Soa Larangan Natal Bupati Lebak Banten

Total Views : 105
Zoom In Zoom Out Read Later Print

Setelah heboh berita larangan Natal Bupati Lebak Banten tepatnya di Maja Banten, Bupati Lebak melontarkan alasan larangan merayakan Natal di Maja yang kontroversial, yaitu tak ada gereja yang memiliki ijin pendirian Gereja di Maja.

Pemerintah secara khusus melalui kementerian agama sedang giat-giatnya mempromosikan moderasi beragama, tapi promosi terhadap intoleransi agama yang bertentangan dengan moderasi agama tak kalah gencar promosinya, tak tanggung-tanggung yang mempromosikannya juga pejabat publik, salah satunya adalah larangan merayakan Natal di Maja, Banten.

Setelah kontroversi yang memenuhi media massa, Bupati Lebak kemudian melakukan klarifikasi, sayangnya klarifikasi itu lagi-lagi tak sesuai dengan semangat moderasi beragama.

Tak ada Ijin Gereja di Maja

Alasan larangan merayakan Natal  di Maja menurut Bupati Lebak banten adalah karena tak ada satu gereja pun di maja yang memiliki ijin pendirian Gereja. Menurutnya, karena tidak ada gereja yang memiliki ijin pendirian Gereja, maka umat Kristen di lebak tidak boleh merayakan Natal. Perayaan di Maja dilarang dilakukan di Ruko, dan di rumah-rumah.

Alasan pelarangan perayaan natal di ruko dan di rumah-rumah jelas salah nalar. Pemerintah daerah sepatutnya memberikan fasilitas ibadah baik untuk gereja yang memiliki ijin pendirian gereja maupun gereja yang belum mampu membangun rumah ibadah.

Peraturan Bersama menteri tentang pendirian rumah ibadah tidak dimaksudkan untuk melarang umat beragama beribadah. Terlalu banyak rumah ibadah di negeri ini yang tak memiliki ijin. Dan mestinya sebagai wujud kebebasan beribadah baik secara pribadi maupun secara berkelompok, pemerintah daerah wajib memfasilitasi tempat beribadah.

Larangan beribadah di ruko atau di rumah tidak membahayakan siapapun, sebaliknya kelompok-kelompok yang mengancam ibadah di rumah atau di ruko itu perlu dibubarkan karena itu merupakan pelanggaran hukum, dan pelanggaran terhadap hak asasi manusia untuk beribadah.

See More

Latest Photos