistan
Ketua DPR RI Minta Pemda Jangan Sembunyikan Kondisi Kasus Virus Corona
Dorong Percepatan Vaksinasi, Ketua DPR RI Bawa Tambahan Vaksin Untuk Warga Jateng
Megawati Sebut Ayah Saya Dilengserkan Namun Roda Kehidupan Berputar
Megawati Soekarnoputri Resmi Dikukuhkan Jadi Profesor Kehormatan Di Universitas Pertahanan
Megawati Soekarnoputri Tegaskan Perlu Amandemen Sekali Lagi Untuk Hadirkan Kembali PPHN
Megawati Bingung Dicap Komunis
Megawati Cerita Soekarno Dilengserkan
Megawati Minta Presiden Tambah Personel TNI-Polri
Bamsoet: Ibu Megawati Tegaskan Dukung MPR RI Miliki Kewenangan Menyusun Dan Menetapkan Haluan Negara
Ketua MPR RI Sebut Hari Lahir Pancasila Momentum Bangun Kembali Kebersamaan
Ketua DPR RI Minta Negara Hadir Lebih Nyata, Kebijakan Harus Tepat Dan Bermanfaat Untuk Rakyat
Presiden Joko Widodo Dorong Kerja Sama Daerah Untuk Bersama Tangani Pandemi Virus Corona
Presiden Joko Widodo Tinjau Vaksinasi Di Bintan
jQuery Slider
Arsip :2022202120202019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 9.511.733 Since: 05.03.13 | 0.1662 sec