Peringatan Hari Guru Nasional, PGRI Perlu Evaluasi Diri.

Total Views : 155
Zoom In Zoom Out Read Later Print

SBN 25/11/22 Penetapan Hari Guru Nasional pada tanggal 25 November termuat dalam Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994 pada tanggal 24 November 1994. Sebagai penghormatan terhadap perjuangan PGRI yang yang awalnya Bernama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) pada tahun 1912.


Pada tahun 1932 organisasi-organisasi guru itu  sepakat membentuk Persatuan Guru Indonesia (PGI). Organisasi guru itu mendapat halangan dari Penjajah Belanda dan Jepang, dan setelah kemerdekaan organisasi guru itu menyelenggarakan kongres Guru Indonesia, sepakat membentuk organisasi guru nasional PGRI.

Hari Guru Nasional itu bertepatan dengan hari lahirnya PGRI itu merupakan penghargaan terhadap PGRI yang telahmemberikan kontribusi peting bagi kemajuan Pendidikan di Indonesia.

Mengingat penghargaan pemerintah yang besar itu pada PGRI, sudah sepantasnya pada peringatan hari guru nasional, PGRI perlu melakukan evaluasi diri, apakah PGRI terus menjalankan fungsinya bukan hanya memikirkan kesejahteraan guru yang amat penting itu, tapi juga bagaimana merespon kemajuan jaman untuk menghadirkan masyarakat Indonesia yang unggul ditangah persaingan negara-negara di dunia.

Peran guru dalam keberhasilan proses pendidikan sudah tak terbantahkan, apalagi pada tahap awal Pendidikan. Citra diri pelajar terbentuk karena peran guru-guru berkualitas.

 Tuntutan terhadap guru semakin tinggi pada  pelaksanaan pendidikan di daerah-daerah tertinggal, kemampuan guru untuk memotivasi pelajar untuk hadir di sekolah, demikian juga pada saat pembelajaran jarak jauh, guru tetap memeiliki peran penting.

Kiranya peringatan hari guru nasional kali ini bukan hanya sebatas seremonial belaka, tapi menghadirkan tekad untuk menghantar manusia Indonesia tampil sejajar dengan negara-negara maju lainnya.


See More

Latest Photos