Kuliner

Kurangi Garam Cegah Kanker

Saturday, 01 Juni 2013 | View : 717
Tags : Garam, Kanker

LONDON-SBN.

Mengkonsumsi terlalu banyak garam bukan hanya sekedar membubuhkannya pada makanan, kandungan garam dalam jumlah besar justru sudah berada di dalam makanan itu sendiri.

Itulah sebabnyak WCRF menyerukan adanya sistem “lampu lalu lintas” untuk label makanan. Merah untuk tinggi, oranye untuk sedang dan hijau untuk rendah.

Namun hal ini terbukti kontroversial bagi banyak produsen dan supermarket yang lebih menyukai metode label berbeda. 

Lucy Boyd dari Cancer Research UK mengatakan, “Riset ini membuktikan apa yang ditunjukkan oleh laporan Cancer Research UK, terlalu banyak garam dapat menjadi penyebab banyaknya penderita kanker perut di Inggris.

Rata-rata orang di Inggris makan garam terlalu banyak dan asupan tertinggi adalah pada kaum pria.

“Label makanan yang lebih jelas, seperti label lampu lalu lintas dapat menjadi langkah berguna untuk membantu konsumen mengurangi garam.”

Juru bicara Kementerian Kesehatan mengatakan, “Kami sudah tahu bahwa terlalu banyak garam dapat memicu kondisi-kondisi seperti sakit jantung dan stroke. Itulah sebabnya kami mengambil langkah melalui ‘Perjanjian Tanggung Jawab” untuk mengurangi garam dalam asupan makanan sehari-hari. Dan kami melihat perlunya dibuat label makanan yang lebih jelas sebagai bagian dari konsultasi kami terhadap label di bagian depan kemasan. “Kami masih mempelajari temuan ini bersama riset lain di bidang ini.” (bbc)

See Also

jQuery Slider
Arsip :201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 6.114.050 Since: 05.03.13 | 0.1826 sec