Nasional

TNI-Polri Siap Amankan APEC Bali

Tuesday, 01 Oktober 2013 | View : 2222

JAKARTA-SBN.

Panglima TNI, Jenderal Moeldoko memastikan pengamanan selama penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi Kerja Sama Ekonomi Negara-negara Asia Pasifik 2013 (KTT APEC 2013) yang akan berlangsung di Nusa Dua, Bali, pada 1-8 Oktober 2013 mendatang sudah siap. Sekitar 11 ribu personel TNI-Polri diterjunkan untuk mengamankan perhelatan internasional tersebut. “Pengamanan APEC sudah oke. Sudah tertata dengan baik,” tegas Jenderal Moeldoko di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (30/9/2013).

Jenderal Moeldoko menyebutkan 11 ribu personel TNI-Polri terdiri atas berbagai wilayah di Jawa. Selain itu, ada juga pasukan yang dikerahkan dari Kodam V Brawijaya Jawa Timur dan Polda Jawa Timur melakukan operasi pengamanan. “Mencegah adanya upaya-upaya yang mungkin saja terjadi di Bali,” tutur Panglima TNI, Jenderal Moeldoko.

Jenderal Moeldoko juga memastikan bahwa pihaknya sudah berkoordinasi dengan pengamanan internal para Kepala Negara. Semua prosedur tetap sudah dipahami bersama. “Ada prosedur tetapnya, kalau mereka datang, kami kawal,” tukasnya.

Permintaan Helipad untuk Presiden Negeri Paman Sam, Amerika Serikat (AS), Barack Obama juga sudah disiapkan. Tapi, Jenderal Moeldoko lupa nama daerah yang dijadikan Helipad tersebut. “Dipenuhi dong. Sudah kami siapkan. Mereka belum tahu saja. Nusa Dua, saya lupa nama tempatnya, sudah ada,” papar Panglima TNI.

“Polri siap bersinergi dengan TNI dalam rangka pengamanan KTT APEC 2013. Polri bertugas mengamankan di ring 2 dan 3 di kawasan KTT APEC,” ujar Kapolri Jenderal Polisi Timur Pradopo. “Kemudian membimbing masyarakat terutama pada jalur-jalur yang mau masuk baik dari timur dari barat, wilayah pantai saya kira itu bagian daripada kesiapan termasuk nelayan-nelayan. Saya kira itu semua dikoordinasikan. Di bawah Polri terutama di ring 3 nya,” jelas Jenderal Polisi Timur Pradopo.

Wakil Komandan Satgas Penerangan Komando Gabungan Pengamanan KTT APEC, Letkol. ARM I Kadek Arya menerangkan standar keamanan terhadap semua Kepala Negara sama.

Meskipun demikian, Presiden AS Barack Obama tetap harus mendapat perlakuan khusus dengan melakukan koordinasi dengan pihak AS. “Untuk Obama memang dilakukan pengamanan khusus. Semua sudah dikoordinasikan dengan pihak Amerika Serikat. Pihak Gedung Putih meminta dibuatkan helipad khusus dan saat ini sudah dikerjakan. Lokasinya berada di Nusa Dua atau berada di kawasan BTDC,” elaborasi Letkol. ARM I Kadek Arya pada jumpa pers di Kodam IX Udayana, Jalan Udayana, Denpasar, Senin (30/9/2013) kemarin.

Kepala Penerangan Kodam IX/Udayana, Kolonel ARM Wing Handoko menyebutkan pembangunan helipad di kawasan Nusa Dua yang dipesan khusus oleh Barack Obama, bisa juga digunakan oleh siapa pun dalam kondisi darurat. “Memang diutamakan untuk Barack Obama, karena sudah koordinasi dengan pihak Amerika Serikat. Gedung Putih minta siapkan helipad. Jadi kita siapkan sesuai pesanan,” beber dia. Selain dibuatkan helipad, Gedung Putih juga minta agar diberi ruang khusus sebagai tempat parkir pesawat di Bandara Ngurah Rai. Pihak Bandara Ngurah Rai juga sudah menyiapkan tempat tersebut sesuai dengan permintaan. (ant)

See Also

Seleksi Program Magang Ke Jepang, PPMKP Adakan Pelatihan Petani Muda Di P4S Al Mawaddah
Demi Meriahkan Penutupan TMMD Grup Seni Kentongan Berlatih Hingga Larut Malam
Agar Lebih Dekat Dengan Warga, Satgas TMMD Juga Ikut Ronda Malam
Arswendo Atmowiloto Meninggal Dunia
Ini Talud TMMD Versi Tentara Kodim 0716/Demak
Jalan TMMD Akan Buka Jalur Alternatif Sumberejo
Ketika Para Santri Ikut Bekerja Di Lokasi TMMD
Senang Bisa Bekerja Dengan Pak Tentara
Luangkan Waktu Cek Lokasi TMMD
Terus Didengungkan TMMD Kalikondang Ke Seantero Demak
Tiada Hari Tanpa Sosialisasi TMMD
Progres Pekerjaan Talud TMMD Menggembirakan
Galang Kekuatan Kaum Muda Untuk Sukseskan TMMD Kalikondang
Sortir Material TMMD Dilakukan Sejak Dari Toko
Sudah Tersusun Jadwal Kerja Bhakti Warga Di TMMD
Terima Kasih Sejumlah RTLH Warga Saya Sudah Mulai Dibangun TNI
Terus Dipoles Lapangan Untuk Upacara Pembukaan TMMD
Ajari Anak-Anak Di Desa TMMD Tentang Kebersihan Lingkungan
Permudah Media Akses Berita, Dirikan Posko Penerangan Di Lokasi TMMD
Balai Desa Kalikondang Disiapkan Sebagai Poskotis TMMD Reguler Ke-105
Sosok Tenaga Teknis Yang Akan Menyukseskan TMMD
Maturnuwun Pak Tentara, Jalan Beton Ini Sudah Ditunggu Warga
Excavator Menjadi Pusat Perhatian Anak-Anak Pada TMMD Kodim 0716/Demak
Pedagang Es Tebu Raup Untung, Berkat TMMD
Dibalik Layar TMMD Reg Ke-105 Kodim 0716/Demak
jQuery Slider
Arsip :2019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.600.992 Since: 05.03.13 | 0.1643 sec