Olah Raga

Markis Kido/Gideon Markus Fernaldi Juara Prancis Terbuka

Monday, 28 Oktober 2013 | View : 2036

PARIS-SBN.

Pasangan non pelatnas, Markis Kido/Gideon Markus Fernaldi, berhasil menyelamatkan kiprah Indonesia di turnamen Prancis Terbuka Super Series 2013 saat para pemain pelatnas terjungkal dan tersisih pada babak-babak awal.

Justru, Markis Kido/Gideon Markus Fernaldi sukses meraih gelar dengan menundukkan unggulan keempat asal Malaysia, Kien Keat/Tan Boon Heong, 21-16 dan 21-18 di Stade Pierre De Coubertin, Paris, Prancis, Senin (28/10/2013).

Ini merupakan satu-satunya gelar yang diraih Indonesia dalam turnamen berhadiah US$ 200 ribu sekaligus gelar perdana sejak berpasangan pada September lalu. "Kami senang karena kami memulainya dari babak kualifikasi," bilang Gideon Markus Fernaldi seperti dilansir Badzine.

Gideon Markus Fernaldi mengaku dirinya sempat gugup karena tidak seperti Markis Kido yang pernah merasakan banyak gelar bergengsi, termasuk gelar dunia, dirinya baru pertama kali lolos ke final ajang Super Series. "Saya akui sedikit gugup karena ini pertama kali saya tampil di final Super Series," ucap dia lagi.

Kedua pemain yang menjadi pasangan ganda putra tersebut sudah lima kali tampil di turnamen internasional, namun baru kali ini menggenggam juara. Diakui Gideon Markus Fernaldi, dirinya diberi banyak pelajaran dari Markis Kido yang juga pernah meraih medali emas Olimpiade 2008 Beijing bersama rekan lamanya, Hendra Setiawan.

Ganda putra Indonesia, Gideon Markus Fernaldi/Markis Kido, telah menetapkan target mereka selanjutnya usai meraih gelar juara pada Yonex French Open Superseries 2013, di Paris, akhir pekan lalu. Mereka ingin mengincar juara pada level yang lebih tinggi, yakni All England.

Meski baru berpartner dua bulan, pasangan yunior-senior ini mampu mengalahkan beberapa pemain top dunia seperti Hiroyuki Endo/Kenichi Hayakawa (Jepang), Ko Sung-hyun/Shin Baek-choel (Korea Selatan), dan Liu Xiaolong/Qiu Zihan (China). Mereka juga mengalahkan ganda terkuat Malaysia, Koo Kien Keat/Tan Boon Heong, pada babak final French Open yang akhirnya membawa mereka menjadi juara.

Bagi Gideon Markus Fernaldi, ini adalah kemenangannya yang pertama pada turnamen level superseries. Pemain muda yang sebelumnya berpasangan dengan Andrei Adistia ini terpaut tujuh tahun dari Markis Kido yang kini berusia 29 tahun. “Kami bermain maksimal dan semangat terus. Sebetulnya kami tidak menyangka bisa mengalahkan pasangan-pasangan top dunia. Di babak final lawan Koo/Tan, kami merasa unggul dari segi kecepatan, selain itu mental bertanding dan semangat Markus juga bagus," urai Markis Kido. "Target kami selanjutnya adalah meraih gelar-gelar lainnya, seperti gelar All England," tambah Markis Kido yang merupakan peraih medali emas Olimpiade Beijing 2008 bersama Hendra Setiawan.

Di turnamen ini, gelar tunggal putra diraih wakil Denmark, Jan O Jorgensen, yang mampu mengalahkan Kenchi Tago (Jepang) 21-19 dan 23-21. “Menang sedikit mengejutkanku. Setelah absen di final China Masters, saya mengatakan pada diri sendiri saya harus berada di final sebelum akhir tahun dan inilah saya. Saya menang. Perasaan yang aneh bisa selangkah lebih maju," terang dia.

China merebut tiga gelar juara di nomor ganda putri, tunggal putri, dan ganda campuran. Tunggal putri direbut China melalui Wang Shixian yang menekuk Porntip Buranaprasertsuk (Thailand), 21-18 dan 21-18, sedangkan ganda putri direbut Bao Yixin/Tang Jinhua yang menang atas rekan senegaranya, Tian Qing/Zhao Yunlei, 21-13, 21-17. Sementara ganda campuran direbut Zhang Nan/Zhao Yunlei yang melibas rekannya, Jin Ma/Xu Chen, 28-26, 21-17. (kom/badzine)

See Also

Menpora Kunjungi Unesa Yang Mempunyai Fasilitas Olahraga Lengkap
Menpora Sebut Unesa Jadi Pusat Sports Science Nasional
Taekwondoin Kakak Beradik Tambah Koleksi Medali
Tim Jiti C Rajawali Sakti Tambah Pundi Medali
Bernard Gregory Susilo Rebut Medali Perak Jian Shu C Di Kejuaraan Wushu Antar Perguruan
Bernard Gregory Susilo Raih Perak Qiang Shu C Di Kejuaraan Wushu Antar Perguruan
Berawal Dari Hobi, Bernard Gregory Susilo Toreh Prestasi Cabor Wushu
The Reds Juara Piala Super Eropa 2019
Santoso Nahkodai Tapak Suci Putera Muhammadiyah Kudus 2019-2024
Manny Pacquiao Rebut Gelar Dunia WBA Super Kelas Welter
All Indonesian Final Di Indonesia Terbuka 2019
Manchester United Tunjuk Ole Gunnar Solskjaer Gantikan Jose Mourinho
Manchester United Pecat Pelatih Jose Mourinho
Persija Jakarta Juara Liga 1 Tahun 2018
Maroko Menahan Spanyol 2-2
Uruguay Juara Grup A Libas Tuan Rumah Rusia 3-0
Asa Jerman Terbuka, Jerman Tundukkan Swedia 2-1
Meksiko Kirim Pulang Korea Selatan 2-1
Belgia Bantai Tunisia 5-2
Swiss Atasi Perlawanan Serbia 2-1
Nigeria Hempaskan Islandia 2-0
Brazil Pupus Harapan Kosta Rika 2-0
Ryan Giggs Jadi Direktur Akademi Sepakbola Di Vietnam
SEA Games 2017, Indonesia-Thailand Imbang 1-1
Tumbuhkan Kebersamaan, Dandim 0716/Demak Ikuti Jalan Sehat
jQuery Slider

Comments

Arsip :20202019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.890.910 Since: 05.03.13 | 0.2562 sec