Olah Raga

Sebastian Vettel Tampil Sempurna Di GP F1 Korea

YEONGNAM-SBN.

Mobil RB9 yang dimiliki pebalap Red Bull Racing-Renault asal Jerman, Sebastian Vettel ternyata kian sulit dikejar para rivalnya, termasuk pada seri ke-14 balap Formula 1 (F1) di GP Korea Selatan. Keyakinan itulah yang sebelumnya dilontarkan, pebalap Mercedes, Lewis Hamilton, yang yakin Sebastian Vettel akan kembali dominan di Yeongnam.

Keyakinan Juara Dunia 2008 tersebut, Lewis Hamilton terbukti bahwa Sebastian Vettel memiliki kesempatan besar untuk menempatkan setengah kakinya sebagai juara dunia balap Formula 1 (F1) 2013 setelah berhasil menjadi yang tercepat di Sirkuit Internasional Korea.

Keyakinan Lewis Hamilton ini juga didasarkan bahwa misi Sebastian Vettel itu bukan hal mustahil dilakukan pria asal Jerman ini karena sebelumnya pebalap Red Bull tersebut berhasil menempati posisi grid terdepan di balapan hari ini, Minggu (6/10/2013).

Penguasa klasemen sementara balap Grand Prix Formula 1 (GP F1), Sebastian Vettel, tampil sempurna dalam balapan Grand Prix Formula 1 (GP F1) Korea berhasil menjuarai balap mobil Formula 1 (F1) GP Korea, Minggu (6/10/2013), sehingga makin memperbesar peluangnya untuk meraih gelar juara dunia balap jet darat tersebut.

Sebastian Vettel memimpin balapan sejak awal dan akhirnya menjadi menyentuh garis finis pertama dalam balapan di Korea International Circuit.

Seperti dilansir formula1.com, Sebastian Vettel langsung melesat meninggalkan pesaing-pesaingnya sejak awal balapan.

Kendati dalam lomba yang digelar di Korea International Circuit, Minggu (6/10/2013) sempat ada insiden, pria berusia 26 tahun itu tetap berada di posisi terdepan.

Posisi kedua ditempati dan menjadi milik Kimi Raikkonen asal Finlandia, sementara itu podium terakhir menjadi milik pebalap Lotus Renault lainnya asal Prancis, Romain Grosjean.

Sebelumnya, sukses menempati posisi terdepan pada sesi latihan bebas ketiga pada Sabtu (5/10/2013) pagi, Sebastian Vettel mengulanginya dengan mencatat waktu terbaik dengan 1:37.202 detik pada sesi kualifikasi.

Sebelumnya juga Sebastian Vettel yakin aksi memukau dia di GP Singapura sangat mungkin diulang pada perlombaan di Korea. "Balapan di Singapura luar biasa, dan sekarang banyak cara yang bisa kami lakukan dalam waktu dekat di Korea,” tukas Sebastian Vettel. Hanya saja, Sebastian Vettel tak mau gegabah dengan persaingan pada balapan di Yeongnam, terutama dari Mercedes yang tampil tangguh sejak GP Singapura. “Secara keseluruhan, saya cukup senang, dan kami memiliki hari yang padat. Tapi pasti ada ruang untuk melakukan perbaikan,” ucap Sebastian Vettel. “Saya pikir persaingan akan sangat ketat dengan Mercedes akhir pekan ini,” imbuh dia.

Pria asal Jerman ini berhasil mengalahkan pebalap Mercedes, Lewis Hamilton, yang menempati posisi kedua (1:37.420 detik).

Posisi ketiga sebenarnya ditempati rekannya, Mark Webber (1:37.464 detik). Namun, karena dia terkena hukuman penalti akibat ulahnya menumpang mobil pebalap Ferrari, Fernando Alonso, saat mobilnya mogok, membuatnya harus memulai balapan dari posisi ke-13. Rekan Sebastian Vettel di tim Red Bull, Mark Webber, berharap dapat mencapai hasil perlombaan yang maksimal meskipun menjalani hukuman penalti berupa turun start 10 strip pada GP Korea. Mark Webber diganjar penalti setelah melakukan pelanggaran berupa menumpangi mobil Ferrari yang dikendarai Fernando Alonso ketika mobilnya mogok di lintasan. Kejadian ini terjadi pada GP Singapura dua pekan lalu. Teguran kali ini merupakan yang ketiga bagi Mark Webber musim ini sehingga dia dikenai penalti penurunan start 10 peringkat. Mark Webber harus diturunkan 10 tempat dari kualifikasi yang dia hasilkan. Pebalap Australia itu baru akan menentukan posisi start setelah babak kualifikasi hari Sabtu (5/10/2013).

