Nasional

Jelang KTT APEC, Bali Dijaga Ketat

Thursday, 26 September 2013 | View : 3044

DENPASAR-SBN.

Tentara Nasional Indonesia (TNI) mengerahkan 15 unit kapal perang, pesawat tempur F-16, pesawat tempur Sukhoi, dan M-17 selama penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi Kerja Sama Ekonomi Negara-negara Asia Pasifik (KTT APEC) yang akan berlangsung di Nusa Dua, Bali, pada 1-8 Oktober 2013 mendatang.

“Seluruh perairan di Provinsi Bali telah dijaga oleh 15 kapal perang untuk pengamanan laut,” papar Panglima TNI, Jenderal Moeldoko. “Selain mengerahkan kapal perang, TNI juga menyiagakan pesawat tempur jenis F-16 di Pangkalan Udara Ngurah Rai, 16 pesawat Sukhoi, dan M-17 di Pangkalan Udara Hassanudin, Makassar,” tutur Panglima TNI Jenderal Moeldoko usai memimpin apel Gelar Pasukan Pengamanan Gabungan Kesiapan Menjelang KTT APEC di Denpasar, Bali, Kamis (26/9/2013).

Panglima TNI, Jenderal Moeldoko meminta seluruh prajurit senantiasa meningkatkan kewaspadaam dalam menyambut pelaksanaan KTT APEC, Oktober mendatang, serta Pemilihan Umum 2014. Seluruh anggota TNI harus selalu aktif bersama masyarakat dalam menciptakan suasana yang kondusif. “Kewaspadaan tertinggi mengharuskan kalian semua selalu siap dan menjadi lebih terampil, menunggu penugasan dengan kondisi apapun dalam KTT APEC atau di Pemilu 2014 nanti. Jika tidak, rakyat yang akan kesusahan, camkan ini untuk menjaga keutuhan dan kesatuan NKRI,” tegas Panglima TNI Jenderal Moeldoko, Kamis (26/9/2013).

“Pengamanan di perairan Pulau Dewata untuk mengantisipasi gangguan keamanan, yang dikhawatirkan masuk melalui jalur laut,” tambah Jenderal Moeldoko. Meski demikian, mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat itu menyatakan bahwa situasi keamanan di Pulau Dewata saat ini masih kondusif dan terkendali. “Belum ada gangguan saat ini, belum perlu dikhawatirkan,” ucap Jenderal Moeldoko.

TNI, sambung Jenderal Moeldoko, bekerja sama dengan aparat kepolisian dengan mengerahkan 11 ribu personel untuk mengamankan pelaksanaan KTT APEC yang dijadwalkan dihadiri oleh 21 Kepala Negara/Kepala Pemerintahan dan 1.200 Pemimpin Perusahaan terkemuka di dunia. Aparat petugas tersebut tak hanya dari Bali dan Pusat, tetapi juga didukung oleh aparat TNI dan Polri dari Jawa Timur, yang sewaktu-waktu dapat dikerahkan ke Pulau Bali membantu pengamanan KTT APEC.

Selain mengerahkan personel dan peralatan keamanan, TNI juga telah siap mengantisipasi adanya gangguan keamanan, yang bisa saja mengancam keselamatan Kepala Negara yang hadir, dalam konferensi tingkat internasional tersebut. “Kami dalam posisi siaga. Sepanjang itu ada ancaman keselamatan Kepala Negara, ada prosedur tetap yang tegas,” tukas Jenderal Moeldoko.

Panglima TNI Jenderal Moeldoko berharap setiap prajurit TNI mengingat keinginan rakyat agar perdamaian tetap terjaga. "Mengawal keinginan rakyat untuk perdamaian adalah tugas utama, kita harus berada di tengah-tengah rakyat untuk menjaganya. TNI punya skema kerja yang terstruktur, kalau diimplementasikan dengan rakyat, akan tercipta perdamaian,” tandas Jenderal Moeldoko. Rencananya, TNI dan Polri akan bersiaga penuh hingga tiga hari setelah pelaksanaan KTT APEC yang akan digelar di kawasan ‘Bali Tourism Development Corporation’ (BTDC) Nusa Dua. (ant/jos)

See Also

Seleksi Program Magang Ke Jepang, PPMKP Adakan Pelatihan Petani Muda Di P4S Al Mawaddah
Demi Meriahkan Penutupan TMMD Grup Seni Kentongan Berlatih Hingga Larut Malam
Agar Lebih Dekat Dengan Warga, Satgas TMMD Juga Ikut Ronda Malam
Arswendo Atmowiloto Meninggal Dunia
Ini Talud TMMD Versi Tentara Kodim 0716/Demak
Jalan TMMD Akan Buka Jalur Alternatif Sumberejo
Ketika Para Santri Ikut Bekerja Di Lokasi TMMD
Senang Bisa Bekerja Dengan Pak Tentara
Luangkan Waktu Cek Lokasi TMMD
Terus Didengungkan TMMD Kalikondang Ke Seantero Demak
Tiada Hari Tanpa Sosialisasi TMMD
Progres Pekerjaan Talud TMMD Menggembirakan
Galang Kekuatan Kaum Muda Untuk Sukseskan TMMD Kalikondang
Sortir Material TMMD Dilakukan Sejak Dari Toko
Sudah Tersusun Jadwal Kerja Bhakti Warga Di TMMD
Terima Kasih Sejumlah RTLH Warga Saya Sudah Mulai Dibangun TNI
Terus Dipoles Lapangan Untuk Upacara Pembukaan TMMD
Ajari Anak-Anak Di Desa TMMD Tentang Kebersihan Lingkungan
Permudah Media Akses Berita, Dirikan Posko Penerangan Di Lokasi TMMD
Balai Desa Kalikondang Disiapkan Sebagai Poskotis TMMD Reguler Ke-105
Sosok Tenaga Teknis Yang Akan Menyukseskan TMMD
Maturnuwun Pak Tentara, Jalan Beton Ini Sudah Ditunggu Warga
Excavator Menjadi Pusat Perhatian Anak-Anak Pada TMMD Kodim 0716/Demak
Pedagang Es Tebu Raup Untung, Berkat TMMD
Dibalik Layar TMMD Reg Ke-105 Kodim 0716/Demak
jQuery Slider
Arsip :2019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.612.160 Since: 05.03.13 | 0.1565 sec