Olah Raga

Novak Djokovic Kukuhkan Dominasi Di China

Sunday, 13 Oktober 2013 | View : 864

SHANGHAI-SBN.

Novak Djokovic dari Serbia sukses mempertahankan gelar tunggal putra di turnamen ATP The Shanghai Rolex Masters yang digelar di Qizhong Forest Sports City Arena, Minhang, Shanghai, China, Minggu (13/10/2013). Novak Djokovic mempertahankan dominasinya dalam turnamen tenis di China  dalam dua tahun berturut-turut. Bagi Novak Djokovic, kemenangan di Shanghai Masters merupakan yang kedua secara beruntun. Tahun lalu, dia juga sukses menjadi juara dengan menghantam petenis Inggris Raya, Andy Murray, di final. “Ini pengalaman besar lagi di Shanghai dengan perlawanan besar dari kedua lawanku dan saya sendiri,” bilang Novak Djokovic. “Saya kira final di turnamen ini yang fantastis. Saya lega bisa meraih kemenangan malam ini, dengan perlawanan ketat,” lanjut dia.

Kehilangan peringkat satu dunia sejak pekan lalu, tak melunturkan semangat Novak Djokovic untuk mengejar titel gelar di setiap turnamen yang diikutinya. Itu juga yang diperlihatkan Novak Djokovic, dengan merengkuh gelar Shanghai Masters yang berlangsung di Qizhong Forest Sports City Arena setelah di laga final tunggal putra Shanghai Masters, Minggu (13/10/2013), petenis Serbia tersebut menundukkan wakil Argentina, Juan Martin Del Potro dalam tiga set dengan skor 6-1, 3-6, dan 7-6 (7-3).

Itu merupakan gelar juara yang kedua bagi petenis peringkat dua dunia tersebut dalam sepekan. Novak Djokovic dari Serbia mendominasi turnamen tennis di China dengan menjuarai turnamen di Beijing dan Shanghai. Pekan lalu, Novak Djokovic juga sukses menjadi juara di China Terbuka.

Ini kekalahan pahit bagi Juan Martin Del Potro yang tahun ini adalah yang ketiga kalinya  ia berusaha keras merebut titel Shanghai Masters.  Sekarang ia kembali menduduki rangking 5, tertinggi yang dicapainya dalam lima tahun.

Petenis Argentina, Juan Martin Del Potro pernah mengalahkan Novak Djokovic, Rafael Nadal dan Andy Murray tahun ini. Ia juga pernah meraih kemenangan terbesar dalam kariernya dalam melawan Novak Djokovic yaitu tatkala mengalahkan Novak Djokovic untuk medali perunggu dalam Olimpiade London.

Gelar di Shanghai merupakan trofi ketujuh petenis Serbia itu musim ini. Jumlah itu masih kalah jauh dibandingkan Rafael Nadal yang menuai 10 gelar sepanjang 14 turnamen yang diikutinya. Jumlah itulah yang membuat Novak Djokovic kehilangan peringkat satu dunia, dua pekan lalu. Bagi Novak Djokovic titel juara Shanghai Masters memberi nilai tambah karena diraihnya hanya beberapa hari setelah ia melepas kedudukan sebagai petenis ranking satu kepada Rafael Nadal.

Sebelumnya, Juan Martin Del Potro menekuk Rafael Nadal dalam peringkat semifinal. Novak Djokovic tidak dapat merebut kembali rangking satu pekan ini, namun ia terus fokus untuk sukses kuat dalam turnamen tahun ini untuk tetap berpeluang kembali merebut ranking satu.

Saat menghadapi Juan Martin Del Potro yang menyingkirkan Rafael Nadal di semifinal, Novak Djokovic tampil dominan di set pertama. Dengan mengandalkan servis keras, Novak Djokovic meraih kemenangan mudah 6-1 hanya dalam 30 menit.