Mark Webber sebenarnya dapat mengambil keuntungan dari performa Red Bull yang sangat kuat, termasuk pada akhir pekan nanti di Sirkuit Internasional Korea. Pada sesi latihan hari Jumat (4/10/2013), dia menempati peringkat keempat, selisih 0,171 detik dari Lewis Hamilton. Mark Webber juga mengaku butuh stabilitas yang lebih baik untuk mencapai hasil yang baik. "Kita perlu keseimbangan dalam bekerja, dan ini lebih terkait pada pilihan ban yang akan dipakai, dan tentunya bagaimana tim bekerja sebaik-baiknya," ucap pebalap Australia itu. Mark Webber mengaku akan berusaha mencapai hasil terbaik pada babak kualifikasi sehingga peluang menyalip lawan-lawan dan mencapai finis lebih baik pula. "Kita perlu memiliki mobil yang kuat dan bisa mencapai kecepatan terbaik dalam kualifikasi sehingga ketika harus start di belakang karena hukuman, maka kami bisa lebih mudah menyalip lawan,” tegas Mark Webber.

Sementara itu, Juara Dunia 2008, Lewis Hamilton merasa mampu bersaing meraih posisi start terdepan pada GP Korea. Apalagi dia sudah membuktikan itu pada sesi latihan bebas. Pada sesi latihan pagi, Lewis Hamilton lebih cepat 0,037 detik dari Sebastian Vettel. Dia bahkan mampu memperlebar jarak kecepatan menjadi 0,108 detik dari pebalap Red Bull itu pada supersoft di sore hari. "Ini merupakan hari yang baik. Benar-benar menyenangkan,” cetus Lewis Hamilton kepada Sky Sports F1. "Kami masih memiliki waktu untuk melakukan beberapa perbaikan sehingga kami bisa lebih kompetitif di akhir balapan,” tukas Lewis Hamilton.

Ditanya apakah pole position sudah dikantongi, Lewis Hamilton mengatakan bahwa hal itu akan dia usahakan pada balapan di Korea ini. "Saya tentu merasa punya modal untuk itu berkat hasil uji coba Jumat, dan saya harap bisa lebih baik pada akhir pekan ini," jelas dia. Lewis Hamilton juga mengaku tidak menemui kendala apa-apa soal mobil. Meski banyak yang meragukan kekuatan Mercedez yang dikendarai, dia berharap hal itu tidak terjadi. "Ini (mobil) saya rasa sudah baik. Saya memang harus membuat beberapa sentuhan agar mobil tetap baik, dan saya katakan besok (6/10/2013) kondisi mobil harus baik," pungkas dia.

Pada akhir lomba balapan Grand Prix Formula 1 (GP F1) Korea yang berlangsung di Korea International Circuit, Minggu (6/10/2013), pria berusia 26 tahun itu menegaskan hasil ini berkat kerja sama timnya, bukan karena hasil dari kerja keras dirinya sendiri saja. “Saya senang dengan hasil ini. Hasil ini diperoleh dari kerja sama tim cukup bagus dalam mengatur masuk pit stop. Menurut saya tim luar biasa dalam mendukung saya meraih juara kali ini,” beber Sebastian Vettel saat diwawancarai di akhir lomba, Minggu (6/10/2013).

Dengan keberhasilannya merengkuh gelar di balapan Grand Prix Formula 1 (GP F1) Korea, Sebastian Vettel memantapkan diri berada di puncak klasemen sementara F1 dengan memimpin raihan 272 angka, atau unggul 77 poin dari posisi berikutnya, urutan kedua direbut pebalap Ferrari asal Spanyol, Fernando Alonso, yang hanya mengumpulkan 195 poin, dan Kimi Raikkonen asal Finlandia di tempat ketiga dengan nilai 167 angka.

Saat ini, masih tersisa lima balapan lagi yakni di Jepang (13/10), India (27/10), Abu Dhabi (3/11), Amerika Serikat (17/11) dan Brazil (24/11). Juara pertama akan mendapatkan 25 poin, juara dua 18 poin dan juara tiga 15 poin.

