Olah Raga

Aleksey Dreev Juara IOCC 2013

Thursday, 17 Oktober 2013 | View : 753

JAKARTA-SBN.

Setelah berlangsung selama delapan hari, Indonesia Open Chess Championship 2013 resmi ditutup pada Kamis (17/10/2013). Pecatur Rusia, Grand Master (GM) Aleksey Dreev memenangi gelar turnamen Indonesia Open Chess Championship (IOCC) 2013 dan keluar menjadi juara IOCC 2013 dengan menutup total 8,5 poin.

Setelah menyelesaikan babak yang ke-11 pada hari ini, GM Aleksey Dreev hanya mampu bermain hasil remis saat melawan pecatur India, GM Gopal G.N. pada babak ke-11 atau laga yang terakhir di Jakarta, Kamis (17/10/2013), yang memastikan GM Aleksey Dreev membawa pulang gelar bergengsi tersebut.

Gelar juara yang diraih GM Aleksey Dreev bertambah sempurna karena mampu mengalahkan pecatur unggulan pertama, yaitu GM Alexander Moiseenko asal Ukraina yang finis di urutan kedua. Sedangkan unggulan kedua, GM Nigel Short asal Inggris, berada di posisi ketiga. Keduanya sama-sama mengemas poin 7,5.

Posisi GM Aleksey Dreev itu kian terbantu setelah pesaing terdekatnya, penghuni posisi kedua klasemen, GM Alexander Moiseenko dari Ukraina kalah dari pecatur Inggris GM Short Nigel D, dan pecatur Ukrania, GM Alexander Moiseenko mengemas 7,5 poin.

“Sejak semula saya hanya ingin bermain baik dan semua yang bermain disini sangat hebat. Jadi saya senang dengan kemenangan ini," tutur Aleksey Dreev di Hotel Sahid, Kamis (17/10/2013).

Sementara itu, pecatur pelatnas SEA Games 2013 Myanmar asal Indonesia GM Susanto Megaranto gagal memenuhi target untuk bisa masuk di posisi sepuluh besar. GM Susanto Megaranto diklasemen akhir harus puas hanya berada di peringkat posisi 18 klasemen akhir. Namun, perolehan ini lebih baik jika mengacu pada daftar unggulan dalam IOCC yang menempatkannya di posisi 20, dengan mengumpulkan total poin 7. Pengumpulan poin 7 itu juga direbut pecatur veteran GM Ardiansyah, namun pecatur senior Indonesia itu berada di posisi 21 klasemen akhir.

“Laga terakhir berakhir remis karena posisi saya dan lawan permainannya imbang, ini hasil lumayan bagi saya, karena bagi saya sejauh ini sudah bermain semaksimal mungkin, dan menurut saya ini merupakan target perbaikan rangking, karena pesaingnya GM semua," papar GM Susanto Megaranto.

Raihan GM Susanto Megaranto sekaligus mencatatkan diri sebagai pecatur Indonesia terbaik dalam kejuaraan ini. Sebab, atlet Indonesia lainnya masih berada di bawah GM Susanto Megaranto.

Namun suasana sedih terjadi di kubu pecatur putri Indonesia, dengan gagalnya WGM Irene Kharisma Sukandar dan WGM Medina Warda Aulia meraih norma Master Internasional (IM) putra. Medina pada akhir IOCC ini mengumpulkan 5,5 poin dan menempati urutan 54 klasemen akhir. "Saya sedih tidak bisa mendapat norma IM putra, tapi di event lain nanti saya bisa," ujar atlet pelatnas SEA Games 2013 Myanmar itu. "Setelah dilihat, rating rata-rata lawan saya kurang 10, itu yang membuat saya tidak bisa mendapat norma," ungkap dia.

Sementara itu, atlet pelatnas lainnya, pecatur non gelar Mohamad Ervan memastikan norma IM setelah pada pertandingan babak 10 menang atas pecatur Filipina GM Mark Paragua, dan mengumpulkan enam poin. Sedangkan WFM Dewi A A Citra meraih norma WIM setelah mengalahkan pecatur Indonesia Suyud Harsoyo, dan mengumpulkan empat poin. "Saya senang sekali bisa meraih norma IM pertama saya di IOCC ini," ucap Mohamad Ervan. Untuk pecatur non pelatnas, FM Anjas Novita juga meraih IM keduanya meskipun kalah dari GM Stefanova Antoaneta. Total FM Anjas Novita sudah mengumpulkan lima poin. (lip6/jos)

See Also

Menpora Kunjungi Unesa Yang Mempunyai Fasilitas Olahraga Lengkap
Menpora Sebut Unesa Jadi Pusat Sports Science Nasional
Taekwondoin Kakak Beradik Tambah Koleksi Medali
Tim Jiti C Rajawali Sakti Tambah Pundi Medali
Bernard Gregory Susilo Rebut Medali Perak Jian Shu C Di Kejuaraan Wushu Antar Perguruan
Bernard Gregory Susilo Raih Perak Qiang Shu C Di Kejuaraan Wushu Antar Perguruan
Berawal Dari Hobi, Bernard Gregory Susilo Toreh Prestasi Cabor Wushu
The Reds Juara Piala Super Eropa 2019
Santoso Nahkodai Tapak Suci Putera Muhammadiyah Kudus 2019-2024
Manny Pacquiao Rebut Gelar Dunia WBA Super Kelas Welter
All Indonesian Final Di Indonesia Terbuka 2019
Manchester United Tunjuk Ole Gunnar Solskjaer Gantikan Jose Mourinho
Manchester United Pecat Pelatih Jose Mourinho
Persija Jakarta Juara Liga 1 Tahun 2018
Maroko Menahan Spanyol 2-2
Uruguay Juara Grup A Libas Tuan Rumah Rusia 3-0
Asa Jerman Terbuka, Jerman Tundukkan Swedia 2-1
Meksiko Kirim Pulang Korea Selatan 2-1
Belgia Bantai Tunisia 5-2
Swiss Atasi Perlawanan Serbia 2-1
Nigeria Hempaskan Islandia 2-0
Brazil Pupus Harapan Kosta Rika 2-0
Ryan Giggs Jadi Direktur Akademi Sepakbola Di Vietnam
SEA Games 2017, Indonesia-Thailand Imbang 1-1
Tumbuhkan Kebersamaan, Dandim 0716/Demak Ikuti Jalan Sehat
jQuery Slider

Comments

Arsip :20202019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 8.495.303 Since: 05.03.13 | 0.2822 sec