Tak mudah bagi Novak Djokovic meraih gelar di Qizhong Forest Sports City Arena, Shanghai, Minggu (13/10/2013). Sukses merebut set pertama, petenis nomor satu dunia itu sempat kehilangan set kedua. Di set kedua, Juan Martin Del Potro mampu bangkit. Mantan juara AS Terbuka itu bahkan sempat unggul 3-0 sebelum menutup set itu dengan kemenangan 6-3.

Di set ketiga, pertarungan berjalan seimbang. Kedua petenis saling susul dalam perolehan angka. Sebelum menutup laga, dia juga harus melakoni laga set ketiga melalui tie break, hingga akhirnya menang. Novak Djokovic akhirnya mampu merebut set ketiga dengan skor 7-6 setelah menang tie break 7-3. “Di saat-saat genting di set ketiga, saya mampu bermain dan melepaskan pukulan lebih baik daripada Del Potro. Saya beruntung dan senang bisa merebut juara,“ ungkap Novak Djokovic seusai laga.

Walau kalah dari Novak Djokovic, namun Juan Martin Del Potro menuai kesuksesan dengan meraih tiket ke ATP World Finals (AWF) yang akan digelar di O2 Arena, London, 4-11 November mendatang. Kemenangan atas Rafael Nadal pada semifinal lalu, 6-2, 6-4 yang membawanya ke turnamen penutup tersebut. “Dengan permainan bagus seperti ini, servis dan percaya diri. Itulah cara mengalahkan petenis itu,” ucap petenis Argentina, Juan Martin Del Potro seusai mengalahkan Rafael Nadal.

Tiket ATP World Finals (AWF) yang hanya meloloskan delapan petenis terbaik menjadi pertaruhan terakhir bagi petenis papan atas. Selain petenis Argentina, Juan Martin Del Potro, saat ini, baru tiga petenis yang siap tampil dari empat petenis yang lolos ke London, yakni Rafael Nadal, petenis Serbia Novak Djokovic, dan David Ferrer asal Spanyol. Sementara Andy Murray dari Inggris Raya dipastikan absen karena cedera punggung yang dialaminya. (jos)

See Also

Menpora Kunjungi Unesa Yang Mempunyai Fasilitas Olahraga Lengkap
Menpora Sebut Unesa Jadi Pusat Sports Science Nasional
Taekwondoin Kakak Beradik Tambah Koleksi Medali
Tim Jiti C Rajawali Sakti Tambah Pundi Medali
Bernard Gregory Susilo Rebut Medali Perak Jian Shu C Di Kejuaraan Wushu Antar Perguruan
Bernard Gregory Susilo Raih Perak Qiang Shu C Di Kejuaraan Wushu Antar Perguruan
Berawal Dari Hobi, Bernard Gregory Susilo Toreh Prestasi Cabor Wushu
The Reds Juara Piala Super Eropa 2019
Santoso Nahkodai Tapak Suci Putera Muhammadiyah Kudus 2019-2024
Manny Pacquiao Rebut Gelar Dunia WBA Super Kelas Welter
All Indonesian Final Di Indonesia Terbuka 2019
Manchester United Tunjuk Ole Gunnar Solskjaer Gantikan Jose Mourinho
Manchester United Pecat Pelatih Jose Mourinho
Persija Jakarta Juara Liga 1 Tahun 2018
Maroko Menahan Spanyol 2-2
Uruguay Juara Grup A Libas Tuan Rumah Rusia 3-0
Asa Jerman Terbuka, Jerman Tundukkan Swedia 2-1
Meksiko Kirim Pulang Korea Selatan 2-1
Belgia Bantai Tunisia 5-2
Swiss Atasi Perlawanan Serbia 2-1
Nigeria Hempaskan Islandia 2-0
Brazil Pupus Harapan Kosta Rika 2-0
Ryan Giggs Jadi Direktur Akademi Sepakbola Di Vietnam
SEA Games 2017, Indonesia-Thailand Imbang 1-1
Tumbuhkan Kebersamaan, Dandim 0716/Demak Ikuti Jalan Sehat
jQuery Slider

Comments

Arsip :20202019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 8.495.149 Since: 05.03.13 | 0.2508 sec