Ini merupakan kemenangan keempat beruntun bagi Sebastian Vettel setelah sebelumnya pria asal Jerman ini juga menjejak podium teratas menjadi juara di Belgia, Italia, dan Singapura.

Pada musim ini, dari 14 balapan, Sebastian Vettel menjadi juara pertama sebanyak delapan kali. Pebalap kelahiran 3 Juli 1987 ini yang sekarang mengincar untuk menjadi juara dunia keempat kalinya, hanya membutuhkan satu kemenangan lagi di seri berikutnya di Sirkuit Suzuka, Jepang, pada 13 Oktober untuk mendekati perjalanannya dalam memastikan gelar dunia keempatnya. Sebastian Vettel memerlukan tiga kali kemenangan lagi untuk menjadi juara dunia yang keempat kalinya secara beruntun setelah tahun 2010, 2011, dan 2012.

Berikut Klasemen Sementara Pebalap GP F1

Pos

Pebalap

Negara

Tim

Poin

1

Sebastian Vettel

German

Red Bull Racing-Renault

272

2

Fernando Alonso

Spanish

Ferrari

195

3

Kimi Räikkönen

Finnish

Lotus-Renault

167

4

Lewis Hamilton

British

Mercedes

161

5

Mark Webber

Australian

Red Bull Racing-Renault

130

6

Nico Rosberg

German

Mercedes

122

7

Felipe Massa

Brazilian

Ferrari

89

8

Romain Grosjean

French

Lotus-Renault

72

9

Jenson Button

British

McLaren-Mercedes

58

10

Paul di Resta

British

Force India-Mercedes

36

11

Nico Hulkenberg

German

Sauber-Ferrari

31

12

Adrian Sutil

German

Force India-Mercedes

26

13

Sergio Perez

Mexican

McLaren-Mercedes

23

14

Daniel Ricciardo

Australian

STR-Ferrari

18

15

Jean-Eric Vergne

French

STR-Ferrari

13

16

Pastor Maldonado

Venezuelan

Williams-Renault

1

17

Esteban Gutierrez

Mexican

Sauber-Ferrari

0

18

Valtteri Bottas

Finnish

Williams-Renault

0

19

Jules Bianchi

French

Marussia-Cosworth

0

20

Charles Pic

French

Caterham-Renault

0

21

Giedo van der Garde

Dutch

Caterham-Renault

0

22

Max Chilton

British

Marussia-Cosworth

0

(formula1.com/skysportsf1/jos)

See Also

Menpora Kunjungi Unesa Yang Mempunyai Fasilitas Olahraga Lengkap
Menpora Sebut Unesa Jadi Pusat Sports Science Nasional
Taekwondoin Kakak Beradik Tambah Koleksi Medali
Tim Jiti C Rajawali Sakti Tambah Pundi Medali
Bernard Gregory Susilo Rebut Medali Perak Jian Shu C Di Kejuaraan Wushu Antar Perguruan
Bernard Gregory Susilo Raih Perak Qiang Shu C Di Kejuaraan Wushu Antar Perguruan
Berawal Dari Hobi, Bernard Gregory Susilo Toreh Prestasi Cabor Wushu
The Reds Juara Piala Super Eropa 2019
Santoso Nahkodai Tapak Suci Putera Muhammadiyah Kudus 2019-2024
Manny Pacquiao Rebut Gelar Dunia WBA Super Kelas Welter
All Indonesian Final Di Indonesia Terbuka 2019
Manchester United Tunjuk Ole Gunnar Solskjaer Gantikan Jose Mourinho
Manchester United Pecat Pelatih Jose Mourinho
Persija Jakarta Juara Liga 1 Tahun 2018
Maroko Menahan Spanyol 2-2
Uruguay Juara Grup A Libas Tuan Rumah Rusia 3-0
Asa Jerman Terbuka, Jerman Tundukkan Swedia 2-1
Meksiko Kirim Pulang Korea Selatan 2-1
Belgia Bantai Tunisia 5-2
Swiss Atasi Perlawanan Serbia 2-1
Nigeria Hempaskan Islandia 2-0
Brazil Pupus Harapan Kosta Rika 2-0
Ryan Giggs Jadi Direktur Akademi Sepakbola Di Vietnam
SEA Games 2017, Indonesia-Thailand Imbang 1-1
Tumbuhkan Kebersamaan, Dandim 0716/Demak Ikuti Jalan Sehat
jQuery Slider

Comments

Arsip :20202019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.997.244 Since: 05.03.13 | 0.2231 sec