Internasional

Hassan Rouhani, Presiden Iran Terpilih Yang Baru

Monday, 17 Juni 2013 | View : 776
TEHERAN-SBN.

Surat-surat kabar Iran menggemakan sentimen positif terkait kemenangan politisi sekaligus ulama, Hassan Rouhani yang berusia 64 tahun dalam pemilihan presiden (pilpres) Iran pada Minggu (16/6/2013). 

“Salut kepada Iran dan Syekh harapan,” demikian dideklarasikan oleh harian Etemad yang proreformis di halaman depannya.

“Matahari dari modernisasi saya telah terbit,” kata Arman, publikasi proreformis lainnya.

Shargh, harian reformis lainnya mengatakan terpilihnya Hassan Rouhani berarti “kembalinya harapan dan kemenangan bagi para reformis dan moderat”. 

Surat kabar konservatif mengatakan kemenangan Hassan Rouhani merupakan sebuah “kemenangan dari rakyat Iran”.

Harian konservatif Jomhuri Eslami mengatakan pilihan Hassan Rouhani adalah “Ya pada Iran untuk modernisasi dan tidak untuk ekstremisme”. 

Situs milik pemimpin tertinggi Ayatollah Ali Khamenei pun mengucapkan selamat atas kemenangan Hassan Rouhani. “Saya mendesak semua orang untuk membantu presiden terpilih dan rekan-rekannya dalam pemerintahan, karena ia merupakan presiden dari seluruh bangsa,” demikian dilaporkan situs internet Khamenei leader.ir.

Puluhan ribu rakyat Iran yang bergembira turun ke jalan-jalan di Teheran, pada Sabtu (15/6/2013) dengan menjinjing gambar-gambar Hassan Rouhani dan meneriakkan slogan-slogan proreformasi karena kabar kemenangannya telah menyebar dan mengakhiri delapan tahun cengkeraman konservatif oleh pusat. 

Rakyat Iran banyak yang mengenakan warna ungu, warna kampanye Hassan Rouhani, dan rakyat yang lainnya mengenakan warna hijau yang merupakan warna dari gerakan reformis. “Malam ini kami bersukacita karena ada harapan sekali lagi di Iran,” kata Ashkan (31 tahun) yang memegang poster Hassan Rouhani dan mengenakan gelang warna hijau.

Hassan Rouhani dinyatakan sebagai pemenang langsung dengan perolehan suara sebanyak 50,68% dalam pemilihan umum (pemilu) pada Jumat (14/6/2013). Hassan Rouhani merupakan mantan pejabat negosiator nuklir yang telah memperjuangkan keterlibatan yang lebih konstruktif dengan negara-negara kuat di dunia. Hassan Rouhani meraih kemenangan langsung terhadap lima kandidat dari kelompok konservatif dengan 18,6 juta pemilih suara,” demikian disampaikan oleh Menteri Dalam Negeri Iran, Mohammad Mostafa Najjar. Jumlah suara tersebut sudah cukup untuk meyakinkan bahwa tidak akan ada kontes untuk melawan pemenang kedua, Walikota Teheran Mohammad Baqer Qalibaf, yang muncul di tempat kedua dengan 6,07 juta suara. 36,7 juta orang atau 72,7% pemilih telah memberikan suaranya,” kata Mohammad Mostafa Najjar. Presiden Mahmoud Ahmadinejad secara konstitusional dilarang untuk menjabat lagi setelah menjabat selama dua periode berturut-turut.

Amerika Serikat (AS) menyatakan kesiapannya untuk terlibat langsung atas sengketa program nuklir setelah kemenangan Hassan Rouhani. “Keterlibatan tersebut akan ditujukan untuk mencapai “solusi diplomatik” yang sepenuhnya akan mengatasi masalah masyarakat internasional mengenai program nuklir Iran,” kata Gedung Putih. (afp/rtr)

See Also

Boris Johnson Terpilih Sebagai PM Inggris Baru
Menlu Inggris Ancam Iran
Laut China Selatan Tegang
Presiden AS Pecat Direktur Dinas Rahasia
Kapal China Dekati Pulau Filipina
Thailand Dilanda Badai Pabuk
Warga Kelas Menengah Australia Akan Kian Sulit Dapat Kredit Perumahan
Donald Trump Kunjungi Militer AS Di Irak
Kota Surabaya Raih Guangzhou Awards 2018
Teleskop NASA Temukan 2 Planet Baru
Najib Razak Ditahan SPRM
Mantan PM Malaysia Ditahan
Najib Razak Ditahan KPK Malaysia
Turki Adakan Pemilu Hari Ini
Arab Saudi Resmi Mencabut Larangan Perempuan Menyetir
Gempa Guncang Osaka
Amerika Serikat Keluar Dari Dewan HAM PBB
Suriah Berhasil Usir ISIS
Kementerian Pertanian Cegah Rock Melon Australia Masuk Indonesia
Perwakilan Nahdlatul Ulama Dan Wahid Foundation Temui Dubes Amerika Serikat
Polri Benarkan Penangkapan WNI Isteri Tokoh ISIS Marawi
Sultan Selangor Kecewa Terhadap Mahathir Mohamad Soal Bugis
China Meminjamkan Sepasang Panda Ke Indonesia
Spanyol Buru Sopir Pelaku Teror Di Barcelona
Serangan Teror Di Barcelona
jQuery Slider
Arsip :2019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.649.332 Since: 05.03.13 | 0.1913 sec